Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - nate river

Halaman: [1] 2
1
Internet dan Networking / SIAKAD SMS Gateway
« pada: Maret 26, 2012, 04:41:23 PM »
Kebetulan ada proyek di kampus. Saya ngambil tema SIAKAD dengan sistem SMS Gateway. Please minta tolong banget sama teman2 forsa,jikalau ada yang punya referensi buku bagus yang membahas atau mengulik tema SMS Gateway apa saja! tolong share ke saya judul buku dan pengarangnya dong......
English or Bahasa Indonesia no problem....yang penting bukunya gampang dicari...
Makasih  ;)

2
Piranti Lunak / Tralala.exe
« pada: Desember 13, 2011, 03:52:38 PM »
WUAAAAHHHH!!!! toloooong.....kompi saya terserang virus!!!
awalnya saya ngerjain tugas kuliah di kompi....lalu tiba2 kompi lemot,,padahal program yang saya jalankan di kompi cuma firefox dan power point....
saya tengok CPU usage saya mencapai 100% bo!!!!
dan saya lihat di list process task manager saya ada aplikasi bernama Tralala.exe yang memakan kinerja CPU hingga 97 persen  :'(

teman-teman.....yang tahu antivirus ampuh yg bisa ngatasi permasalahan saya tolong share ya.....
saya sudah pakai smadav dan avira tapi belum manjur juga....hiks hiks hiks  :'(

3
Teknologi Informasi / HELP! Contoh Situs LMS ATutor
« pada: Oktober 08, 2011, 01:48:56 AM »
Heeeelllllpppp!!!! saya butuh bantuan.....   :'(
jikalau ada forsaerz yang memiliki atau setidaknya tahu/menemukan contoh situs E-Learning yang menggunakan LMS(Learning Management System) Open Source ATutor tolong share link-nya donk please....
Cuma buat contoh doank....mau saya ambil screen shootnya wat tugas kuliah....   :'(

makasih sebelumnya  :)

4
Internet dan Networking / aplikasi putty
« pada: September 28, 2011, 12:36:28 PM »
saya mau nanya.....
Aplikasi putty itu cuma bisa digunakan pada OS basis windows sajakah?
makasih sebelumnya  8)

5
Pseudo-science dan Science-Fiction / Fenomena Doppelganger
« pada: September 06, 2011, 12:25:29 PM »
Apakah kita memiliki kembaran di dunia ini ? Apakah kita dapatberada di dua tempat pada saat yang sama ? Dalam sejarah, adabanyak catatan mengenai orang-orang yang mengaku berjumpadengan bayangan dirinya sendiri. Fenomena ini sering disebutdengan istilah doppelganger.



Doppelganger berasal dari kata Jerman yang berarti "Double Walker". Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada bayangan diri yang dipercaya menyertai setiap manusia di bumi ini. Fenomena ini berbeda dengan penampakan hantu. Jika penampakan hantu berarti seseorang melihat citra orang yang telah meninggal, maka fenomena doppelganger berarti melihat bayangan seseorang yang masih hidup. Dalam banyak kasus, Doppelganger dipercaya sebagai tanda-tanda kematian. Konon Ratu Elizabeth I berjumpa dengan bayangan dirinya sendiri sebelum meninggal. Entah kapan fenomena ini pertama kali muncul. Namun pada tahun 1691,ditemukan catatan mengenai Doppelganger yang ditulis oleh Robert Kirk yang menulis bahwa fenomena ini telah muncul dalam kisah-kisah rakyat Skotlandia dan Irlandia.

Kasus Dr.Wynn Wescott
Pada tanggal 12 April 1888, di British Museum of London, sebuah laporan doppelganger menciptakan kehebohan diantara karyawan museum. Dr.Wynn Wescott dan Pendeta W.T Lemon dijadwalkan untuk bertemu di ruang baca museum. Pendeta Lemon tiba beberapa menit lebih awal dan melihat Dr. Wescott sedang terlibat pembicaraan dengan seorang rekannya yang bernama Mrs. Salmon.

Tak berapa lama kemudian, Mrs Salmon dengan sopan mengucapkan salam kepada Dr.Wescott dan meninggalkan pembicaraan. Ia berjalan melewati pendeta Lemon dan juga memberi salam. Lalu, Mrs Salmon menoleh ke Dr.Wescott untuk memberitahu bahwa Pendeta Lemon telah tiba. Namun ia terkejut karena menyadari bahwa Dr. Wescott yang tadi berdiri telah hilang.Pendeta Lemon dan Mrs. Salmon lalu bertanya kepada resepsionis dan petugas museum lainnya. Mereka mendapatkan jawaban yang sama. Semua memang melihat Dr. Wescott masuk ke ruangan itu, namun tidak ada yang melihat ia meninggalkan ruang tersebut. Kaget dan kuatir, mereka mengecek ke rumah Dr. Wescott dan tidak disangka mereka menemukan Dr.Wescott sedang terbaring di ranjang, sakit dan tidak meninggalkan tempat tidurnya sejak pagi.

Kasus Abraham Lincoln
Kasus doppelganger lainnya yang juga termahsyur adalah kasus yang dialami oleh Abraham Lincoln. Kisah ini diceritakan oleh Noah Brooks yang mengaku mendengarnya langsung dari Lincoln. Diceritakan bahwa saat Lincoln terpilih menjadi presiden, ia menjumpai "dirinya" dengan dua wajah di ruang tamunya. Satu wajah lebih pucat dibanding yang lainnya. Ketika ia mendekatinya, bayangan itu menghilang. Lalu ia menghempaskan tubuhnya ke sofa untuk beristirahat dan bayangan itu muncul kembali. Beberapa hari kemudian, bayangan dirinya dengan dua wajah itu kembali muncul. Namun penampakan itu adalah penampakan yang terakhir kalinya. Ketika ia menceritakannya kepada istrinya, istrinya berkata bahwa dua wajah itu berarti Lincoln akan terpilih sebagai presiden untuk dua kali masa jabatan, sedangkan wajah kedua yang lebih pucat menunjukkan kalau ia tidak akan hidup melewati masa jabatan keduanya.

Entah dari mana istrinya mengetahui hal itu, namun prediksinya terbukti benar karena pada tahun 1865 Lincoln terbunuh pada saat memegang masa jabatan keduanya.

Kasus Emilie Sagee
Dari antara semua kasus doppelganger yang ternama, mungkin kasus ini adalah kasus yang paling membingungkan. Kisah ini diceritakan oleh RobertDale Owen yang mendengarnya dari Julie Von Guldenstubbe, anak kedua Baron Von Guldenstubbe.

Pada tahun 1845, ketika Julie berusia 13 tahun, ia menghadiri sekolah von Neuwlcke, sebuah sekolah khusus perempuan di dekat Latvia. Salah satu gurunya adalah seorang perempuan 32 tahun bernama Emilie Sagee.Walaupun Ms.Sagee dikenal sebagai guru yang baik, beredar rumor di sekolah tersebut bahwa "kembaran" Ms.Sagee sering terlihat muncul dan menghilang di hadapan para murid.

Pernah suatu kali diceritakan bahwa sementara Ms.Sagee sedang menulis di papan tulis, kembarannya yang sama persis muncul di sampingnya.Doppelganger itu meniru persis semua gerakan Ms.Sagee, bedanya ia tidak memegang kapur tulis. Peristiwa ini disaksikan oleh 13 murid di kelas tersebut.

Yang lebih luar biasa lagi adalah kejadian yang terjadi pada hari berikutnya.Pada saat itu, 42 murid sedang berkumpul di aula untuk pelajaran menjahit.Ms.Sagee sedang ada di kebun dan jelas terlihat dari jendela oleh para murid. Tiba-tiba, doppelganger Ms.Sagee muncul dan duduk di kursi di depan ruangan. Seorang murid yang pemberani berjalan maju dan berusaha menyentuh makhluk itu, namun ia merasakan ada sebuah hambatan yang tidak terlihat menghalanginya. Lalu doppelganger tersebut menghilang secara perlahan.

Ms.Sagee sendiri mengetahui hal ini, namun ia juga tidak mengerti fenomena apa yang sedang berlangsung. Menurutnya, ketika doppelgangernya muncul, ia bisa merasakan kelelahan yang amat sangat.Bahkan wajahnya berubah menjadi pucat pasi.

Doppelganger dan Budaya
Fenomena doppelganger memiliki banyak penjelasan beragam di berbagai bagian dunia. Di Denmark, ada sebuah kisah yang menyebutkan seekor Troll (makhluk mitos) menculik seorang wanita hamil dan kemudian menggantinya dengan doppelgangernya untuk menutupi kejahatannya.

Di dalam tradisi Yahudi, setiap orang dipercaya memiliki malaikat yang berwajah mirip sepertinya yang kadang-kadang muncul dan menampakkan diri.

Di dalam tradisi dan kepercayaan beberapa negara lainnya, doppelganger secara sederhana diartikan sebagai roh jahat yang mengambil rupa seorang manusia.

Teori Dr.Peter Brugger
Dalam konteks sains, Dr.Peter Brugger dari Zurich University Hospital,mengajukan teori adanya Doppelganger Syndrom. Sindrom ini, menurut Dr.Brugger, adalah sebuah perasaan dimana seorang pasien amputasi bisa merasakan kembali adanya anggota badan yang telah hilang. Dalam kasus Doppelganger, bukan hanya sebagian anggota badan yang dirasakan,melainkan seluruh tubuh "tambahan" dirasakan ada di luar tubuh dan berada diluar kendalinya.

Menurut Dr.Brugger, sindrom ini bisa terjadi ketika syaraf kita mengalami goncangan sehingga kita akan membawa representasi internal diri yang kemudian ditransfer ke dunia luar. Ini biasa terjadi ketika kita sedang mengalami stres, kesepian atau ketika otak kita mengalami luka atau tumor.

Bagi Brugger, fenomena syaraf ini dapat menjelaskan adanya "teman imajiner" yang dialami oleh banyak anak kecil.

Eksperimen Shahar Arzy
Selain Dr.Brugger, penjelasan ilmiah lainnya juga muncul pada September 2006 di Majalah Nature. Majalah itu merilis hasil eksperimen yang dilakukan oleh Shahar Arzy dan rekannya di University Hospital, Jenewa, Swiss. Mereka tanpa diduga berhasil menciptakan fenomena Doppelganger dengan menggunakan stimulasi elektromagnetik yang diberikan pada otak pasien.

Sang pasien disuruh berbaring diam di atas tempat tidur, lalu, mereka memberikan stimulasi elektrik pada Temporoparietal Junction (TPJ) di otak kirinya. Ketika stimulasi itu diberikan, dengan segera sang pasien bisa merasakan adanya kehadiran orang lain di tempat itu. Dengan demikian,eksperimen ini membuktikan bahwa fenomena ini mungkin berhubungan dengan terganggunya aktifitas otak.

Menurut Arzy, eksperimen ini mungkin dapat menjelaskan mengenai halusinasi yang sering dialami oleh penderita Schizoprenia atau paranoia.

Penjelasan Dr.Brugger ataupun Shahar Arzy memang dapat menjelaskan pengalaman Lincoln, namun tidak dapat menjelaskan pengalaman Dr.Wescott dan Ms.Sagee.


6
Fisika / knot
« pada: Agustus 29, 2011, 11:51:14 AM »
penasaran dan ingin tahu....

saya baca di ensiklopedi Math satuan knot didefinisikan satuan ukuran kecepatan di air. Biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan kapal laut.

1 knot= 1 nautical mil/jam
nautical mil = 1854 m

yang ingin saya tanyakan,
apakah satuan tsb hanya dipakai dalam bidang pelayaran? soalnya saya pernah lihat di movienya detective conan pas ngendalikan helikopter (di movie "14th target"  ;D) dia sempat menyebutkan kecepatan sekian knot.

kenapa kecepatan di air mesti dibedakan? kenapa ya kok ndak pake meter/secon? apakah untuk mempermudah penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari?

apa dasar ditentukan angka nautical mil=1854m?

terimakasih sebelumnya  ;)

7
Kesehatan / Demam Berdarah Karena Virus Ebola
« pada: Agustus 13, 2011, 12:40:01 PM »
Denger2 ada penyakit DB yang disebabkan virus Ebola..

kayak gimana ya penyakitnya itu? Apakah lebih mematikan dibanding Demam Berdarah Dengue? Gimana gejalanya?

Ngeri dah...  :'(

8
Fisika / Definisi satu meter dalam fisika
« pada: Agustus 13, 2011, 12:13:30 PM »
hehehe  ;D
ini sebenernya pertanyaan saya sejak SMP kelas 1,tapi waktu itu saat saya nanya guru fisika saya ndak mampu menjawabnya....
jadilah sebuah misteri yang belum terjawab....

Pada awalnya satu meter didefinisikan sebagai panjang yang sama dengan sepersepuluh juta (1/10 000 000) jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis.

Kemudian, para ahli fisika membuat batang paduan logam platina dan iridium. Pada batang ini dibuat dua goresan yang jaraknya satu meter. Batang platina iridium ini kemudian ditetapkan sebagai satu meter standar. Meter standar ini disimpan di International Bureau of Weights and Measures (Lembaga Internasional tentang Berat dan Pengukuran) yang berlokasi di Sevres, dekat kota Paris. Batang ini disimpan dalam ruang yang bersuhu 0 derajat celcius dan dilakukan kontrol yang ketat terhadap perubahan lingkungan.

Setelah laju cahaya dalam ruang hampa dapat diukur dengan sangat teliti, maka satuan panjang standar dinyatakan dalam laju cahaya. Laju cahaya dalam ruang hampa adalah 299 792 458 m/s. Pada Konferensi Umum tentang Berat dan Pengukuran ke-17 tahun 1983 ditetapkan:
Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa udara selama 1/299 792 458 sekon.

Yang Jadi Pertanyaan:
1.Sebelum standarisasi tahun 1983,kan para ahli menentukan 1 meter= 1/10 000 000 jarak dari garis khatulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang garis bujur yang melewati kota Paris,Perancis. Bagaimana para ahli menentukan hal tersebut? bagaimana para ahli menentukan ukuran bumi? bukankah sebelum ada kesepakatan standarisasi tsb belum ada standar baku satuan panjang? apakah pada masa itu sudah ditemukan satelit yang memetakan permukaan bumi(hahaha ngaco  ::)  ;D ) ?

2.Apakah standar sebelumnya dan standar setelah tahun 1983 berbeda jauh atau tidak?

Terimakasih byk sebelumnya  :D
saya masih penasaran soalnya... jadi nostalgia jaman SMP...wkwkwkwkwk  ;D

9
Kesehatan / Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
« pada: Agustus 11, 2011, 09:55:44 AM »
Ndak tau apakah ini masuk kesehatan,kimia,ataukah biologi langsung to the point ajah...  ;D

Saya sering melihat di tv di adegan cewek lagi ngetes apakah ia hamil atau ndak,dia pake alat tes kehamilan...

saya jdi penasaran,gimana ya cara kerjanya?? Apa emank kandungan kimia urin cewek yang hamil dan yang tidak tuh beda??

hahahahaha

nanya scr langsung ma temen dikira tjd hal yg tdk mengenakkan,,padahal kan cuman pengen tau aja (hih! -sebal-) ;D

daripada belibet mangkannya,q coba nanya ke sini  ::)

10
Internet dan Networking / Download Template JOOMLA yang keren
« pada: Juli 25, 2011, 08:48:51 PM »
temen2 ada ndak yang tahu alamat-alamat situs yang nyediain template2 nan indah tapi gratis?  :)
kalo tahu tolong di share di sini yah....makasih....  8)

11
Kesehatan / tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« pada: Juli 24, 2011, 12:26:25 PM »
ane punya pertanyaan soal asam mefenamat ma antibiotik.....
ane habis operasi nih....
operasi clavus tapi berhubung ada dua tempat jadi gantian,,minggu prtama satu,,setelah pulih berikutnya satu operasi lagi....
nah yang jadi pertanyaan,,pasca operasi prtama ane kok dapat asam mefenamatnya buanyak bgt (habis dua minggu,,sehari dosis 2 kali)....
operasi yang kedua jga dikasih asam mefenamat lagi (tapi ga sebanyak yg pertama)
konsumsi asam mefenamat kayak gitu masih dalam taraf normal ndak?

ane juga dapat antibiotik....operasi pertama dosisnya sama kayak asam mefenamat yang dah ane ceritain tadi....operasi kedua dosis sehari dua kali tapi cuma habis seminggu dan jenisnya beda....yang kayak gitu bisa bikin resistensi bakteri tertentu ndak ya? ane kok jadi agak ragu nglanjutin minum obatnya....thanks before... :)

12
Olah Otak / coba jawab yang satu ini
« pada: Juni 25, 2011, 03:14:13 PM »
Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda.

Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaan yang berbeda-beda.

Setiap penghuni menyukai satu jenis minuman tertentu.

Merokok satu merek rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan ter...tentu.

Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang minum minuman yang sama, merokok merek rokok yang sama dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

 

Pertanyaan:

Siapakah yang memelihara Ikan?

 

Petunjuknya:

 

Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.

Orang Swedia memelihara anjing.

Orang Denmark senang minum teh.

Rumah berwarna hijau terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna putih.

Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.

Orang yang merokok PallMall memelihara burung.

Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.

Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.

Orang Norwegia tinggal dirumah paling pertama.

Orang yang merokok Marlboro tinggal disebelah orang yang memelihara kucing.

Orang yang memelihara kuda tinggal disebelah orang yang merokok Dunhill.

Orang yang merokok Winfield senang minum bir.

Disebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.

Orang Jerman merokok Rothmans.

Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

13
Kesehatan / Kelelahan
« pada: Juni 17, 2011, 02:15:15 AM »
teman-teman pasti ada juga yang pernah ngerasainnya...
tapi,,kasus saya sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari saya...
beraktivitas sebentar saja langsung cepet lelah....
multivitamin sudah saya coba....
tapi tetap saja mengalami kelelahan
sampai2 saya konsultasi ke dokter...
kata dokter mungkin pola hidup saya yang kurang teratur yang menyebabkan saya cepat lelah...
Nah,,setelah saya dapat wangsit dari dokter,,saya langsung bikin jadwal harian tuh...
porsi tidur,,jam makan,,dan lain sebagainya sudah benar2 saya usahakan untuk selalu seimbang...
tapi tetep saja NIHIL!!!
barangkali ada teman-teman yang punya tips jitu mengatasi kelelahan tolong di share dong...makasih  :)

14
Pendidikan / Bidang IT paling prospektif yang mana?
« pada: Juni 05, 2011, 09:45:14 PM »
semester depan saya ada spesialisasi penjurusan bidang IT
saya bingung milihnya....  :)

barangkali teman2 bisa bantu ngasih pencerahan,,bidang mana yang paling prospektif?
1. Software developing (pemrograman)
2. Computer Networkng (Jaringan)
3. Multimedia

ayo...ayo....tolong bantu saya.....  :'(
saya punya waktu 3 bulan untuk mempertimbangkan yg mana yg akan saya pilih
Makasih sebelumnya  ;D

15
Sastra dan Budaya / American slang
« pada: April 11, 2011, 09:45:10 AM »
saya binguuuung.... ;D

tiap kali saya chat atau diskusi ma org Amrik pasti slang sononya keluar....

Saya mau tanya,,barangkali ada teman forsa yang sudah akrab dengan American slang...
kalau ditanya "Yo! sup?"
itu artinya pa'an yach....?????  :-\

ayo kita sharing soal American Slang di sini....  :D

Halaman: [1] 2
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia