Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - bayu220686

Halaman: [1] 2 3
1
Fisika / Re:Penyederhanaan pemikiran Einstein mengenai kecepatan cahaya
« pada: April 05, 2014, 02:12:38 AM »
Iya Pak Prof. Makasih atas penjelasannya

2
Perkenalan Anggota / Re:Salam kenal sob :)
« pada: April 05, 2014, 01:50:35 AM »
Waw.. Hebat.. :kribo:

3
Kesehatan / Kenapa pijat bisa menyembuhkan beberapa penyakit?
« pada: Pebruari 18, 2014, 09:13:00 PM »
Saya punya pengalaman ketika saya menderita sakit kepala, terutama kapala bagian belakang.
Saya denger temen saya bisa menyembuhkan sakit kepala dengan cara dipijat. Saya mencoba untuk dipijat teman saya itu dibagian sekitar pundak dan punggung. Ternyata setelah beberapa saat saat dipijat, pusing saya benar-benar sembuh.
Ada yang tahu gak ya teman-teman kenapa kok pijat bisa menyembuhkan pusing saya ini? Trims

4
Matematika / Ada yang bisa buat rumus ini gak??
« pada: Pebruari 18, 2014, 09:05:45 PM »
 :) :) :) :)

Saya bekerja di pabrik.. Saya kerja pada pagi hari selama 3 hari berturut-turut, kemudian 1 hari berikutnya libur pertama.
Kemudian masuk sore 3 hari, hari berikutnya libur kedua. Kemudian masuk malam 3 hari, lalu libur lagi 1 hari (libur ketiga)

Saya kesulitan untuk menentukan apakah saya masuk kerja pada waktu pagi, sore, malam, atau libur pada suatu tanggal yang telah ditentukan.

Apakah teman2 bisa membantu menemukan rumus ini?

5
Fisika / Re:pembelokan cahaya atau ruang dan waktu
« pada: Pebruari 15, 2014, 08:36:47 PM »
Saat saya kecil dulu,, saya pernah berpikir untuk membuat replika tata surya. Kita tahu perbandingan massa mata hari dengan planet2nya. Apa bisa ya kita membuat simulasi dengan membuat suatu sistem tata surya? Membuat tata surya kecil yang bisa diamati,, mungkin harus di luar angkasa agar tidak terpengaruh gravitasi bumi.

Apakah benar,, debu pasir yg berukuran 1 micron meter dan bermassa 1 micron gram dapat ditarik oleh benda seukuran bola basket yang mempunyai massa 10 kg? Itu pikiran saya waktu kecil dulu.. hehe


6
Fisika / Re:Tentang Hukum II Newton nih guys....
« pada: Pebruari 07, 2014, 01:10:34 AM »
Untuk memahami tentang kecepatan cahaya coba agan buka link ini http://www.forumsains.com/fisika/penyederhanaan-pemikiran-einstein-mengenai-kecepatan-cahaya/

7
Fisika / Re:[ask] tentang embun di dinding gelas...
« pada: Pebruari 02, 2014, 01:02:14 AM »
Udara atmosfer di kebanyakan tempat di permukaan bumi mengandung uap air. Udara yang dikeluarkan oleh nafas manusia biasanya mengandung uap air lebih banyak dibanding udara yang dihirup. Selama relative humidity-nya di bawah 100%, uap air tarsebut akan tetap berwujud gas, sehingga tidak dapat dilihat langsung.
Jika suhu udara tersebut diturunkan atau tekanannya dinaikkan, maka relative humiditynya akan naik. Jika mencapai 100%, uap airnya akan mengembun.
Pada kasus segelas es teh, gelas akan mendinginkan udara di sekitarnya sehingga saat rh-nya mencapai 100%, embun terbentuk. Benda apapun yang dingin akan mengalami fenomena yang sama. Efeknya akan tampak semakin jelas jika benda tersebut merupakan penghantar panas yang baik, misalnya logam.
Pada kompresor udara seperti yang dipakai tukang tambal ban, terjadi fenomena serupa, namun disebabkan oleh kenaikan tekanan. Udara luar yang tampak kering, ketika dimampatkan ke dalam tabung akan terbentuk embun di dalamnya, sehingga perlu dibuang lewat jalur drain agar tidak mengganggu kerja ban yang diisi dengan udara tersebut.


Oh,, iya Bapak Professor mhyworld, bisa kasih komentar atau penjelasan saya di link ini http://www.forumsains.com/fisika/penyederhanaan-pemikiran-einstein-mengenai-kecepatan-cahaya/

8
Fisika / Re:[ask] tentang embun di dinding gelas...
« pada: Pebruari 02, 2014, 12:58:38 AM »
Terima kasih Pak Professor, jawabannya sangat jelas. Saya ingin menambahkan aja untuk kasus udara yang dikompresi, yang Bapak Professor jelaskan itu, menghasilkan panas. Proses kebalikan dari penguapan dimana air menerap panas.

9
Fisika / Re:Gelombang Elektromagnetik
« pada: Januari 26, 2014, 04:38:37 PM »
Pertanyaan bagus :)

10
Fisika / Re:Tercipta dan musnah
« pada: Januari 23, 2014, 01:04:08 AM »
saya sendiri tidak paham sepenuhnya. jadi ada 2 plat besi (atau cermin) dimasukkan ke dalam sebuah kotak hampa udara yang diklaim sebagai tempat hampa energi (saya tidak tau kenapa disebut hampa energi mungkin kedap suara dan cahaya juga)
kedua plat itu ditempatkan saling berhadapan dalam jarak tertentu. beberapa waktu kemudian, kedua plat itu saling mendekat seolah-olah ada energi yg menarik mereka. CMIIW

makanya saya tanya apakah efek casimir ini melanggar hukum kekekalan energi....soalnya sepintas terdengar seperti itu (ada energi muncul dari ketiadaan).



Berarti ini semacam gaya Gravitasi ya.. Yang bisa dijelaskan dengan Relativitas Umum Einstein..  ^-^


kalau ruang alam semesta seperti yg anda jabarkan itu memang 3 dimensi, berarti ada ruang lain yang lebih besar/luas yang "membungkusnya" karena logikanya, tidak ada bangun 3 dimensi yang eksis atau berdiri tanpa ruang lain yg lebih besar/luas yang membungkusnya.

Contoh :

sepatu di dalam kardus
kardus di dalam kamar
kamar di dalam rumah
rumah di dalam planet Bumi
planet Bumi di dalam luar angkasa
luar angkasa di dalam.....??

ruang apa yang membungkus ruang hitam bernama luar angkasa ini ? kita ibaratkan benda langit sebagai kelereng dan luar angkasa sebagai toples. maka apa yang ada di balik toples ini?

kemudian yg belum bisa dijelaskan oleh ilmuwan adalah dari mana asal "energi" yg memperluas alam semesta dan "energi" yg menahan agar planet2 tidak terlempar dari orbitnya.

coba check trit ini...

http://www.forumsains.com/astronomi-dan-kosmologi/pemuaian-alam-semesta-akhir-dunia/msg135528/#msg135528


Hehe,, iya Pak ytridyrevsielixetuls,, kalo saya gak membatasi apa yang membungkus ruang yang ytridyrevsielixetuls katakan itu,, karena ruang itu tak terbatas,, alias tidak bertepi..

Menjawab pertanyaan ytridyrevsielixetuls,, planet2 ditahan di orbitnya karena adanya keseimbangan gaya antara Gravitasi pusat dengan Gaya Sentrifugal (sesuai teori Heliosentris)

Kalo ruang yang ditempati materi alam ini mengalami pengembangan yang dipercepat (saya tidak mengatakan ruang/alam yang mengembang, tetapi materi yang ada di dalam ruang yang jaraknya semakin jauh dipercepat) itu benar karena adanya sisa energi Bigbang.

Coba tanggapi artikel ini http://www.forumsains.com/fisika/penyederhanaan-pemikiran-einstein-mengenai-kecepatan-cahaya/

11
Fisika / Re:Penyederhanaan pemikiran Einstein mengenai kecepatan cahaya
« pada: Januari 19, 2014, 10:58:15 PM »
Einstein pun mengakui kebenaran percobaan Morley dan Michelson, hal ini yang mendasari Einstein bahwa Eter itu tidak ada. Tetapi kali ini Einstein ceroboh, bahwa sebenarnya percobaan Morley Michelson menghasilkan dua pilihan kesimpulan, yaitu:

1. Pilihan kesimpulan pertama yaitu Eter itu tidak ada. Hal ini dibuktikan dengan peralatan percobaan Morley Michelson dimana kecepatan cahaya tetap walaupun peralatan itu diubah posisinya dengan diputar 90 derajat.

2. Pilihan kesimpulan kedua adalah Eter itu ada. Dengan percobaan yang dilakukan Morley Michelson, jika kita tetap mengasumsikan bahwa Eter itu ada, maka syaratnya adalah Zat Eter ini harus mempunyai kecepatan yang sama terhadap bumi dimana percobaan itu dilakukan. Dengan kata lain, Zat Eter ini diam terhadap bumi.

Einstein tidak pernah memikirkan pilihan kesimpulan yang kedua ini, atau bisa saja dia takut untuk mengungkapkannnya karena jika yang benar adalah pilihan kesimpulan yang kedua maka teori Heliosentris yang selama ini diyakini adalah salah.

Sebenarnya untuk lebih meyakinkan kita, perlu adanya percobaan Morley Michelson yang dilakukan di luar bumi. Misalnya saja di bulan.

Jika ternyata Eter itu ada, maka teori Geosentris berlaku dan teori Relativitas pun hanya akan jadi suatu kesalahan yang dilakukan oleh Einstein, kecepatan cahaya tidak lagi merupakan kecepatan tertinggi di alam.

12
Fisika / Re:Tentang Hukum II Newton nih guys....
« pada: Januari 19, 2014, 01:36:46 PM »
Gue asik berpikir kenapa yah kok Gaya (F) itu sama dengan Massa (m) dikali dengan Percepatan (a) ???
Kok bukan Gaya (F) itu sama dengan Massa (m) dikali dengan Kecepatan (v) ???

Apa mungkin suatu benda yang bergerak dengan cepat tetapi konstan (a=0) itu tidak memiliki gaya (F=0) ???


Dijelasim dong, bagi yang ngerti... ;D

Kalo massa (m) dikalikan dengan kecepatan (v terhadap titik acuan, misalnya pengamat) itu adalah momentum Boss.

13
Fisika / Re:Tercipta dan musnah
« pada: Januari 18, 2014, 11:03:30 PM »
Kalo efek Casimir aq baru dengar pertama kali ini.. :kribo: :kribo:

Kalo mengenai ruang waktu saya punya jawaban yg masuk akal dan sederhana.  8)

Ruang itu kekal, sebelum terjadinya Big Bang, ruang itu sudah ada. Big Bang adalah proses aktifitas energi yg terjadi di dalam ruang.

Sedangkan Waktu. Waktu itu adalah satuan turunan dari ruang. Dimana waktu tercipta karena adanya proses aktifitas energi di suatu ruang. Jika dalam suatu ruang tidak ada aktifitas energi maka waktu terhenti di ruang itu.

Gak usah bingung2 mikirin ruang waktu..  ;D

14
Fisika / Re:Penyederhanaan pemikiran Einstein mengenai kecepatan cahaya
« pada: Januari 12, 2014, 04:47:03 AM »
Gue jawab sendiri aja ah....

Jika sumber cahaya mempunyai kecepatan relatif terhadap layar, apa yang terjadi dengan kecepatan cahaya?

Mengingat: Kita telah mengenal Efek Dopler yang berlaku terhadap gelombang suara, Efek Dopler ini tidak berlaku terhadap cahaya karena cahaya tidak memerlukan media rambat.

Maka terjawab pertanyaan di atas bahwa kecepatan cahaya adalah tetap untuk setiap pengamat yang bergerak relatif atau bergerak dipercepat terhadap sumber cahaya.

Sampai sini dapat kita simpulkan bahwa ketika suatu berkas cahaya diciptakan oleh sumber cahaya, ketika itu pula cahaya mendeteksi keberadaan tujuannya/layarnya dan mengetahui waktu berapa lama dia akan sampai pada tujuannya itu sehingga ketika waktunya telah tepat, maka cahaya pasti sudah sampai pada tujuannya itu tidak peduli apakah tujuannya itu telah berpindah tempat.

15
Kimia / Re:miskonsepsikah konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit?
« pada: Januari 12, 2014, 04:21:21 AM »
Betul sekali Pak

Halaman: [1] 2 3
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia