Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - r.a.n

Halaman: [1] 2 ... 23
1
Kesehatan / Re: Dokter berkolusi, harga obat meninggi.
« pada: Desember 01, 2010, 08:07:14 PM »
waktu kemarin angkat sumpah...direktur rumah sakit kami memberikan sebuah pengantar...Pengantar yang sebentar namun sangat bermakna...

Dia memulai sambutan singkat dengan mengatakan "is a doctor still a noble profession ?".....

Pada sambutannya beliau mengemukakan bahwa..sebuah rumah sakit harus dikelola secara bisnis..karena kalo tidak dikelola secara bisnis.. sebuah rumah sakit tidak bisa sustained,  tapi dokternya tidak boleh berbisnis...

Karena akad dokter dan pasien adalah akad kepercayaan....sebab seorang dokter tidak bisa memastikan hasil bahwa pengobatan yang diberikan bisa menyembuhkan...Berbeda dengan montir atau servis komputer, kalo nggak nyala ya berarti salah montirnya...

Nah, dikarenakan konsep bersifat kepercayaan, maka seorang dokter ketika menganjurkan sesuatu harus berdasarkan keilmuannya.dan memberikan yang terbaik buat orang yang sudah mempercayakannya..bukan karena harus memenuhi tuntutan farmasi...karena dia tidak bisa menjamin hasil.

Sekarang, setelah berpraktisi saya pun mengalami hal yang sama...banyak medrep datang,...dan temptationnya luar biasa...mau laptop, bb..hp bisa diatur...denger-denger kalo yg udh spesialis rumah, mobil liburan..ke LN bisa diatur. Dan hal itu berpulang lagi ke dokternya.

Saya tidak munafik, saya terus terang secara pribadi, bahwa saya juga butuh duit...
Tapi..setelah saya menjadi praktisi, ada satu prinsip yang saya pegang..dan kayaknya, hal itu yang membuat saya masih sustained...

Lupain..soal farmasi..lupain soal yang lain...Stay focus on your patient...Yakin deh...duit, nama baik, dan yang lain-lain pasti ngikut.

Kalo kita terlalu over treatment...alias bekerja sama dengan farmasi, nanti pasien juga tau kalo sama dokter itu mahal...dan malah bisa dituntut malpraktik..Tapi kalo mau cari aman bisa aja..tapi nanti bisa under treatment....

Jadi, stay focus on your patient....kalo memang harus memberikan obat mahal...anjurkan..kalo tidak mampu..berikan solusi alternatif...berikan waktu, dan keahlian buat pasien...Setelah itu tunggu lihat perubahan yang terjadi...

2
Kesehatan / Re: cacar
« pada: Desember 01, 2010, 07:21:27 PM »
@syx sebetulnya bedaknya yang berfungsi sebagai anti slip, bukan salisilnya...karena sediaan yang ada di puskes biasanya bedak salisil maka yang dipakai adalah bedak salisil.

3
Kesehatan / Re: cacar
« pada: November 29, 2010, 10:44:19 PM »
Waduh tampaknya yang dibilang huria benar....setelah saya cari dikepustakaan lagi...
Ternyata..itu untuk herpes zooster,,

Dosis 5x800mg sehari...dan diberikan biasanya selama 7 hari...tapi kalo valasiklovir cukup 3x1000mg. Trus kalo lesinya masih timbul masih bisa diteruskan dan dihentikan sesudah 2 hari sejak lesi baru tidak timbul lagi....

@syx: salisil maksudnya bedak salisil.... agar lesi tidak pecah..dan itu juga pengobatan untuk herpes zooster

Yah...padahal pegen bikin impresi setelah menghilang sekian lama...yang ada malah bikin blunder..dengan mempercayai catatan waktu ko-as..Pantasan pas crosscheck ke teks book...pengobatan cacar air itu hanya simptomatik. Makasih Huria atas koreksinya

I appreciate it alot..

4
Kesehatan / Re: cacar
« pada: November 29, 2010, 03:38:29 PM »
Waduh..ngomongin cacar...biasanya kalo bintik merah udah muncul dan di bawah 3 hari biasa dikasis ancycovir 400mg 5 kali sehari selama 5 hari...tambah analgetik-antipiretik...
trus kasih salisil..sebagai anti slip,...biasanya secara klinis...nggak akan sampe timbul bintik kehitaman....

Jadi lebih baik diobati saat dini biar bekasnya nggak keliatan...Btw, saya mencoba mencari referensi itu di teksbook...tapi kok nggak ada yah.  Yang ada dicatatan waktu koas dulu.  Kira-kira buat T.S yang lain kayaknya hal ini bisa didiskusikan.

FYI, minum obat antiviralnya meski tepat waktu, nggak boleh telat

5
Sastra dan Budaya / Re: tokoh pewayangan
« pada: Mei 29, 2010, 07:05:16 PM »
Waduh...harus beli buku mahabarata..nih. Siip lah..biar tau kisah pewayangan. >:(

6
Sastra dan Budaya / Re: JATI sebagai kayu NINGRAT
« pada: Mei 29, 2010, 06:50:58 PM »
terima kasih atas infonya.... ;D . Bisa minta referensi..???
Mau nanya donk..bedanya jati belanda..jati emas..dan jati biasa apa yah..???

7
Kesehatan / Re: Dokter Tertua Di dunia Yang Masih Praktek
« pada: Mei 29, 2010, 06:25:12 PM »
Iya.. Hebat banget nih dokter tua-tua keladi... Makin tua makin jadi.. Mantab.. ;D ;D ;D

8
Kesehatan / Re: Migraine
« pada: April 30, 2010, 04:18:22 PM »
Mantap...thanks infonya...

9
Kesehatan / Re: Apa Guna Apendiks (Umbai Cacing)?
« pada: April 29, 2010, 09:24:46 PM »
Sebenarnya..kalo udah..acute abdomen...pasti dibuka..masalahnya ada apaan??? sam siapa yang mau buka...

Ini buat informasi aja...kalo ketemu wanita..dengan nyeri perut kanan bawah..disertai dengan acute abdomen...JANGAN LUPA....TANYA HAID TERAKHIR........jangan-jangan kehamilan ektopik ternganggu  alias KET.

Sumpah, separah-parahnya apendisitis jarang..yang sampe syok....Tapi kalo KET....itu gampang banget jadi syok.....

Jadi kalo perempuan...jangan lupa....KEHAMILAN EKTOPIK TERGANGGU...Hehe..buat info tambahan aja...

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

10
Kesehatan / Re: AIR SUSU IBU
« pada: April 10, 2010, 09:29:48 AM »
kayaknya dulu sempet belajar...soal heavy chain dan light chain..hmmm...buka-buka lagi deh buku imunologinya...

11
Kesehatan / Re: Ganglion
« pada: April 10, 2010, 09:25:28 AM »
ini nih kalo nulis nggak diperiksa dulu..maksudnya..kalo cerita soal ganglion

12
Kesehatan / Re: Ganglion
« pada: April 10, 2010, 09:23:36 AM »
Emang nih kalot keluarga bedah tumor cerita soal ini penyakit paling kocak....

Jadi waktu itu datang seorang laki-laki usia paruh baya ke poli bedah tumor..dengan keluahn utama muncul benjolan di kaki sejak kurang lebih setahun yang lalu...tidak nyeri, tidak membesar perlahan-lahan..katanya awalnya  sebesar biji rambutan..dan dalam satu tahun membesar menjadi sebesar...bola pingpong...tidak ada riwayat keluarga sebelumnya. tidak ada riwayat sebelumnya. wuih dengan pedenya..saya diagnosis neurofibromatosis..tipe 1 yang von ringckenhausen....(aduh lupa nulisnya gimana..??) wuih minta CT-scan..dsb...

Pas lapor residen..."Lo udah palpasi.."..
Kata saya "udah bang.."..
trus gimana???, kata residennya...
"padat bang..", kata saya
"Hmm...(sambil tampang ngeledek)...coba lo chek lagi"...kata dia...

Dan ternyata apa..????...konsitensinya adalah....kenyal...disertai dengan...fluktuasi positif...Ancur..itu adalah gambaran kista.....Arrgghhhhhh....hancurlah dd saya..dan saya malu sekali....udah minta macam-macam....Parah deh.....Akhirnya pulang baca lagi...dan seperti yang dilang rai..memang terjadi kebocoran cairan sendi sehingga terjadi akumulasi di sarung saraf..katanya...

13
Kesehatan / Re: Sindroma Behcet
« pada: April 10, 2010, 09:00:10 AM »
Dulu pas di mata dan kulit kelamin sempet denger....tapi belum pernah ngeliat....

14
Kesehatan / Re: Awas, Kuman Gonore Makin Kebal Obat!
« pada: April 10, 2010, 08:58:57 AM »
waduh...vanco...di kita aja..yang boleh ngasih..itu kalo udah ada acc..konsulen...senior...Habis kalo udah resisten mau pake apa lagi ??? ???

15
Kesehatan / Re: lemah jantung
« pada: April 09, 2010, 07:29:00 PM »
yang bilang lemah jantung siapa aghda...dokter...emang waktu kecil. kalo lagi main-main suka jongkok karena kecapean..???

Halaman: [1] 2 ... 23
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia