Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Hari Ini jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: min kali min = plus  (Dibaca 20556 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
min kali min = plus
« pada: Juli 23, 2008, 07:08:56 AM »
Kata guruku SMP "Min kali Min! Loncat!"
kata seseorang berteriak pada temannya yang bernama Amin

tapi, mengapa di matematika min kali min = plus ( - * - =  +)
kayak  -1 x -1 = 1



Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: min kali min = plus
« Jawab #1 pada: Juli 23, 2008, 01:23:40 PM »
hehe... baru denger tuh soal ada kali harus loncat, boleh juga ntar dipake ;D

Kita mulai dari definisi perkalian dulu. Perkalian adalah penjumlahan berulang sebanyak n kali.
Misal 3x4 artinya jumlahkan 4 sebanyak 3 kali : 3x4=4+4+4=12
4x3 artinya jumlahkan 3 sebanyak 4 kali : 4x3=3+3+3+3=12
Bisa dilihat dalam perkalian berlaku hukum komutatif : axb=bxa
Pada operasi perkalian juga berlaku
hukum asosiatif : (axb)xc = ax(bxc)
hukum distributif : (a+b)xc = (axc)+(bxc)

Sekarang kita pake hukum2 di atas untuk mendapatkan :
(-1) x a = (-1) x a + a - a
           = (-1) x a + (1)xa - a
           = (-1+1)xa - a
           = (0)xa - a
           = 0 - a
           = -a

Kemudian, dari hasil (-1)xa=-a, kita bisa tulis :

(-1) x (-1) = -(-1) = 1

Jadi, bener bahwa min kali min = plus.
« Edit Terakhir: Juli 23, 2008, 01:25:24 PM oleh reborn »

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: min kali min = plus
« Jawab #2 pada: Juli 23, 2008, 06:41:09 PM »
hukum asosiatif : (axb)xc = ax(bxc)
hukum distributif : (a+b)xc = (axc)+(bxc)

Sekarang kita pake hukum2 di atas untuk mendapatkan :
(-1) x a = (-1) x a + a - a
           = (-1) x a + (1)xa - a
           = (-1+1)xa - a
           = (0)xa - a
           = 0 - a
           = -a

Kemudian, dari hasil (-1)xa=-a, kita bisa tulis :

(-1) x (-1) = -(-1) = 1

Jadi, bener bahwa min kali min = plus.

^_^ plok... plok... plok..

cemerlang...!! Gak salah lah FS punya admin kayak gini...!!  ;D

Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: min kali min = plus
« Jawab #3 pada: Juli 30, 2008, 04:05:00 PM »
hehe... baru denger tuh soal ada kali harus loncat, boleh juga ntar dipake ;D

Kita mulai dari definisi perkalian dulu. Perkalian adalah penjumlahan berulang sebanyak n kali.
Misal 3x4 artinya jumlahkan 4 sebanyak 3 kali : 3x4=4+4+4=12
4x3 artinya jumlahkan 3 sebanyak 4 kali : 4x3=3+3+3+3=12
Bisa dilihat dalam perkalian berlaku hukum komutatif : axb=bxa
Pada operasi perkalian juga berlaku
hukum asosiatif : (axb)xc = ax(bxc)
hukum distributif : (a+b)xc = (axc)+(bxc)

Sekarang kita pake hukum2 di atas untuk mendapatkan :
(-1) x a = (-1) x a + a - a
           = (-1) x a + (1)xa - a
           = (-1+1)xa - a
           = (0)xa - a
           = 0 - a
           = -a

Kemudian, dari hasil (-1)xa=-a, kita bisa tulis :

(-1) x (-1) = -(-1) = 1

Jadi, bener bahwa min kali min = plus.

Ribet, aku jadi pusing..
Hehehehe :D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: min kali min = plus
« Jawab #4 pada: Juli 30, 2008, 05:39:03 PM »
hu uh, gw juga ga ngerti nulis apa sebenernya ;D hehe...
Eh, tapi bener ga sih itu caranya begitu, ada usulan lain?

Offline lem

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 8
    • Lihat Profil
Re: min kali min = plus
« Jawab #5 pada: September 05, 2008, 02:23:09 PM »
analogi lainnya.. mungkin lebih pas kalo yg nanya kebetulan masih anak2..   ;D

jika kata 'makan' berarti kita menginginkan seseorang untuk makan (bernilai positif)
kata 'tidak makan' berarti sebaliknya (bernilai negatif)

maka kata 'tidak tidak makan' menunjukkan kalo kita menginginkan seseorang itu makan... (dua kata tidak yang bernilai negatif menghasilkan nilai positif jika digabungkan)...
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

Offline mozzpunkz

  • Staff
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 222
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Contoh yang baik adalah nasehat terbaik
    • Lihat Profil
Re: min kali min = plus
« Jawab #6 pada: September 07, 2008, 03:54:51 AM »
analogi lainnya.. mungkin lebih pas kalo yg nanya kebetulan masih anak2..   ;D

jika kata 'makan' berarti kita menginginkan seseorang untuk makan (bernilai positif)
kata 'tidak makan' berarti sebaliknya (bernilai negatif)

maka kata 'tidak tidak makan' menunjukkan kalo kita menginginkan seseorang itu makan... (dua kata tidak yang bernilai negatif menghasilkan nilai positif jika digabungkan)...
Kalau orang jahat di analogikan negatif dan orang baik di analogikan positif, maka jika orang jahat ketemu dengan orang jahat bisa menjadi orang baik ya???? hehehehhehehehehe....bisa diusulkan ini sama pemerintah biar di penjara sono kalau dalam satu sel tahanan itu diisi 2 narapidana saja, biar narapidananya jadi baik/tidak jahat lagi....wakakakakkaka.....sorry just kidding...penyelesaian/penjelasan yang menarik neh..
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: min kali min = plus
« Jawab #7 pada: November 17, 2008, 05:36:53 AM »
 oia, ada lago solusinya, hehe.., dapet dari guru (tpi kan lumayan buat nambah referensi)

Guruku pun berkata:

aturan min kali min sama dengan plus itu didapet dari barisan bilangan
jadi klo menjawabnya ya harus dengan barisan bilangan.

Dalam barisan bilangan misalnya kita menulis 5x1 berati kita harus menambah/meloncati tiap satu angka (mulai dari angka nol) sebanyak lima kali, jadi nanti kita akan emnunjuk tepat pada angka lima

kalau 5x2, maka kita harus melangkah sebanyak dua bilangan dari angka nol sebanyak lima kali. Nah, akhirnya kita akan menunjuk tepat pada angka 10

sekarang ada yagn harus kita ketahui dulu. Dalam barisan bilangan ada dua sisi, sisi disebelah kanan nol ktia sebut saja sisi positif, dan disebalah kirinya merupakan sisi negatif.

penambahan tanda minus dalam suatu angka, akan mengakibatkan angka tersebut berlawanan sisi dari sisinya saat itu dalam barisan bilangan. Misalnya, angka 5 akan berada dalam posisi positif dalam sebuah barisan bilangan, sedangkan angka -5 akan berada dalam sisi negatif dari sebuah barisan bilangan.

Bagaimana dengan perkalian?
pemberian tanda minus dalam perkalian berarti merubah arah loncatan kita dalam barisan bilangan

jika 5x2 berarti kita meloncat ke kanan 2 langkah sebanyak 5 kali dari angka nol
maka
     5x-2 berarti kia meloncat ke kiri 2 langkah sebanyak 5 kali dari angka nol

berarti, pemberian angka minus pada multiplier (dalam hal ini 2) menyatakan/mengakibatkan perubahan arah pada yang dikali

'(klo bingung bisa dicoba sendiri ya..., hehehe)

nah, bagaimana dengan perkalian sesama minus misalnya -2 x -1

gini ada logikanya

kalau 2 x -1 berarti kita meloncat ke arah kiri (membalikkan arah angka 2, angka dua berarah ke kanan), dan dimulai dari angka nol, jadi posisi terakhir kita akan menunjuk pada angka min dua.

Nah,
berarti kalau perkalian -2 x -1, berarti kita sama dengan membalik arah min dua (-2 berarah ke kiri, tetapi dengan adanya -1 sebagai pengali, kita merubah arah loncatan bukan ke kiri lagi, tetapi ke kanan, ingat yang dirubah adalah arah terkali), dan perhitungan tetap dimulai dari angka nol,

 sehingga perkalian -2 x -1 hasilnya akan sama dengan 2 x 1

Jadi, perkalian minus maksudnya itu membalikkan kebalikan dari sesuatu, makanya ada aturan min kali min sama dengan plus

(nah, gitu katanya)

oia, klo ada yang punya jawaban lain kaci tau ya....


Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: min kali min = plus
« Jawab #8 pada: November 17, 2008, 07:01:20 AM »
Bagi gw pembuktian matematika cuma muter-muter doank ujung-ujungnya disitu juga. kalo pertanyaannya dirubah jadi kenapa min bagi min = plus juga? kalo menurut gw aturan dasar seperti ini gak usah dipertanyakan terima aja toh itu juga untuk memudahkan perhitungan tingkat tinggi.

Kata guruku SMP "Min kali Min! Loncat!"
kata seseorang berteriak pada temannya yang bernama Amin
Kalo kata gw "Min bagi Min! Pelit Lu!"  ;D ;D ;D
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: min kali min = plus
« Jawab #9 pada: November 17, 2008, 07:10:16 AM »
kalo min kali min sama dengan plus, -1 x -1 = 1 berarti akar -1 ga ada ya?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: min kali min = plus
« Jawab #10 pada: November 17, 2008, 10:09:50 AM »
ada, yakni bilangan imajiner:
\sqrt{-1} = i

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: min kali min = plus
« Jawab #11 pada: November 17, 2008, 12:52:26 PM »
bilangan imajiner? maksudnya nyari alasan supaya bilangannya ada? kok ga jelas gitu ya? gimana dengan akar minus yang lain? imajiner juga?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: min kali min = plus
« Jawab #12 pada: November 18, 2008, 06:28:50 AM »
Pernah belajar jenis-jenis bilangan kan?
bilangan bulat ada 2 jenis: bulat positif & bulat negatif
bilangan rasional ada 2 jenis: bilangan bulat & bilangan pecahan
bilangan real ada 2 jenis: bilangan rasional & bilangan irrasional
bilangan kompleks ada 2 jenis: bilangan real & bilangan imajener

contoh lainnya bilangan imajener:
\sqrt{-4} = 2i

\sqrt{-16} = 4i

\sqrt{-8} = 2 \sqrt{2}i

dalam matematika bilangan imajener digunakan untuk menggambarkan persamaan kompleks 4 dimensi dimana 3 dimensi ruang dan 1 dimensi imajener. untuk lebih lengkapnya lagi silahkan tanya sama orang yang jago matematika.

dalam fisika bilangan imajener atau persamaan kompleks digunakan untuk menggambarkan keadaan yang tidak biasa misalkan resonansi dalam rangkaian RLC, dan lebih banyak lagi digunakan dalam persamaan teori quantum (advance physics)

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 812
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Lihat Profil
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: min kali min = plus
« Jawab #13 pada: November 21, 2008, 01:54:57 PM »
Kalo kata gw "Min bagi Min! Pelit Lu!"  ;D ;D ;D
kwakwakwa... ;D ;D ;D lumayan bisa dipake jga....;D ;D ;D


....
dalam matematika bilangan imajener digunakan untuk menggambarkan persamaan kompleks 4 dimensi dimana 3 dimensi ruang dan 1 dimensi imajener. untuk lebih lengkapnya lagi silahkan tanya sama orang yang jago matematika.

dalam fisika bilangan imajener atau persamaan kompleks digunakan untuk menggambarkan keadaan yang tidak biasa misalkan resonansi dalam rangkaian RLC, dan lebih banyak lagi digunakan dalam persamaan teori quantum (advance physics)

hm..., klo yg ini bru tau gw...

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: min kali min = plus
« Jawab #14 pada: November 22, 2008, 03:49:47 PM »
analoginya: orang gila sama orang gila ya normal-normal aja :D

Bagi gw pembuktian matematika cuma muter-muter doank ujung-ujungnya disitu juga. kalo pertanyaannya dirubah jadi kenapa min bagi min = plus juga? kalo menurut gw aturan dasar seperti ini gak usah dipertanyakan terima aja toh itu juga untuk memudahkan perhitungan tingkat tinggi.
Kalo kata gw "Min bagi Min! Pelit Lu!"  ;D ;D ;D
he he,,, orang fisika biasanya mikirnya kayak gitu. Setuju lah saya...
tapi bagi orang matematika, itu kurang
makanya dulu Paul Dirac ketika membuat teori kuantum-relativistik (kalo ga salah), dianggap "pahlawan" sama orang fisika, tapi dianggap "pengkhianat" sama orang matematika, karena ada teorema matematika yang digunakan masih diragukan,,,(dipostulatkan atau bagaimana gituh, kurang tau detailnya)
tapi toh secara eksperimen teruji, ya orang fisika terima aja...

...
Sekarang kita pake hukum2 di atas untuk mendapatkan :
(-1) x a = (-1) x a + a - a
           = (-1) x a + (1)xa - a
           = (-1+1)xa - a
           = (0)xa - a
           = 0 - a
           = -a

Kemudian, dari hasil (-1)xa=-a, kita bisa tulis :

(-1) x (-1) = -(-1) = 1
...
masih bingung, koq bisa ambil kesimpulan bahwa -(-1)=+1, bukannya itu yang mau dibuktikan, balik lagi dong... :D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4449 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2007, 01:59:23 PM
oleh reborn
19 Jawaban
5669 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 12, 2012, 12:44:29 AM
oleh mhyworld
6 Jawaban
2269 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2009, 09:22:27 PM
oleh Kholil
kali silang.

Dimulai oleh L Olah Otak

14 Jawaban
3582 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 05, 2009, 07:51:47 AM
oleh leixiautie
2 Jawaban
1583 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2012, 01:01:27 AM
oleh mhyworld

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia