Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

Kemarin jam 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Bersin sambil melotot?  (Dibaca 8530 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

advisor

  • Pengunjung
Bersin sambil melotot?
« pada: Januari 16, 2007, 09:19:14 PM »
Nah lho... ada yg pernah cobain bersin sambil melotot? Boro-boro, melek aja ga mungkin :P

Namanya bersin, pasti kudu merem.... kenapa  ;D



Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #1 pada: Januari 18, 2007, 01:42:00 PM »
nah lho, emang kenapa ;D

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #2 pada: Oktober 17, 2007, 12:34:10 PM »
karena udah hapal teksnya.
ahahaha.. ngaco banget..  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #3 pada: Oktober 17, 2007, 03:05:20 PM »
karena udah hapal teksnya.
ahahaha.. ngaco banget..  ;D

ahahahhahaha  ;D ;D bener nih
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

eka

  • Pengunjung
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #4 pada: Oktober 18, 2007, 01:42:48 PM »
setau aku saat kita bersin sepersekian detik jantung kita berhenti. Kira-kira begitu... ;D ::)

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #5 pada: Oktober 20, 2007, 10:32:41 AM »
asik.. bener.. ahahaha..  ;D

skeptictank

  • Pengunjung
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #6 pada: Oktober 20, 2007, 02:10:52 PM »
hehe

Ada referensi ilmiahnya ga yah?  :-\


Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #7 pada: Oktober 21, 2007, 06:13:00 PM »
ihihi.. ini nih ada artikelnya dikit..  :D

Pernahkah anda sadar bahwa hal ini anda lakukan setiap anda bersin? Yaitu memejamkan mata alias merem. Yup… Setiap kali kita bersin maka mata kita akan terpejam dengan sendirinya tanpa harus kita perintah sebelumnya.

Bersin adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri itu. Syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan, sehingga pada saat kita bersin, maka secara otomatis mata kita akan terpejam. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Selain itu, pada saat kita bersin, secara refleks maka otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdetak untuk sementara (baca=sekejap). Setelah selesai bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali. Oleh karena itu, dalam agama Islam kita disarankan untuk mengucapkan kalimat pujian kepada Tuhan yaitu “Alhamdulillah” yang artinya “Segala Puji bagi Allah”, karena jantung kita sudah berfungsi lagi normal seperti biasanya, setelah istirahat sejenak disebabkan oleh bersin kita tadi.

Satu lagi, saking kuatnya tenaga bersin kita, mata kita sampai terpejam. Jikalau mata kita tidak terpejam saat bersin, niscaya mata akan “melompat” keluar. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri… Hehehehe kalau bisa….

Mau mencoba bersin tanpa merem???


semoga bisa kejawab yah..  ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #8 pada: Oktober 22, 2007, 12:55:27 PM »
Buat member yang seneng baca, jawaban untuk peristiwa-peristiwa harian unik lainnya, bisa baca ni buku (tentang bersin ini pun dibahas kok!).
Judulnya :

Einstein Aja Gak Tau!: Penjelasan Ilmiah tentang Peristiwa Sehari-hari

Sedikit review dari buku tersebut :

Kutip
Kenapa daging ikan putih padahal ikan kan juga punya darah?
Tahu gak bahwa derik jangkrik bisa memberitahu suhu udara kepada kita?

Apakah sebutir peluru senapan angin dapat mematikan kalau dijatuhkan dari gedung paling tinggi di dunia?
Mengapa air dingin mencairkan makanan beku lebih cepat daripada udara panas?

Jika kita mengangkut ribuan merpati dalam sebuah trailer, apakah bebannya lebih ringan jika burung-burung itu terus beterbangan?

Dan banyak lagi pertanyaan yang, walaupun gampang-gampang susah, Einstein gak tau...

Karena keburu meninggal, Einstein tak sempat mengungkapkan misteri-misteri menyangkut kehidupan modern. Maka, inilah kesempatan bagi kita untuk bisa lebih tahu daripada Einstein. Resepnya mudah saja. Kita cukup membaca buku paling mengasyikkan ini, buku tentang dunia yang serba menakjubkan. Buku ini menyajikan penjelasan-penjelasan yang definitif-dan sangat sederhana-seputar misteri-misteri dalam kehidupan sehari-hari yang mendorong kita melakukan eksperimen sendiri. Dr. Wolke menyedikan fakta-fakta memesona, hal-hal yang patut diingat, dan kadang-kadang kebenaran-kebenaran yang samasekali di luar dugaan kita.

Mengapa langit berwarna biru? Mengapa nyala lilin berwarna kuning?
Jangan terus berdiam diri di dalam gelap, hanya karena Einstein pun gak tau...

Selamat membaca!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #9 pada: Oktober 23, 2007, 04:57:16 PM »
Ooh.. itu aku ada kayaknya..  ;D
Tapi buku "Einstein aja gak tau!" tuh kayaknya ada banyak versi yah..  ::)
Nanti kapan-kapan kalo lagi rajin, Melnick tulisin deh isinya..  ;)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2232
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #10 pada: Oktober 27, 2007, 03:15:15 AM »
Ooh.. itu aku ada kayaknya..  ;D
Tapi buku "Einstein aja gak tau!" tuh kayaknya ada banyak versi yah..  ::)
Nanti kapan-kapan kalo lagi rajin, Melnick tulisin deh isinya..  ;)

Dah rajin belum nih? ditunggu lho

*sambil selonjoran makan kacang

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #11 pada: November 02, 2007, 07:37:43 PM »
blom nih. tunggu yah..  ;D

*berdiri sambil ngelemparin kacang

Andos

  • Pengunjung
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #12 pada: Maret 19, 2008, 11:45:05 PM »
Bagi2 di sini donk bro jawabannya ;)

Offline Novita Hendriyadi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Bersin sambil melotot?
« Jawab #13 pada: Mei 26, 2008, 11:12:50 AM »
emang bisa???? ??? ??? ??? ??? ???
perasaan ga da yang bisa bersin sampe melotot ya kecuali kalo matanya ditahan baru bersin..

 :o :o :o :o :o

tapi kayaknya sakit banget deeehhhhh........ :) :) :)

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Silau dan Bersin

Dimulai oleh syx « 1 2 » Biologi

18 Jawaban
7193 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2008, 01:29:04 PM
oleh Vinchemz
725 Jawaban
86818 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2014, 12:58:54 AM
oleh bayu220686
0 Jawaban
1304 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2010, 08:41:34 PM
oleh peregrin
22 Jawaban
710 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2012, 11:21:16 AM
oleh skuler

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia