Berita: Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: PWM pada mikrokontroler AVR  (Dibaca 6455 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Roesh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hi....
PWM pada mikrokontroler AVR
« pada: Juni 29, 2010, 09:53:02 AM »
Assalamualaikum dan selamat pagi temen temen.

saya stuck pada masalah nih...

ceritanya begini, keluarga AVR kan mempunyai pembangkit PWM internalnya sendiri, tetapi kita tahu bahwa arus keluaran mikro sangat kecil, saya ingin PWM itu untuk menyulut IRFZ 44, nah rangkaian seperti apa yang harus saya buat untuk memperkuat arus keluaran itu, trus sebagai isolator ke mikronya pake apa? apakah harus pake optocoupler? ato bisa cuman pake diode?..

temen temen yang ngerti kasih pencerahan ya...

thanks a lot...
eeLHaaBee

Offline linkga

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #1 pada: Juni 29, 2010, 05:36:06 PM »
kalau saya biasanya pake optocoupler, tapi perhatikan responnya,,..

thanks,,..

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #2 pada: Juni 29, 2010, 08:34:18 PM »
inverter yah ...... saya rasa opto lbh bk

Offline Roesh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hi....
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #3 pada: Juni 30, 2010, 12:00:14 PM »
oh, isolatornya pake opto... kenapa ga pake diode? bisa kasih penjelasan?

thanks, tapi pertanyaan ku yang satunya belum kejawab, transistor penguat arusnya pake transistor apa? trus rangkaian nya seperti gimana?

bukan inverter kok, tapi untuk putaran motor... hihihi.. terdengar aneh ya... namanya juga coba coba.

percobaan pertama : keluaran PWM pake isolator diode langsung tak masukin ke IRFZ 44 hasil : ga kerja ( mungkin mikronya rusak kali )
percobaan kedua : keluaran PWM pake isolator diode trus ke BD 139 trus ke IRFZ 44 hasil : ngaco.. wkwkwkwk... aneh..
ketiga : keluaran PWM isolator opto ke BD 139 ke IRFZ 44 hasil : tidak sesuai teori, kemudian BD 139 taassss, alias pecah..

bingung nih.. mohon bantuannya...

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #4 pada: Juli 03, 2010, 08:01:46 PM »
pelajri dulu karakteritik dari transistor irf itu . . respon time irf itu brpa second

Offline bagus yunanto

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 2
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2010, 09:49:20 AM »
kalau opto kan bisa digunakan sebagai pemisah teegangan. jadi kalau tegangan pada motor butuh teg gede akan lebih baik.

kalau gambar rangakaianya ntar nyusul deh....

tapi kalu gak salah IRFZ44 itu MOSFET, kan kakinya Gain drain n source, hati2 menentukan kakinya...
lihat data sheet..

Offline Prasetya Hutomo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #6 pada: Juli 21, 2010, 05:46:45 PM »
Untuk kasus tersebut, rasanya BD 139 anda tidak mampu mendrive arus IC motor IRFZ 44. Karena arus yang dibutuhkan motor IRFZ 44 besar sedangkan maksimal IC BD 139 tidak mampu sebesar kebutuhan motor IRFZ 44, coba anda tambah TIP 41 untuk arus IC yang mendrive motor IRFZ 44. sedangkan IC bd 139 digunakan untuk mendrive IB TIP 41 anda.

Offline ikhwanpcr

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #7 pada: Agustus 07, 2010, 03:58:58 AM »
saya untuk PWm menggunakan transistor TIP.

Offline kuin

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 121
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #8 pada: Agustus 16, 2010, 02:07:33 PM »
kalo saya Opto kopler biasanya TLP521 aman2 aja buat inverter.

Offline dhan_t46

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #9 pada: Agustus 31, 2010, 02:52:20 PM »
kalo saya mah langsung saja. tanpa perlu apa apa lagi. paling cuma nambah R.
kalo pengen gaya sedikit tambahin optocoupler atau transistor.

kalo untuk menyulut mosfet tidak perlu arus besar tetapi yang diperlukan mosfet itu tegangan.

Offline marju

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #10 pada: September 23, 2010, 10:12:07 AM »
kalau irf mah,tinggal di langsungin ke mikro,dibatasi oleh r,kan tegangan triggernya tidak menyerap arus yang besar,kecil banget lo

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
4697 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2009, 11:33:20 AM
oleh awnie
2 Jawaban
6172 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2009, 08:03:37 PM
oleh Too Payz
0 Jawaban
3801 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 06, 2009, 03:34:13 AM
oleh -dani-
2 Jawaban
4677 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 08, 2010, 10:23:50 AM
oleh bagus yunanto
0 Jawaban
1891 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2011, 10:09:05 AM
oleh nathasya