Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Monox D. I-Fly

Maret 24, 2015, 10:07:31 AM
nandatte,,, -_-

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:21:38 AM
お兄ちゃんだけど愛さえあれば関係ないよねっ Onī-chan dakedo Ai sae Areba Kankei Nai yo ne

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:19:40 AM
Onii-chan Dakedo...

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:19:09 AM
Oni-chan....

abdillahibnunasrullah

Maret 16, 2015, 11:18:52 AM
Disuki onii-chan...

wieldah

Maret 12, 2015, 11:41:22 PM
hai...
 :D

abdillahibnunasrullah

Maret 12, 2015, 01:34:17 PM
To: MuhammadRyan
oni-chan, daisuki ♡♡♡

hani jatmika

Maret 12, 2015, 12:51:11 PM
SALAM KENAL...
 :)
 

MuhammadRyan

Maret 05, 2015, 08:49:32 AM
koveran jaringannya, mas. Indonesia musatinnya di Jawa, klo di luar jawa pke parabola smua; yg di Kalimantan ama Riau byk pke router Malaysia
 

Farabi

Maret 04, 2015, 10:51:44 AM
Kalo alasan kuota karena jaringan kurang kuat? Kenapa tiap akhir bulan dimana semua orang abis kuota jaringan tidak jadi lebih cepat? Sebenarnya Internet Indonesia lambat lebih karena masalah nyari duit kan?

Show 50 latest

Penulis Topik: Nol  (Dibaca 5369 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Firzal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Nol
« pada: Juni 02, 2009, 10:24:06 AM »
q mw minta penjelasan nie tentang pembagian dengan nol............

menurut guru mat q jika bilangan di bagi nol akan menghasilkan nilai tak terdefinisi atau tak hingga.......

1. v gmana jika 0/0, apakah sama dengan 0 dikali tak hingga (nol penyebut dianggap mendekati nol), klo gtu hasilnya nol donk, krna perkalian dengan nol selalu nol....knapa di kalkulator hasilnya malah "error".

2. apakah pengertian "tak terdefinisi" dan "tak hingga" itu sama atw beda.......guruku  mat q c bilang beda......tak hingga digunakan dalam limit contohnya.

3. apakah ada kasus lain pembagian dengan nol itu disebut tak hingga selain pada limit....atau pada tan 90 drajad.......

mohon penjelasannya ForSa



Offline heartbreaker_maker

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Nol
« Jawab #1 pada: Juni 02, 2009, 11:06:15 AM »
aku rasa suatu bilangan per nol itu hasilnya limit takhingga, karena tak hingga itu hasil bagi bilangan dengan limit menuju nol.
1. kalau tak tedefenisi (tak tentu) itu 0 per suatu bilangan dan 0 per 0. Jika suatu bilangan kita kalikan nol, hasilnya tentu nol. Dari sini nilai berapa pun bisa muncul kalau kita operasikan 0 per 0. Atau peluang nilai nya bisa diperkecil dari persamaan persamaan yang bisa di munculkan,contoh dalam limit. Hal ini sama saja dengan 0 per 0 dan nilai tak tentu yang bisa dimunculkan lebih banyak, mengingat banyaknya elemen bil real.
2. tak terdefenisi sama tak hingga itu bisa beda bisa sama. bisa sama jika elemen tak terdefenisi adalah subset dari elemen tak hingga,bisa tak sama jika sebaliknya. keduanya bisa muncul dalam operasi limit.
3. kalau saya kurang tau contoh lain yang bisa muncul selain dalam limit.Apa ada forumers lain yang tau? sekalian sama aplikasi contoh nyatanya...
 ;D

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Nol
« Jawab #2 pada: Juni 02, 2009, 08:39:17 PM »
untuk nomor 1, udah ada bahasannya di sini http://www.forumsains.com/matematika/klo-aksioma-tidak-terhingga-gmn/

untuk nomor 2,
beda (beda sih, tapi sama-sama tak terdefinisi :P, kok?), yang 0/0 "takterdefinisi" karena ga tau hasilnya berapa, yang x/0 "tak terhingga" dikatakan juga 'tak tedefinisi' karena "tak terhingga" itu suatu angka yang "lebih besar dari yang anda bayangkan" (jd bisa dibilang ga jelas juga nilainya)
tapi beda.

untuk nomor 3,
hm, ga tau :kribo:
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Nol
« Jawab #3 pada: Juni 02, 2009, 09:54:25 PM »
Coba pake penjelasan yang sederhana nih :

\frac {1}{1} = 1
\frac {1}{0.1} = 10
\frac {1}{0.01} = 100
\frac {1}{0.001} = 1000
\frac {1}{0.0000001} = 1000000
\frac {1}{0.0000000000001} = 1000000000000

dari situ kita tahu semakin kecil pembaginya, semakin besar hasilnya. Jadi suatu bilangan dibagi nol hasilnya tak hingga, artinya bilangan yang sangat besar.

\frac {1}{0} = \inft

Ada bedanya dengan tak terdefinisi. Misal pembagian nol dengan nol hasilnya tak terdefinisi, bukan tak hingga. Kenapa? Karena hasilnya memang bisa berapa saja, tidak terdefinisikan.

Kalo menurut gw tak hingga itu tak terdefinisi, tapi tak terdefinisi belum tentu tak hingga.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Nol
« Jawab #4 pada: Juni 06, 2009, 06:16:29 AM »
\frac {1}{0} = \inft
Ada bedanya dengan tak terdefinisi. Misal pembagian nol dengan nol hasilnya tak terdefinisi, bukan tak hingga. Kenapa? Karena hasilnya memang bisa berapa saja, tidak terdefinisikan.
Kalo menurut gw tak hingga itu tak terdefinisi, tapi tak terdefinisi belum tentu tak hingga.

Ada misunderstanding yang hampir tak terlihat disini. Kita harus membedakan antara
"sama dengan ( = )" dan "mendekati (= lim )".

1/0 tak terdefinisi sedangkan lim 1/x = tak hingga untuk x mendekati 0, keduanya berbeda.
Untuk 1/0 jelas bahwa penyebutnya 0, tapi yang kedua penyebutnya bukan 0 melainkan bilangan mendekati 0 sekecil apapun.

Tak hingga yang dalam teori himpunan sering dilambangkan dengan Aleph bermacam-macam dan bertindak seperti bilangan. Tak terdefinisi disini merupakan tidak dipenuhinya sifat pemetaan pada operasi biner pembagian jika penyebutnya 0.

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
    • Lihat Profil
Re: Nol
« Jawab #5 pada: Juni 06, 2009, 07:45:01 AM »
utk pertanyaan no.3,

ada cabang matematika yg dasar bilangannya tidak berdasar pada angka nol, melainkan bdasar pada tak terhingga. namanya: matematika inversi.
lebih lanjut ttg matematika inversi liat di http://netsains.com/2009/05/matematika-inversi/
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
angka nol

Dimulai oleh YONJK « 1 2 » Matematika

17 Jawaban
8495 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2009, 11:31:22 AM
oleh anestesia
Angka 0 (nol)

Dimulai oleh Alan adhityo « 1 2 » Matematika

22 Jawaban
10952 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 24, 2009, 10:14:15 AM
oleh oyi
3 Jawaban
2247 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2010, 04:09:42 PM
oleh cph
22 Jawaban
8507 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2011, 09:00:20 PM
oleh Balya
4 Jawaban
883 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2014, 12:32:45 PM
oleh Farabi

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia