Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - rawWARus

Halaman: [1] 2 ... 8
1
Isu kenaikan BBM dimana banyak terjadinya pro dan kontra, dan bagi yg kontra, mereka akan menolak habis2an...
dan demo pun bermunculan dibanyak tempat....
Mereka menunggu sidang keputusan pemerintah apakah BBM akan benar2 dinaikan atau tidak,,,
ini benar2 menyongsong APRIL yang MENEGANGKAN....

Menurut kalian apa yg akan terjadi pada akhir dan awal bulan depan ???
Setujukan kalian dengan kenaikan BBM ??

2
Sosial dan Politik / Negara Asing Tak Senang Indonesia Maju
« pada: Pebruari 20, 2012, 01:07:32 PM »
GORONTALO, KOMPAS.com — Banyak negara asing yang tidak senang jika Indonesia mengalami kemajuan pesat di bidang sains dan teknologi. Oleh karena itu, mereka dengan segala cara mencegah Indonesia untuk maju.

Demikian dikatakan anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Ary Mochtar Pedju, saat memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Gorontalo, Senin (20/2/2012), di Gorontalo.

Kuliah umum tersebut diselenggarakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. ”Bagaimana seandainya industri pesawat terbang kita yang dikembangkan BJ Habibie terus berkembang sampai sekarang? Pasti Indonesia akan disegani dalam dunia penerbangan karena sudah mampu memproduksi pesawat terbang sendiri,” kata Ary di depan ratusan mahasiswa.

Ary menambahkan, seandainya industri pesawat terbang dalam negeri terus berkembang, banyak negara asing yang tidak akan suka. Negara-negara itu terutama adalah produsen pesawat terbang.

”Perlu kesungguhan dan kekompakan dari segala sektor untuk mengembangkan sains dan teknologi dalam negeri, seperti kesungguhan politik, kestabilan ekonomi, dan situasi yang stabil,” ucap Ary.

Ary membandingkan kemajuan pesat yang dialami China. Hal itu salah satunya disebabkan seluruh rakyat dan pemimpin China bersatu padu mendukung pengembangan sains dan teknologi. Di Indonesia, pengembangan sains dan teknologi bisa terhambat hanya gara-gara latar belakang politik.


DARI ITU BNYAK ILMUWAN2 KITA DITARIK/DIPEKERJAKAN DI LUAR NEGERI...
DAN JUGA OKNUM2 YG TIDAK MENGHARGAI PARA ILMUWAN INI YG HARUSNYA DIBUANG JAUH2 DARI INDONESIA...
TERMASUK ENERGI ALTERNATIF YG KURANG DIPERHATIKAN DAN DI KEMBANGKAN DI INDONESIA MASIH SANGAT KURANG...
SALAH SATU JAWABANNYA ADALAH BANYAK KEPENTINGAN DARI OKNUM2...PADAHAL KITA BISA MANDIRI DENGAN ENERGI ALTERNATIF DAN BISA MEMPRODUKSI SENDIRI BAIK SPARE PARTNYA DAN TERSEDIA SDMNYA.


3
Sosial dan Politik / Shimon Peres: Israel dan Beberapa Negara akan Serang Iran
« pada: November 11, 2011, 01:00:29 PM »
Jerusalem, (tvOne)

Presiden Israel Shimon Peres, Sabtu malam mengatakan ada "kemungkinan besar" Israel dan negara-negara lainnya akan "menyerang Iran." Ia mengemukakan kepada saluran kedua televisi swasta: "Badan intelijen dari berbagai negara yang mengawasi dengan cermat Iran khawatir dan mendesak para pemimpin mereka memperingatkan bahwa Iran akan memiliki senjata nuklir," kata laporan media Israel. "Kita harus mulai bekerja sama dengan negara-negara ini untuk menjamin bahwa mereka memelihara komitmen-komitmen mereka... ini harus dilakukan, dan ada daftar panjang opsi-opsi," kata Peres.

Israel, Kamis menyelesaikan latihan pertahanan sipil besar-besaran di daerah Tel Aviv yang bertujuan mensimulasi satu tanggapan serangan serangan rudal konvensional dan non-konvensional, kata militer.

Israel juga berhasil melakukan uji coba yang menurut media satu "rudal balistik", yang disebut oleh seorang pejabat kementerian pertahanan kepada AFP sebagai satu "uji coba satu sistem pendorong roket" yang telah lama direncanakan.

Pada Rabu, surat kabar Haaretz memberitakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak sedang berusaha mendapat dukungan kabinet bagi satu serangan terhadap Iran, yang Israel dan Barat duga sedang berusaha membuat bom atom.

Haaretz mengatakan belum ada keputusan dibuat bagi serangan militer, dan lapoan pada 8 November dari Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) akan memiliki satu "dampak penting" bagi proses untuk membuat keputusan itu.

Penilaian-penilaian IAEA sebelumnya dipusatkan pada usaha-usaha Iran untuk memproduksi bahan-bahan yang dapat dipecah-- uranium dan plutonium-- yang dapat untuk pembangkit tenaga listrik dan penggunaan lain untuk tujuan damaim dan juga untuk bom nuklir.

Tetapi dalam berita terbaru, yang menurut para diplomat akan diedarkan di kalangan para utusan Selasa atau Rabu, akan dipusatkan mengenai usaha-usaha Iran untuk menempatkan bahan radio aktif dalam satu hulu ledak dan mengembangkan rudal-rudal untuk membawa mereka pada satu target.

Satu jajak pendapat yang disiarkan Haaretz, Kamis menyatakan opini publik Israel terbelah mengenai serangan terhadap fasilitas-fasilitas nuklir Iran, dengan 41 persen mendukung, 39 persen menentang dan 20 persen tidak memberikan keputusan.

Sementara itu Iran, mengumumkan pihaknya akan "menyiksa" Israel jika menyerang wilayahnya. Israel secara konsisten memperingatkan bahwa semua opsi telah tersedia apabila menyangkut program nuklir Iran, yang negara Yahudi itu dan pmerintah-pemerintah Barat khawatir berusaha membuat senjata nuklir. Iran membantah memiliki ambisi seperti itu dan menegaskan program nuklirnya adalah untuk pembangkit listrik dan tujuan-tujuan medis. (Ant)



WAH BAGAIMANA YA JIKA BENER2 TERJADI PERANG NUKLIR LAGI...GARA2 MEREKA MEMBANGUNKAN MACAN TIDUR ?APAKAH MUNGKIN JADI "KIAMAT2012"???

4
Fisika / Bentuk Bumi Makin Gendut di Khatulistiwa
« pada: Agustus 10, 2011, 08:34:29 PM »
KOMPAS.com - Bumi semakin besar di bagian khatulistiwa. Fakta itu terungkap dari penelitian terhadap data yang dikumpulkan oleh satelit Gravity Recover and Climate Experiment (GRACE) milik NASA dan German Space Agency. Disebutkan, bertambahnya penumpukan di khatulistiwa itu disebabkan oleh mencairnya lapisan es di Greenland dan Antartika.

Menurut Steve Nerem, ilmuwan asal University of Colorado, Amerika Serikat, hingga 22 ribu tahun lalu, es hingga beberapa kilometer menyelimuti sebagian besar belahan utara Bumi. Berhubung tekanan akibat bobot dari es di daratan telah berkurang karena mencair, tanah di bawahnya telah memantul dan menyebabkan Bumi menjadi lebih lonjong. "Mirip dengan spons, dan dibutuhkan waktu yang cukup lama agar Bumi kembali ke bentuk asalnya," kata Nerem.

Sebagai informasi, sejak awal, planet Bumi memang tidak bulat sempurna. Akibat perputaran rotasinya, air di permukaan Bumi lebih banyak terkumpul di kawasan khatulistiwa dibandingkan dengan di kutub.

Para ilmuwan sendiri mengamati terjadinya "penyusutan lemak" di lingkar khatulistiwa. Akan tetapi, kemudian terjadi perubahan. Di sekitar pertengahan 1990-an, diketahui bahwa tren telah berbalik dan Bumi kembali tambah "gendut di lingkar pinggangnya", sama seperti bola yang ditekan dari atas dan bawahnya. Namun mereka tidak memiliki alat untuk memastikan mengapa hal itu bisa terjadi, hingga baru-baru ini.

Dengan GRACE, peneliti dapat menguji coba teori yang menyatakan bahwa hilangnya es merupakan faktor pengubah bentuk planet Bumi. GRACE mengambil gambar dari permukaan Bumi setiap 30 hari sehingga memungkinkan peneliti memantau perubahan massa es terhadap perubahan gravitasi. Jadi, jika ada perubahan terhadap bentuk Bumi, maka akan ada perubahan terhadap distribusi massa. Akibatnya, medan gravitasi juga berubah.

Peneliti menemukan, mencairnya gletser di Greenland dan Kutub Selatan merupakan kontributor terbesar terhadap membengkaknya "lingkar pinggang" Bumi karena banyak air yang dibawa ke khatulistiwa. Menurut data, dua belahan Bumi kehilangan 382 miliar ton es per tahunnya. Berkurangnya beban yang perlu ditanggung benua memungkinkan tanah untuk naik dan membuat planet menjadi lebih bulat, namun proses ini membutuhkan waktu ribuan tahun. Sementara itu, pertumbuhan ketebalan di khatulistiwa mencapai 0,7 sentimeter per dekade.

Saat ini, kata Nerem, radius planet Bumi 21 kilometer lebih besar di khatulistiwa dibandingkan di kutub. Artinya, titik paling jauh permukaan Bumi dari inti Bumi bukanlah di puncak gunung Everest, melainkan di puncak gunung berapi di Ekuador yang lebih dekat ke khatulistiwa. (National Geographic Indonesia/Abiyu Pradipa)




Dalam hal ini menurut teman2 apakah akan mempengaruhi waktu dibumi ? dan apakah isi bumi akan mengalami relativitas waktu...
Dimana semakin besarnya katulistiwa maka kecepatan bumi pun semakin bertambah...?
Dan jika kecepatan bertambah maka dari waktu sebelumnya maka waktu akan semakin terasa lama...
dan mahluk hiduppun akan semakin pendek umurnya...
sebagai gambaran...
si A akan pergi ke X dengan bekal umur 10 dan dengan waktu normal dia akan sampai ketujuan
namun saat si A pergi terjadi pemuluran waktu
maka si A akan kehabisan bekal umur sebelum sampai ke X

 ???

5
Sosial dan Politik / Roy Suryo Protes Tayangan Adzan Maghrib TV One
« pada: Agustus 05, 2011, 01:18:52 PM »

Tayangan adzan maghrib yang ada di beberapa televisi memang menjadi tayangan yang paling ditunggu-tunggu oleh pemirsa televisi setiap harinya. Oleh karena itu, tak salah jika lantas kemudian anggota DPR, Roy Suryo menilai tak etis adanya sebuah tayangan adzan Maghrib yang menyelipkan sebuah iklan.

"Selaku anggota Komisi-1 DPR PokJa Penyiaran, saya menyatakan tidak etis adanya adzan Maghrib yang jelas-jelas disisipi Iklan di TV One," ujar Roy kepada KapanLagi.com®.

Dengan adanya iklan dalam adzan magrib itu, Roy pun meminya kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan teguran.

"Selayaknya KPI memberikan teguran hal tersebut, karena tayangan adzan sudah seharusnya murni dari Komersialisasi, kecuali sebelum atau sesudahnya," ujar Roy lagi.

Roy pun menjelaskan bentuk iklan yang diselipkan di tayangan adzan magrib yang memang sudah pasti banyak ditunggu itu.

"Ada scene yang lebih vulgar lagi, logo Daihatsu Sirion-nya di-CloseUp dan bahkan mobil di-shoot exterio dan interior, plus ada dealer mobilnya. Sayang sekali, komersialisasi adzan," pungkasnya. (kpl/adt/faj)



TERNYATA ADA JUGA YG MENGKOMERSILKAN ADZAN ... ;D >:( :o....
(sesuai dengan posting q dulu,hehehe)
Tapi kayaknya masih lebih baik dari pada tidak sama sekali

6
Agama dan Filosofi / Ingin melihat Allah SWT ?
« pada: Juli 08, 2011, 06:47:42 AM »
Sebenarnya kita bisa melihat sang Pencipta kita dalam kehidupan sehari-hari... ;)

Melihat dan merasakan kehadiranNya dengan hati kita tentunya...
Bisa sja salah satunya dengan mempelajari-memahami-dan melaksanakannya dengan sepenuh hati nama2 dan sifat2 Allah SWT....

1. Ar-Rahman (Ar Rahman) Artinya Yang Maha Pemurah
2. Ar-Rahim (Ar Rahim) Artinya Yang Maha Mengasihi
3. Al-Malik (Al Malik) Artinya Yang Maha Menguasai / Maharaja Teragung
4. Al-Quddus (Al Quddus) Artinya Yang Maha Suci
5. Al-Salam (Al Salam) Artinya Yang Maha Selamat Sejahtera
6. Al-Mu'min (Al Mukmin) Artinya Yang Maha Melimpahkan Keamanan
7. Al-Muhaimin (Al Muhaimin) Artinya Yang Maha Pengawal serta Pengawas
8. Al-Aziz (Al Aziz) Artinya Yang Maha Berkuasa
9. Al-Jabbar (Al Jabbar) Artinya Yang Maha Kuat Yang Menundukkan Segalanya
10. Al-Mutakabbir (Al Mutakabbir) Artinya Yang Melengkapi Segala kebesaranNya
11. Al-Khaliq (Al Khaliq) Artinya Yang Maha Pencipta
12. Al-Bari (Al Bari) Artinya Yang Maha Menjadikan
13. Al-Musawwir (Al Musawwir) Artinya Yang Maha Pembentuk
14. Al-Ghaffar (Al Ghaffar) Artinya Yang Maha Pengampun
15. Al-Qahhar (Al Qahhar) Artinya Yang Maha Perkasa
16. Al-Wahhab (Al Wahhab) Artinya Yang Maha Penganugerah
17. Al-Razzaq (Al Razzaq) Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki
18. Al-Fattah (Al Fattah) Artinya Yang Maha Pembuka
19. Al-'Alim (Al Alim) Artinya Yang Maha Mengetahui
20. Al-Qabidh (Al Qabidh) Artinya Yang Maha Pengekang
21. Al-Basit (Al Basit) Artinya Yang Maha Melimpah Nikmat
22. Al-Khafidh (Al Khafidh) Artinya Yang Maha Perendah / Pengurang
23. Ar-Rafi' (Ar Rafik) Artinya Yang Maha Peninggi
24. Al-Mu'izz (Al Mu'izz) Artinya Yang Maha Menghormati / Memuliakan
25. Al-Muzill (Al Muzill) Artinya Yang Maha Menghina
26. As-Sami' (As Sami) Artinya Yang Maha Mendengar
27. Al-Basir (Al Basir) Artinya Yang Maha Melihat
28. Al-Hakam (Al Hakam) Artinya Yang Maha Mengadili
29. Al-'Adl (Al Adil) Artinya Yang Maha Adil
30. Al-Latif (Al Latif) Artinya Yang Maha Lembut serta Halus
31. Al-Khabir (Al Khabir) Artinya Yang Maha Mengetahui
32. Al-Halim (Al Halim) Artinya Yang Maha Penyabar
33. Al-'Azim (Al Azim) Artinya Yang Maha Agung
34. Al-Ghafur (Al Ghafur) Artinya Yang Maha Pengampun
35. Asy-Syakur (Asy Syakur) Artinya Yang Maha Bersyukur
36. Al-'Aliy (Al Ali) Artinya Yang Maha Tinggi serta Mulia
37. Al-Kabir (Al Kabir) Artinya Yang Maha Besar
38. Al-Hafiz (Al Hafiz) Artinya Yang Maha Memelihara
39. Al-Muqit (Al Muqit) Artinya Yang Maha Menjaga
40. Al-Hasib (Al Hasib) Artinya Yang Maha Penghitung
41. Al-Jalil (Al Jalil) Artinya Yang Maha Besar serta Mulia
42. Al-Karim (Al Karim) Artinya Yang Maha Pemurah
43. Ar-Raqib (Ar Raqib) Artinya Yang Maha Waspada
44. Al-Mujib (Al Mujib) Artinya Yang Maha Pengkabul
45. Al-Wasi' (Al Wasik) Artinya Yang Maha Luas
46. Al-Hakim (Al Hakim) Artinya Yang Maha Bijaksana
47. Al-Wadud (Al Wadud) Artinya Yang Maha Penyayang
48. Al-Majid (Al Majid) Artinya Yang Maha Mulia
49. Al-Ba'ith (Al Baith) Artinya Yang Maha Membangkitkan Semula
50. Asy-Syahid (Asy Syahid) Artinya Yang Maha Menyaksikan
51. Al-Haqq (Al Haqq) Artinya Yang Maha Benar
52. Al-Wakil (Al Wakil) Artinya Yang Maha Pentadbir
53. Al-Qawiy (Al Qawiy) Artinya Yang Maha Kuat
54. Al-Matin (Al Matin) Artinya Yang Maha Teguh
55. Al-Waliy (Al Waliy) Artinya Yang Maha Melindungi
56. Al-Hamid (Al Hamid) Artinya Yang Maha Terpuji
57. Al-Muhsi (Al Muhsi) Artinya Yang Maha Penghitung
58. Al-Mubdi (Al Mubdi) Artinya Yang Maha Pencipta dari Asal
59. Al-Mu'id (Al Muid) Artinya Yang Maha Mengembali dan Memulihkan
60. Al-Muhyi (Al Muhyi) Artinya Yang Maha Menghidupkan
61. Al-Mumit (Al Mumit) Artinya Yang Mematikan
62. Al-Hayy (Al Hayy) Artinya Yang Senantiasa Hidup
63. Al-Qayyum (Al Qayyum) Artinya Yang Hidup serta Berdiri Sendiri
64. Al-Wajid (Al Wajid) Artinya Yang Maha Penemu
65. Al-Majid (Al Majid) Artinya Yang Maha Mulia
66. Al-Wahid (Al Wahid) Artinya Yang Maha Esa
67. Al-Ahad (Al Ahad) Artinya Yang Tunggal
68. As-Samad (As Samad) Artinya Yang Menjadi Tumpuan
69. Al-Qadir (Al Qadir) Artinya Yang Maha Berupaya
70. Al-Muqtadir (Al Muqtadir) Artinya Yang Maha Berkuasa
71. Al-Muqaddim (Al Muqaddim) Artinya Yang Maha Menyegera
72. Al-Mu'akhkhir (Al Muakhir) Artinya Yang Maha Penangguh
73. Al-Awwal (Al Awwal) Artinya Yang Pertama
74. Al-Akhir (Al Akhir) Artinya Yang Akhir
75. Az-Zahir (Az Zahir) Artinya Yang Zahir
76. Al-Batin (Al Batin) Artinya Yang Batin
77. Al-Wali (Al Wali) Artinya Yang Wali / Yang Memerintah
78. Al-Muta'ali (Al Muta Ali) Artinya Yang Maha Tinggi serta Mulia
79. Al-Barr (Al Barr) Artinya Yang banyak membuat kebajikan
80. At-Tawwab (At Tawwab) Artinya Yang Menerima Taubat
81. Al-Muntaqim (Al Muntaqim) Artinya Yang Menghukum Yang Bersalah
82. Al-'Afuw (Al Afuw) Artinya Yang Maha Pengampun
83. Ar-Ra'uf (Ar Rauf) Artinya Yang Maha Pengasih serta Penyayang
84. Malik-ul-Mulk (Malikul Mulk) Artinya Pemilik Kedaulatan Yang Kekal
85. Dzul-Jalal-Wal-Ikram (Dzul Jalal Wal Ikram) Artinya Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan
86. Al-Muqsit (Al Muqsit) Artinya Yang Maha Saksama
87. Al-Jami' (Al Jami) Artinya Yang Maha Pengumpul
88. Al-Ghaniy (Al Ghaniy) Artinya Yang Maha Kaya Dan Lengkap
89. Al-Mughni (Al Mughni) Artinya Yang Maha Mengkayakan dan Memakmurkan
90. Al-Mani' (Al Mani) Artinya Yang Maha Pencegah
91. Al-Darr (Al Darr) Artinya Yang Mendatangkan Mudharat
92. Al-Nafi' (Al Nafi) Artinya Yang Memberi Manfaat
93. Al-Nur (Al Nur) Artinya Cahaya
94. Al-Hadi (Al Hadi) Artinya Yang Memimpin dan Memberi Pertunjuk
95. Al-Badi' (Al Badi) Artinya Yang Maha Pencipta Yang Tiada BandinganNya
96. Al-Baqi (Al Baqi) Artinya Yang Maha Kekal
97. Al-Warith (Al Warith) Artinya Yang Maha Mewarisi
98. Ar-Rasyid (Ar Rasyid) Artinya Yang Memimpin Kepada Kebenaran
99. As-Sabur (As Sabur) Artinya Yang Maha Penyabar / Sabar


Dengan mempelajari-memahami dan menerapkannya dlam kehidupan kita maka InsyaAllah syurgaNya menanti kita...
Karena dengan mempelajari-memahami dan -menerapkannya dalam kehidupan kita maka kita akan selalu ingat Allah SWT dan akan menuju kedalam ketakwaan kepadaNya...
Semoga kita bisa memulainya...amin... ;) ;) ;)

7
Sosial dan Politik / Fatwa Haram BBM Bersubsidi, Menurut Anda?
« pada: Juli 02, 2011, 06:58:46 AM »
JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana Majelis Ulama Indonesia untuk mengkaji fatwa haram menggunakan bahan bakar bersubsidi, Premium dan Solar menimbul kontra dan pro. Fatwa  mengikat bagi semua muslim di Indonesia dan mengarah pada masyarakat golongan "kaya" yang masih membeli Premium sebagai bahan bakar kendaraannya sehari-hari.

Meski sudah ditampik, himbauan atau tausiyah yang disampaikan Ketua MUI Makruf Amin ini sudah masuk ke ranah publik dan menimbulkan berbagai pernyataan menarik. Hal tersebut bisa dilihat langsung  pada  forum.kompas.com juga akun Kompasiana.

Hendi Nukasep, kompasianer asal Bogor menyatakan, jika fatwa pelarangan tersebut dikeluargakan, akan menjadi sebuah keputusan kontroversial. Ia menilai, urusan energi sudah jadi tanggung jawab pemerintah bukan MUI. Ia ia juga mempertanyakan tolok ukur seseorang dinilai kaya?

Tahir Sewang, kompasianer lainnya mengatakan, Fatwa ini tak akan pernah efektif jika diterapkan karena hanya ancaman sanksi dosa. Ia menilai lebih tepat peraturan dibuat dengan denda sehingga menimbulkan efek jera.

"Tapi, juga harus diperjelas kategori mewah ini seperti apa? Apakah hanya berdasar pada tahun pembuatan (di atas 2000 dianggap mewah?), kapasitas mesin atau merek mobil," tulisnya.

Adhitya Trihadi, mahasiwa yang juga Kompasianer mendefinisikan konsumen mobil dan motor masuk kategori orang mampu. Pasalnya, secara tidak langsung “menyanggupi” dirinya  untuk membeli bensin buat kendaraannya.Artinya, semua konsumen pemilik kendaraan  tidak boleh menggunakan BBM bersubsidi. Wajib Pertamax!



Menurut q c itu jd ga Bhineka Tunggal Ika lagi deh...soalnya fatwa haram kan hanya untuk umat muslim...bagaimana dengan yg lain...
Kemudian...tanpa ada peraturan yg jeals juga ga akan efektif...seperti macan tanpa gigi...
semestinya ada system yg cukup efektif untuk menjalankannya...
dan setidaknya ada kerjasama dengan LIPI dll untuk membuat system itu dengan menggunakan teknologi... ;D


8
Kotak Saran / ROOM TIPS & TRIK
« pada: Juni 29, 2011, 10:10:21 PM »
Bagaimana jika ada room untuk TIP & TRIK untuk sesuatu... :o ;)

9
Sosial dan Politik / Cara Mengetes HP Asli atau Palsu
« pada: Juni 29, 2011, 10:07:09 PM »
JAKARTA (Suara Karya): Memasuki era perdagangan bebas kita harus lebih berhati-hati dalam membeli sesuatu, terutama barang-barang elektronik. Telepon genggam (HP) misalnya, termasuk barang elektronik yang paling kerap dipalsukan.

Banyak sekali penipuan terkait dengan maraknya HP yang beredar di pasar gelap (black market) maupun hp rekondisi. Oleh karena itu diperlukan tips untuk mengetahui apakah HP itu benar-benar asli, dibuat di negara mana dan tentu saja paling penting adalah kualitasnya.
Berikut ini sedikit tips untuk mengetahui di negara mana sebuah HP dibuat serta kualitasnya (hanya untuk HP GSM bukan CDMA) bersumber dari milis sebelah:
Langkah pertama: ketik *#06#.
Setelah kamu mengetikkan code tersebut maka akan muncul 15 angka no seri contoh : 434566106789435.
Jika angka ke-7 dan 8 adalah angka 02 atau 20 itu berarti HP tersebut dibuat di Asia dengan kualitas yang jelek.
Jika angka ke-7 dan 8 adalah angka 08 atau 80 itu berarti HP tersebut dibuat Jerman dengan kualitas lumayan.
Jika angka ke-7 dan 8 adalah angka 01 atau 10 itu berarti hp tersebut dibuat di Finlandia dengan kualitas bagus.
Jika angka ke-7 dan 8 adalah angka 00 itu berarti hp tersebut dibuat di Prancis dengan kualitas paling baik.
Apabila Anda tidak menemukan angka-angka dari salah satu di atas, berarti HP Anda bodong alias gak jelas.
Demikian sedikit tips, semoga bisa membantu agar Anda tidak tertipu.

10
Fisika / Pesawat Elektrik Siap Terbang Tahun 2035 ?
« pada: Juni 29, 2011, 07:17:22 PM »
KOMPAS.com — Banyak konsep pesawat masa depan ditampilkan di Paris Air Show, Perancis, yang berlangsung pada minggu lalu. Salah satu yang sangat inovatif adalah VoltAir, pesawat dengan teknologi propulsi elektrik dan menghasilkan emisi nol.

Kuat dan efisien, pesawat itu punya sumber daya dari sepasang baterai li-ion canggih di bawah "hidung"-nya, yang mengirimkan daya ke sepasang co-axial, baling-baling yang berputar di bagian belakang pesawat. VoltAir didesain tak seberisik pesawat konvensional.

Ketika pesawat mendarat, baterai mudah dicopot dan diganti yang baru, jadi mengurangi kompleksitas. Sumber dayanya pun tak semahal bahan bakar jet. Meski desain pesawat takkan jauh beda dengan saat ini, tetapi badan pesawat akan dibuat dari bahan komposit, jadi lebih kuat dan ringan. Drag pesawat akan dikurangi dengan curling wing tips seperti pada Boeing 787.

Karena VoltAir akan berbasis pada high temperature superconducting (HTS) material, pengembangan pesawat secara serius belum bisa dilihat dalam waktu dekat. Namun, pembuat pesawat EADS mengatakan, konsep ini akan menjadi kenyataan tahun 2035.

"VoltAir adalah konsep riset jangka panjang, bukan pendekatan komersial jangka pendek. Riset kami melihat masa depan dan bisa berguna pada banyak hal," kata Jean Botti, Chief Technical Officer EADS.

Botti mengatakan, saat ini EADS tengah memacu riset yang mendukung realisasi pesawat itu untuk menemukan ide baru. Muaranya adalah pada terwujudnya propulsi elektrik tanpa emisi yang lebih canggih.


AHHHH...KELAMAAN masa nunggu mpe 2035 ?
BESOK KITA BUAT 5 thn lagilah...cing cai... ;D

11
Sosial dan Politik / Kelangkaaan BBM PREMIUM...
« pada: Juni 29, 2011, 06:53:46 PM »
SAMPIT, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Supriadi MT mengatakan tim pengawas BPH Migas melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kelangkaan BBM subsidi di daerah tersebut.

"Penyelidikan tim pengawas Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) itu di lakukan dalam rangka menyelesaikan dan mencarikan solusi kelangkaan BBM subsidi di Kotawaringin Timur," kata Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Supriadi MT di Sampit, Rabu (29/6/2011).

Kedatangan tim pengawas juga untuk menindak lanjuti kunjungan kerja DPRD Kotawaringin Timur ke kantor BPH Migas pada Senin (20/6) lalu yang meminta penambahan kuota BBM subsidi terutama untuk jenis solar.

Pada kunjungan kerja itu pimpinan BPH Migas Tubagus Haryono telah mensetujui kuota BBM subsidi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur ditambah sebanyak 45 kiloliter (KL) atau 4.500 liter per hari.

Terkait dengan permintaan penambahan kuota BBM tersebut BPH Migas akan mengirimkan tim verifikasi. Verifikasi itu dilakukan dalam rangka untuk melihat secara langsung kebutuhan riil BBM di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pihak BPH Migas juga minta data berapa jumlah kendaraan, jumlah penduduk, dan persentase kenaikan kendaraan di Kotawaringin Timur.

Menurut Supriadi MT, pemerintah daerah belum lama ini telah mengirimkan seluruh data riil yang menjadi syarat penambahan kuota BBM subsidi.

"Kami harap data riil yang telah dikirimkan ke BPH Migas dapat memenuhi syarat dalam penambahan kuota BBM subsidi di Kotawaringin Timur," katanya.

Sementara Ketua tim pengawasan pendistribusian BBM dari BPH Migas Parca Tambunan mengatakan kedatangan mereka di Kabupaten Kotawaringin Timur untuk melakukan pendataan di lapangan.

Dari hasil pengawasan itu nantinya akan dapat diketahui apakah kelangkaan BBM subsidi yang selama ini terjadi memang benar-benar kurang atau akibat adanya penyelewengan dan semuanya itu akan di verifikasi oleh tim.

"Kami kurang yakin dengan dilakukannya penambahan kuota nantinya dapat mengatasi atau menghilangkan antrian kendaraan di sekitar stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)," terangnya.

Sebelum dilakukan penambahan kuota antara BPH Migas dengan pemerintah daerah harus membuat kesepakatan yang intinya melakukan pengawasan lebih ketat lagi terhadap pendistribusian BBM subsidi agar tidak ada penyelewengan.

Payung hukum penambahan kuota BBM subsidi akan dituangkan kedalam Memorandun of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama dan MoU sendiri akan dilakukan setelah adanya laporan dari tim pengawasan pendistribusian BBM dari BPH Migas.

Terpisah Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi mengatakan, pemerintah daerah sangat mengharapkan BPH Migas memberikan penambahan kuota BBM subsidi.

"Kami akan meminta penegak hukum dalam hal ini polisi untuk memperketat pengawasan pendistribusian BBM subsidi di Kotawaringin Timur agar tidak terjadi penyelewengan," ucapnya.

Kuota BBM subsidi di Kotawaringin Timur sudah saatnya untuk ditambah karena jatah yang sekarang didistribusikan hanya untuk memenuhi kebutuhan penduduk sebanyak 300 ribu jiwa.

Sedangkan sejak 2007 hingga 2010 atau tiga tahun terakhir pertumbuhan penduduk Kotawaringin Timur sangat pesat dan sekarang telah mencapai 400 ribu jiwa lebih.


KAPAN YA ALAT2 UNTUK MEMBUAT ENERGI ALTERNATIF YG SUPER EFFISIEN BISA TERWUJUD....
AGAR KITA TIDAK TERGANTUNG LAGI PADA YG NAMANYA BBM...
NEGARA KAYA AKAN BBM TAPI TERASA MISKIN AKAN BBM.... :'( :'( :'(

12
Sosial dan Politik / Polisi Waspadai Geng Motor Asal Amrik dan Australia
« pada: Juni 29, 2011, 07:33:21 AM »
Bandung - Polisi saat ini sedang sibuk mendeteksi munculnya geng motor asal Amerika dan Australia yang hendak melebarkan sayap ke Indonesia. Polda Jabar mewaspadai paham geng motor yang menjurus ke arah kriminal itu agar tak menjalar ke klub-klub sepeda motor.

"Informasi yang kami peroleh, geng motor yang terkenal di Amerika dan Australia itu berniat mengembangkan di Indonesia," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Pol Fachrudin di Mapolda Jabar, usai lokakarya HUT Bhayangkara ke-65 bertema 'Kemitraan Polri dan Masyarakat Dalam Menagani Radikalisme' di Aula Moeryono, Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (28/6/2011).

Menurut Fachrudin, kelompok sepeda motor itu sangat terkenal di negaranya karena kerap melakukan tindakan kriminal. Namun ia mengaku lupa nama geng motornya.

"Kalau di sana (Amerika dan Australia) pakai motor besar. Apalah namanya, coba browsing," pinta Fachrudin.

Apakah yang dimaksud kelompok Hell Angel? "Semacam itulah," ucapnya.

Fachrudin menambahkan, geng motor itu berkembang besar di Australia. Dari informasi yang diperoleh dia di internet, geng motor itu sering melakukan perbuatan kriminal di negaranya.

Disinggung tindakan apa yang dilakukan Polda Jabar guna menangkal kemunculan geng motor asal Amerika dan Australia, Fachrudin menyatakan saat ini pihaknya terus mengumpulkan informasi dan menyelidiki.

"Saat ini kami terus memonitor dan mengecek kebenarannya. Kami bakal waspada dan mencegah agar tidak masuk dan berkembang di wilayah Jabar," papar Fachrudin.



BAGUS...BAGUS...

13
Teknik Elektro / Motor listrik untuk mobil listrik
« pada: Juni 26, 2011, 08:28:08 AM »
Sya kok belum nemu y...spek motor listrik yg dipakai oleh mobil listrik...
kira2 berapa HP atau bearapa KW dan spek lainnya. ???

14
Gempa sekarang dapat diprediksi besar skala nya namun belum bisa memprediksi waktu kapan akan terjadi nya gempa.

Nah coba menurut anda sekalian variabel apa saja yang dapat digunakan untuk membuat alat yg dapat memperkirakan kapan kejadian gempa akan terjadi.

saya akan memulai duluan :
Menurut saya variabel yg mungkin dapat dipakai adalah :
-faktor gravitasi
dimana sebagian besar menurut pengamatan peneliti, gempa terjadi saat terjadinya bulan purnama, dan kejadian itu membuat efek grafitasi dipermukaan bumi yg lebih dekat dengan bulan akan meningkat, sehingga lempengan bumi disekitarnya akan terangkat oleh efek gravitasi tersebut.

Tolong dikoreksi... ;D

15

Fisikawan Gampang Dibajak, Pemerintah Kurang Perhatian
krt

Tak bisa dipungkiri, saat ini fisikawan Indonesia mulai diakui Dunia. Lewat ajang kejuaraan fisika mancanegara, tak sedikit mereka tampil sebagai jawara.

Namun sayangnya, perhatian pemerintah terhadap mata pelajaran fisika maupun fisikawan berprestasi masih sangat rendah. Hal ini terbukti dari banyaknya fisikawan yang memilih bekerja di luar negeri ketimbang di Indonesia setelah memenangkan sebuah kompetisi.

Ka Sub Bidang Kerjasama Pusat Penelitian Fisika LIPI Dra. Edi Tri Astuti, M.Eng telah mengatakan ilmu fisika yang merupakan ilmu dasar seringkali tersisih dari ilmu yang membawa keuntungan ekonomis kepada masyarakat. Apalagi, penghargaan terhadap para fisikawan yang berprestasi.

"Apresiasi di sini dibandingkan dengan di luar berbeda. Apabila ada tawaran yang menggiurkan dia otomatis tak balik ke Indonesia," ungkapnya kepada www.today.co.id di sela-sela Kompetisi Fisika Atma Jaya Jakarta, Jumat (8/4/2011).

Yang lebih parah, kata Edi Tri Astuti, secara keseluruhan minat pelajar dan mahasiswa terhada mata pelajaran fisika sangat rendah sekali.

"Sebetulnya secara personal masih ada perhatian kita lihat dari lomba di luar negeri. Tapi, porsentasi secara keseluruhan dari jumlah penduduk di Indonesia sangat kurang," tandasnya.

Sementara itu, Peneliti P2 Fisika LIPI Prof Pardamean Sebayang mengatakan para fisikawan Indonesia saat ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pasalnya, dari beragam kompetisi fisika dunia, Indonesia bisa meraih juara.

"Menurut saya, siswa kita bukan hanya mampu bersaing. Tapi, juga layak menjadi leader di dunia fisika," ungkapnya di sela-sela kompetisi fisika 'Atmajaya Science Fair 2011' di Kampus Unika Atmajaya, Jakarta, kemarin.

Karena itu, untuk mewujudkan Indonesia menjadi yang terbaik di bidang fisika pemerintah perlu memberikan perhatian serius terhadap para fisikawan agar mereka mampu berkompetisi di ajang internasional.

"Mesti ada kemauan bersama, kemauan besar, Ini tantangan kita bersama, jadi harus terus dirangsang, kita punya sumber potensi cukup banyak," ujarnya.

Ia telah mengatakan dalam penyelenggara ASF 2011 yang bertajuk 'The Most Electrifiying Festival' dilakukan sebuah kompetisi yang beragam. Di antaranya cerdas cermat untuk menguji ketangkasan menjawab soal-soal fisika.

"Selain itu, ada peragaan fenomena fisika untuk menguji ketepatan dan memprediksi apa yang terjadi pada fenomena tersebut serta menjelaskan alasannya," katanya.

Fisika Tak Disukai Siswa

Fakta membuktikan, fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak disukai siswa. Banyak alasannya, salah satunya fisika susah dipahami.

Keadaan ini ironis mengingat ilmu fisika adalah salah satu ilmu yang harus dikuasai bagi mereka yang ingin kuliah di perguruan tinggi dalam bidang eksakta (bidang MIPA, kedokteran, teknik, dan ilmu komputer).

Fisika pelajaran lumayan sulit. Karena sulitnya memahami fisika itulah yang menyebabkan mereka membenci pelajaran fisika.

Walaupun penampilan fisik buku pelajaran itu sangat menarik tetapi tidak demikian halnya dengan isinya.

Guru sebagai ujung tombak, harus berani mengakui bahwa guru berperan besar dalam menjadikan pelajaran fisika itu sulit dan tidak menarik minat siswa untuk mempelajarinya. Fakta ini didukung oleh pendapat banyak siswa sekolah.

Kadang – kadang guru fisika tidak punya motivasi dan semangat untuk mengajar pelajaran fisika. Entah karena malas atau kurang menguasai materi pelajaran, sering guru tidak hadir di kelas dan kalaupun hadir tidak memberikan pelajaran sesuai dengan waktu yang tersedia.

Tapi, apapun alasan siswa tidak menyukai fisika. Tetapi fisika merupakan mata pelajaran wajib diikuti. Karenanya guru harus tetap semangat, terus berupaya agar siswa menyukai fisika, gunakan berbagai tips agar siswa menyukai fisika. Ada beberapa tip agar fisika disukai.

    Menguasai materi. Ini salah satu kunci utama, sehebat apapun metode pembelajaran kalau gurunya tidak atau kurang menguasai materi hasilnya pasti tidak memuaskan.
    Menyajikan materi dengan metode pembelajaran yang mudah diterima siswa dan variatif. Hal ini memerlukan kejelian guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dan variatif agar proses belajar mengajar tidak jenuhkan.

Sumber : TO:DAY, 9/04/2011

Halaman: [1] 2 ... 8
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia