Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Bagaimana mencari bilangan prima?  (Dibaca 95922 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline adi_ak46

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #60 pada: Juli 03, 2011, 12:25:30 AM »
yang saya masih bingung itu adalah untuk apa sih gunanya bilangan prima ini??
Dan kenapa bilangan negatif misalkan -2, -3, -5, dst bukan merupakan bilangan prima, padahal kan bilangan prima sendiri adalah bilangan yang hanya memiliki faktor 1 dan bilangan itu sendiri?? ???

Offline rossaarie

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #61 pada: Pebruari 15, 2012, 07:37:55 AM »
 coba deh pake script ini... aku udah buktiin cuman tolong dikoreksi kalo misal ada dari logika aku yang salah... thanks

Dim obj As Integer
Private Sub Command1_Click()
    Me.Text2.Text = ""
    obj = 0
  If Me.Text1.Text <> "" Or Me.Text1.Text <> 0 Then   
        For i = 1 To Val(Me.Text1.Text)
            If Me.Text1.Text Mod i = 0 Then
                obj = obj + 1
            Else
                obj = obj
            End If
        Next
        If obj > 2 Then Text2.Text = "BUKAN" Else Text2.Text = "PRIMA"
    End If
End Sub

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #62 pada: Pebruari 15, 2012, 09:49:00 AM »
yang saya masih bingung itu adalah untuk apa sih gunanya bilangan prima ini??
Dan kenapa bilangan negatif misalkan -2, -3, -5, dst bukan merupakan bilangan prima, padahal kan bilangan prima sendiri adalah bilangan yang hanya memiliki faktor 1 dan bilangan itu sendiri?? ???

aplikasinya antara lain untuk public key cryptography
http://en.wikipedia.org/wiki/Prime_number#Applications
bilangan negatif tidak dimasukkan by definition, karena tidak termasuk bilangan asli.
http://en.wikipedia.org/wiki/Prime_number#Definition_and_examples
once we have eternity, everything else can wait

Offline rj wirawan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #63 pada: April 20, 2012, 11:52:58 AM »
Friend Function BilPrima(MaxNomor As Long) As String
Dim Nomor As Double, Test As Long, Maxtest As Long
Dim Jml As Long, Persen As Integer
Dim StatusPrima As Boolean

  BilPrima = ""
  Jml = 0
  Persen = 0
  Label3.Caption = ""
  Label2.Caption = ""
 
  For Nomor = 1 To MaxNomor Step 1
       
        DoEvents
       
        Persen = (Nomor / MaxNomor) * 100
        Label2.Caption = "Silahkan Tunggu " & CStr(Persen) & "%...."
        StatusPrima = True
       
        Maxtest = Nomor / 2
        If (Nomor <> 2) And ((Nomor Mod 2) = 0) Then
          StatusPrima = False
        End If
        Test = 3
       
        While Test <= Maxtest And StatusPrima = True
            If Nomor Mod Test = 0 Then
                StatusPrima = False
            End If
            Test = Test + 2
        Wend
       
        If StatusPrima = True Then
           
            If Nomor <> 1 Then
                Jml = Jml + 1
                BilPrima = BilPrima + CStr(Nomor) + " "
                Text1.Text = BilPrima
                Label3.Caption = "Jumlah bil Prima : " & CStr(Jml)
            End If
        End If
       
  Next

'Label3.Caption = "Jumlah bil Prima : " & CStr(Jml)
Label2.Caption = ""

End Function


Offline rj wirawan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #64 pada: April 20, 2012, 12:30:14 PM »
utk periksa bil prima dgn mencoba script dari rekan rossaarie diatas.....hasilnya seperti dalam lampiran

Offline rossaarie

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #65 pada: April 24, 2012, 02:56:31 PM »
Maaf yang kemaren itu masih sangat berantakan. Tapi sudah aku coba rapikan di sini

Offline Lytosz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:Bagaimana mencari bilangan prima?
« Jawab #66 pada: Juni 18, 2012, 07:35:08 PM »
hahaha akhirnya setelah 4 jam berfikir akhirnya ketemu juga ini dari angka terkecil sampai yang paling besar bs tinggal di ganti tipe bilangannya aja.
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    int a=2,bil,hasil,cek=0;
    printf("masukan bilangan yang ingin di cek : ");scanf("%d",&bil);
    do
    {
        hasil=bil%a;

        printf("\n %d modulus %d adalah %d",bil,a,hasil);
        if(hasil==0)
        {
            cek=cek+1;
        }
        else
        {
            cek=cek+0;
        }
        a++;
    }while(a<=bil-1);
    printf("\njumlah angka 0 adalah %d \n",cek);
    if(bil>2)
    {
        if(cek==0)
        {
        printf("prima");
        }
        else
        {
        printf("bukan prima");
        }
    }
    else if(bil<=2)
            {
                if(bil==2)
                {
                    printf("prima");
                }
                else if((bil>0) && (bil<2))
                {
                    printf("bukan prima");
                }
                else
                {
                    printf("negatif");
                }
            }
    return 0;
}

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Bilangan Prima Lagi

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Matematika

10 Jawaban
6271 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 26, 2009, 12:53:20 PM
oleh Nabih
3 Jawaban
6237 Dilihat
Tulisan terakhir April 09, 2012, 03:52:44 AM
oleh abel
0 Jawaban
3034 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2009, 03:09:37 PM
oleh Fitriyah
40 Jawaban
8777 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 08:21:04 AM
oleh adisae
2 Jawaban
2669 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2012, 07:17:05 AM
oleh Bahalan

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia