Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - xSaVioRx

Halaman: [1] 2 ... 12
1
Biologi SMU / Re:virus RNA disebut
« pada: April 20, 2013, 09:21:24 PM »
Dalam The Baltymore System of viral classification, virus dibagi 7 macam, 4 di antaranya adalah virus yg nucleic acidnya adalah RNA. 1 dari 4 macam virus ini harus mengubah RNA ny menjadi DNA (reverse transcription) sebelum mengekspresi gen nya.

Keempat macam virus RNA itu adalah:
1. double-stranded RNA virus (dsRNA -> mRNA): reoviridae
2. plus-strand RNA virus (+RNA -> mRNA): picornavirus, calicivirus, togavirus, flavivirus, coronavirus.
3. negative-strand RNA virus (-RNA -> mRNA): rhabdovirus, filovirus, orthomyxovirus, paramyxovirus, bunyavirus, arenavirus
4. single-stranded RNA virus (ssRNA -> dsDNA -> mRNA): retrovirus

2
Biologi / Re:perubahan DNA
« pada: April 20, 2013, 06:23:17 PM »
80% dari penderita colon cancer terdeteksi mengalami mutasi pada gen MSH1 atau MSH2, yg mana kedua gen ini merupakan subkomponen bagi MutSα, Mutβ, MutLα, MutLβ, dan MutLɣ yg berperan dalam mismatch repair. Penderita berusia di bawah 50 tahun hampir pasti karena hereditas, sedangkan penderita berusia di atas 50% karena akumulasi mutasi.

3
Biologi / Re:mikrobiologi
« pada: Oktober 07, 2012, 06:27:51 PM »
algae dari genus Symbiodinium juga bisa menghasilkan bioluminescence yg aman dikonsumsi
di taiwan sudah ada kue yg ditambahkan dengan bioluminescence dari jenis algae ini
juga sudah ada minuman alkohol yg ditambahkan zat ini

4
Biologi / Re:TRANSFUSI DARAH
« pada: Pebruari 04, 2012, 08:48:29 PM »
gan,ternyata syarat" menjadi pendonor darah ga selalu sama di setiap negara loh..
sy menetap di negara asia timur..n kebetulan hari ini br pergi donor..  ;)

cowok min. 50kg / cewek min. 45kg boleh donor 250cc.. donor selanjutnya boleh dilakukan 2bulan kemudian..
cowok / cewek min. 60kg boleh donor 500cc..donor selanjutnya boleh dilakukan 3bulan kemudian..

kalo di Indo donor 250cc jg mesti 3bulan kemudian baru boleh donor lg.. CMIIW  ;D

5
Biologi / Re:[ask] virologi di indonesia
« pada: Pebruari 04, 2012, 12:35:51 PM »
rasanya di indo ga ada jurusan khusus virologi..
sy ga di indo..tp jurusan sy mencakup virologi jg..ada biologi,kimia,dan biokimia..

6
Biologi / Re: Pemandian air panas
« pada: November 01, 2011, 10:02:28 PM »
sy sih mrs spermanya jd lbh encer :(,kan kalau viskositasnya tinggi itu lbh bagus kan?
kayanya hrs mengurangi mandi air panas nih  ???

7
Biologi / Re: saran untuk mematikan mencit percobaan :)
« pada: November 01, 2011, 10:01:26 AM »
gas ether atau chloroform bisa bikin mati. pertamanya sih tidur aja, tapi kalo diterusin bisa mati. saya pernah pengalaman ini saat bius tikus dng kapas yang diletakin di dalam gelas beker yang kemudian disungkupkan ke moncong tikus tersebut. harusnya ada yang mengawasi kondisi tikus. saat tikus terlelap, bejana agak dijauhkan dari moncong. nah, pas itu ga merhatiin, bejana tidak dijauhkan... dan tikusnya pun wafat dengan tenang.

kalo berdasarkan yg sy pelajari.....ternyata ether dan chloroform termasuk yg NON Acceptable for Euthanasia
yang acceptable: Nitrogen/Argon, Ethanol, Chloral hydrate, Potassium chloride

8
Biologi / Re: saran untuk mematikan mencit percobaan :)
« pada: November 01, 2011, 09:38:40 AM »
Kalo stress emangnya kenapa bung xSaVioRx?

it is due to Principles of US legislation (1985)

1. Transportation, care, and use of animal should be in accordance with the animal welfare act and other applicable feral laws, guideline, and polices
......
4. Proper use of animals, including the avoidance or minimization of discomfort, distress, and pain when consistent with sound scientific practices, is imperative. Unless the contrary is established, investigators should consider that procedures that cause pain or distress in human beings may cause pain or distress in other animals.
5. Procedures with animals that may cause more than momentary or slight pain or distress should be performed with appropriate sedation, analgesia, or anesthesia. Surgical or other painful procedures should not be performed on unanaesthetized animals paralyzed by chemical agents.
......

So, euthanasia should be performed in minimization of any stress and anxiety experienced by the animal prior to unconsciousness

9
Biologi / Re: Pemandian air panas
« pada: November 01, 2011, 08:49:31 AM »
wah sy merasakan sendiri pengaruh srg mandi air panas terhadap spermatogenesis   :'(

10
Biologi / Re: Pemandian air panas
« pada: Oktober 30, 2011, 09:52:59 AM »
wah bahaya tuh kl mandi air panas menyebabkan kelumpuhan..secara sy tiap hari pagi malem mandi air panas trs XD

11
Biologi / Re: Pemandian air panas
« pada: Oktober 28, 2011, 12:00:51 AM »
pernah baca jg mandi air panas melemaskan otot (berlawanan dgn pegal") haha

12
Biologi / Re: saran untuk mematikan mencit percobaan :)
« pada: Oktober 27, 2011, 01:45:06 PM »
tindakan membunuh itu sendiri disebut euthanasia,which literally means good death..haha.. (asal jwb XD tar liad ppt lg deh hehe)

13
Kesehatan / Re: Alasan untuk tidak merokok
« pada: Oktober 27, 2011, 08:04:22 AM »
biasa org yg mau berenti ngerokok kayanya cari pengganti ky permen karet ato apa gitu..hehe

14
Biologi / Re: saran untuk mematikan mencit percobaan :)
« pada: Oktober 27, 2011, 07:50:28 AM »
para mas",walo uda expired tp sy pgn berbagi sedikit :D ,,ati" y membunuh hewan percobaan ada prosedurnya..paling dasar jgn sampe mereka merasakan stress/pain pas mau mati.. :) kl dr byk hewan percobaan,cm ada 1 yg mau dibunuh,itu pun harus dieksekusinya di ruangan laen yg tertutup (bukan gelap) yg ga ada hewan percobaan laen;stlh eksekusi ruanganya hrs bnr2 dibersihkan (termasuk dr bau2 kematian XD) biar kl pas mau eksekusi hewan laen lg,mrk jg ga merasa stres..

15
Biologi / Re: Golongan darah 0 donor universal?
« pada: Juli 26, 2011, 02:16:40 PM »
sy dpt definisi Aglutinasi = penggumpalan darah akibat ketidakcocokan antara jenis aglutinogen donor dengan aglutinin resipien..

kl berdasarkan definisi di atas berarti aglutinin donor tidak berpengaruh,tp knp gitu y?apakah ada hrs ad yg mengaktivasi? ???

Halaman: [1] 2 ... 12
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia