Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: Benarkah bantahan akan Teorema 5 Euclid menjadi awal timbulnya geometri bola???  (Dibaca 3972 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Setahu saya teorema Euclid menyatakan jika ada 2 garis yang tegak lurus dengan suatu garis, maka kedua garis itu tak akan bertemu

Counter Example: dua garis bujur yang sejajar, pasti bertemu di kutub utara dan selatan

Masalahnya, apakah pembahasan geometri bola, langsung dimulai dengan hubungn dua sudut???


Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Setahu saya teorema Euclid menyatakan jika ada 2 garis yang tegak lurus dengan suatu garis, maka kedua garis itu tak akan bertemu

Counter Example: dua garis bujur yang sejajar, pasti bertemu di kutub utara dan selatan

Masalahnya, apakah pembahasan geometri bola, langsung dimulai dengan hubungn dua sudut???
masa garis bujur itu sejajar? kalo sejajar ga mungkin bisa etrbentuk bola dong...
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Trus apa istilahnya dumz?

Masalahnya kan sedutnya 90 degree terhadap equator

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Trus apa istilahnya dumz?

Masalahnya kan sedutnya 90 degree terhadap equator
90 degree etrhadap equator? nope... wong membulat gitu...kalo 90 degree terhadap equator, maka bumi akan berbentuk tabung.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
hmmm... ini komen dari ronald widjojo, peserta IMO 2009 ini...hehehe...dua garis yang tegak lurus dengan sebuah gais kan sama saja sejajar pada suatu bidang... mungkin ada 2 macam pandangan garis sejajar dlam mat...yang pertama, jika diambil "aliran bidang", 2 garis sejajar tidak mungkin berpotongan, namun aliran ruang (spatial) bilang, 2 garis sejajar berpotongan di tak hingga.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Lihat Profil
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
hmmm... ini komen dari ronald widjojo, peserta IMO 2009 ini...hehehe...dua garis yang tegak lurus dengan sebuah gais kan sama saja sejajar pada suatu bidang... mungkin ada 2 macam pandangan garis sejajar dlam mat...yang pertama, jika diambil "aliran bidang", 2 garis sejajar tidak mungkin berpotongan, namun aliran ruang (spatial) bilang, 2 garis sejajar berpotongan di tak hingga.
sejajar itu apabila dibentangkan

di buku "An Introduction of History of Mathematics" karya Howard Eves (kalo ga salah)

yang saya tanyakan (maaf saya anak pendidikan), dari mana pola pikir tersebut muncul ya?

tau2 langsdung teoeri kesejajaran, terkesan ga postulasi

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 974
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Masalahnya, teorema itu berlaku untuk bidang datar, sedangkan bumi yg berbentuk bola merupakan bidang lengkung, IMO.
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
24 Jawaban
38512 Dilihat
Tulisan terakhir November 07, 2008, 10:38:28 AM
oleh neo
6 Jawaban
8536 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 05, 2009, 09:17:21 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
0 Jawaban
3805 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 27, 2008, 04:45:08 PM
oleh kentang
6 Jawaban
4315 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 07, 2009, 04:13:41 PM
oleh biobio
1422 Jawaban
114128 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2014, 05:47:31 AM
oleh ytridyrevsielixetuls

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia