Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 28, 2024, 03:07:07 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 87
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 58
Total: 58

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Program catur apa yang paling kuat?

Dimulai oleh nʇǝʌ∀, Oktober 22, 2012, 01:33:08 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nʇǝʌ∀

kalau soal engine vs engine saya akui memang bisa salah analisa karena sudah terbiasa melihat adegan2 balik modal dalam pertandingan2 antar engine terkuat.
TAPI ada beberapa kasus yang memang kedua engine memiliki penilaian yang sama. dan di ujung perhitungan mereka, materi seimbang dan posisi kelihatan seimbang tapi dinilai salah satu pihak dominan. ada juga pertukaran yang membuat salah satu rugi materi, tapi diakhir babak tengah atau awal babak akhir, bisa balik modal.

so itu bukan all nonsense. karena memang pernah terjadi. setidaknya, dalam sebagian pertandingan.
saya tanya, apakah semua pertandingan antar engine berakhir puluhan langkah? dan apakah analisa keduanya selalu berbeda?

siapa yang bilang setiap langkah engine adalah computerlike? Scenario itu ungkapan. Ada langkah engine yg bisa ditiru manusia dan sebaliknya. saya hanya merujuk pada beberapa langkah tertentu saja terutama yang menimbulkan kombinasi hingga balik modal.

tujuan dipertandingkan para engine?
ya jelas untuk melihat engine mana yang lebih unggul, untuk mempelajari cara bermain mereka, untuk melihat apakah ada glitch, untuk membandingkan performa mereka di spec komputer tertentu, dan lain-lain. manusia mana tahu siapa yang akan menang waktu menonton pertama kali. setelah itu saja mereka baru tahu dengan menonton ulang. ternyata ada beberapa pertandingan dimana perhitungan engine sama. kalau anda tetap mengatakan nonsense, ya itu terserah anda. dalam beberapa kasus, kedua engine menilai sama, dan sudah tahu hasil pertandingan, setidaknya sampai akhir babak tengah/awal babak akhir.

penilaian saya soal kekuatan engine tempo hari memang berlebihan, tapi tetap tidak menutup kemungkinan kedua engine bisa menciptakan analisa yang sama dikala mereka ditandingkan hingga akhir cerita (karena tidak semua pertandingan berakhir panjang). apakah tertutup sama sekali kemungkinan itu? kalau menurut anda iya, ya sebaiknya dihentikan saja pembahasannya. karena tidak ada kontradiksi.

nah sekarang soal intuisi...

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

nʇǝʌ∀

saya sudah tahu apa itu intuisi.

definisi intuisi yang asli BUKAN pengetahuan/pemahaman yang didapat karena belajar atau pengalaman. itu bukan intuisi murni lagi karena sudah bercampur dengan logika. kalau intuisi catur anda makin tajam karena anda pernah belajar catur dan berpengalaman, berarti intuisi anda bukan intuisi murni lagi. tebakan cenayang itu yang paling tepat menggambarkan intuisi.

anda yang bilang sendiri, intuisi pecatur bisa ditajamkan dengan ribuan jam terbang. ya jelas saya tahu apa maksudnya, artinya dengan lebih sering berlatih dan bertanding catur kan? dengan lebih banyak bermain dengan program atau baca buku catur, dan lain2.
apakah hal-hal ini sifatnya intuitif? tidak. ini sifatnya logis. so intuisi pecatur seperti yang anda gambarkan adalah bukan intuisi murni.

referensi menyusul...

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

nʇǝʌ∀

pecatur bahkan profesor boleh berkata tentang definisi intuisi sesuai kehendak hati, tapi tetap saja definisi intuisi yang asli adalah seperti yang saya jelaskan sebelumnya.
sebagai referensi :

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

noun
[mass noun]
the ability to understand something instinctively, without the need for conscious reasoning

[count noun]
a thing that one knows or considers likely from instinctive feeling rather than conscious reasoning

Origin:

late Middle English (denoting spiritual insight or immediate spiritual communication): from late Latin intuitio(n-), from Latin intueri 'consider' (see intuit).


[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

a. The act or faculty of knowing or sensing without the use of rational processes; immediate cognition.

b. Knowledge gained by the use of this faculty; a perceptive insight.


kalau anda punya intuisi catur yang tajam karena anda rajin belajar dan main catur, maka intuisi anda bukan lagi intuisi murni, karena sudah bercampur dengan logika, artinya ada hal-hal logis sebagai referensi/alasan/pendukung. begitujuga dengan intuisi pecatur lain, termasuk yang menulis artikel yg anda sodorkan.

referensi saya bukan link ke blog melainkan langsung ke kamus. dan ternyata definisi intuisi tidak bertentangan dengan apa yang telah saya katakan. so menambah jam terbang jelas menunjukkan intuisi catur anda tidak murni lagi.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

nʇǝʌ∀

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


ini kutipan artikel dari link yang anda sodorkan :

Kutip
And this is why we shouldn't be surprised that a chess prodigy raised on chess computer programs would be even more intuitive than traditional grandmasters. The software allows him to play more chess, which allows him to make more mistakes, which allows him to accumulate experience at a prodigious pace.

dari kutipan ini dan dari paragraf sebelumnya juga dijelaskan bahwa intuisi tsb karena ada faktor pengalaman dan belajar dari kesalahan dimasa lalu, dan karena belajar dengan program catur. hal-hal seperti menggunakan program catur, mengingat pengalaman dan kesalahan, belajar catur dari manusia adalah hal logis.

apakah anda katakan ini intuisi murni? anda juga tahu sendiri kan Carlsen belajar catur dengan program? (dia juga belajar catur dari manusia) dia juga tidak lantas bisa apalagi jago main catur tanpa sedikitpun mendapat masukan-masukan logis.

sehebat-hebatnya intuisi Carslen dia tetap pernah melakukan hal2 logis dalam menajamkan intuisi caturnya. dengan demikian, intuisi Carlsen tetap tidak 100% murni, meski dia lebih tajam intuisi caturnya daripada saya.

tidak ada yang salah dari penjabaran saya tentang intuisi. pecatur yang dianggap intuitif tetaplah pecatur yang juga memiliki faktor logis dalam mengambil keputusan atau meningkatkan kemampuannya, termasuk Carlsen. intuisinya bukan intuisi murni. kalau ada pecatur bahkan psikologis menyangkal hal ini, maka dia telah salah dalam mendefinisikan intuisi.

intuisi catur yang anda jelaskan di thread ini maupun blog yang anda sodorkan memang BENAR menggambarkan intuisi catur, tapi tidak membuktikan itu intuisi murni karena bertentangan dengan definisi intuisi di dalam kamus.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

nʇǝʌ∀

zaman sekarang hampir tidak ada intuisi manusia yang tidak bercampur dengan logika, kalau tidak begitu tentu setiap orang akan menikah tanpa pertimbangan logis apapun.

dan intuisi catur seorang Fariz juga bisa tajam karena apa? karena anda sudah bisa dan jago main catur sejak lahir tanpa sedikitpun belajar dan main catur? kalau benar begitu saya akui intuisi catur anda adalah intuisi murni.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

__________

Berhubung penjelasan soal intuisi sudah diuraikan secara detail, saya akan fokus ke engine. Apakah engine mampu mengetahui hasil pertandingan di awal babak tengah?

OK. Sebelumnya kita bahas dulu bagaimana engine "berpikir". Ini pertanyaan sangat sulit, sulit dijawab dan dijelaskan. Saya bukan pakar engine, bisa jadi penjelasan sy tidak sepenuhnya akurat. Saya akan coba uraikan dengan bahasa yg lebih sederhana dan sejauh pengetahuan saja..

Setidaknya untuk engine sekarang, mereka dilengkapi database pertandingan2 grandmaster + opening book + endgame tablebase. Artinya dng database pertandingan2 gradmaster engine memiliki data berisi pertandingan2 manusia terdahulu sehingga apabila ia terjebak pada pre-arranged positions, engine akan tau langkah yg dianggap paling ideal. Bagaimana bisa? Karena data tsb sudah difilter setelah dianalisa untuk diketemukan langkah2 paling ideal, kemudian "diinput" ke engine.

Opening book berisi langkah2 dalam pembukaan sehingga engine memilih langkah2 secara acak tanpa blunder tanpa perhitungan apapun. Langkah2 tsb tentu saja sudah pernah dimainkan oleh manusia dan diakui bukan blunder. Setiap master dan engine memiliki "repertoire" dimana mereka tidak lagi berpikir ketika mengambil langkah2 tertentu di awal2 pertandingan. Karena mereka sudah "hafal" kalau diawali dng langkah ini, maka bisa direspon dengan langkah ini atau ini atau ini, dst.

Dan terakhir endgame tablebase yg isinya teori2 tentang penyelesaian manakala berada di posisi2 tertentu, yg sebenarnya merupakan penguat analisa terhadap permainan catur dengan sedikit piece. Perbedaan antara opening book dan endgame tablebase adalah opening book berisi langkah2 pasti dan multak ditiru, sedangkan endgame tablebase bisa lebih variatif, artinya langkah yg diambil boleh jadi berupa keputusan atas dasar teori2 babak akhir ditambah analisa algoritma utk menemukan langkah paling ideal.

Selebihnya adalah algoritma. Ini rumit.

__________

Di dalam engine sendiri terdapat "tabel nilai" untuk setiap piece misalnya Menteri dinilai 9, Pion dinilai 1, Benteng dinilai 5, dst. Namun ini hanya sebatas nilai materi. Sebagaimana yg kita tau, unggul materi bukan berarti unggul posisi. Sehingga dalam beberapa pertandingan, engine rela rugi materi supaya unggul posisi. Artinya ada "faktor lain" dimasukkan ke dlm engine spy keputusannya lebih baik, misal seperti bidak rangkap, bidak terisolasi, ruang gerak, seberapa bebaskah buah catur anda ketika dimiliki dlm posisi2 tertentu yg mungkin terjadi, bisakah buah catur anda bergerak ke daerah lawan dan daerah sendiri, seberapa besar potensinya untuk mematikan raja atau dipukul lawan, dll.

Misal : percuma memiliki benteng dan menteri sedangkan lawan tidak, tapi keduanya tidak punya ruang gerak untuk melindungi raja sementara raja anda berada dalam posis rawan skak dan skakmat.

Engine mampu membaca jutaan kemungkinan dalam waktu singkat. Setiap langkah legal yg bisa dilakukan dalam posisi sekarang bisa memiliki banyak cabang, dan setiap cabang memiliki banyak cabang, dan seterusnya. Semakin lama waktu yg diberikan dan semakin besar hashtable size yg dimiliki, semakin banyak kemungkinan yg bisa dibaca. Namun, percuma saja kalau waktu lama dan hashtable besar diberikan kalau "kekuatan" enginenya memang tidak sanggup membaca jutaan langkah.

Lalu kenapa hanya belasan atau puluhan opsi saja yg bisa dibaca ? dan kenapa setiap opsi hanya berisi belasan atau puluhan varian? dan kenapa setiap varian hanya berisi belasan atau sekitar 20 langkah kedepan? Ini mengesankan bahwa engine hanya mampu membaca kemungkinan hingga 3 lapis saja.

Katakanlah : dalam suatu posisi engine menciptakan 40 opsi, setiap opsi ada 20 varian, dan setiap varian berisi 20 langkah kedepan. Terkesan hanya tiga lapis saja.. kenapa bisa begitu?

Well.. si engine memiliki kemampuan untuk mengevaluasi posisi2 pada papan catur. Di antara jutaan kemungkinan yg bisa dibaca oleh engine, difilter menjadi belasan atau puluhan opsi. dan dari setiap opsi itu memiliki belasan atau puluhan varian. Dan dari setiap varian berisi belasan atau sekitar 20 langkah kedepan.

Evaluasi itu muncul dari "tabel nilai" dan "faktor lain" yg saya sebutkan sebelumnya, ditambah dengan database grandmaster dan endgame tablebase yg juga saya sudah sebutkan. Sehingga bukan cuma kemampuan mengambil langkah legal saja yg menjadi "kekuatan" engine. Jadi dari jutaan kemungkinan yg bisa dibaca engine, dia hanya mengambil yg dia anggap paling ideal saja.

__________

Jadi, apakah engine mampu mengetahui hasil pertandingan di awal babak tengah?

Sebenarnya jawabannya bisa ya dan tidak. Engine tidak punya intuisi sehingga penilaian engine terhadap suatu posisi dimasa sekarang atau dimasa depan, bukan berdasarkan "wah, kelihatannya si Putih unggul" atau "kelihatannya seimbang tuh" atau semacamnya. So pasti, ada "catatan tertulis" mengapa engine menilai suatu posisi sekarang atau dimasa depan dikatakan lebih baik, lebih buruk, atau seimbang. Karena memang si engine tahu posisi2 tsb bisa berkembang menjadi posisi2 lain!

Cuma kekuatan engine saja yg berbeda-beda sehingga jangan heran kenapa beberapa engine ada yg melakukan kesalahan. Diluar faktor malfungsi. Sekarang tanpa kesalahan teknis, dalam beberapa pertandingan, jangan heran kenapa top engine bisa terlihat seperti orang jenius, tukang ramal, atau aktor.

Dalam pengalaman saya, saya telah menyaksikan beberapa kali dua engine kuat bertarung. Di babak tengah, salah satu engine menukarkan buah caturnya dengan buah catur lawan yg lebih rendah nilainya, sehingga engine tsb rugi materi. Puluhan langkah kedepan barulah ternyata si engine tsb balik modal, sehingga secara materi jadi seimbang, bahkan berbalik jadi menang.

__________

Nah sekarang kembali ke pertanyaan @ytridyrevsielixetuls

Bagaimana menjelaskan pertandingan ini, antara Houdini 2 vs Critter 1.4.


jelas2 Hitam rugi materi. Tapi puluhan langkah kedepan, Putih dipaksa untuk rugi materi bahkan kalah posisi. Apakah itu karena Hitam blunder kemudian puluhan langkah setelah itu Putih jadi blunder juga? Rasa-rasanya tidak. Manakala tidak ada gangguan teknis dan dua engine top bertarung dengan spec komputer yg mendukung, jelas perhitungan mereka sangat tajam.

Kalau menurut Hitam atau Putih tidak ada blunder dalam pengorbanan Hitam meski Hitam jadi rugi materi, lantas apa alasannya Hitam dianggap unggul posisi atau seimbang? Dan kenapa Hitam jadi unggul puluhan langkah kemudian? Sekali lagi, engine tidak punya intuisi.

Coba anda tonton lagi Houdini 2 vs Critter 1.4 itu. Hitam jelas rugi materi, tapi puluhan langkah kemudian jadi balik modal, dan menang. Dalam beberapa kasus semacam itu, anehnya balik modalnya dengan jenis piece yg sama. Kalau diperhatikan dengan cermat, akhirnya menimbulkan kesan :

"oh jadi begini toh alasan Hitam kenapa dia rela rugi Benteng. Ternyata dia tahu bahwa nanti Putih akan kehilangan Bentengnya. Tadinya saya pikir Putih yang unggul..."

__________

Dan terakhir adalah soal "expected move", langkah yang engine harapkan akan diambil oleh lawannya.

Setiap engine memiliki "expected move" ketika ia sedang menunggu lawannya melangkah. Bisa anda lihat di tabel GUI manakala engine bermain. Kenapa tidak terbuka kemungkinan, dua top engine bertarung memiliki perhitungan yg sama? Opsi dan varian yg sama? Tidakkah mungkin expected move suatu engine sama dengan langkah yg diambil engine yg jadi lawannya, begitu juga sebaliknya?

dari semua faktor yg saya jabarkan, maka tidaklah heran kenapa si engine bisa terlihat seperti orang jenius, tukang ramal, dan aktor. ini bukannya pengkultusan engine. tapi penilaian yg muncul dari pengamatan terhadap beberapa pertandingan antar engine.

reborn

Saya setuju sama uraian __________ (susah amat usernamenya  :D) terutama soal database dan teori-teori yang sudah dimasukkan ke dalam engine.

Menurut saya, pada dasarnya, kesulitan yang dihadapi oleh engine hanya satu : waktu. Karena engine jelas dapat menghitung semua kemungkinan, paling jelek yahh brute force aja hehe. Karena keterbatasan waktu ini, engine butuh database yang tidak lain adalah kumpulan permainan catur para GM selama bertahun-tahun. Ditambah tentunya algoritma yang berbeda-beda untuk setiap engine.

Masalah pada manusia lebih kompleks dari sekedar waktu. Pertama, jelas manusia gak bisa pake brute force. Kedua, ada faktor psikologis. Contoh yang baru aja terjadi waktu Anand blunder lawan Carlsen di world chess championship kemarin. Atau Gelfand yang juga blunder waktu lawan Nakamura di London Classic Chess kemaren. Engine tidak akan blunder karena faktor emosi. Posisi kalah atau menang sama buat dia. Gak ada grogi karena waktu dah hampir abis. Yang terjadi hanya dia tidak punya waktu untuk menghitung lebih lama.

Intuisi yang disebut-sebut di atas mungkin maksudnya natural moves. Semakin sering berlatih, beberapa orang akan terbiasa dan ingat apa langkah terbaiknya. Sisi negatifnya, dia juga bisa mengulangi kesalahan yang sama (bad habit). Semakin cepat dan semakin akurat ketimbang yang kurang latihan. Ada juga faktor lain seperti kreatifitas, photographic memory (GM hampir bisa dipastikan bisa main catur buta/blind chess).

Tapi di luar itu semua, saya sebenernya lebih suka catur di era sebelum komputer. Karena saya pikir saya bisa lebih menghargai kecemerlangan pilihan langkah para GM memainkan buah caturnya. Murni hasil kreatifitas dan daya imajinasi yang dasyhat tanpa bantuan komputer. Bisa dibayangkan betapa hebat mereka bisa berpikir sampai misalnya belasan langkah ke depan. Sebut aja misalnya Fischer, Tal, dan Karpov (ketiganya favorit gw nih hehe).


Btw, yang reply di sini suka catur semua nih? Kapan-kapan boleh dong kita main sambil ngopi bareng   8) 8)

Oya, info aja untuk yang belum tau. Ada open source chess engine yang menurut gw cukup bagus. Namanya Stockfish. Untuk GUI bisa pake Arena. Dua-duanya gratis hehe..

Link downloadnya :
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

nʇǝʌ∀

ya itulah namanya metode alpha-beta pruning. khusus untuk memilah-milah pilihan supaya pengambilan keputusan lebih efisien. jadi nga perlu pake hashtable terlalu gede. dan seingat saya ada metode2 lain....kalo detailnya sy ga tahu. maklumlah soalnya saya kan gaptek.  :) haha

saya pake program GUI Deep Shredder 12. dulu sih pernah pake Arena sama Fritz tapi saya gaptek banget gunain fitur-fiturnya. njelimet mumet.  :D
kalo nga salah ada beberapa settingan yang amburadul gara2 saya bingung gimana gunain Arena sama Fritz.  8)

sampe skarang permainan catur saya ga naik2... soalnya dr tahun kemaren sampe skarang tetap jarang menang lawan [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
waktu dulu pas menang juga karena saya mikir lama.
ini komputer mainnya cepat banget tapi jago padahal dia bukan kekuatan Shredder yg sebenarnya.
oh ya saya penasaran, ada gak non-master yang bisa ngalahin ini Shredder HARD dalam catur cepat?

wew! saya ngga bisa bayangin hidup sebagai penggemar catur di zaman dimana engine catur belum ada....saya mungkin terlalu manja untuk hidup di dunia catur tanpa komputer atau catatan dari masa lalu.  8)
sekarang kita semua terbantu dengan adanya catatan2 tentang catur warisan pendahulu kita dan juga engine2 catur super kuat.
ibarat ABG pingin tenar dan jadi celeb, ada lebih banyak fasilitas tersedia. tapi saingan makin banyak.

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

ytridyrevsielixetuls

#87
ternyata bisa panjang-lebar juga ya diskusi soal program/engine catur..  ;)
saya dalam setahun lebih ini mulai sedikit demi sedikit mengerti gara2 thread ini. dulu malah ga ngerti banyak.

bener, @nʇǝʌ∀. fitur2 Arena lebih sulit dimengerti tapi lebih lengkap. kalau anda tidak mengerti ya mungkin dibaca-baca dulu tutorialnya. fitur program tsb jauh lebih lengkap daripada Shredder. anda pernah bilang di email kalo Arena itu keren tapi susah dipelajari. tapi anda masih pelihara Arena karena sayang programnya terlalu bagus buat diuninstall.

saya juga sama ky anda @nʇǝʌ∀. saya "manja" kalo belajar catur, makanya ga bisa tanpa program atau buku.  ;D
oleh karena itu kita pantas angkat topi buat para ahli catur zaman dulu.
seperti kata @reborn, murni dari imajinasi dan kreatifitas tanpa bantuan komputer.

banyak langkah pecatur zaman dulu yg sesuai saran engine. jangankan zaman Tal. yg lebih kuno lagi ky Tarrasch dan Lasker sudah memiliki keahlian catur yg tinggi sehingga beberapa langkahnya juga sesuai saran engine sekarang.

FYI banyak diantara pecatur kelas dunia yg stres dan pemikirannya rada psycho, entah karena kebanyakan mikir, karakter asli, atau tekanan bathin akibat terlibat politik terutama di negara yg suhu politiknya panas. terutama pas zaman perang dunia 2 dan perang dingin.
tapi mereka masih bisa saja jadi ahli catur. belum terhitung lebih minimnya sarana untuk jadi ahli catur.
entah gimana kalo kita yg jadi pecatur di zaman dan negara2 mereka. mungkin otak kita sudah... ga bisa dibayangin....  >:D
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

nʇǝʌ∀

agak telat beritanya neh tapi Ivanov balik lagi ke dunia catur dan bermain bagus di Navalmoral de la Mata. beberapa pemain mencurigain dia. tetapi kali ini ia bersedia diperiksa dan ketika diperiksa, tidak ditemukan device apapun di sepatunya, jaketnya, dompetnya, dan selendangnya. meskipun begitu, ketika pemeriksaan berlanjut hingga ke dada, disinyalir tersimpan suatu device di bagian dadanya. saat akan diperiksa bagian itu, Ivanov langsung menolak paksa. pemeriksa merasakan sesuatu di bagian ketiak kirinya. saat penolakan paksa itu, salah satu kancing bajunya terbuka dan pemeriksa sempat melihat tape di dadanya.
Ivanov menolak pemeriksaan lanjut dan memutuskan untuk mengundurkan diri.  :angel:

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

tapi lagi-lagi, gimana caranya main catur sambil curang tanpa melihat layar monitor? dan bagaimana bereaksi cepat dalam mengcopy permainan di papan dan mencari jawaban komputer dengan sendikit "setruman" kode morse di tubuh TANPA melibatkan tangan? gimana melakukan itu dalam waktu cepat? apakah ada orang lain yang membantu dia? kalau iya bisakah secepat itu?

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

ytridyrevsielixetuls

#89
Kutip dari: nʇǝʌ∀ pada Februari 18, 2014, 09:58:58 PM
agak telat beritanya neh tapi Ivanov balik lagi ke dunia catur dan bermain bagus di Navalmoral de la Mata. beberapa pemain mencurigain dia. tetapi kali ini ia bersedia diperiksa dan ketika diperiksa, tidak ditemukan device apapun di sepatunya, jaketnya, dompetnya, dan selendangnya. meskipun begitu, ketika pemeriksaan berlanjut hingga ke dada, disinyalir tersimpan suatu device di bagian dadanya. saat akan diperiksa bagian itu, Ivanov langsung menolak paksa. pemeriksa merasakan sesuatu di bagian ketiak kirinya. saat penolakan paksa itu, salah satu kancing bajunya terbuka dan pemeriksa sempat melihat tape di dadanya.
Ivanov menolak pemeriksaan lanjut dan memutuskan untuk mengundurkan diri.  :angel:

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

tapi lagi-lagi, gimana caranya main catur sambil curang tanpa melihat layar monitor? dan bagaimana bereaksi cepat dalam mengcopy permainan di papan dan mencari jawaban komputer dengan sendikit "setruman" kode morse di tubuh TANPA melibatkan tangan? gimana melakukan itu dalam waktu cepat? apakah ada orang lain yang membantu dia? kalau iya bisakah secepat itu?

ya cobalah berpikir seperti maling.  >:D >:D >:D >:D >:D
saya tidak tahu pastinya metode curang super canggih ky gitu tapi klo boleh menganalisa...

katakanlah tape itu adalah kamera yg menyiarkan pertandingan di papan catur di hadapan anda sebagai pemain curang. dipasang di salah satu ketiak anda dan supaya menempel digunakanlah suatu alat. alat sederhana untuk menempelkan benda pada tubuh kan banyak yah..
siaran tsb ditonton oleh seseorang atau dua orang yg dapat dipercaya yang sudah siap dengan komputer.

nah terus agar bisa "tembus pandang" maka efek-efek di kamera tsb dibuat sedemikian rupa supaya lebih mampu melihat objek yang menghalangi lensa kamera (tapi kalo sinar-X sepertinya mustahil ya, tapi kalo efek sepia gimana tuh? sorry gaptek...).

di dada anda, anda tempelkan alat (dilakban supaya nempel dan ga jatuh) yang bisa memberikan anda kejutan listrik ringan atau getaran sebagai sandi. entah itu sandi morse atau sandi lainnya (atau bisa jadi sandi bikinan sendiri). alat tsb bisa dinyalakan oleh orang yang membantu anda di suatu tempat yang jauh. bisa jadi orang itu adalah teman anda yang menggunakan komputer tapi bisa juga ada orang lain yang di sampingnya. jadi anda punya 2 asisten yg membantu anda curang.

pada pembukaan, anda sudah punya hapalan, jadi ga perlu bantuan komputer. toh cuma main 5-10 langkah saja. nah setelah masuk babak tengah baru komputer digunakan. anda kan mikir 5-10 menit pasti sempat bagi asisten anda untuk meminta saran komputer dan memberikan "contekan" pada anda dari jauh lewat kejutan listrik atau getaran yang mengandung sandi di dada anda.

lalu bagaimana agar asisten anda supaya cepat bisa mengikuti langkah anda dan lawan anda di pertandingan? kemungkinan komputer tsb diset player vs player atau human vs human dan komputernya adalah layar sentuh. sehingga asisten anda mampu dengan cepat mengikuti langkah anda dan lawan anda. sehingga ia mampu mengikuti kecepatan bermain anda dan lawan anda di pembukaan.

dan asisten anda yang satu lagi, melirik ke tabel GUI yang ditampilkan di komputer, ketika ia melihat langkah terbaik bagi anda, maka dengan cepat ia mengirimkan info itu ke anda lewat kejutan listrik ringan atau getaran tsb ke dada anda.

agar terbiasa bermain seperti itu, anda dan kedua asisten anda harus berlatih dulu. kalau perlu berlatih untuk permainan catur cepat.

yah.. ini cuma kira-kira saja yah. saya ini bukan pakar konspirasi dan bukan ahli IT. analisa saya ini pastilah banyak kekurangannya hehe. saya TIDAK bilang Ivanov curang.. saya hanya mengira-ngira, gimana sih kalo mau curang dengan metode itu. haha jadi science fiction neh  ;D


[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|