Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yoga3105

Kemarin jam 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

Show 50 latest

Penulis Topik: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah  (Dibaca 6849 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rafy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 456
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • RAFY HERE.....!!
    • Lihat Profil
    • RAFY_site
teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« pada: Juni 08, 2009, 05:34:46 PM »
TAP..TAP...TAP... Neji berlari menuju lantai 3 gedung laboratorium untuk ujian praktikum Kimia Analitik di Lab Analitik (ribet amat)

"wah...telat..telat...!!!" neji sangat tergesa- gesa sambil mengecek barang- barang yang dibawa. Block note, Pulpen, Pensil, Penggaris, Kalkulator, dan diktat sudah dia bawa.

"ahh...!!! alas titrasinya...(wujudnya kayak kertas HVS yang dilaminating doank), waduh...mudah2an gak dapet ujian yang nitar..."

"semuanya diundi sebentar!" kata ibu Rie sambil membawa ketas yang digulung2 kayak buat arisan "dikertas ini ada nomornya, praktikum sesuai dengan noornya, liat di papan tulis!" Neji liat ke papan tulis

1. Penetapan kadar NaOH dengan menggunakan Asam Oksalat
Bahan Kimia: NaOH, Air Suling, Asam Oksalat

2. Percobaan Reaksi Eksoterm dan Endoterm (kok gak nyambung ya?)
Bahan Kimia: H2SO4, Air Suling, Asam Oksalat, KNO3

3. Pemisahan Golongan Kation
Bahan Kimia: Larutan Contoh (Pb2+, Hg2+, Ca2+)

"ah...No.3 ya? asik....bisa nyantai...(cuma misahin doank khan?), kamu dapet apa sou?" kata neji ke temannya itu

"aku no.1 Nih...tapi gampang lah..aku khan tukang timbang sama nitar. hehe..."
"tapi mata noh bolor...awas baca skalanya..."
"gak apa- apa..."

"hah...aku dapet no.2 nih..."kata Koji
"emang kenapa? gampang kali" kata Sou
"gampang sih gampang..cuma nyampur- nyampurin, terus ukur suhunya..tapi..."
"tapi kenapa?" tanya Neji
"itukhan gak level ma gue yang otaknya clink kayak gini"
"BUAK.!!!" (kiri kanan di tabokin

"ayo sudah sudah...ambil posisi...kata Ibu Rie

Neji : Meja tengah, deket mesin pemusing dan jendela
Sou : Deket Ruang asam, plus ruang penyimpanan pereaksi
Koji : Deket Oven, ada Furnacenya juga..plus deket ruang timbangan

Di ruang Asisten Dosen, Bu Rie sedang ongkang2 kaki sambil baca komik Bakabon

"wakakak..." DUARRR sebuah ledakan dari lab terdengar lumaya kencang

GUBRAKK Bu Rie terjengkang dari kursinya "aduh.." Dengan muka masam, Rie berlari ke lab "ada apa ini?" asap memenuhi ruangan dan ada larutan berwarna merah muda berceceran, ternyata botol indikator PP pecah ke lantai.

semua geleng- geleng dari kolong meja, dan setelah diinterogasi, katanya:

Neji : Lagi melototin mesin pemusing yang muter- muter gak jelas sambil setengah ngelamun

Sou : Lagi mau bikin larutan NaOH dari Natrium yang ada di meja pereaksi sama air suling

Koji : Ngebilas tabung reaksi di wastafel yang ngebelakangin mejanya, sebelumnya ngereaksiin asam oksalat sama air


"bu, ini khan tiak disengaja...." kata neji

"Diam!" Kata Bu Rie
"Setelah mengamati saya sudah tahu pelakunya siapa. tapi, saya ingin meminta kejujurannya! kalau tidak, minus 50 akan didapat oleh orang ini dan dinyatakan tidak lulus

"HAH????" kata mereka bertiga

Hayo...siap pelakunya???


kemarin adalah kenangan..
hari ini adalah kenyataan.....
besok adalah harapan...
^8^

Offline great_sage

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 53
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« Jawab #1 pada: Juni 15, 2009, 06:40:47 PM »
kayaknya suo dech

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« Jawab #2 pada: Juni 16, 2009, 11:40:56 AM »
Kutip
Neji : Lagi melototin mesin pemusing yang muter- muter gak jelas sambil setengah ngelamun

Sou : Lagi mau bikin larutan NaOH dari Natrium yang ada di meja pereaksi sama air suling

Koji : Ngebilas tabung reaksi di wastafel yang ngebelakangin mejanya, sebelumnya ngereaksiin asam oksalat sama air
..cuman nebak aja dulu, kesimpulanku seperti ini...neji ngga jelas, sou mereaksikan Na sama air suling, reaksinya memang eksoterm, dan ada sedikit letupan kecil tapi, ngga besar paling kalo sebesar koin Rp.100, hasilnya kayak tablet CDR...

justru si koji, mereaksikan oksida oksalat yang lebih di curigai...?aku jawab koji.........
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline rafy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 456
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • RAFY HERE.....!!
    • Lihat Profil
    • RAFY_site
Re: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« Jawab #3 pada: Juni 16, 2009, 01:30:06 PM »
@great_sage: alasan?

@nandaz: apa hasil reaksi asam oksalat dgn air??

Offline great_sage

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 53
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« Jawab #4 pada: Juni 16, 2009, 03:10:25 PM »
@great_sage: alasan?
krn emang terjadi ledakan klo mereaksikan natrium ma air

Offline rafy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 456
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • RAFY HERE.....!!
    • Lihat Profil
    • RAFY_site
Re: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« Jawab #5 pada: Juni 16, 2009, 03:24:59 PM »
.betoool

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 74
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: teka-teki tentang kimia, 100% ilmiah
« Jawab #6 pada: Juni 20, 2009, 07:25:12 PM »
@great_sage: alasan?

@nandaz: apa hasil reaksi asam oksalat dgn air??
oh ya, oksalat seharusnya terjadi pengendapat dihidrat....sial, ternyata..yang di arahkan cuman reaksi Na dengan air aja...aku tadi curuga juga sih, hei..tapi, ledakan saya rasa ngga bakal terjaddi deh....kalo potasium(K) dalam ukuran besar sih iya,,,,

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Teka-teki angka

Dimulai oleh aoko Olah Otak

3 Jawaban
20980 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2008, 04:10:45 PM
oleh reborn
2 Jawaban
1853 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2011, 06:36:29 AM
oleh DnL
10 Jawaban
7292 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2011, 05:42:15 PM
oleh mangkokooo
2 Jawaban
1317 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2012, 11:59:32 AM
oleh izof
7 Jawaban
1453 Dilihat
Tulisan terakhir November 03, 2012, 11:26:47 AM
oleh rhesa.varian

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia