Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 28, 2024, 06:11:47 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 87
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 2
Guests: 78
Total: 80

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Trading Card Game Serpents and Stairs

Dimulai oleh Monox D. I-Fly, April 19, 2016, 10:47:24 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Monox D. I-Fly

Tiga tahun yang lalu saya punya ide ini, dan saya tulis sebagai note di FB. Link-nya ada di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]. Ini tentang Trading Card Game yang menggunakan permainan ular tangga. Buat yang belum tahu apa itu Trading Card Game, bisa dilihat di [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].

Dinamai "Serpents and Stairs", karena saya bingung saat memilih nama, akhirnya Bahasa Inggris dari "Ular Tangga" (Snakes and Ladders) saya terjemahkan ulang menjadi kata Bahasa Inggris lain untuk "Ular" dan "Tangga", yaitu "Serpent" dan "Stair".

Permainan ini terinspirasi dari [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.], Trading Card Game produksi sebuah perusahaan catur ChessMate yang dimainkan dengan menggunakan permainan catur.

Ide untuk membuat permainan ini muncul saat saya mengajar les adik sahabat saya yang saat itu sudah kelas 7 tapi masih belum bisa matematika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Namun sayangnya, rupanya saat hal itu saya konsultasikan pada kakak sahabat saya itu, sepertinya murid saya ini tetap tidak akan mengerti dengan cara ini karena cara ini menggunakan logika. Tapi karena ide sudah terlanjur muncul, saya bertekad untuk melanjutkannya sekalian dan mendesain beberapa kartunya.

Sama seperti permainan ular tangga pada umumnya, permainan ini dimainkan oleh 2 sampai 4 orang dimana orang yang mencapai petak 100 terlebih dahulu dijadikan sebagai pemenang.

Untuk peraturan permainan ular tangga tidak perlu saya jelaskan ya? Soalnya teman-teman sekalian sudah pasti tahu.

Kemudian isu yang paling santer menghinggapi semua Trading Card Game baru, yaitu Balancing System atau Sistem Keseimbangan. Hal ini adalah agar tidak ada kartu yang broken atau overpowered (terlalu kuat), jadi semua kartu diusahakan sebisa mungkin agar seimbang.
Dalam Trading Card Game ide saya ini, mekanisme yang akan digunakan untuk balancing yaitu Dice Reduction. Dengan sistem ini, semua kartu diberi Cost yang sesuai dengan Effect-nya. Dan Cost di sini dibayar dengan mengurangi mata dadu yang didapat.
Contoh:
Pada giliran ini saya akan mengeluarkan kartu dengan Cost 3
Mata dadu menunjukkan angka 6
Angka 6 dikurangi dengan angka 3 pada Cost kartu sehingga pada giliran ini saya hanya maju 3 langkah (6 - 3 = 3).
*Catatan: Dalam permainan ular tangga biasa, setiap pemain memperoleh mata dadu 6, dia akan mengocok dadu sekali lagi untuk menambah langkah. Pada permainan ini, peraturan tersebut hanya berlaku jika mata dadu 6 tidak dikurangi oleh Cost kartu apapun. Jika mata dadu 6 sudah dikurangi Cost suatu kartu, maka pemain tidak lagi berkesempatan untuk mengocok dadu lagi pada giliran tersebut.

Kartu dibedakan menjadi 2, kartu Aksi dan kartu Reaksi. Kartu aksi digunakan pada giliran sendiri, sementara kartu Reaksi digunakan pada giliran lawan dengan Cost yang sudah "ditabung" pada giliran sendiri.
Contoh:
Pada giliran lawan, saya akan menggunakan kartu Reaksi dengan Cost 2
Mata dadu menunjukkan angka 3
Dari angka 3, saya "menabung" 2 sehingga saya hanya maju 1 langkah pada giliran ini (3 - 2 = 1).
Catatan 1: "Tabungan" yang disimpan HARUS HABIS pada giliran lawan. Jika pada awal giliran kamu masih mempunyai sisa "tabungan" mata dadu, maka kamu mendapatkan penalti berupa dilompatinya 1 giliran kamu.
Catatan 2: Kamu baru menunjukkan kartu reaksi pada giliran lawan yang menjadi Target dari kartu tersebut. Jadi lawan hanya mengetahui Cost dari kartu itu.

Satu deck permainan ini berisi 60 kartu, dengan maksimal 6 kartu bernama sama di dalam deck.

Urutan yang dilakukan pada setiap giliran adalah sebagai berikut:
1. Draw (tarik) 1 kartu dari deck (Pada giliran pertama, masing-masing pemain mempunyai 5 kartu di tangan).
2. Kocok dadu.
3. Kurangi dengan Cost yang akan dikeluarkan atau "ditabung".
4. Melangkah sesuai dengan jumlah angka mata dadu dikurangi Cost kartu yang dimainkan atau ditabung.
5. Jalankan Effect kartu yang sesuai dengan petak dimana pemain berhenti.

Ini contoh-contoh data kartunya (Gambar menyusul):
1. WASPADA
Tipe: Aksi
Cost: 1
Efek: Lawan mundur 1 langkah.

2. PIJAKAN
Tipe: Aksi
Cost: 6
Efek: Naik 1 baris.

3. DADU GANDA
Tipe: Aksi
Cost: 3
Efek: Setelah dikurangi Cost kartu ini, kalikan mata dadu yang kamu peroleh dengan 2.

4. POTONG DADU
Tipe: Reaksi
Cost: 4
Efek: Jika lawan memperoleh mata dadu berupa bilangan genap, bagi nilai mata dadu itu dengan 2.

5. NEUROTOKSIN
Sub-Tipe: Toksin
Tipe: Aksi
Cost: 3
Efek: Jika lawan berada pada petak dengan kepala ular, pada giliran lawan, lawan tidak bisa melangkah.

6. ACROPHOBIA
Tipe: Reaksi
Sub-Tipe: Phobia
Cost: 5
Efek: Jika setelah lawan melangkah, lawan berhenti di kaki tangga, lawan tidak bisa menaiki tangga tersebut.

7. OPHIOPHOBIA
Tipe: Aksi
Sub-Tipe: Phobia
Cost: 6
Efek: Jika lawan berada pada petak dengan kepala ular, pada giliran lawan, lawan mundur 6 langkah.

8. KEBERANIAN
Tipe: Reaksi
Cost: 1
Efek: Jika lawan menggunakan kartu Phobia, hilangkan efek dari kartu tersebut.

9. SUDAH JATUH TERTIMPA TANGGA
Tipe: Reaksi
Cost: 6
Efek: Jika setelah lawan melangkah, lawan turun karena berhenti di ekor ular, lawan menuju petak dengan puncak tangga terdekat dan menuruni tangga tersebut.

10.HEMOTOKSIN
Tipe: Aksi
Sub-Tipe: Toksin
Cost: 6
Efek: Jika lawan berada pada petak dengan kepala ular, lawan turun 1 baris.

11.KARDIOTOKSIN
Tipe: Reaksi
Sub-Tipe: Toksin
Cost: 6
Efek: Jika setelah lawan melangkah, lawan berhenti di petak dengan kelipatan 33, lawan ia kehilangan 3 giliran.

12. LUBANG ULAR
Tipe: Reaksi
Cost: 6
Efek: Jika setelah lawan melangkah, lawan berhenti di petak yang merupakan kelipatan dari petak tempat kamu berada, tukar posisi dengan posisi lawan.

Untuk sementara contohnya itu dulu, mungkin ada masukan atau saran dari teman-teman yang lain?
Oya, sekalian kalau ada yang punya koneksi dengan perusahaan mainan/hobi/media pendidikan tolong saya diberitahu. Saya ingin mengajukan ide ini kepada perusahaan tersebut. Terima kasih. :)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.