Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Muhammad Taufiqi

Halaman: [1] 2 ... 10
1
Fisika / Re:Gravitasi adalah gelombang....
« pada: Juni 26, 2012, 08:16:24 AM »
Analogi yang bagus. Kalau saya masih penasaran dengan hubungan antara medan magnet dengan medan gravitasi.


Ada teori yang menggabungkan medan elektromagnetik dan medan grafitasi, disebut teori dimensi ekstra. Kebetulan senior saya Thesisnya ini, hehe. Coba didownload digilib.its.ac.id/public/ITS-Master-12508-Paper.pdf

2
Fisika / Re:Gelombang De Broglie
« pada: Juni 05, 2012, 11:52:38 PM »
Amplitudo gelombangnya sebagai fungsi dari ruang dan waktu merupakan amplitudo kemungkinan untuk mendapatkan partikel pada ruang dan waktu itu.

Iya bener, itu dari persamaan schrodinger kan, yang fungsi gelombangnya tidak punya arti fisis. Kalo dikuadratkan baru ada, yaitu probabilitas.

La ini beda, partikel sendiri kalau bergerak, menurut de broglie, itu punya sifat gelombang, yang punya panjang gelombang, dan 'seharusnya' juga ada amplitudonya. Kalo panjang gelombangnya bisa dihitung, la amplitudonya. Soalnya kalau misalkan g punya amplitudo, ya bukan gelombang namanya.

3
Fisika / Gelombang De Broglie
« pada: Juni 05, 2012, 09:07:46 AM »
Partikel kalau bergerak mempunyai panjang gelombang, yaitu panjang gelombang de broglie. dengan persamaan lambda=h/momentum.
Bagaimana dengan amplitudo gelombangnya ya? hehehe

4
Fisika / Re:Apakah cayaha itu terlihat atau tidak???
« pada: Juni 02, 2012, 02:35:55 PM »
Prinsipnya sama saja, untuk bisa terlihat, sinar dari obyek harus sampai ke mata/sensor pengamat.

Sinar dari aurora berasal dari molekul udara di atmosfer yang berpendar karena bertumbukan dengan ion-ion yang dihasilkan oleh angin matahari. Sinar tersebut bersifat menyebar/diffuse, sehingga dapat dilihat dari sudut manapun.

Sedangkan sinar dari pelangi merupakan hasil dispersi yang disertai pembiasan dan pemantulan sinar matahari (pelangi alamiah) oleh titik-titik air di udara. Sinar tersebut membentuk sudut tertentu terhadap arah sinar matahari, sehingga penampakannya tergantung pada sudut pandang pengamat. Satu titik air yang tampak berwarna merah saat dilihat dari suatu tempat, bisa tampak berwarna lain jika dilihat dari tempat lain.

Mantab banget jawabnya :D

5
Fisika / Re:Apakah cayaha itu terlihat atau tidak???
« pada: Juni 01, 2012, 09:00:51 PM »
Saya setuju dengan Prof Mhyworld. Cahaya akan terlihat, jika masuk ke mata. Jika ditanya cahaya terlihat apa enggak, jawabnya terlihat, tapi dengan syarat, cahaya itu masuk ke mata.

6
Matematika / Re:Koset dan Teorema Lagrange
« pada: Juni 01, 2012, 06:01:42 AM »
asiiik, sayang masih belum nyampek itu belajarnya

7
Olah Otak / Re:Simpel...
« pada: Mei 29, 2012, 10:43:38 PM »
 :kribo: bener yang di atas. Masak mau salah  :D

8
Astronomi dan Kosmologi / Re:kecepatan cahaya dalam black hole
« pada: Mei 29, 2012, 10:33:00 PM »
Ya itu... Kalo misalnya melanggar pun ndak masalah, soalnya kita nggak tau apa yang ada di dalam black hole, hukum fisika pun bisa2 terlanggar disana...

9
Kimia SMU / Re: elektrolisis
« pada: Agustus 16, 2011, 11:23:11 AM »
Oh maaf,
biasanya saya menjawab ketika disekolah langsung dengan reaksi sperti ini..
sehingga deret volta sudah tidak ditulis lagi...

^-^mungkin maksudnya satu satu, CuSO4 ditempat ini,NiSO4 ditempat ini...

kalau CuSO4 dan NiSO4 dicampur apa bisa menghasilkan senyawa baru?
???

Maksudnya di tempat ini dan di tempat ini? Sama-samadi katoda hanya saja tempat pengendapannya berbeda gt t?

10
Pseudo-science dan Science-Fiction / Re:Memodifikasi Cahaya
« pada: Agustus 16, 2011, 11:18:10 AM »
itu teleportasi ka namanya ... :D mungkin suatu saat nanti bisa :D

Kalau dibayang-bayangkan... Memecah manusia menjadi cahaya lebih mudah dari pada membuat cahaya menjadi manusia lagi. Karena koordinat setiap titiknya harus tepat, sehingga letak-letak organ kita tidak ada yang berubah.

11
Fisika / Re: Artikel ForSa - Termodinamika
« pada: Agustus 16, 2011, 11:12:21 AM »

mengenai pemanasan besi mungkin gini yah, besi ketika dipanaskan akan menyerap kalor dan kalor itu sebagian digunakan atom/molekul untuk bervibrasi dan sebagian lagi dilepas kelingkungan dengan meradiasi gelombang elektromagnetik (foton). ketika dipanasin itu elektron2 di dalam atom tereksitasi dari lintasannya ketingkat energi yg lebih tinggi kemudian kembali lagi ketingkat energi semula sambil melepas foton. foton ini yg kita liat sebagai bara api. >:D






Besi ketika dipanaskan pada tingkat tertentu, akan berwarna merah, tapi jika diteruskan, warna baranya akan berubah, tidak merah lagi. Apakah itu juga karena foton.

12
Pseudo-science dan Science-Fiction / Re: Deja vu
« pada: Agustus 16, 2011, 11:06:53 AM »
time looping, kita mengulang kejadian yang sama berulang2 tanpa disadari, wkatunya restart

Oooh, begitu ya.. Okke juga... Klo begitu, kita hanya akan bisa menyadari kalau memang ada time looping jika kita bisa lepas dari dimensi waktu..

13
Matematika / Re: Integral
« pada: Agustus 16, 2011, 11:05:12 AM »
wew ini ada di bab fisika kelas 2 SMA yang lagi saya pelajari; kinematika gerak. hehe ngaco nih tapi jawabannya -1/x bukan?

Hehe, masih kurang tepat...

14
Astronomi dan Kosmologi / Re: alam semesta mengembang
« pada: Agustus 16, 2011, 11:02:18 AM »
Anda pernah belajar teori atom? Jika energi bertambah, maka orbit elektron akan berpindah ke orbit yang lebih luar, dan jika energinya berkurang, elektron akan berpindah ke orbit yang lebih dalam. Dan perubahan elektron itu akan disertai perubahan sifat atom. Dan itu gak ada hubungan dengan standar acuan meter dan sejenisnya.

Iya... Lalu saya tanyakan, bagaimana Anda tau bahwa orbit itu tidak mengembang secara seksama? apa acuan Anda.

15
Matematika / Re: ASAH OTAK,,,
« pada: Agustus 09, 2011, 11:10:00 AM »
n kuadrat? bukannya 2n ya..

Halaman: [1] 2 ... 10
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia