Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Mixander

Juli 05, 2015, 05:54:57 AM
Untuk komen di mana ya?

Mixander

Juli 05, 2015, 05:40:42 AM
Salam kenal..

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

Show 50 latest

Penulis Topik: Bagaimana mencari bilangan prima?  (Dibaca 106030 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline adi_ak46

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #60 pada: Juli 03, 2011, 12:25:30 AM »
yang saya masih bingung itu adalah untuk apa sih gunanya bilangan prima ini??
Dan kenapa bilangan negatif misalkan -2, -3, -5, dst bukan merupakan bilangan prima, padahal kan bilangan prima sendiri adalah bilangan yang hanya memiliki faktor 1 dan bilangan itu sendiri?? ???

Offline rossaarie

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #61 pada: Pebruari 15, 2012, 07:37:55 AM »
 coba deh pake script ini... aku udah buktiin cuman tolong dikoreksi kalo misal ada dari logika aku yang salah... thanks

Dim obj As Integer
Private Sub Command1_Click()
    Me.Text2.Text = ""
    obj = 0
  If Me.Text1.Text <> "" Or Me.Text1.Text <> 0 Then   
        For i = 1 To Val(Me.Text1.Text)
            If Me.Text1.Text Mod i = 0 Then
                obj = obj + 1
            Else
                obj = obj
            End If
        Next
        If obj > 2 Then Text2.Text = "BUKAN" Else Text2.Text = "PRIMA"
    End If
End Sub

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1487
  • IQ: 49
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #62 pada: Pebruari 15, 2012, 09:49:00 AM »
yang saya masih bingung itu adalah untuk apa sih gunanya bilangan prima ini??
Dan kenapa bilangan negatif misalkan -2, -3, -5, dst bukan merupakan bilangan prima, padahal kan bilangan prima sendiri adalah bilangan yang hanya memiliki faktor 1 dan bilangan itu sendiri?? ???

aplikasinya antara lain untuk public key cryptography
http://en.wikipedia.org/wiki/Prime_number#Applications
bilangan negatif tidak dimasukkan by definition, karena tidak termasuk bilangan asli.
http://en.wikipedia.org/wiki/Prime_number#Definition_and_examples
once we have eternity, everything else can wait

Offline rj wirawan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #63 pada: April 20, 2012, 11:52:58 AM »
Friend Function BilPrima(MaxNomor As Long) As String
Dim Nomor As Double, Test As Long, Maxtest As Long
Dim Jml As Long, Persen As Integer
Dim StatusPrima As Boolean

  BilPrima = ""
  Jml = 0
  Persen = 0
  Label3.Caption = ""
  Label2.Caption = ""
 
  For Nomor = 1 To MaxNomor Step 1
       
        DoEvents
       
        Persen = (Nomor / MaxNomor) * 100
        Label2.Caption = "Silahkan Tunggu " & CStr(Persen) & "%...."
        StatusPrima = True
       
        Maxtest = Nomor / 2
        If (Nomor <> 2) And ((Nomor Mod 2) = 0) Then
          StatusPrima = False
        End If
        Test = 3
       
        While Test <= Maxtest And StatusPrima = True
            If Nomor Mod Test = 0 Then
                StatusPrima = False
            End If
            Test = Test + 2
        Wend
       
        If StatusPrima = True Then
           
            If Nomor <> 1 Then
                Jml = Jml + 1
                BilPrima = BilPrima + CStr(Nomor) + " "
                Text1.Text = BilPrima
                Label3.Caption = "Jumlah bil Prima : " & CStr(Jml)
            End If
        End If
       
  Next

'Label3.Caption = "Jumlah bil Prima : " & CStr(Jml)
Label2.Caption = ""

End Function


Offline rj wirawan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #64 pada: April 20, 2012, 12:30:14 PM »
utk periksa bil prima dgn mencoba script dari rekan rossaarie diatas.....hasilnya seperti dalam lampiran

Offline rossaarie

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #65 pada: April 24, 2012, 02:56:31 PM »
Maaf yang kemaren itu masih sangat berantakan. Tapi sudah aku coba rapikan di sini

Offline Lytosz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #66 pada: Juni 18, 2012, 07:35:08 PM »
hahaha akhirnya setelah 4 jam berfikir akhirnya ketemu juga ini dari angka terkecil sampai yang paling besar bs tinggal di ganti tipe bilangannya aja.
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    int a=2,bil,hasil,cek=0;
    printf("masukan bilangan yang ingin di cek : ");scanf("%d",&bil);
    do
    {
        hasil=bil%a;

        printf("\n %d modulus %d adalah %d",bil,a,hasil);
        if(hasil==0)
        {
            cek=cek+1;
        }
        else
        {
            cek=cek+0;
        }
        a++;
    }while(a<=bil-1);
    printf("\njumlah angka 0 adalah %d \n",cek);
    if(bil>2)
    {
        if(cek==0)
        {
        printf("prima");
        }
        else
        {
        printf("bukan prima");
        }
    }
    else if(bil<=2)
            {
                if(bil==2)
                {
                    printf("prima");
                }
                else if((bil>0) && (bil<2))
                {
                    printf("bukan prima");
                }
                else
                {
                    printf("negatif");
                }
            }
    return 0;
}

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bilangan Prima Lagi

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

10 Jawaban
7626 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2009, 12:53:20 PM
oleh Nabih
3 Jawaban
7560 Dilihat
Tulisan terakhir April 09, 2012, 03:52:44 AM
oleh abel
0 Jawaban
3449 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2009, 03:09:37 PM
oleh Fitriyah
40 Jawaban
12819 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae
2 Jawaban
3499 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2012, 07:17:05 AM
oleh Bahalan

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia