Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 05:52:50 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 231
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 220
Total: 220

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Program catur apa yang paling kuat?

Dimulai oleh nʇǝʌ∀, Oktober 22, 2012, 01:33:08 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nʇǝʌ∀

#30
Kutip dari: __________ pada April 03, 2013, 05:23:26 PM
kalau soal itu saya tidak tahu. selama ini Rybka mainnya bagus kok di pembukaan terlepas di interface mana dia dimainkan. kalau saya google, para pengguna Rybka bilang opening book utk Rybka ga bisa digunakan di interface lain. nah mungkin seharusnya anda pakai Aquarium.
oh ya. apakah anda punya opening book-nya Rybka? kalau tidak, bisakah menggunakan opening book lain ketika memainkan Rybka di interface lain seperti Shredder ?

saya tidak pakai Aquarium. selain pakai Deep Shredder 12, saya pake Fritz tapi lupa serinya. ada di laptop. dan Arena 3. tapi saya kurang paham sama fitur-fiturnya. makanya sy sering pake Shredder.
sepertinya saya tidak punya Rybka opening book. ketika saya ingin tandingkan Rybka melawan engine lain kan ada checkbox apakah Rybka ingin memakai opening book atau tidak, tapi checkbok-nya ga bisa dicentang. sedangkan engine UCI yg lain bisa.
setiap engine UCI pake opening book apa aja bisa asal formatnya shredder file. klo beda jenis kan bisa diconvert. seingat sy sih gitu. CMIIW.


                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

ytridyrevsielixetuls

nah apalagi tuh interface, windboard, UCI.
oh ya trit ini judulnya program catur apa yang paling kuat, tapi beberapa post kata program bisa digantikan dengan engine. sampe sy sendiri tidak sadar. apa perbedaan antara program dan engine?
kenapa Rybka bisa dianggap engine UCI ?
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

nʇǝʌ∀

Kutip dari: ytridyrevsielixetuls pada April 10, 2013, 01:35:19 PM
nah apalagi tuh interface, windboard, UCI.
oh ya trit ini judulnya program catur apa yang paling kuat, tapi beberapa post kata program bisa digantikan dengan engine. sampe sy sendiri tidak sadar. apa perbedaan antara program dan engine?
kenapa Rybka bisa dianggap engine UCI ?

saya akan jawab dengan bahasa saya sendiri yah berhubung pengetahuan saya kurang luas hehe..
singkatnya,
interface itu maksudnya program catur yang bisa memainkan berbagai macam engine. jadi bukan program catur yg hanya bisa memainkan satu engine saja. ada program catur dimana anda bisa bermain lawan komputer atau mengadu komputer lawan komputer tapi tidak ada engine yang bisa anda temukan di folder manapun milik program caturnya.
program catur yang termasuk interface itu anda bisa menginstal engine catur apa saja dan menguploadnya. bisa diuninstal juga. jadi di program Shredder, anda bisa mengupload engine lain selain Shredder.

nah engine itu sebenarnya suatu file komputer catur tapi tidak bisa dimainkan kalau anda tidak punya program catur yang interface. sejauh pengamatan saya, engine itu formatnya .exe. dia bukan diinstal seperti instal software. melainkan diinstal lewat program catur yg interface. hehe sorry kalau bingung.

di setiap program catur yang interface macam Shredder, Arena, dan Fritz pasti terdapat semacam table grafik user dimana anda bisa mengintip apa yang dipikirkan si engine catur ketika bermain. langkah-langkah apa yang ia pertimbangkan, langkah apa yang dia harapkan dimainkan oleh lawannya, berapa ukuran table hash yang dia pakai, dll.

kalau perbedaan antara UCI dan Winboard saya tidak tahu kecuali kalau UCI bisa memakai opening book dan hashtable size bisa ditambah. nah setiap saya install engine di program catur terdapat pilihan jenis engine apa yg mau saya install, UCI atau Winboard. nah ketika saya install Rybka, Houdini, Critter bisa di opsi UCI. tapi ketika saya install The King (Chessmaster), Petir dapat box peringatan bahwa engine saya bukan UCI. terus saya coba install ulang dan saya pilih Winboard dan ternyata bisa.

maaf kalau masih kurang jelas. soalnya bingun jelasinnya. kalau praktek sih lebih gampang jelasinnya.
bagi yang ingin menyanggah silahkan. koreksi kesalahan saya karena penjelasan saya masih banyak kekurangannya :)

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

ytridyrevsielixetuls

maaf, bro. saya masih kurang jelas. sorry. jadi malah tambah bingung.  :-\
mungkin kalau ditutor secara praktek bisa ngerti.
tapi kalau boleh tanya, bisakah anda jelaskan, step by step, cara menggunakan suatu engine di dalam suatu program catur yang interface.
dari mulai cara instal, uninstal, cara memainkannya, dan kalau tidak keberatan :-[ jelaskan juga soal table grafik user yang kata anda isi pikiran engine catur.
bisa diberikan contohnya?
maaf sekiranya merepotkan. terima kasih.  ;D
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

nʇǝʌ∀

wah sepertinya saya tidak berbakat yah dalam menerangkan soal engine catur dan program catur interface  :)
tapi itu kesalahan saya karena cara berkomunikasi yg kurang baik dan kurang pengetahuan. hehehe

BTW, cara menggunakan engine di dalam program catur interface sebenarnya sangat mudah!
anda hanya perlu tahu menu apa yang isinya 'install engine'
untuk program Shredder caranya :

1. Pilih menu Extras
2. Pilih opsi Engines
3. Pilih opsi Install Engine
4. Nanti akan muncul box berisi pilihan jenis engine apa yang ingin anda install. pilihannya adalah UCI, Winboard, dan Other Engine.

Anda harus menentukan terlebih dahulu engine apa yang ingin anda install, dan anda harus tahun jenisnya. kalau misalnya engine itu adalah Rybka, berarti anda harus memilih opsi UCI. karena Rybka adalah engine UCI.

5. Klik button bertuliskan ... untuk browse engine yang ingin anda install
6. Kalau sudah ketemu engine-nya, pilih engine tersebut dan klik button Open
7. Nanti akan muncul box dengan nama engine dan penciptanya (anda sebenarnya bisa mengubahnya kalau anda mau). Lalu klik OK

Kalau anda salah memilih jenis engine, anda akan mendapatkan box peringatan. misalnya pada langkah ke-4 kalau anda memilih UCI, tapi anda malah menginstall engine jenis Winboard, maka anda akan dapat box peringatan bahwa engine tersebut bukan UCI.


Catatan :
Jangan menghapus utau memindahkan engine yang anda sudah install ke folder lain!
Tapi anda bisa mengedit engine anda dengan memilih menu :

Extras ---> Engines ---> Edit Engine

Cara instalasi engine di program Shredder sama saja saja di semua seri.
jadi mau itu Shredder Classic 3, 4, atau Deep Shredder 12 ya caranya sama saja.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

nʇǝʌ∀

kalau anda ingin uninstall engine, tinggal ke :

Extras ---> Engines ---> Uninstall Engine

untuk memainkan engine di Shredder caranya :

1. Pilih menu Mode
2. Pilih opsi Computer vs Computer
3. Anda bisa tentukan jenis permainan apa yang anda inginkan. Saya hanya pernah mencoba opsi Engine Match. yang lain saya belum pernah.

5. Anda bisa mengatur engine yang bermain sebagai Putih dan Hitam, mengatur opening book mereka, mengatur waktu pertandingan, menentukan berapa kali mereka bermain, ukuran hashtable, dll. Setiap pertandingan akan disimpan di database yang anda bisa tentukan sendiri.

penjelasan soal tabel user grafik bisa panjang lebar dan agak membingungkan.
singkatnya gini, saya hanya tahu bahwa ketika engine berpikir, maka di tabel itu terlihat langkah apa yang ia pertimbangkan untuk dipilih, langkah apa yang ia harapkan dari lawannya, variasi apa yang ia pertimbangkan, penilaian ia akan variasi tersebut, berapa banyak hashtable yang ia pakai untuk berpikir, dll.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

mhyworld

Kok HIARCS belum masuk daftar ya? padahal sering menang lawan program catur yang lain http://www.youtube.com/watch?v=niiYRgzSxks
once we have eternity, everything else can wait

ytridyrevsielixetuls

#37
nʇǝʌ∀ terima kasih telah berbagi cara instal dan uninstal engine di program Shredder.
saya dah coba pake Shredder yang trial (gratis)

----------

adapun menurut indeks CCRL 40/40 (ga tau maksudnya, cuma nyomot sumber dari internet)
ada banyak sekali engine catur yang diuji-cobakan kemampuannya. di daftar peringkat, ada banyak engine yang tidak disebutkan TS di poll. ternyata Houdini 3 masih menjadi yang nomor 1.

*yang dibold hitam adalah engine yang ada di poll dan pernah disebutkan di thread ini.

1. Houdini 3 64-bit 4CPU
2. Critter 1.6a 64-bit 4CPU
3. Rybka 4 64-bit 4CPU
4. Stockfish 2.2.2 64-bit 4CPU
5. Bouquet 1.5 64-bit 4CPU
6. Komodo 5 64-bit
7. Strelka 5.5 64-bit
8. Naum 4.2 64-bit 4CPU
9. Hiarcs 14 4CPU
10. Chiron 1.1a 64-bit 4CPU
11. Gull R375 64-bit 4CPU
12. Deep Fritz 13 4CPU
13. Hannibal 1.3 64-bit 4CPU
14. Deep Junior 13 64-bit 4CPU
15. BlackMamba 1.4 64-bit
16. Spike 1.4 Leiden 4CPU
17. Deep Shredder 12 64-bit OA On 4CPU
18. Protector 1.4.0 64-bit 4CPU
19. Zappa Mexico II 64-bit 4CPU
20. Spark 1.0 64-bit 4CPU
....
29. Crafty 23.4 64-bit 4CPU
....
48. Chessmaster 11 2CPU
....
77. Petir 4.39 (ini yang kata TS engine kuat yang kemampuannya sebanding dengan manusia? berarti komputer jauh lebih jenius donk  :-[
pantesan banyak orang curiga anda curang klo main catur online/live tapi langkahnya mirip saran Rybka atau Houdini)
...
256. Ziggurat 0.18 64-bit (seingat saya, ini yang dimainkan di program Windows jadul zaman saya belom lahir. masih terlalu kuat bagi masyarakat awam tapi di ranking terakhir di indeks ini. pernah main di komputer jadul. baru tau ternyata itu engine juga)

terlalu banyak. males nulis semuanya hehe  :D
ternyata banyak sekali engine di dunia dan Houdini 3 masih yang nomor satu! disusul engine gratisan Critter 1.6a dan engine Rybka 4.1 yang sering-sering disebut di sini.

data terbaru May 11, 2013

[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

nʇǝʌ∀

saya tidak banyak tahu soal perkembangan dunia catur manusia maupun komputer. sehingga di poll saya tidak ada banyak pilihan :)
ketika thread ini baru dibuat, sebenarnya Houdini 3 sudah dirilis tapi saya tidak tau.
soal Deep Shredder 13 yang saya kira akan dirilis musim dingin tahun lalu ternyata tidak benar.
engine-engine terkuat lainnya seperti Junior, Strelka, Hiarcs, dsb juga tidak saya masukkan ke dalam opsi sehubungan dengan kurangnya wawasan dan pengetahuan saya  :)
kalau tidak salah, engine Fritz 13 dan Hiarcs 14 dirilis tak lama setelah thread ini dibuat.

CCRL 40/40 baru saya ketahui beberapa waktu kemudian setelah membuat thread ini. saya awalnya lumayan kaget ternyata Chessmaster ada di peringkat 40-an padahal terkenal sekali.
Zigurrat engine yang sudah jadul. saya sudah pernah mengalahkan dia hingga level Advanced. itu dulu, tapi itupun engine tsb memang sudah lama ketika pertama kali saya memainkannya. dari segi kekuatan, engine Zigurrat ini kalau saya nilai levelnya seperti juara tingkat RT.

engine2 kuat yg kekuatannya masih sebanding dengan manusia itu Shredder Classic, Petir, SOS, Ruffian, AnMon, dsb. tapi bagi kita manusia, kita tetap perlu waktu lebih lama untuk berpikir dibanding mereka. tentu bisa dimengerti kenapa lawan anda di internet mencurigai anda curang karena nga perlu waktu lama untuk berpikir tapi langkah2 anda mirip saran Houdini, Rybka, Critter, dsb. kalau ada orang bisa jenius seperti itu kemungkinannya sangat kecil.

di luar negeri, ada pecatur Bulgaria yang didiskualifikasi dari pertandingan karena dicurigai curang (TAPI TIDAK TERBUKTI) karena langkah-langkahnya hampir semuanya menyamai komputer. padahal elo ratingnya paling rendah di antara peserta lain.
beberapa waktu lalu saat ia mulai dicurigai, ia digeledah oleh arbiter. tapi nga ditemukan bukti apa-apa. tidak ditemukan alat tertentu. tidak ada aktifitas mencurigakan di tengah ia bermain. saat turnamen diteruskan, ia tampil menawan. gaya permainannya bener2 computer-like. sehingga lawan-lawannya menuduh dirinya curang, memboycot. dan iapun dikeluarkan.
pecatur tsb mengaku kemampuannya didapat dengan usaha keras. ia bahkan mengaku pernah mengalahkan Rybka dan Houdini masing-masing 10 kali tanpa draw dan kalah.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

ytridyrevsielixetuls

seru juga sepertinya ya. curang dalam permainan catur. kehadiran engine dan program catur ternyata membuat sebagian orang jadi malas berpikir sendiri.  ::)
tadi saya sudah coba engine gratisan di Shredder trial. dalam beberapa kali melakukan analisa ke berbagai posisi, ternyata ada beberapa kali suatu engine yang memberikan saran yang berbeda-beda ketika dihadapkan di suatu posisi yang sama. tetapi ketika dikasih puzzle yang cuma ada 1 solusi terbaik, semua engine mampu menjawabnya dengan tepat (memilih jawaban yg sama)!
apa yang menyebabkan satu engine bisa berubah pendapat ketika mengambil keputusan manakala dihadapkan pada posisi yang tidak bisa dipastikan langkah terbaik yg mana.
kenapa suatu engine bisa tidak konsisten dalam menentukan pilihan. di satu waktu jawabnya A, lain waktu jawabnya B padahal posisinya ya itu itu juga.
misal, ketika pembukaan TANPA opening book, engine yg sama bisa tidak konsisten menentukan langkah yg paling tepat. misal kalau dia pake Putih, jawabnya bisa c4, e4, d5, Nf3..
ketika saya coba minta tolong tentukan pilihan terbaik setelah pembukaan Ruy Lopez (1 e4 e5 2 Nf3 Nc6 3 Bb5)
jawabannya ga selalu sama. kadang a6, g6, Nge7, Bc5, dsb.
saya kasih ukuran hashtable gede dan waktu berpikir lama tetap saja jawabannya tidak selalu sama. padahal saya pake engine yg sama.
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Fariz Abdullah

Tetapi chess engine dan internet nampaknya telah mengubah dunia catur secara signifikan. Dunia catur sekarang dipenuhi para prodigy alias anak-anak usia muda yang telah masuk elite grandmaster dunia.

Jagoan terkuat sekarang, pecatur muda Magnus Carlsen bahkan sejak kecil tidak punya papan catur di rumah. Dia besar di depan computer ..Dan saya amati di chessbomb, langkah-langkahnya hampir selalu sama dengan suggest dari Houdini 3..
[move]DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT[/move]

ytridyrevsielixetuls

teknologi bisa disalahgunakan tergantung penggunanya. sejauh ini, penyalahgunaan teknologi engine chess itu biasa ditemukan di catur online/live seperti menggunakan program/engine catur di tengah permainan. ini seperti kata nʇǝʌ∀ bisa ketahuan kalau pakai satu komputer. tapi tidak dengan dua komputer. sedangkah di dunia nyata, peserta pertandingan catur bisa saja pura-pura ingin ke kamar kecil dan disana diam2 ia menggunakan smartphone miliknya untuk curang.

generasi sekarang termasuk beruntung karena kita bisa belajar teori pembukaan, babak tengah, dan babak akhir dari pendahulu2 kita. ditambah lagi ada program dan engine catur. sehingga ada banyak "jalan pintas" menjadi pecatur jenius.
tapi sejauh ini, adakah manusia yang bisa bermain persis seperti Houdini 3 hanya dengan berpikir 5-10 detik atau 1 menit saja dimana langkah tersebut merupakan hasil perhitungan untuk beberapa kemungkinan atau kombinasi yang kompleks yang seolah-olah mengarahkan lawan ke "skenario jangka panjang" kita apapun yang dia lakukan?
cukupkah 5-10 detik atau 1 menit untuk memikirkan/menggambarkan semua kemungkinan atau kombinasi itu?
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

ytridyrevsielixetuls

coba lihat contoh di bawah ini. pengorbanan Kuda Hitam dan setelah serentetan langkah sesuai perhitungan Hitam, kerugian Kuda Hitam bisa berbuah kemenangan di akhir cerita.


si Putih meskipun unggul 1 Kuda tetap tidak bisa menang. kemungkinan/kombinasi ini sudah diperhitungkan oleh Hitam. dan perhitungannya tepat. sehingga kemanapun Putih melangkah, ia tetap berada di dalam bayang-bayang skenario Hitam.
adakah manusia yg bisa memikirkan kemungkinan atau kombinasi itu cuma dalam waktu 5-10 detik ?
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

__________

engine mmg suka gitu. terkadang dia pilih A tetapi lain waktu dia pilih B meski dihadapkan pada puzzle yang sama. kecuali puzzle macam Mate in 3, 2, dsb dimana posisinya tdk terlalu kompleks bagi komputer sehingga jawabannya cenderung sama.

sekarang ini belum ada manusia yg bisa mikir kombinasi "diabolical" ky Houdini dan kawan2 bahkan meski dikasih waktu 1 jam berpikir. bbrp langkah manusia bisa saja cocok dng engine tp perhitungannya ga selengkap dan secermat engine. manusia jg butuh wktu lama mikirnya.
bayangkan saja, dalam memilih langkah yg tepat khususnya setelah pembukaan, anda disuruh membayangkan dan mengingat banyak kemungkinan, dan dari setiap kemungkinan itu ada banyak kemungkinan, dan seterusnya hingga bercabang-cabang. 10 detik jelas tidak mungkin bagi manusia.

soal pecatur luar negeri yg dituduh curang itu
sy pernah baca beritanya. tidak ditemukan bukti dia curang.
bahkan hingga diselidiki berkali-kali oleh ahli.
segala teori yg menyatakan dia curang hanya sebatas asumsi tapi bukan benar2 bukti valid.
klo ga salah game Blitz pun dia bisa membuktikan kehebatannya.
dia cm butuh waktu 5-7 detik untuk berpikir??? bbrp master yg nyoba jajal kemampuannya pun bisa dikalahkan.
dan selama main di pertandingan manapun, ia tak pernah meninggalkan kursi.
bahasa tubuhnya tenang, tdk byk bergerak. bahkan ga suka lirik-lirik. pandangannya fokus ke papan catur.
adakah penjelasan rasional mengapa dia bisa sehebat itu selain daripada kemampuan cenayang atau chip implant?

Fariz Abdullah

Keunggulan engine kayaknya memang di memori database, analysis langkah terbaik dan kecepatan analysis. Di samping itu engine tidak memiliki emosi dan blunder. Keunggulan manusia adalah pada intuisi dan kreativitas. Untuk mengalahkan top rank engine, langkah harus kreatif dan "tidak umum". Itu pun sangat tidak mudah, karena tidak boleh blunder, opening preparation yang super dan tentu saja harus jenius.

Terakhir Kasparov yang mewakili manusia harus mengakui keunggulan Deep Blue dalam pertarungan yang legendary. Jagoan jaman sekarang seperti Magnus Carlsen tidak berani menghadapi engine, karena katanya bermain melawan computer seperti melawan idiot yang akan mengalahkan Anda setiap waktu..
[move]DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT[/move]