Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: Persamaan Multivariabel  (Dibaca 6045 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Persamaan Multivariabel
« pada: Pebruari 09, 2009, 05:08:44 PM »
ada yang bisa nentuin nilai masing-masing variable soal berikut?
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A variabel terbesar, E yang terkecil.
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E
E diketahui 0.75



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #1 pada: Pebruari 09, 2009, 10:17:09 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #2 pada: Pebruari 10, 2009, 07:19:02 AM »
... sorry, otak bebalku masi blom bisa nangkep cara mtk.
tapi pemikiran pagi emang lebih fresh ketimbang malam. utak-atik sebentar udah selesai.

A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

C = 2D - 0.75
B = 3D - 1.5
A = 4D - 2.25

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #3 pada: Pebruari 10, 2009, 08:51:28 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.


jadi teringat metode eliminasi matrix gauss-jordan,
pernah bikin programnya dulu,

tapi kaget pas kalkulator (tipe baru) bisa ngitung lebih cepet,
apa kompie ku yang lemot ato kebanyakan looping

OOT ah...

@mtk krjn mataram
mungkin bisa sekalian aja bahas metode penyelesaian persamaan linear multivariabel untuk kasus secara umum
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #4 pada: Pebruari 22, 2009, 04:31:01 PM »
....

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20


Tapi... A-B=0.11 sedangkan B-C=0.12

Koq gak sama??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2009, 01:24:47 PM »
ada pembulatan...

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #6 pada: Pebruari 28, 2009, 01:52:25 PM »
ada pembulatan...

Tidak perlu ada pembulatan kalau bisa pakai pecahan, lagian di soal jelas2 tertulis :

Kutip
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E

Satu lagi tidak perlu repot-repot menggunakan matriks 5x5 untuk soal seperti ini. Ada cara yang sangat sederhana, yang mana anak SMP pun bisa ;)

Petunjuk : definisikan variabel baru (misalnya I), yaitu jarak atau interval tadi, lalu nyatakan A,B,C,D sebagai fungsi dari I dan E (yang nilainya sudah diketahui)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1178
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #7 pada: Juni 24, 2010, 03:57:14 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
E = 0.75 maka 2E = 1.5
Persamaan berubah menjadi A + 6B + 3C + D + 1.5 = 13
=> A + 6B + 3C + D = 11.5

Jika nilai interval = x, maka:
D = 0.75 + x
C = 0.75 + 2x
B = 0.75 + 3x
A = 0.75 + 4x

Didapat:
0.75 + 4x + 6 (0.75 + 3x) + 3 (0.75 + 2x) + 0.75 + x = 11.5
1.5 + 5x + 4.5 + 18x + 2.25 + 6x = 11.5
8.25 + 29x = 11.5
29x = 3.25
x = 3.25/29 (bener g?)

*karena pecahan,gadi males nglanjutin... :-P *
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
11448 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:52:18 PM
oleh Ginji
5 Jawaban
3262 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 09:30:23 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1443 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2009, 11:31:26 PM
oleh M101A
8 Jawaban
3223 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 03:44:38 PM
oleh Nabih
1 Jawaban
2981 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 04:53:47 PM
oleh Raden Tyo

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia