Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

bioskop201info

Mei 17, 2016, 03:25:52 AM
Nonton Film Movie Cinema Bioskop 21 Online ==> http://bioskop201.info

Haruns

Mei 14, 2016, 11:00:13 PM

mataweb

Mei 14, 2016, 01:43:43 PM
barangkali ada yang mau ikut kursus http://www.matawebsite.com
 

skuler

Mei 07, 2016, 04:30:49 AM
barangkali temen2 forsa ada yang kudu butuh pengalaman magang, baik yang masih sekolah atopun yang udah lulus (nyari2 kerja), dipersilahkan cek pengumuman terlampir dan mengirimkan lamaran ke email ybs https://www.dropbox.com/s/m9nrd5rctyi4y0g/Job%20Trainee%20Vacancy%20rev1.pdf?dl=0
 

Monox D. I-Fly

Mei 02, 2016, 10:28:53 AM
ada apa cocack?

Andara Fitriyanti

April 30, 2016, 06:43:21 PM
Diskusi apa nich yg lg rame? ;)
 

cocack

April 27, 2016, 07:12:57 PM
ada yang on di forum matematika

Ebii

April 25, 2016, 10:26:04 AM
guysss gimana sih caranya posting
 

nʇǝʌ∀

April 17, 2016, 10:48:08 AM
@ytridyrevsielixetul

mang kenapa lagi sih? harga minyak anjlok plus kredit macet sektor properti?

*dobel ruginya*

sinjo

April 12, 2016, 09:15:18 PM

Show 50 latest

Penulis Topik: Subset dari himpunan infinite  (Dibaca 5227 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline mnemonix

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Subset dari himpunan infinite
« pada: Mei 26, 2010, 11:45:45 PM »
Misalkan A adalah himpunan bilangan asli {1,2,3,4,5....}
dan B adalah himpunan bilangan genap {2,4,6,8,10,...}

Kita tahu bahwa dua himpunan adalah sama besar jika terdapat korespondensi satu-satu antar kedua himpunan tersebut.
Pada kasus diatas, korespondensinya adalah f(x) = 2x

Saya sudah baca ini beberapa kali, dan masih suka bingung. Apakah B adalah subset dari A? Iya, karena setiap elemen B pastilah elemen A juga. Tapi berdasarkan definisi diatas, A dan B juga sama besar. Ini jadi gimana ya?






Offline imaginary_number

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Subset dari himpunan infinite
« Jawab #1 pada: Juni 28, 2010, 04:16:05 PM »
Tidak ada dalam definisi subset yang menyatakan A dan B tidak boleh sama besar. Lagipula setiap himpunan merupakan subset dari dirinya sendiri, dan himpunan yang sama pasti besarnya sama juga :D

jadi betul B subset dari A.

oya suatu himpunan takhingga itu tidak memiliki "besar himpunan" atau kardinalitas. Jadi kurang tepat kalau mengatakan dua himpunan tak hingga itu sama besar, lah besarnya aja ga ada ?

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
    • Lihat Profil
Re: Subset dari himpunan infinite
« Jawab #2 pada: Juni 28, 2010, 04:40:38 PM »
Wah, bahasa baru. Contohnya 'besar' himpunan itu gimana yak?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline mnemonix

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Subset dari himpunan infinite
« Jawab #3 pada: Juli 05, 2010, 12:59:22 PM »
Jadi kurang tepat kalau mengatakan dua himpunan tak hingga itu sama besar, lah besarnya aja ga ada ?


Mungkin analogi simpelnya begini:
Saya punya 5 jari. Dan saya juga punya 5 cincin. Setiap satu cincin bisa dipasangkan di setiap satu jari.
Karena itu, bisa dikatakan bahwa himpunan jari dan himpunan cincin sama besarnya.

Nah, balik lagi ke post saya diatas.
Kita gak tau berapa besar pastinya himpunan bilangan genap dan ganjil, karena selalu bisa ditambahkan.
Misal saya klaim X adalah bilangan ganjil terbesar yg ada. Padahal ada bilangan2 ganjil lain yg lebih besar: X+2, X+4, dst

Tapi karena ada korespondensi satu2 antara himpunan bilangan genap & ganjil, jadi dikatakan bahwa kedua himpunan ini sama besar.

Kutip
One-to-one functions are particularly useful in determining whether a one-to-one correspondence exists between infinite sets (sets with so many members that there is always another one). For example, let X be the set of all positive integers, X =, (the three dots are intended to indicate that the listing goes on forever), and let Y be the set of odd positive integers Y =. At first glance, it might be thought that the set of odd positive integers
has half as many members as the set of all positive integers. However, every odd positive integer, call it y, can be associated with a unique positive integer, call it x, by the function f(x) = y = (2x-1). On the other hand, every positive integer can be associated with a unique odd positive integer using the inverse function, namely x=(1/2)(y+1).

pranala:http://science.jrank.org/pages/4861/One-One-Correspondence.html [non-aktif]


Maap kalo ada pemahaman saya yg keliru, soalnya pendidikan formal saya bukan matematika.
He he...




Offline aoi_azzura

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Subset dari himpunan infinite
« Jawab #4 pada: Juli 18, 2010, 02:50:41 AM »
Pertanyaan ini jawabnya lebih baik nonton dokumenter ini aja gan :
pranala:http://rapidshare.com/files/349254030/Hoizon-To.Infinity.and.Beyond.part1.rar [non-aktif]
pranala:http://rapidshare.com/files/349254753/Hoizon-To.Infinity.and.Beyond.part2.rar [non-aktif]
pranala:http://rapidshare.com/files/349255450/Hoizon-To.Infinity.and.Beyond.part3.rar [non-aktif]

"Infinity" memang punya property unik.
Banyak mathematician yang membenci dan bahkan tidak setuju bahwa "infinity" ada.
Tapi nyatanya "infinity" banyak membantu memecahkan perhitungan yang rumit.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Himpunan

Dimulai oleh reborn « 1 2 » Matematika SMU

22 Jawaban
35238 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2013, 08:20:45 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
3111 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2009, 06:47:05 PM
oleh mkukuh
0 Jawaban
812 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 09, 2015, 05:31:30 AM
oleh liransa88
5 Jawaban
1662 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2015, 06:24:18 AM
oleh Sandy_dkk
0 Jawaban
426 Dilihat
Tulisan terakhir November 18, 2015, 12:57:34 AM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia