Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

meizavho

Oktober 08, 2014, 05:33:22 PM
salam kenal
rivo stephano :)

aidilautomation

Oktober 08, 2014, 10:27:02 AM
salam kenal saya aidil

Show 50 latest

Penulis Topik: PWM pada mikrokontroler AVR  (Dibaca 4198 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Roesh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hi....
    • Lihat Profil
PWM pada mikrokontroler AVR
« pada: Juni 29, 2010, 08:53:02 AM »
Assalamualaikum dan selamat pagi temen temen.

saya stuck pada masalah nih...

ceritanya begini, keluarga AVR kan mempunyai pembangkit PWM internalnya sendiri, tetapi kita tahu bahwa arus keluaran mikro sangat kecil, saya ingin PWM itu untuk menyulut IRFZ 44, nah rangkaian seperti apa yang harus saya buat untuk memperkuat arus keluaran itu, trus sebagai isolator ke mikronya pake apa? apakah harus pake optocoupler? ato bisa cuman pake diode?..

temen temen yang ngerti kasih pencerahan ya...

thanks a lot...


eeLHaaBee

Offline linkga

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #1 pada: Juni 29, 2010, 04:36:06 PM »
kalau saya biasanya pake optocoupler, tapi perhatikan responnya,,..

thanks,,..

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #2 pada: Juni 29, 2010, 07:34:18 PM »
inverter yah ...... saya rasa opto lbh bk

Offline Roesh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hi....
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #3 pada: Juni 30, 2010, 11:00:14 AM »
oh, isolatornya pake opto... kenapa ga pake diode? bisa kasih penjelasan?

thanks, tapi pertanyaan ku yang satunya belum kejawab, transistor penguat arusnya pake transistor apa? trus rangkaian nya seperti gimana?

bukan inverter kok, tapi untuk putaran motor... hihihi.. terdengar aneh ya... namanya juga coba coba.

percobaan pertama : keluaran PWM pake isolator diode langsung tak masukin ke IRFZ 44 hasil : ga kerja ( mungkin mikronya rusak kali )
percobaan kedua : keluaran PWM pake isolator diode trus ke BD 139 trus ke IRFZ 44 hasil : ngaco.. wkwkwkwk... aneh..
ketiga : keluaran PWM isolator opto ke BD 139 ke IRFZ 44 hasil : tidak sesuai teori, kemudian BD 139 taassss, alias pecah..

bingung nih.. mohon bantuannya...

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #4 pada: Juli 03, 2010, 07:01:46 PM »
pelajri dulu karakteritik dari transistor irf itu . . respon time irf itu brpa second

Offline bagus yunanto

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2010, 08:49:20 AM »
kalau opto kan bisa digunakan sebagai pemisah teegangan. jadi kalau tegangan pada motor butuh teg gede akan lebih baik.

kalau gambar rangakaianya ntar nyusul deh....

tapi kalu gak salah IRFZ44 itu MOSFET, kan kakinya Gain drain n source, hati2 menentukan kakinya...
lihat data sheet..

Offline Prasetya Hutomo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #6 pada: Juli 21, 2010, 04:46:45 PM »
Untuk kasus tersebut, rasanya BD 139 anda tidak mampu mendrive arus IC motor IRFZ 44. Karena arus yang dibutuhkan motor IRFZ 44 besar sedangkan maksimal IC BD 139 tidak mampu sebesar kebutuhan motor IRFZ 44, coba anda tambah TIP 41 untuk arus IC yang mendrive motor IRFZ 44. sedangkan IC bd 139 digunakan untuk mendrive IB TIP 41 anda.

Offline ikhwanpcr

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #7 pada: Agustus 07, 2010, 02:58:58 AM »
saya untuk PWm menggunakan transistor TIP.

Offline kuin

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 121
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #8 pada: Agustus 16, 2010, 01:07:33 PM »
kalo saya Opto kopler biasanya TLP521 aman2 aja buat inverter.

Offline dhan_t46

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #9 pada: Agustus 31, 2010, 01:52:20 PM »
kalo saya mah langsung saja. tanpa perlu apa apa lagi. paling cuma nambah R.
kalo pengen gaya sedikit tambahin optocoupler atau transistor.

kalo untuk menyulut mosfet tidak perlu arus besar tetapi yang diperlukan mosfet itu tegangan.

Offline marju

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #10 pada: September 23, 2010, 09:12:07 AM »
kalau irf mah,tinggal di langsungin ke mikro,dibatasi oleh r,kan tegangan triggernya tidak menyerap arus yang besar,kecil banget lo

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
3370 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2009, 10:33:20 AM
oleh awnie
2 Jawaban
4103 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2009, 07:03:37 PM
oleh Too Payz
0 Jawaban
2629 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 06, 2009, 03:34:13 AM
oleh -dani-
2 Jawaban
2922 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 08, 2010, 10:23:50 AM
oleh bagus yunanto
0 Jawaban
1474 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2011, 09:09:05 AM
oleh nathasya

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia