Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx
 

Farabi

Agustus 25, 2014, 01:42:52 AM
Jadi penasaran, bisa ga tuh dipecahkan? Perkalian ya bukan pertambahan. Rumit banget kayaknya.
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 11:58:59 PM
oh, ada yg nanya to d bawah? saya gak liat.
ada 3 variabel dan hanya ada 1 persamaan, maka mustahil mengetahui nilai setiap variabel. kecuali yang ditanyakan adalah hasil operasi dari variabel-variabel tsb, formula operasi tertentu masih mungkin ketemu hasilnya tanpa harus mengetahui nilai setiap v
 

Monox D. I-Fly

Agustus 24, 2014, 09:39:37 PM
bukannya 2p.3q.5r itu maksudnya 2p x 3q x 5r ya? Jadinya 1125000 = 30pqr
 

Sandy_dkk

Agustus 24, 2014, 04:04:27 PM
emang Farabi berpikir tentang apa?
 

Farabi

Agustus 21, 2014, 09:27:23 AM
2p+3q+5r totalnya ada 10 bagian. 2/10 *1125000 untuk p 3/10*1125000 untuk q dan 5/10 *1125000 untuk r. Gitu bukan? Yang kepikiran begitu.

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 07:14:43 PM
gk ada yg mau jwb pertanyaan ku di topik
 

reborn

Agustus 18, 2014, 06:47:27 PM
@keziakeren17 bisa post di http://www.forumsains.com/fisika/ atau http://www.forumsains.com/fisika-smu/ ,. Selamat bergabung!

keziakeren17

Agustus 18, 2014, 06:39:36 PM
ada yg bisa bantu jwb soal fisika??

Show 50 latest

Penulis Topik: Persamaan Multivariabel  (Dibaca 4919 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Persamaan Multivariabel
« pada: Pebruari 09, 2009, 05:08:44 PM »
ada yang bisa nentuin nilai masing-masing variable soal berikut?
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A variabel terbesar, E yang terkecil.
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E
E diketahui 0.75



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #1 pada: Pebruari 09, 2009, 10:17:09 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #2 pada: Pebruari 10, 2009, 07:19:02 AM »
... sorry, otak bebalku masi blom bisa nangkep cara mtk.
tapi pemikiran pagi emang lebih fresh ketimbang malam. utak-atik sebentar udah selesai.

A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

C = 2D - 0.75
B = 3D - 1.5
A = 4D - 2.25

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #3 pada: Pebruari 10, 2009, 08:51:28 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.


jadi teringat metode eliminasi matrix gauss-jordan,
pernah bikin programnya dulu,

tapi kaget pas kalkulator (tipe baru) bisa ngitung lebih cepet,
apa kompie ku yang lemot ato kebanyakan looping

OOT ah...

@mtk krjn mataram
mungkin bisa sekalian aja bahas metode penyelesaian persamaan linear multivariabel untuk kasus secara umum
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #4 pada: Pebruari 22, 2009, 04:31:01 PM »
....

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20


Tapi... A-B=0.11 sedangkan B-C=0.12

Koq gak sama??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2009, 01:24:47 PM »
ada pembulatan...

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #6 pada: Pebruari 28, 2009, 01:52:25 PM »
ada pembulatan...

Tidak perlu ada pembulatan kalau bisa pakai pecahan, lagian di soal jelas2 tertulis :

Kutip
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E

Satu lagi tidak perlu repot-repot menggunakan matriks 5x5 untuk soal seperti ini. Ada cara yang sangat sederhana, yang mana anak SMP pun bisa ;)

Petunjuk : definisikan variabel baru (misalnya I), yaitu jarak atau interval tadi, lalu nyatakan A,B,C,D sebagai fungsi dari I dan E (yang nilainya sudah diketahui)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 974
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #7 pada: Juni 24, 2010, 03:57:14 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
E = 0.75 maka 2E = 1.5
Persamaan berubah menjadi A + 6B + 3C + D + 1.5 = 13
=> A + 6B + 3C + D = 11.5

Jika nilai interval = x, maka:
D = 0.75 + x
C = 0.75 + 2x
B = 0.75 + 3x
A = 0.75 + 4x

Didapat:
0.75 + 4x + 6 (0.75 + 3x) + 3 (0.75 + 2x) + 0.75 + x = 11.5
1.5 + 5x + 4.5 + 18x + 2.25 + 6x = 11.5
8.25 + 29x = 11.5
29x = 3.25
x = 3.25/29 (bener g?)

*karena pecahan,gadi males nglanjutin... :-P *
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
9470 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:52:18 PM
oleh Ginji
5 Jawaban
2525 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 09:30:23 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1202 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2009, 11:31:26 PM
oleh M101A
8 Jawaban
2573 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 03:44:38 PM
oleh Nabih
1 Jawaban
2740 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 04:53:47 PM
oleh Raden Tyo

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia