Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Monox D. I-Fly

Mei 02, 2016, 10:28:53 AM
ada apa cocack?

Andara Fitriyanti

April 30, 2016, 06:43:21 PM
Diskusi apa nich yg lg rame? ;)
 

cocack

April 27, 2016, 07:12:57 PM
ada yang on di forum matematika

Ebii

April 25, 2016, 10:26:04 AM
guysss gimana sih caranya posting
 

nʇǝʌ∀

April 17, 2016, 10:48:08 AM
@ytridyrevsielixetul

mang kenapa lagi sih? harga minyak anjlok plus kredit macet sektor properti?

*dobel ruginya*

sinjo

April 12, 2016, 09:15:18 PM
 

ytridyrevsielixetuls

April 02, 2016, 05:01:07 PM
benarkah tahun ini dunia akan mengalami resesi ekonomi besar-besaran?

tdccrew666

Maret 31, 2016, 09:35:21 PM
misi boosss
mau minta tolong untuk data mining ada metode "1R Holte" itu metode nya bagaimana ya?? kalau ada sekalian contoh kasus,,, referensi jurnal juga gak papa,,,,,, :) :)

deviana_putri99

Maret 30, 2016, 08:56:25 PM
 :)
 

nʇǝʌ∀

Maret 30, 2016, 04:35:18 PM
@jhonabundance
@rodadua


dimohon tidak beriklan di shoutbox. terma kasih.

@endahsulis20

maksudnya tidak bisa posting gimana? apakah tidak ada captcha?

Show 50 latest

Penulis Topik: Persamaan Multivariabel  (Dibaca 6802 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Persamaan Multivariabel
« pada: Pebruari 09, 2009, 05:08:44 PM »
ada yang bisa nentuin nilai masing-masing variable soal berikut?
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A variabel terbesar, E yang terkecil.
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E
E diketahui 0.75



Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #1 pada: Pebruari 09, 2009, 10:17:09 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #2 pada: Pebruari 10, 2009, 07:19:02 AM »
... sorry, otak bebalku masi blom bisa nangkep cara mtk.
tapi pemikiran pagi emang lebih fresh ketimbang malam. utak-atik sebentar udah selesai.

A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

C = 2D - 0.75
B = 3D - 1.5
A = 4D - 2.25

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • Lihat Profil
    • hsw weblog
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #3 pada: Pebruari 10, 2009, 08:51:28 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
A - B = B - C ==> A - 2B + C = 0
B - C = C - D ==> B - 2C + D = 0
C - D = D - E ==> C - 2D + E = 0
E = 0.75

Ada lima persamaan dan 5 variabel, dus penyelesaiannya tunggal.
The augmented matrix of the above system of equations is :

1    6    3    1    2       13
1   -2    1                   0
      1   -2    1             0
            1   -2    1       0
                        1       0.75

You can use the elementary row operations to get identity matrice on the left part and the right path follows. And the result is immadiate.


jadi teringat metode eliminasi matrix gauss-jordan,
pernah bikin programnya dulu,

tapi kaget pas kalkulator (tipe baru) bisa ngitung lebih cepet,
apa kompie ku yang lemot ato kebanyakan looping

OOT ah...

@mtk krjn mataram
mungkin bisa sekalian aja bahas metode penyelesaian persamaan linear multivariabel untuk kasus secara umum
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #4 pada: Pebruari 22, 2009, 04:31:01 PM »
....

ketiganya dimasukkan dalam persamaan utama untuk mendapatkan D = 0.86
setelah itu satu per satu bisa dihitung:
C = 0.97
B = 1.09
A = 1.20


Tapi... A-B=0.11 sedangkan B-C=0.12

Koq gak sama??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4524
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #5 pada: Pebruari 23, 2009, 01:24:47 PM »
ada pembulatan...

Offline andib2n

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #6 pada: Pebruari 28, 2009, 01:52:25 PM »
ada pembulatan...

Tidak perlu ada pembulatan kalau bisa pakai pecahan, lagian di soal jelas2 tertulis :

Kutip
jarak (interval) masing-masing variabel sama, yaitu A - B = B - C = C - D = D - E

Satu lagi tidak perlu repot-repot menggunakan matriks 5x5 untuk soal seperti ini. Ada cara yang sangat sederhana, yang mana anak SMP pun bisa ;)

Petunjuk : definisikan variabel baru (misalnya I), yaitu jarak atau interval tadi, lalu nyatakan A,B,C,D sebagai fungsi dari I dan E (yang nilainya sudah diketahui)

Online Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1566
  • IQ: 29
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re: Persamaan Multivariabel
« Jawab #7 pada: Juni 24, 2010, 03:57:14 PM »
A + 6B + 3C + D + 2E = 13
E = 0.75 maka 2E = 1.5
Persamaan berubah menjadi A + 6B + 3C + D + 1.5 = 13
=> A + 6B + 3C + D = 11.5

Jika nilai interval = x, maka:
D = 0.75 + x
C = 0.75 + 2x
B = 0.75 + 3x
A = 0.75 + 4x

Didapat:
0.75 + 4x + 6 (0.75 + 3x) + 3 (0.75 + 2x) + 0.75 + x = 11.5
1.5 + 5x + 4.5 + 18x + 2.25 + 6x = 11.5
8.25 + 29x = 11.5
29x = 3.25
x = 3.25/29 (bener g?)

*karena pecahan,gadi males nglanjutin... :-P *
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
12 Jawaban
13034 Dilihat
Tulisan terakhir September 13, 2009, 10:52:18 PM
oleh Ginji
5 Jawaban
3838 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 09:30:23 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
1829 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2009, 11:31:26 PM
oleh M101A
8 Jawaban
3966 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2009, 03:44:38 PM
oleh Nabih
1 Jawaban
3324 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 04:53:47 PM
oleh Raden Tyo

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia