Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 28, 2024, 06:49:46 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 112
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 130
Total: 130

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ini bener gak ?

Dimulai oleh IndoManiak, September 12, 2012, 08:03:22 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

IndoManiak

teman2 Forsa, cerita ini bener gak sieh ?

Judulnya: EMPAT

Anak SD ditanya temannya: 2+2 sm dgn brp?
dijawab dengan lantang: EMPAT
Teman:  Kenapa kok Empat?
SD: Ya jelas empat, dong, kan di Buku Pelajaran Sekolah Tulisannya begitu.

Anak SMP ditanya temannya: 2+2 sm dgn brp?
dijawab: tentu EMPAT
Teman: Kenapa?
SMP: Coba kamu ambil 2 telur + 2 telur, dihitung, jadi empat kan?
Teman: lho kalau akar 16 berapa emangnya?
SMP: ya EMPAT juga, disamping itu 5-1 atau 8/2 juga empat
Teman: Kalau menurut saya Log 10.000 itu EMPAT juga lho..
SMP: Hus... ngawur.... EMPAT itu bisanya didapat dari +, -, x, /, dan akar aja, yang lainnya gak bisa.

Anak SMA ditanya temannya: 2+2 sm dgn brp?
dijawab: o, itu hasilnya mendekati EMPAT.
Teman: Lho kok mendekati?
SMA: Ya, soalnya kan merupakan Integral dari Luas dibawah kurva Area-area di grafik, yang kalau dijumlah persisnya 3,99999999999 sekian jadi hampir EMPAT
Teman: Kalau menurut aku, Log 10.000 juga EMPAT lho.
SMA: o iya dong, Log 10^4 kan = EMPAT.

Anak S1 ditanya temannya: 2+2 sm dgn brp?
dijawab: oo, itu range antara 3,9 - 4,1
Teman: Lho kok gak yakin gitu?
S1: Bukan gak yakin, karena tidak boleh mengabaikan faktor-faktor lain. Kan bisa aja 2 yg kamu maksud itu 1,9923 + 2,0876 iya toh?

Professor Matematika ditanya temannya: 2+2 sm dgn brp prof?
dijawab: Waduh... itu pertanyaan yang cukup sulit.
Teman: Lho prof, anak SD aja kan bisa?
Prof: Soalnya makin saya belajar matematik, makin saya sadar ternyata saya ini belum tahu apa2 lho.
Teman: maksud elooo?
Prof: Memang sejauh ini konsensus matematikawan sedunia, bahwa 2 + 2 itu kira-kira EMPAT. Tapi kamu harus tahu, bahwa itu di-ANGGAP BETUL, selama BELUM ada Penemuan Lain yang menchallenge-nya.
Teman: terus jawaban prof apa dong? kok plin plan sih? gak yakin ya sama ilmunya sendiri?
Prof: Wah, ya terserah deh. Sebab, ternyata matematika sedemikian luas-nya, keahlian saya ini gak seberapa.

mohon pencerahannya :)
sudikiranya Anda sekalian mampir ke blog saya ini: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

jangan lupa untuk beri komentar pada topik2 yang ada disana ya

trima kasih

Anton_Soepriyanto

setahu saya memang tidak ada pembuktian logis bahwa 2+2=4. Itu hanya dari pengalaman saja. Padahal sebanyak apapun pengalaman tidak bisa jadi bukti.
Contohnya ada orang membuat 100 gambar segitiga di kertas, dan semuanya jumlah sudutnya 180 derajat. dia tidak bisa menyimpulkan kalau jumlah sudut segitiga pasti 180 derajat. Coba saja buat gambar segitiga di atas bola.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

mhyworld

Pembuktian matematis adalah pembuktian deduktif, yaitu berdasarkan definisi, batasan masalah, dan aksioma-aksioma yang dianggap benar, kemudian diolah secara logis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan.
Jumlah sudut segitiga datar adalah 180 derajat, dengan syarat/batasan bahwa sisi-sisinya berupa garis lurus.
once we have eternity, everything else can wait

IndoManiak

sudikiranya Anda sekalian mampir ke blog saya ini: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

jangan lupa untuk beri komentar pada topik2 yang ada disana ya

trima kasih

gtx

Cerita itu ada benarnya juga. Tapi secara umum, pernyataan matematika itu harus dibuktikan. Pernyataan yang belum dibuktikan itu hanya berdasarkan kesepakatan. Jadi, menurut kesepakatan, dalam basis 10,

2+2=4.

Sebenarnya ada buktinya juga. Coba deh, cari buktinya dulu.