Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Anisa168

Januari 30, 2015, 12:33:34 AM
mohon bantuannya..
sebuah bola bermassa m dan berjari-jari R terletak pada lantai licin sebuah mobil memiliki percepatan horizontal a1 ke kanan. Berapakah percepatan bola a2? anggap bola menggelinding tanpa tergelincir.diketahi percepatan grafitasi adalah g.

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Show 50 latest

Penulis Topik: PWM pada mikrokontroler AVR  (Dibaca 4480 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Roesh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hi....
    • Lihat Profil
PWM pada mikrokontroler AVR
« pada: Juni 29, 2010, 08:53:02 AM »
Assalamualaikum dan selamat pagi temen temen.

saya stuck pada masalah nih...

ceritanya begini, keluarga AVR kan mempunyai pembangkit PWM internalnya sendiri, tetapi kita tahu bahwa arus keluaran mikro sangat kecil, saya ingin PWM itu untuk menyulut IRFZ 44, nah rangkaian seperti apa yang harus saya buat untuk memperkuat arus keluaran itu, trus sebagai isolator ke mikronya pake apa? apakah harus pake optocoupler? ato bisa cuman pake diode?..

temen temen yang ngerti kasih pencerahan ya...

thanks a lot...


eeLHaaBee

Offline linkga

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #1 pada: Juni 29, 2010, 04:36:06 PM »
kalau saya biasanya pake optocoupler, tapi perhatikan responnya,,..

thanks,,..

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #2 pada: Juni 29, 2010, 07:34:18 PM »
inverter yah ...... saya rasa opto lbh bk

Offline Roesh

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Hi....
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #3 pada: Juni 30, 2010, 11:00:14 AM »
oh, isolatornya pake opto... kenapa ga pake diode? bisa kasih penjelasan?

thanks, tapi pertanyaan ku yang satunya belum kejawab, transistor penguat arusnya pake transistor apa? trus rangkaian nya seperti gimana?

bukan inverter kok, tapi untuk putaran motor... hihihi.. terdengar aneh ya... namanya juga coba coba.

percobaan pertama : keluaran PWM pake isolator diode langsung tak masukin ke IRFZ 44 hasil : ga kerja ( mungkin mikronya rusak kali )
percobaan kedua : keluaran PWM pake isolator diode trus ke BD 139 trus ke IRFZ 44 hasil : ngaco.. wkwkwkwk... aneh..
ketiga : keluaran PWM isolator opto ke BD 139 ke IRFZ 44 hasil : tidak sesuai teori, kemudian BD 139 taassss, alias pecah..

bingung nih.. mohon bantuannya...

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #4 pada: Juli 03, 2010, 07:01:46 PM »
pelajri dulu karakteritik dari transistor irf itu . . respon time irf itu brpa second

Offline bagus yunanto

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 2
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #5 pada: Juli 05, 2010, 08:49:20 AM »
kalau opto kan bisa digunakan sebagai pemisah teegangan. jadi kalau tegangan pada motor butuh teg gede akan lebih baik.

kalau gambar rangakaianya ntar nyusul deh....

tapi kalu gak salah IRFZ44 itu MOSFET, kan kakinya Gain drain n source, hati2 menentukan kakinya...
lihat data sheet..

Offline Prasetya Hutomo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 5
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #6 pada: Juli 21, 2010, 04:46:45 PM »
Untuk kasus tersebut, rasanya BD 139 anda tidak mampu mendrive arus IC motor IRFZ 44. Karena arus yang dibutuhkan motor IRFZ 44 besar sedangkan maksimal IC BD 139 tidak mampu sebesar kebutuhan motor IRFZ 44, coba anda tambah TIP 41 untuk arus IC yang mendrive motor IRFZ 44. sedangkan IC bd 139 digunakan untuk mendrive IB TIP 41 anda.

Offline ikhwanpcr

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #7 pada: Agustus 07, 2010, 02:58:58 AM »
saya untuk PWm menggunakan transistor TIP.

Offline kuin

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 121
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #8 pada: Agustus 16, 2010, 01:07:33 PM »
kalo saya Opto kopler biasanya TLP521 aman2 aja buat inverter.

Offline dhan_t46

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #9 pada: Agustus 31, 2010, 01:52:20 PM »
kalo saya mah langsung saja. tanpa perlu apa apa lagi. paling cuma nambah R.
kalo pengen gaya sedikit tambahin optocoupler atau transistor.

kalo untuk menyulut mosfet tidak perlu arus besar tetapi yang diperlukan mosfet itu tegangan.

Offline marju

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: PWM pada mikrokontroler AVR
« Jawab #10 pada: September 23, 2010, 09:12:07 AM »
kalau irf mah,tinggal di langsungin ke mikro,dibatasi oleh r,kan tegangan triggernya tidak menyerap arus yang besar,kecil banget lo

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
3562 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2009, 10:33:20 AM
oleh awnie
2 Jawaban
4382 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2009, 07:03:37 PM
oleh Too Payz
0 Jawaban
2764 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 06, 2009, 03:34:13 AM
oleh -dani-
2 Jawaban
3084 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 08, 2010, 10:23:50 AM
oleh bagus yunanto
0 Jawaban
1513 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2011, 09:09:05 AM
oleh nathasya

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia