Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ghea1905

Kemarin jam 02:34:03 PM
Salam Kenal :D

yansen

April 21, 2014, 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

April 20, 2014, 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

Show 50 latest

Penulis Topik: himpunan samar  (Dibaca 4711 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline mkukuh

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
himpunan samar
« pada: Januari 05, 2009, 06:48:32 PM »
teman-teman...
ada yang telah mempelajari tentang himpunan samar gak..klo ya  shering yuk ma saya...



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: himpunan samar
« Jawab #1 pada: Januari 05, 2009, 09:14:24 PM »
Kalau yang dimaksud dengan fuzzy set adalah sebenarnya menyimpang dari definisi formal himpunan.
Himpunan didefinisikan dengan sekumpulan obyek yang terdefinisi dengan jelas.
Apa maksudnya? Yaitu kita dengan jelas bisa membedakan apakah suatu obyek bisa dikatakan anggota suatu sekumpulan itu atau tidak.
Misal :
A=Kumpulan orang-orang berusia diatas 50 tahun.
B=Kumpulan orang-orang berusia diatas 60 tahun.
C=Kumpulan orang-orang tua.
Maka
A dan B adalah himpunan sedangkan C bukan, karena katakanlah sulit untuk menentukan secara tepat mana yang termasuk tua atau bukan, kecuali didefinisikan terlebih dahulu yang tua itu seperti apa.

Nah ini, lalu yang seperti C ini disebut dengan fuzzy set (fuzzy set)

Offline mkukuh

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re: himpunan samar
« Jawab #2 pada: Januari 07, 2009, 01:27:19 AM »
mantap ni mas kerajaan....
anggota kagama juga ya.. posisi masih di YK kah?COD yuk biar lebih mantap sheringnya...
waktu kul dulu saya pernah ambil mata kuliah himpunan samar(fuzzy set theory).sekarang dah lupa..mo shering ma mas kerajaan tentang fuzzy set theory nih..kan katanya banyak banget manfaatnya...tks..email ke saya ya..

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: himpunan samar
« Jawab #3 pada: Januari 07, 2009, 09:07:35 AM »
Truzz bisa gak kalo saya bilang himpunan samar itu sebagai himpunan enggak jelas???
misalnya:
P = Kumpulan orang binggung
Q = Kumpulan bujangan stress
R = Kumpulan rakyat miskin

tapi kalo sudah disefinisikan terlebih dahulu mungkin menjadi himpunan jelas, misalnya orang bingung adalah orang yang suhu otaknya diatas 38oC, bujangan stress adalah lelaki belum menikah yang detak jantungnya lebih dari 200x perdetik, rakyat miskin adalah orang-orang yang memiliki harta liquid dibawah 1 juta, ini cuma misalnya lho
 :kribo:
"in science there's only physics, the rest just stamp collections"

Offline Soul Vanisher

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: himpunan samar
« Jawab #4 pada: Januari 08, 2009, 02:12:05 PM »
Truzz bisa gak kalo saya bilang himpunan samar itu sebagai himpunan enggak jelas???
misalnya:
P = Kumpulan orang binggung
Q = Kumpulan bujangan stress
R = Kumpulan rakyat miskin

tapi kalo sudah disefinisikan terlebih dahulu mungkin menjadi himpunan jelas, misalnya orang bingung adalah orang yang suhu otaknya diatas 38oC, bujangan stress adalah lelaki belum menikah yang detak jantungnya lebih dari 200x perdetik, rakyat miskin adalah orang-orang yang memiliki harta liquid dibawah 1 juta, ini cuma misalnya lho
 :kribo:

Hihihi ... ada-ada aja. Tapi kayaknya bisa aja tuh, himpunan yang sekilas kelihatan samar kalau sudah ada definisinya jadi nggak samar lagi.  ;D

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: himpunan samar
« Jawab #5 pada: Januari 10, 2009, 06:35:45 AM »
Berikut saya translate dari Wikipedia :

Fuzzy sets are sets whose elements have degrees of membership. Fuzzy sets have been introduced by Lotfi A. Zadeh (1965) as an extension of the classical notion of set.[1] In classical set theory, the membership of elements in a set is assessed in binary terms according to a bivalent condition — an element either belongs or does not belong to the set. By contrast, fuzzy set theory permits the gradual assessment of the membership of elements in a set; this is described with the aid of a membership function valued in the real unit interval [0, 1]. Fuzzy sets generalize classical sets, since the indicator functions of classical sets are special cases of the membership functions of fuzzy sets, if the latter only take values 0 or 1.[2]

< Himpunan samar adalah himpunan yang elemen-elemennya mempunyai derajat keanggotaan. Himpunan samar dikenalkan oleh Lotfi A Zadeh (1965) sebagai perluasan dari pengertian himpunan klasik. Dalam teori himpunan klasik, keanggotaan elemen-elemen dalam suatu himpunan hanya melibatkan dua pengujian – suatu elemen termuat atau tidak dalam suatu himpunan. Sebaliknya, teori himpunan samar memperbolehkan adanya gradasi pengujian terhadap keanggotan elemen-elemen dalam suatu himpunan, dan ini digambarkan dengan suatu fungsi keanggotaan yang bernilai real dalam interval [0,1]. Himpunan samar merupakan generalisasi dari himpunan klasik, karena fungsi-fungsi indikator pada himpunan klasik merupakan kasus-kasus khusus dari fungsi-fungsi keanggotaan pada himpunan samar, yang mana tadinya hanya bernilai 0 atau 1 saja. >

A fuzzy set is a pair (A,m) where A is a set and .
For each x, m(x) is the grade of membership of x. . If A = {x1,...,xn} the fuzzy set (A,m) can be denoted {m(x1) / x1,...,m(xn) / xn}.

< Suatu himpunan samar merupakan pasangan (A,m) dimana A adalah himpunan dan m adalah fungsi derajat keanggotaan . Untuk tiap x, m(x) merupakan tingkat keanggotaan dari x. Jika A = {x1,...,xn} maka himpunan (A,m) dapat dinotasikan dengan {m(x1) / x1,...,m(xn) / xn} >

An element mapping to the value 0 means that the member is not included in the fuzzy set, 1 describes a fully included member. Values strictly between 0 and 1 characterize the fuzzy members.[3]

<Suatu elemen yang tingkat keanggotaannya 0 pada suatu himpunan samar berarti tidak termuat dalam himpunan samar tersebut, sedangkan nilai tingkat 1 memberikan arti bahwa elemen sepenuhnya termuat. Nilai ini secara tepat merentang antara 0 dan 1 yang mencirikan anggota-anggota samar. >

Sometimes, a more general definition is used, where membership functions take values in an arbitrary fixed algebra or structure L; usually it is required that L be at least a poset or lattice. The usual membership functions with values in [0, 1] are then called [0, 1]-valued membership functions. This generalization was first considered in 1967 by Joseph Goguen, who was a student of Zadeh.[4]

< Kadang-kadang, digunakan suatu definisi yang lebih general, dimana nilai-nilai dari fungsi-fungsi keanggotaan diambil dari sembarang struktur atau aljabar tertentu katakan L; biasanya yang dikehendaki adalah setidaknya L merupakan poset atau lattice. Fungsi-fungsi keanggotaan yang seperti biasanya yaitu dalam [0,1] lalu disebut fungsi-fungsi keanggotaan bernilai [0,1]. Generalisasi ini pertama kali dipertimbangkan pada tahun 1967 oleh Joseph Goguen, yang merupakan murid dari Zadeh. >

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1285
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: himpunan samar
« Jawab #6 pada: Januari 10, 2009, 10:54:06 AM »
Pemakaian himpunan samar dan logika samar untuk memprediksi deret waktu sunspot, deret waktu curah hujan dan deret waktu tinggi muka air sungai ( dikenal sebagai ANFIS (adaptive neuro-fuzzy inference system)) sudah dikembangkan dan dipakai untuk memprediksi banjir Jakarta.
« Edit Terakhir: Pebruari 21, 2011, 10:26:40 PM oleh reborn »
HouwLiong

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: himpunan samar
« Jawab #7 pada: Januari 11, 2009, 08:47:59 AM »
Luar biasa, dengan teori himpunan samar memang memungkinkan untuk bekerja pada data-data yang sukar didefinisikan (ill-defined) dalam suatu cara yang efektif, begitu juga dapat menampilkan informasi yang dipelajari dalam bentuk yang lebih dapat dimengerti manusia.

Offline milannerz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: himpunan samar
« Jawab #8 pada: November 09, 2009, 06:24:40 PM »
saya dapet bahan skripsi tentang penjadwalan perkuliahan dengan fuzzy
kira" apa yag dibutuhkan ???
gua masih sedikit bingung ne

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: himpunan samar
« Jawab #9 pada: November 11, 2009, 08:40:26 PM »
Ada ga buku-buku prasyarat logika fuzzy?

jujur, saya sangat confuse terhadap penjelasan om Mtk kerajaan mataram, mungkin kalo saya baca artikel prasyaratnya saya jadi bisa
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Himpunan

Dimulai oleh reborn « 1 2 » Matematika SMU

22 Jawaban
29466 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2013, 08:20:45 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
2044 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2009, 06:47:05 PM
oleh mkukuh
4 Jawaban
3705 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2009, 11:54:48 PM
oleh Sky
4 Jawaban
3247 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 18, 2010, 02:50:41 AM
oleh aoi_azzura

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia