Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: Makna Perkalian  (Dibaca 3867 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kingbeggar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Makna Perkalian
« pada: Agustus 05, 2012, 01:48:01 AM »
dulu saya ga suka matematika, namun belakangan sy mempertanyakan kenapa saya ga suka matematika. saya ada pertanyaan matematika agar dapat diterima logika saya karena saya kesulitan menghafal sesuatu.

Pertanyaaanya adalah  apakah ada perbedaan makna perhitungan dibawah ini

A.   5 x 100 = 500
B.   100x5= 500

mohon batuannya menjelaskan



Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #1 pada: Agustus 12, 2012, 01:45:51 PM »
Perbedaan makna perkalian baru terasa kalau anda menambahkan simbol tambah dan kurang, misaklan 2x5+10 dengan 5+10x2. Anda akan kebingungan karena semua permasalah tersebut selalu memberikan 2 jawaban yang berbeda.
Informasi yang aku anggap menarik
http://farabinewsnow.blogspot.com/

Saya Indonesia ASLI.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1382
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #2 pada: Agustus 12, 2012, 10:24:54 PM »
dulu saya ga suka matematika, namun belakangan sy mempertanyakan kenapa saya ga suka matematika. saya ada pertanyaan matematika agar dapat diterima logika saya karena saya kesulitan menghafal sesuatu.

Pertanyaaanya adalah  apakah ada perbedaan makna perhitungan dibawah ini

A.   5 x 100 = 500
B.   100x5= 500

mohon batuannya menjelaskan

kalau dalam bahasa inggris, lambang perkalian itu biasa dibaca times. Artinya angka di depan menunjukkan banyaknya unit atau banyaknya pengulangan, sedangkan angka di belakang menunjukkan ukuran dari masing-masing unit.
Contoh, 2x24 jam, maksudnya 2 hari 2 malam, karena sehari semalam ada 24 jam.
contoh lain 5x100 rupiah, maksudnya 5 keping uang pecahan 100 rupiah.
100x5 rupiah, maksudnya 100 keping uang pecahan 5 rupiah.
Dalam perkalian skalar, hasilnya memang akan sama meskipun posisi operandnya ditukar, karena operasi tsb bersifat komutatif. Namun dalam perkalian matrix tidak berlaku sifat komutatif.
once we have eternity, everything else can wait

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 347
  • IQ: 190
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #3 pada: Agustus 13, 2012, 03:03:56 AM »
dulu saya ga suka matematika, namun belakangan sy mempertanyakan kenapa saya ga suka matematika. saya ada pertanyaan matematika agar dapat diterima logika saya karena saya kesulitan menghafal sesuatu.

Pertanyaaanya adalah  apakah ada perbedaan makna perhitungan dibawah ini

A.   5 x 100 = 500
B.   100x5= 500

mohon batuannya menjelaskan


tidak ada perbedaannya kalau seperti ini.
hanya saja kalau yang A berarti 5 dilipat-gandakan hingga angka 5 nya ada 100
sementara yang B berarti 100 dilipat-gandakan hingga angka 100 nya ada 5
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 347
  • IQ: 190
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #4 pada: Agustus 13, 2012, 03:06:19 AM »
Perbedaan makna perkalian baru terasa kalau anda menambahkan simbol tambah dan kurang, misaklan 2x5+10 dengan 5+10x2. Anda akan kebingungan karena semua permasalah tersebut selalu memberikan 2 jawaban yang berbeda.

nah kalau ini hasilnya berapa ?
6 - 2 + 3 x 0 =

yang mana jawabannya?

apakah yang ini :

(6 - 2) + (3 x 0)
4 + 0 = 4

atau yang ini (kalau dihitung pakai kalkulator atau dihitung dari kiri) :

6 - 2 + 3 x 0 = 0


dikelompokkan dulu atau dihitung dari kiri ke kanan?
kalau tidak salah ini pelajaran level SD. dan ada yang bilang perkalian dihitung duluan, tapi gimana kalau soalnya diberikan secara lisan ?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #5 pada: Agustus 13, 2012, 12:40:35 PM »
nah kalau ini hasilnya berapa ?
6 - 2 + 3 x 0 =

yang mana jawabannya?

apakah yang ini :

(6 - 2) + (3 x 0)
4 + 0 = 4

atau yang ini (kalau dihitung pakai kalkulator atau dihitung dari kiri) :

6 - 2 + 3 x 0 = 0


dikelompokkan dulu atau dihitung dari kiri ke kanan?
kalau tidak salah ini pelajaran level SD. dan ada yang bilang perkalian dihitung duluan, tapi gimana kalau soalnya diberikan secara lisan ?
Kalo tidak salah pernah dibahas tentang standard internasional pembagian dan perkalian urutanya

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2828
  • IQ: 169
  • Gender: Pria
  • Self-Proclaim Judge. All hail safirot.
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #6 pada: Oktober 23, 2012, 02:15:34 PM »
kalau dalam bahasa inggris, lambang perkalian itu biasa dibaca times. Artinya angka di depan menunjukkan banyaknya unit atau banyaknya pengulangan, sedangkan angka di belakang menunjukkan ukuran dari masing-masing unit.
Contoh, 2x24 jam, maksudnya 2 hari 2 malam, karena sehari semalam ada 24 jam.
contoh lain 5x100 rupiah, maksudnya 5 keping uang pecahan 100 rupiah.
100x5 rupiah, maksudnya 100 keping uang pecahan 5 rupiah.
Dalam perkalian skalar, hasilnya memang akan sama meskipun posisi operandnya ditukar, karena operasi tsb bersifat komutatif. Namun dalam perkalian matrix tidak berlaku sifat komutatif.

Ngomong ngomong, makasih buat jawabannya, baru kepikiran ada logika seperti ini.

Offline gtx

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 41
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #7 pada: November 13, 2012, 05:18:14 AM »
dulu saya ga suka matematika, namun belakangan sy mempertanyakan kenapa saya ga suka matematika. saya ada pertanyaan matematika agar dapat diterima logika saya karena saya kesulitan menghafal sesuatu.

Pertanyaaanya adalah  apakah ada perbedaan makna perhitungan dibawah ini

A.   5 x 100 = 500
B.   100x5= 500

mohon batuannya menjelaskan

Secara umum, tidak ada perbedaan karena perkalian bersifat komutatif.

a\times b = c\ \Leftrightarrow\ b\times a = c

Offline trfrm

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 20
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re:Makna Perkalian
« Jawab #8 pada: November 29, 2012, 03:47:16 PM »
Maaf, ikut nimbrung ... .

Kalau dalam Bahasa Indonesia, makna 3x4 (dibaca: " 3 kali 4 ") itu adalah 4 + 4 + 4 ... .

Kalau dalam Bahasa Jawa, makna 3x4 (dibaca: " 3 ping 4 ") itu adalah 3 + 3 + 3 + 3 ... .

Karena hasil keduanya sama, maka operasi perkalian bilangan nyata itu dianggap bersifat komutatif ... .

Makasih dan salam kenal ... .

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
3288 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 13, 2009, 09:50:44 AM
oleh mouza
2 Jawaban
2838 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 01, 2010, 03:10:55 AM
oleh semut-ireng
0 Jawaban
1799 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2011, 12:13:30 AM
oleh excelboy
Perbedaan Makna Kata

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Sastra dan Budaya

2 Jawaban
2885 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2012, 03:55:49 PM
oleh uyoyahya
7 Jawaban
532 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2014, 05:04:08 AM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia