Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Integral  (Dibaca 4453 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Integral
« Jawab #15 pada: Agustus 22, 2011, 12:29:48 PM »
itu link om kbh kepotong...
mestinya ini nih:
http://www.wolframalpha.com/input/?i=integral+x^x+dx

Itu emang indefinite integral, jadi dinyatakan sebagai deret saja...
Cara ngedapetinnya emang pake parsial ko...

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 552
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
    • Lihat Profil
Re: Integral
« Jawab #16 pada: Agustus 22, 2011, 10:31:43 PM »
itu link om kbh kepotong...
mestinya ini nih:
http://www.wolframalpha.com/input/?i=integral+x^x+dx

Itu emang indefinite integral, jadi dinyatakan sebagai deret saja...
Cara ngedapetinnya emang pake parsial ko...

gimana tuh om?
???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline trfrm

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 20
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re:Integral
« Jawab #17 pada: Pebruari 25, 2013, 04:40:31 PM »
integral e^(x.lnx) dx  ;D

Permisi ... .  Salam kenal ... . :)

Mula-mula kita per-deret-pangkat-kan dahulu e^{x\ln{x}\equiv{x^x}} ... , yaitu

x^x=\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{j!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}(x-h)^j

dengan h merupakan suatu bilangan nyata selain nol ... , sehingga x^x berbentuk polinom ... , yang tentu saja dapat di-integral-kan ... .

\int{x^x}dx=\int\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{j!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}(x-h)^j\,dx
=\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{j!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}\int(x-h)^j\,dx
=\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{(j+1)!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}(x-h)^{j+1}+\textrm{tetapan} ... .


Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Integral
« Jawab #18 pada: Maret 05, 2013, 09:49:16 PM »
Permisi ... .  Salam kenal ... . :)

Mula-mula kita per-deret-pangkat-kan dahulu e^{x\ln{x}\equiv{x^x}} ... , yaitu

x^x=\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{j!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}(x-h)^j

dengan h merupakan suatu bilangan nyata selain nol ... , sehingga x^x berbentuk polinom ... , yang tentu saja dapat di-integral-kan ... .

\int{x^x}dx=\int\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{j!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}(x-h)^j\,dx
=\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{j!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}\int(x-h)^j\,dx
=\sum_{j=0}^\infty\frac{1}{(j+1)!}\,\left(\frac{d^j}{dy^j}(y^y)\right)_{y\rightarrow{h}}(x-h)^{j+1}+\textrm{tetapan} ... .



maksudnya pakai deret Taylor, ya? Jadi nilainya cuma bisa dihitung secara numerik (pendekatan).
http://en.wikipedia.org/wiki/Taylor_series
« Edit Terakhir: Maret 05, 2013, 09:51:21 PM oleh mhyworld »
once we have eternity, everything else can wait

Offline trfrm

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 20
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re:Integral
« Jawab #19 pada: Maret 06, 2013, 01:26:34 AM »
Ya begitulah ... .  Habis mau bagaimana lagi ... .  :(  Tetapi konon, nilai dari deret pangkat (deret Taylor) itu eksak (bukan pendekatan) apabila kita benar-benar menjumlahkannya sampai suku ke-tak-hingga ... . Hanya saja ... apabila kita hanya mengambil beberapa suku dari deret tersebut, maka barulah hasilnya merupakan pendekatan numerik ... .

Sebagai contoh ... , nilai \sum_{j=0}^\infty{\frac{x^j}{j!}} itu eksak, yaitu e^x ... , sedangkan nilai \sum_{j=0}^{100}{\frac{x^j}{j!}} (misalnya) itu barulah pendekatan dari e^x ... .

Offline Bahalan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 18
  • IQ: 2
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Integral
« Jawab #20 pada: Mei 22, 2013, 12:39:36 PM »
Alternatif lain dengan menggunakan integrasi parsial secara suksesif. Rumus standar integral u dv = uv - integral v du. Dalam hal ini u kita ambil x^x dan dv =dx. Kita akan memperoleh pada langkah pertama v = x. Kemudian kita mererapkan integrasi parsial lagi pada suku integral v du. Maka pada langkah kedua kita perolah v = 1/2 x^2 dan d/dx (x^x). Pada langkah ke n kita akan memperoleh v = 1/n! x^n dan du/dx = turunan ke n untuk x^x.
Ternyata dengan menerapkan metode ini hasilnya akan sama dengan ekspansi Taylor yang diusulkan oleh trfrm.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
integral

Dimulai oleh korewa « 1 2 » Matematika SMU

17 Jawaban
9437 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2009, 01:11:26 PM
oleh Sky
Integral

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika SMU

3 Jawaban
2209 Dilihat
Tulisan terakhir September 03, 2010, 11:59:52 PM
oleh PocongSains
7 Jawaban
2069 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 27, 2010, 10:42:24 AM
oleh laZr
2 Jawaban
1061 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 06, 2011, 04:20:07 PM
oleh mhyworld
7 Jawaban
2076 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 14, 2012, 10:36:42 AM
oleh strykerider

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia