Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Ode Haerudin

Kemarin jam 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

evviapriliya

November 12, 2014, 08:16:55 PM
assalamualaikum
 :)

andiana

November 11, 2014, 04:27:01 AM
halo semua lam kenal yah, member baru neh ikutan gabung yah agen ibcbet  :)

bayumeindrawan

November 06, 2014, 09:37:17 PM
assalamualaykum
mau tanya
apakah ada yang tahu dimana jual Tween 60 dan Span 60 di daerah jabodetabek??
atau mungkin ada yang tahu web toko/CV/PT yang menjual barang tersebut? terimakasih

lucas

November 06, 2014, 07:29:40 PM
gimana ya cara buat posting kok gk bisa "maaf anda tidak diperkenankan untuk menyertakan pranala luar " pls

Show 50 latest

Penulis Topik: menyontek  (Dibaca 13367 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
menyontek
« pada: Desember 06, 2011, 09:14:01 AM »
menyontek atau menyalin suatu pekerjaan merupakan penyimpangan sosial yang sudah lumrah dikalangan pelajar dan bahkan mahasiswa. dan pasti tidak luput dari anggora ForSa ini pernah menyontek dan dicontek teman sewaktu masih sekolah atau kuliah ;D kalau menyontek sesekali saja umumnya masih wajar tapi kalau menyontek terus menerus sampai tidak mau menggunakan otak untuk berpikir itu sdh kelewatan. saya ingin minta saran dan pendapat senior-junior disini terhadap org yg selalu menyontek. kadang saya merasa kesal sekali, nilai bagus tetapi bukan pure hasil kerja sendiri. ada yang berpendapat kalau kita mengenal org seperti itu lebih baik dikasihani karena org seperti itu hanya bisa bergantung pada orang lain. kalau menurut kalian?  :-\


i adore your intelligence

Offline Novieainie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 6
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #1 pada: Desember 06, 2011, 11:21:34 AM »
klo saya paling gak bisa nyontek(wlwpun klo kepepet pernah juga nyontek) coz klo nyontek belom apa- apa tangan dah gemeteran n keringet dingin,,belom lagi mata suka sliweran klo liat tulisan kecil2 or mulut orang komat kamit kacau dah rasanya ;D

Kutip
kadang saya merasa kesal sekali, nilai bagus tetapi bukan pure hasil kerja sendiri.

setujuuu,,,,kadang kita yang udah ngerjain setengah mati hasilnya dibawah mereka yang nyontek ???

Kutip
ada yang berpendapat kalau kita mengenal org seperti itu lebih baik dikasihani karena org seperti itu hanya bisa bergantung pada orang lain.

bener bgt,,kita jadi ikut menjerumuskan mereka bwt males belajar n gak mandiri padahal belom tentu disetiap kesempatan bisa nyontek..

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 644
  • IQ: 26
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #2 pada: Desember 06, 2011, 02:16:18 PM »
Di TV ada iklan layanan masyarakat..Waktu kecil suka mencontek, setelah besar jadi koruptor..nah lho..
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #3 pada: Desember 06, 2011, 02:43:27 PM »
dulu saya termasuk yang kesal dng pencontek, apalagi kalo mereka dapatnya lebih tinggi dari kita yang berusaha sendiri. tapi setelah direnungkan, ngapain juga kita kesel sama mereka. kalo pun kita dapat hasil yang jelek kita ga rugi karena kita tau kelemahan kita, kekurangan kita, yang segera harus diberesin di ujian berikutnya. orang yang mencontek adalah orang yang tidak punya rasa percaya diri, tidak percaya kemampuannya sendiri,... ato orang kepepet (ga siap dng pertanyaan yang diajukan karena kurang menguasai materi)... sekarang, kalo liat pecontek, cuekin aja. toh, ga ada pengaruhnya ke kita. kalo sebel pun cuma bikin cape diri kita sendiri.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:menyontek
« Jawab #4 pada: Desember 06, 2011, 03:01:24 PM »
Kalau saya dulu pribadi, punya cara untuk menghindari dicontek, tapi khusus untuk pilihan ganda/multiple choice doank...

Jadi saya hanya membuat titik kecil di huruf yang benar pada lembar jawaban... Karena kecil, titik itu gak akan kelihatan sama tetangga... Nah, 1 menit / 30 detik sebelum waktu habis atau saya ingin menyerahkan jawaban, baru saya silang/bulat tuh lembar jawaban... Orang2 yang gak tau bakal bilang "ngebut banget nih anak" hehehe... Padahal jawabannya udah ada dan tinggal diselesaikan terakhir... Sayangnya kalau tetangga kebetulan teman karib, pasti biasanya dia bilang sambil bisik2 "Zo, Jawab donk... Kok kosong, gua gak bisa jawab nih" heheheheheheh...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #5 pada: Desember 06, 2011, 03:20:59 PM »
menghindari dicontek? saya duduk di kursi panas: tepat di depan meja guru. jarang ada yang mau duduk di sebelahku pas sma. :D
pernah sekalinya duduk di belakang, kertas-kertas minta jawaban langsung beterbangan ke mejaku. abis itu kapok.

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 644
  • IQ: 26
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #6 pada: Desember 06, 2011, 03:26:14 PM »
Gw sich gak pernah dicontek, wong jawaban gw sering salah he he..Tapi ditanyain sich pernah juga (bisik-bisik..)..Ya kuberitahu aja, salah bener urusan dia.. 8) Kalo nanya jawaban ke teman sih sering..Sekarang gw tahu kalau perbuatan kayak gitu gak bener...Mudah-mudahan gw gak akan jadi koruptor.. >:D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #7 pada: Desember 06, 2011, 03:27:38 PM »
tuh, kan si admin langsung hahahihi baca tulisanku... gara-gara inget aku contek protokol percobaan lab milik temen lain. parahnya, saking buru-burunya sampe nama yang punya protokol juga aku salin. pas dosen manggil-manggil nama temenku aku heran karena beda kelompok. setelah liat itu tulisanku... yah ngaku deh.  ;D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #8 pada: Desember 06, 2011, 03:29:48 PM »
hehehe rata-rata juga tidak suka dengan org yang suka menyontek.
tapi bagaimana kalau anda (seandainya) disekolah atau ditempat kuliah anda kenal dgn anak yg suka menyontek, selalu cari muka di depan guru/dosen, selalu dirinya 'yang harus' mengurus ini itu atau bertanggung jawab tapi ternyata tdk mampu memegang bertanggung jawab. ::)

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #9 pada: Desember 06, 2011, 03:36:57 PM »
lagi minum air, langsung keselek baca comment ini ;D

Gw sich gak pernah dicontek, wong jawaban gw sering salah he he..

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #10 pada: Desember 06, 2011, 03:53:36 PM »
@syx

heh... kok admin?? gw gak komen apa2 kok ???

Yahh.... gw juga ga pernah nyontek, kecuali kalo kepepet. Sayangnya.... sering banget kepepet hehe...
Tapi kalo dipikir2, nyontek memang merugikan diri sendiri. Jelas ada alasannya kenapa kita harus ngerjain tugas atau ujian sendiri. Kalo nyontek sebenernya boongin diri sendiri, lama2 jadinya gak pede dan gak berkembang. Lebih parah lagi karena biasanya kalo ada yg pinter gak mau ngasih contekan dibilangnya sombong trus dimusuhin rame2.

PS : Nanya tugas di forsa tanpa berusaha sendiri dulu termasuk nyontek lho  :P

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1027
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #11 pada: Desember 06, 2011, 06:11:14 PM »
kalau saya bisa jadi org yang pinter di ilmu ekskak pasti ga bakal kasih contek/menyontek. sayang kelemahan saya ntu di matematika (dan waktu ulangan mid/semester sering kepepet). makanya kalau liat statistik saya ga pernah sekalipun nyentuh thread matematika. hihihi (maalluuu ngomong yg sejujurnya)  ;D  ::)
kalau biologi, kimia bisa. eh fisika juga ada problem cuma ga separah matematika. seenggaknya pernah coel thread fisika  :-*

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4518
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #12 pada: Desember 06, 2011, 07:01:18 PM »
heh... kok admin?? gw gak komen apa2 kok ???
maksudnya istri admin... :p
siapa yang ga inget kasus yang menghebohkan satu angkatan gitu di fakultas...

Offline danzJr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #13 pada: Desember 06, 2011, 07:39:00 PM »
menyontek itu kata temen saya yang islam sunah hukumnya ;D

menyontek itu kembali ke moral pribadi, kalau saya pribadi ngerjain sebisanya kalau ga bisa tulis aja "maaf bu saya udah ga sanggup" toh gurunya juga ngerti ;D

tapi kalau lagi UTS/UKK/UN saya ga pernah untuk ga nyontek,,

saran, sebelum nyontek pikirin dlu itu jawaban bisa di percaya apa ga, kalau bisa itung ulang lagi... kebanyakan teman sekelas saya menyesatkan ga peduli sesama maunya menang sendiri  ???

saya pun slalu ngasih contekan tapi giliran mau nyontek selalu di cuekin (curhat sedikit ;D)
sesuatu itu dimulai dari mimpi, diusahakan dan menjadi kenyataan

Offline semutdaun

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
    • Lihat Profil
Re:menyontek
« Jawab #14 pada: Desember 07, 2011, 04:36:29 AM »
menyalin karya orang emang ga boleh, tapi kadang-kadang situasi di akademik terkesan menstimulasi supaya orang menyontek. contoh1 : jadwal praktikum padat, jadinya siswa punya tradisi menyalin laporan senior-seniornya. dan ini dibiarkan malah didukung sama dosen & asisten. contoh 2: ujian open book & dosen sengaja keluar ruangan lama.
bisa dipahami kalo pengajar juga ingin siswa punya nilai bagus supaya dirinya sendiri keliatan bagus. tapi di mata saya hal seperti itu menurunka kredibilitas pengajaran.

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
294 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 02, 2014, 08:41:27 AM
oleh gomis11

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia