Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

SplitzBurned

Hari Ini jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya

Show 50 latest

Penulis Topik: tanya mengenai kata "dan" dalam peluang  (Dibaca 1511 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kingkongseju

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
tanya mengenai kata "dan" dalam peluang
« pada: Desember 16, 2011, 08:16:58 AM »
rekans, tanya tentang persoalan matematika berikut ini.
"Dalam kotak pertama terdapat 4 bola hitam dan 3 bola biru. Kotak kedua terdapat 7 bola merah dan 3 bola putih. Dari masing-masing kotak diambil 1 bola. Peluang terambil bola hitam dari kotak pertama dan putih dari kotak kedua adalah... ."

Pengerjaan soal ini apakah tetap kita hitung peluang terambil bola hitam dari kotak pertama DIKALI peluang terambil bola putih dari kotak kedua, ataukah DITAMBAH, mengingat terdapatnya di dua kotak yang berbeda. Jika memang DIKALI, lalu bagaimana jika keempat jenis (warna) bola tersebut ditempatkan dalam satu kotak? Sehingga soal menjadi:
"Dalam satu kotak terdapat 4 bola hitam, 3 bola biru,7 bola merah dan 3 bola putih. Dari kotak tersebut diambil 2 bola dengan pengembalian. Peluang terambil bola hitam dan putih adalah... ."

Apakah ada perbedaan cara menghitung peluang suatu kejadian (misal: pengambilan bola) yang menggunakan kata "dan" dari 1 kotak dan 2 kotak?

terima kasih atas responsnya...



Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1380
  • IQ: 43
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:tanya mengenai kata "dan" dalam peluang
« Jawab #1 pada: Desember 16, 2011, 11:23:36 AM »
Untuk yang dua kotak,
peluang terambilnya bola hitam di kotak I=4/7
peluang terambilnya bola putih di kotak II=3/10
peluang terambilnya bola hitam di kotak I DAN bola putih di kotak II=4/7 x 3/10 = 12/70.

Untuk yang sekotak
peluang terambilnya bola hitam DAN bola putih di kotak gabungan=4/17 x 3/17 = 12/289.

Karena kejadiannya saling bebas, hasilnya bisa langsung dikalikan.
once we have eternity, everything else can wait

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
7295 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 19, 2010, 04:24:03 PM
oleh Monox D. I-Fly
9 Jawaban
6072 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2011, 05:42:10 PM
oleh syx
0 Jawaban
3024 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 19, 2009, 08:31:49 PM
oleh heru.htl
3 Jawaban
1699 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2010, 10:32:23 PM
oleh physicsfighter
5 Jawaban
571 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2011, 10:36:47 AM
oleh fadhly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia