Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - pakkrio

Halaman: [1] 2
1
Biologi / Re:perubahan DNA
« pada: April 13, 2012, 04:16:32 PM »
Mutasi memang 'bisa' menyebabkan perubahan susunan basa nitrogen dari DNA.
Seharusnya sih DNA kita itu tetap ya. (<-- CMIIW)

DNA di mitokondria banyak tuh yang bermutasi. :D

bukannya DNA mitokondria itu ga ada intronnya (semua gen terekspresi) ya?
kalo benar demikian, kalo DNA mitokondria banyak yang bermutasi, harusnya banyak juga dong sifat mitokondria yang berubah?
BTW, sumbernya dari mana ya? saya tertarik dengan hal ini... :)

2
Biologi / Re:kenapa ayam berkokok pagi hari?
« pada: April 13, 2012, 04:03:35 PM »
..mungkin ada kaitannya dengan chercaria rythm(gini ngga tulisannya  :P ,apa itu tuh pernah ada topik yang berhubungan dengan waktu atau jam biologis)

kalo jam biologis kayanya bukan deh... soalnya si ayam ini ga teratur kan berkokoknya...
walapun pada umumnya ayam berkokok saat matahari mulai terbit, kadang saat tengah malam si dia masih berkokok...

3
Biologi / Re: berita detik.com
« pada: Oktober 13, 2011, 10:34:16 PM »
wah... mantep gan.. puas ane ma jawaban ente..
:-)

4
Biologi / Re: Pemandian air panas
« pada: Oktober 12, 2011, 10:53:50 PM »
jwban kk Pi-One mantep tu.. saia setuju...
klo berhubungan dgn enzim, ntar nyambungnya k laju reaksi, tp mgkin untuk kasus ini tidak terlalu berpengaruh..(menurut saia sndiri lo)

saya pernah baca di blog science, ditemukan amoeba pemakan otak atau Naegleria Fowleri yang berkembang biak
di mata air hangat (yang memiliki suhu tinggi dan dlm keadaan musim tidak hujan).
(sorry melenceng dari topik tapi ini sekilas info saja, he)
http://1.bp.blogspot.com/-6n8AC7NZp9w/TlZrPMPNWZI/AAAAAAAAAFc/g46i_LcjEbM/s320/Naegleria-fowleri1.gif
tidak hanya itu, pernah dilakukan penelitian juga oleh Universitas Padjadjaran di desa Ciburial. dan ditemukan amoeba
hidup bebas dari genus Naegleria. bagian yang akan diserang amoeba tersebut adalah bagian sistem saraf pusat,
peradangan : saraf penciuman, menjalar ke bagian belahan otak, batang otak, fosa posterior dan sumsum tulang belakang.


wew serem jg tuh..tp sampe skg saia blom perna dger berita tentang itu.. ;D


5
Biologi / Re: berita detik.com
« pada: Oktober 12, 2011, 10:34:05 PM »
iya si gan, tdk semua makanan dalam bentuk polimer & tdk semua zat yang dimakan, diserap lewat usus..
yg bkin bngung tu penulis berita mengatakan zat penyebab alergi itu sebagai protein.

yahh..mgkin tu cma bhsa penulis ja kali ya..
tp klo mau d jelasin scara ilmiah, tentang protein itu, mngkin zat tersebut masuk ke tubuh lewat mekanisme transpor zat yg lain? misal : protein dari luar, masuk ke darah melalui sel2 saluran pencernaan secara endositosis...
???
gmn gan??
maap ni, pengetahuan saia sgt terbatas, referensi saia msih sangat kurang..

6
Biologi / berita detik.com
« pada: Oktober 11, 2011, 07:31:22 PM »
Baca berita ini..
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

nah.. pertanyaannya, bagaimana penjelasan mengenai hal tersebut?
sepengetahuan saya, semua makanan yang dimakan adalah dalam bentuk polimer & akan dipecah menjadi monomer2nya. Kalau seperti ini, semua zat makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sama & tidak mempedulikan darimana sumber makanan tersebut berasal. Protein2 yang ada dalam tubuh merupakan hasil metabolisme asam amino yang diperoleh dari sistem pencernaan.
gmn menurut sobat sekalian??

7
Biologi / pembuatan preparat permanen
« pada: Oktober 09, 2011, 01:51:09 PM »
mau tanya ni, salah satu pembuatan preparat permanen kan menggunakan parafin. Nah, kalo pake metode itu, apakah mungkin, jika Paramecium sp. yang diawetkan dalam kondisi proses pembelahan inti & pembelahan sitoplasma??
 :-\

8
Biologi / Re: tidur ngorok
« pada: Oktober 09, 2011, 01:13:21 PM »
trus penjelasan mengapa orang yg sudah tua & orang2 yg gendut, selama tidur cenderung mengorok gmn??

9
Biologi / Re: Semut
« pada: Oktober 09, 2011, 01:08:37 PM »
Masih berkaitan dengan semut tp ga nyambung ma ni topik. Kalo ratu semut di bunuh, semut2 yang lain pada ngapain ya??
termasuk jga lebah, klo ratunya dibunuh pada ngapain lebah2 yg lain??
???

10
Biologi / Re: Mirip kan?
« pada: Oktober 09, 2011, 12:56:23 PM »
wah2...
hmpir kyak hukum2 fisika dong...
be2rapa rumus dalam fisika banyak yg sama kan??
(maap ga bisa kasi contoh, lgi ga bwa bku fisika & males brosing..)

11
Biologi / Re: What is "kaki seribu"?????
« pada: Oktober 09, 2011, 12:53:18 PM »
mekanisme pertahanan diri gan..

12
Biologi / Re: Olimpiade biologi
« pada: Oktober 09, 2011, 12:45:51 PM »
ada yg punya link soal olimpiade biologi untuk universitas??
 :angel:

13
Biologi SMU / Re: Mengapa sel berukuran kecil ?
« pada: Oktober 09, 2011, 12:45:04 PM »
kalau yang aku baca dari buku , ada hubungan volum sel sama luas permukaan sel , semakin besar volum sel maka semakin banyak aktivitas kimia yang di lakukan sel per unit waktu. luas permukaan menentukan banyaknya substansi yang dapat masuk dan keluar dari sel . karena sel hidup itu tumbuh , substansi yang di butuhkan dan yang di keluarkan meningkat lebih cepat di banding dengan peningkatan luas permukaannya , hal ini yang menjelaskan mengapa organisme yang berukuran besar tersusun dari sel-sel  yang berukuran kecil .
sel-sel memiliki volum kecil dengan t ujuan untuk mempertahankan rasio yang besar dari luas permukaan terhadap volum
setujuh ma ni agan..
intinya mempermudah transpor zat..
 :angel:

14
Biologi / Re: Mitokondria
« pada: Oktober 09, 2011, 12:41:53 PM »
jadi intinya mitokondria itu tempat untuk sintesis ATP yg paling efisien?!?
ATP adalah molekul yang terdiri dari basa Adenin, gula Ribosa, dan Fosfat Anorganik. Ikatan yg terbentuk antar molekul fosfat memiliki tingkat energi yang tinggi. Ingat lagi, bila suatu molekul mengalami oksidasi akan melepaskan energi. Demikian juga ATP, ATP bila mengalami oksidasi (melepaskan gugus fosfatnya) akan melepaskan energi.
Bahasa sederhananya : Mitokondria menghasilkan ATP dan ATP itulah yang sebenarnya menghailkan energi.

(maap ne senior, saia cma latihan menjawab  :P, maap klo ga nyambung :angel:)

15
Biologi / Re: Soal Jantung?
« pada: Oktober 09, 2011, 12:23:16 PM »
mungkin bukan hipertensi yg menyebabkan rusaknya paru2 & jantung, mungkin penyebab hipertensi itu sendiri yang menyebabkan rusaknya organ2 tsb.
???

Halaman: [1] 2
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia