Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 28, 2024, 10:35:56 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 142
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 86
Total: 86

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tanya tanya Soal matematika.

Dimulai oleh Fhydha_099, April 29, 2010, 10:07:29 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Takagi Fujimaru

Apa lingkaran itu termasuk segi banyak? Bukankah lingkaran itu merupakan sebuah titik kedudukan? Hayoo? Penurunan rumus tabung maupun kerucut itu diperoleh dari integral batas... ^^
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Tau nggak kalo integral jg bisa digunakan buat cari volume benda yang penampangnya bukan lingkaran?

Yang dipake' buat cari volume tabung itu kan yg rumusnya y = sekian dg batas a sampe b, nah karena itu volume benda PUTAR, otomatis penampangnya berbentuk lingkaran.
Tp misalnya itu penampangnya bukan lingkaran juga bisa, misalnya kalo penampangnya bentuknya persegi panjang ntar hasilnya jadi volume balok, bukan volume tabung.
(Analog untuk limas pake kerucut yang penampangnya diganti)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

bentar2. Kita lihat saja yg ini. garis y=x diputar 360 derajad terhadap sumbu x. berapa volum yang terbentuk untuk x=0 sampai x=4? Bukankah ini suatu garis? Namanya saja volum benda putar, maka jelas saja tidak akan pernah menjumpai volum kubus. Coba berikan contoh konkret pada saya integral yang menunjukkan volum kubus. Mana?

Lagipula, kembali ke definisi awal. Apakah lingkaran itu segi-n?

Ada lagi. Anda tahu definisi persegi panjang? apakah bujur sangkar itu termasuk persegi panjang? Jawabnya, "ya". lagi2 kita harus tahu masalah definisi. See?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Makanya q nulisnya "y = sekian" bukan "y = x". MaksudQ misalnya persamannya y = 7 dg batas x = 0 & x = 10.
Berarti kan tingginya 10 satuan & jari2nya 7 satuan gt...

& soal volume benda dg penampang yg dicari pake' integral ada di makul Kalkulus 2, ntar kl q bawa bukunya insyaallah q posting ke sini.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

dan diputar ke sumbu x? Tetep aja terbentuk tabung kan?

Weits, balik ke topik tadi aja, kok ngeles? Apa lingkaran itu segi-n?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Makanya aq blg, volume benda dg penampang pke; integral itu BUKAN VOLUME BENDA PUTAR, coz emg bendanya nggak diputar sama sekali.

& q bukan ngeles, q cuma menjawab dr sudut pandang lain, jadi pake' analogi, bukan definisi.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

Ya ya...maaf kalau bahasa saya kurang sopan...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Maaf jg kalo' saya ngotot, sebenernya harga diri saya sbg laki2 akan blg "nggak tahu" soal apa lingkaran itu merupakan segi-n. Tapi di sini saya menemukan sedikit "celah", yaitu apa pengertian "segi-n" menurut anda.
Jika anda berpendapat bahwa segi-n merupakan suatu bangun yang banyak garis ataupun sudutnya n, maka dg jantan saya mengaku bahwa saya tdk bisa menjawab pertanyaan itu. Namun bila yang dimaksud adalah suatu bangun dg junlah simetri lipat sebanyak n, maka lingkaran juga termasuk segi-n dengan nilai n = tak terhingga.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

Maaf mas, setahu saya lingkaran itu bukan segi-n, baik ditinjau dari banyak sudut maupun simetri lipatnya. Tapi lingkaran itu merupakan suatu tempat kedudukan dari sebuah titik dalam dimensi 2. Jika dalam dimensi 3, maka akan terbentuk bola.
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

OK. Kalo' gt saya sbg laki2 mengaku kl emg nggak bisa menjawab pertanyaan soal segi-n itu.
Tp utk volume benda dg penampang, insyaallah besok sore saya posting di sini, OK?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

Ok... maaf ya kalo bahasaq bener2 buruk. tadi lagi emosi gara2 koneksinya lemot... >_<
aq seneng ada master matematika lain... ^^

ada baiknya kalau kita saling membangun saja dan mencari kebenaran daripada saling meruntuhkan dan berdebat kusir... ^^

1x lagi, mohon maaf atas bahasa sya yg kurang berkenan... ^^
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Sebelumnya maaf bung q mbalesinya telat coz buku kalkulusQ ilang, jadi terpaksa cari2 bukunya dulu di perpus deh...

Hm... Let's see...
Rumus untuk volume benda yg penampangnya diketahui adalah:
\int\limits_{a}^{b} F(x) dx

dg F(x) adalah rumus dari luas penampang tersebut.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

Hm, sesimpel itu ternyata. Jadi, sama saja dengan perpindahan, kecepatan, maupun percepatan?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Mungkin.

Coba buktikan aja untuk mencari volume kubus, insyaallah terbukti.

Btw,IQ-q nambah 1 dr dirimu kah? (OOT dikit)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Takagi Fujimaru

Hm, bisa dibantu dikit? Itu fungsinya misal pake fungsi apa? Tolong dikoreksi untuk batas2nya:
1. Fungsi y=s
2. x=0 sampai x=s
3. Sumbu x

eh? engga.. hehe..mungkin post artikel? ato di tambah di thread lain?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.