Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Elman

Januari 15, 2015, 11:24:47 AM
Haii semuanya salam kenal.

Show 50 latest

Penulis Topik: Persamaan Multivariabel  (Dibaca 5429 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Persamaan Multivariabel
« pada: Pebruari 09, 2009, 05:08:44 PM »
ada yang bisa nentuin nilai masing-masing variable soal berikut?
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A variabel terbesar, E yang terkecil.
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E
E diketahui 0.75



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #1 pada: Pebruari 09, 2009, 10:17:09 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #2 pada: Pebruari 10, 2009, 07:19:02 AM »
... sorry, otak bebalku masi blom bisa nangkep cara mtk.
tapi pemikiran pagi emang lebih fresh ketimbang malam. utak-atik sebentar udah selesai.

A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

C = 2D - 0.75
B = 3D - 1.5
A = 4D - 2.25

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #3 pada: Pebruari 10, 2009, 08:51:28 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.


jadi teringat metode eliminasi matrix gauss-jordan,
pernah bikin programnya dulu,

tapi kaget pas kalkulator (tipe baru) bisa ngitung lebih cepet,
apa kompie ku yang lemot ato kebanyakan looping

OOT ah...

@mtk krjn mataram
mungkin bisa sekalian aja bahas metode penyelesaian persamaan linear multivariabel untuk kasus secara umum
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #4 pada: Pebruari 22, 2009, 04:31:01 PM »
....

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20


Tapi... A-B=0.11 sedangkan B-C=0.12

Koq gak sama??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4520
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2009, 01:24:47 PM »
ada pembulatan...

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #6 pada: Pebruari 28, 2009, 01:52:25 PM »
ada pembulatan...

Tidak perlu ada pembulatan kalau bisa pakai pecahan, lagian di soal jelas2 tertulis :

Kutip
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E

Satu lagi tidak perlu repot-repot menggunakan matriks 5x5 untuk soal seperti ini. Ada cara yang sangat sederhana, yang mana anak SMP pun bisa ;)

Petunjuk : definisikan variabel baru (misalnya I), yaitu jarak atau interval tadi, lalu nyatakan A,B,C,D sebagai fungsi dari I dan E (yang nilainya sudah diketahui)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1113
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #7 pada: Juni 24, 2010, 03:57:14 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
E = 0.75 maka 2E = 1.5
Persamaan berubah menjadi A + 6B + 3C + D + 1.5 = 13
=> A + 6B + 3C + D = 11.5

Jika nilai interval = x, maka:
D = 0.75 + x
C = 0.75 + 2x
B = 0.75 + 3x
A = 0.75 + 4x

Didapat:
0.75 + 4x + 6 (0.75 + 3x) + 3 (0.75 + 2x) + 0.75 + x = 11.5
1.5 + 5x + 4.5 + 18x + 2.25 + 6x = 11.5
8.25 + 29x = 11.5
29x = 3.25
x = 3.25/29 (bener g?)

*karena pecahan,gadi males nglanjutin... :-P *
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
10386 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:52:18 PM
oleh Ginji
5 Jawaban
2902 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 09:30:23 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1332 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2009, 11:31:26 PM
oleh M101A
8 Jawaban
2856 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 03:44:38 PM
oleh Nabih
1 Jawaban
2875 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 04:53:47 PM
oleh Raden Tyo

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia