Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Excalnewgate

April 16, 2015, 02:50:32 PM
Hallo salam kenal semua dan mohon bimbinganya ya, kedepanya.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:53:57 PM
maksih infonya gan
 

jasen

April 16, 2015, 01:36:33 PM
@NatsukiReza
Lanjutkan topik lama yang berhubungan dengan pertanyaan yg ingin diajukan, atau buat topik baru, di sub Forum yang sesuai.

NatsukiReza

April 16, 2015, 01:19:56 PM
gimana cara buat pertanyaan di forum ?? :D

Hanifyuand

April 12, 2015, 09:33:01 PM
Topik kita kan sains. Ustad gw ngomong jangan ditabrakin, entar timbul ketidakyakinan. Percayalah temen gw pernah ngalamin. Dia sekarang kerja di CERN. Dia sempet mau ateis gara-gara belajar partikel gitu-gitu

lutfiadi

April 11, 2015, 06:31:18 AM
agama hanif adalah agama sebelum nabi muhammad

laskar08

April 08, 2015, 01:01:18 PM
ayo ramaikan peluang usaha bisnis online di internet. sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan di rumah saja....  ;)

laskar08

April 08, 2015, 12:59:21 PM
ayo ramaikan peluang usaha bisnis online di internet. sebuah Peluang Usaha yang bisa dikerjakan di rumah saja....  ;)
 

Muztank

April 03, 2015, 01:25:02 AM
ramaikan forumsains :D
 

nʇǝʌ∀

Maret 31, 2015, 05:45:40 PM
@tresnadr

Jangan beriklan

Show 50 latest

Penulis Topik: Persamaan Multivariabel  (Dibaca 5775 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Persamaan Multivariabel
« pada: Pebruari 09, 2009, 05:08:44 PM »
ada yang bisa nentuin nilai masing-masing variable soal berikut?
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A variabel terbesar, E yang terkecil.
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E
E diketahui 0.75



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #1 pada: Pebruari 09, 2009, 10:17:09 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #2 pada: Pebruari 10, 2009, 07:19:02 AM »
... sorry, otak bebalku masi blom bisa nangkep cara mtk.
tapi pemikiran pagi emang lebih fresh ketimbang malam. utak-atik sebentar udah selesai.

A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

C = 2D - 0.75
B = 3D - 1.5
A = 4D - 2.25

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #3 pada: Pebruari 10, 2009, 08:51:28 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.


jadi teringat metode eliminasi matrix gauss-jordan,
pernah bikin programnya dulu,

tapi kaget pas kalkulator (tipe baru) bisa ngitung lebih cepet,
apa kompie ku yang lemot ato kebanyakan looping

OOT ah...

@mtk krjn mataram
mungkin bisa sekalian aja bahas metode penyelesaian persamaan linear multivariabel untuk kasus secara umum
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #4 pada: Pebruari 22, 2009, 04:31:01 PM »
....

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20


Tapi... A-B=0.11 sedangkan B-C=0.12

Koq gak sama??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2009, 01:24:47 PM »
ada pembulatan...

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #6 pada: Pebruari 28, 2009, 01:52:25 PM »
ada pembulatan...

Tidak perlu ada pembulatan kalau bisa pakai pecahan, lagian di soal jelas2 tertulis :

Kutip
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E

Satu lagi tidak perlu repot-repot menggunakan matriks 5x5 untuk soal seperti ini. Ada cara yang sangat sederhana, yang mana anak SMP pun bisa ;)

Petunjuk : definisikan variabel baru (misalnya I), yaitu jarak atau interval tadi, lalu nyatakan A,B,C,D sebagai fungsi dari I dan E (yang nilainya sudah diketahui)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1147
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #7 pada: Juni 24, 2010, 03:57:14 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
E = 0.75 maka 2E = 1.5
Persamaan berubah menjadi A + 6B + 3C + D + 1.5 = 13
=> A + 6B + 3C + D = 11.5

Jika nilai interval = x, maka:
D = 0.75 + x
C = 0.75 + 2x
B = 0.75 + 3x
A = 0.75 + 4x

Didapat:
0.75 + 4x + 6 (0.75 + 3x) + 3 (0.75 + 2x) + 0.75 + x = 11.5
1.5 + 5x + 4.5 + 18x + 2.25 + 6x = 11.5
8.25 + 29x = 11.5
29x = 3.25
x = 3.25/29 (bener g?)

*karena pecahan,gadi males nglanjutin... :-P *
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
11101 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:52:18 PM
oleh Ginji
5 Jawaban
3096 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 09:30:23 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1395 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2009, 11:31:26 PM
oleh M101A
8 Jawaban
3075 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 03:44:38 PM
oleh Nabih
1 Jawaban
2930 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 04:53:47 PM
oleh Raden Tyo

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia