Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - exile_rstd

Halaman: [1] 2 ... 4
1
Pendidikan / Pemilihan jurusan yang tepat
« pada: Oktober 30, 2012, 09:15:48 AM »
selamat pagi semuanya  :) saya pengen tanya2 soal pemilihan fakultas untuk kedepan nanti..
saya lagi galau nih tentang ketatnya persaingan fakultas kedokteran di Jawa Barat. saya memilih FK karena keinginan saya sendiri dan tanpa paksaan dari ortu. saya milih FK juga dengan pertimbangan matang. pertama, nilai biologi saya cukup menonjol di kelas, kedua hasil psikotest menyebutkan pekerjaan yang cocok dengan saya dan salah satunya dokter.

tapi seandainya saya ga dapet FK saya punya pilihan lain, saya memilih juga FKH (fakultas kedokteran hewan), saya dapat informasi dari beberapa sumber, kalau profesi dokter hewan tidak kalah pamornya dengan dokter manusia. juga dokter hewan memilliki prospek kerja yang tinggi.

temen2 forsaers saya minta tolong ya kalau ada yang tau gambaran FK atau FKH share ya disini. sekalian kalau ada yang  masih galau dengan pemilihan fakultas bisa share juga disini  ;D

2
Kesehatan / ask : mules
« pada: Oktober 12, 2012, 03:51:09 PM »
saya punya temen, kadang-kadang habis makan psti deh selalu ngerasain mules. sampai kemarin dia pingsan sehabis buang air besar. kira-kira ada penyakit ga yang berhubungan dengan sakit mules ini?

3
Kesehatan / Amandel
« pada: September 05, 2012, 07:27:13 PM »
karena saya ga menemukan post tentang amandel maka saya buat topik tentang amandel.

amandel itu apa? lalu kalau amandel di operasi apa ada akibatnya? penyebab amandel itu apa?
terima kasih.

4
Pendidikan / Pendidikan Luar Negeri vs Pendidikan Dalam Negeri
« pada: Agustus 29, 2012, 06:20:19 PM »
Seperti judulnya silahkan forsaers tumpahkan pendapat, opini, saran, dan kritik.
Tapi saya mau kritik yang dibarengi dgn saran yg membangun. Bukan cuma ngepost kritik pedas aja. -_-

5
Kesehatan / dugaan : benjolan pada kelenjar air liur
« pada: Juli 27, 2012, 01:57:10 PM »
teman saya cerita kalau dia menemukan benjolan di pipi. lalu dia menduga kalau benjolan itu ada pada kelenjar air liur yang ada di rahang (submandibular). benjolan ini kalau ditekan berpindah tempat dan katanya berasa ngilu.
monggo comment :)

6
Kimia / Keton
« pada: Juli 16, 2012, 04:36:09 PM »
apa itu keton? mungkin Anda pernah dengar berita tentang kucing yg bs 'meramal' kematian manusia. sejauh ini si kucing sdh meramalkan dgn tepat 50 kematian. nama kucing ini saya ga tau. tp kucing ini tinggal di sebuah RSJ atau mungkin RS untuk pasien manula yg mengalami penyakit Partkinson...
(kalau ada yg mau nambah atau menanyakan hal yg bersangkutan, bagus. upaya biar forsa rame. hehehe ╭(′▽‵)╭(′▽‵)╭(′▽‵)╯ )

7
Kimia / Gelatin
« pada: Juli 12, 2012, 09:00:16 AM »
apa itu gelatin? apa saja pemanfaatannya? lalu apa aja gelatin yang dilarang untuk digunakan perusahan industri?

8
Pendidikan / Perlukah hal yang satu ini?
« pada: Mei 10, 2012, 01:38:35 PM »
Beberapa waktu yang lalu saya melihat-lihat di sebuah toko buku dan melihat beberapa buku seperti, "Bank Soal untuk Persiapan UN", "Soal-Soal SNMPTN", dan sebagainya.

Saya sempat 'tergoda' untuk membeli tapi mengingat saya tidak punya uang banyak, saya urungkan keinginan saya untuk membeli.

Pertanyaan saya, menurut Anda sekalian perlukah buku-buku seperti ini? Saya berpikir percuma saja membeli buku (misalnya) tentang perhitungan tetapi sudah ada kunci jawabannya. (Walaupun saya sendiri sempat tergoda tapi sepertinya saya tergoda covernya saja. Habisnya bagus dan menarik ˋ▽ˊ)

Dan menurut saya, persiapan untuk ujian akan lebih mantap dengan pengajaran langsung atau face to face daripada membaca keterangan jawaban. (Kecuali buku soal yang berisi latihan teori)

9
Kesehatan / [ASK] Obat Herbal
« pada: April 26, 2012, 08:45:07 PM »
para forsaers saya mau tanya banyak dong soal obat herbal..
1. menurut Anda apakah obat herbal (tradisional) lebih baik daripada obat kimiawi yang diproses melalui teknologi?
(kalau iya mengapa, kalau ga mengapa. harus dgn alasan yang jelas ya)
2. lalu apakah obat herbal tidak memiliki efek samping seperti obat kimiawi? 'kan kita selalu temukan dibagian keterangan obat kimiawi bisa menyebabkan pusing, mual, dan muntah-muntah
3. terakhir, apa dampak positif dan negatif penggunaan dari obat herbal dan obat kimiawi?

monggo commentnya.

10
Kesehatan / [ASK] Jangan Campurkan Minuman ini dengan Obat
« pada: April 11, 2012, 08:40:56 AM »
Kutip
Ghiboo.com - Minuman memang penting bagi tubuh. Sayangnya, beberapa jenis minuman justru menimbulkan reaksi merugikan jika digabungkan dengan obat. Dilansir melalui Prevention, Senin (9/4), berikut ini beberapa jenis minuman yang sebaiknya Anda hindari saat akan minum obat.

Jus grapefruit
Jus grapefruit mengganggu kinerja terhadap lebih dari 50 obat, termasuk statin dan obat untuk tekanan darah tinggi. Sejumlah senyawa organik, yang diidentifikasi sebagai turunan furanokumarin dapat mengganggu hati dan menyerap enzim sitokrom P450 isoform CYP3A4 di dinding usus kecil. Penelitian dari University of Western Ontario juga menunjukkan bahwa jus grapefruit meningkatkan absorpsi (penyerapan) obat-obatan tertentu serta mengubah dosis normal menjadi dosis berlebihan.

Jus delima
Enzim yang ditemukan dalam jus delima dapat memecah resep obat tekanan darah. Jus delima juga bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan penurunan efektifitas obat.

Produk susu
Susu akan mengurangi absorpsi antibiotik dalam tubuh dan menghambat penyerapan komponen tertentu dalam obat, seperti zat besi. Kalsium dalam susu juga dapat menganggu efektivitas obat tiroid dan dapat mengikat obat atau antibiotik sehingga mencegah penyerapan obat dalam tubuh. Tunggu minimal 4 jam setelah minum obat untuk minum minuman yang kaya kalsium tersebut.

Kafein (termasuk kopi, teh hijau, dan minuman berenergi)
Kafein dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius jika diminum dengan stimulan. Hindari meminum secangkir kopi saat sedang mengonsumsi efedrin (penekan nafsu makan), obat asma dan amfetamin. Beri jarak 2-3 jam setelah minum obat, baru minum kopi.

Minuman isotonik
Kalium dalam minuman ini dapat berbahaya bila digabungkan dengan obat untuk penyakit gagal jantung atau obat-obatan hipertensi. Hindari pisang juga, karena pisang juga sangat kaya akan kalium.

Wine
Meneguk segelas anggur saat minum obat antidepresan bisa menyebabkan hipertensi, sakit kepala, detak jantung cepat dan stroke. Hal ini juga berlaku pada minuman berenergi.

Teh hijau
Teh hijau mengandung sedikit vitamin K yang dapat mengurangi efek dari obat-obatan seperti kumarin atau warfarin (mencegah pembekuan darah).

source : http://id.she.yahoo.com/jangan-campurkan-minuman-ini-dengan-obat-133000855.html

benarkah demikian? sedangkan saya menemukan sebuah comment yang mengatakan, "Susu itu hanya mengganggu penyerapan untuk obat jenis Cyprofloxacin dan Tetracycline, sebagian besar obat lainnya tidak terpengaruh dengan susu..."

monggo commentnya.

11
Kimia / Cairnya Es Kutub Utara Sumbang Merkuri ke Lautan
« pada: Maret 19, 2012, 11:32:16 AM »
Kutip
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melansir temuan terbaru mengenai kaitan es Kutub Utara dengan tingkat pencemaran merkuri di lautan. Menurut penelitian NASA, penurunan es di Kutub Utara secara signifikan selama satu dekade terakhir terbukti meningkatkan reaksi kimia yang menyebabkan endapan merkuri beracun di lautan.

Penelitian menemukan bahwa es di Laut Artik yang terkenal tebal dan abadi perlahan digantikan oleh es yang lebih tipis dan lebih asin. Son Nghiem, seorang peneliti NASA di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, mengatakan lapisan es pengganti ini melepaskan bromin ke udara ketika berinteraksi dengan sinar matahari dan hawa dingin.

Meningkatkanya jumlah bromin, unsur kimia dengan lambang Br, memicu reaksi kimia yang disebut "ledakan bromin" yang mengubah gas merkuri di atmosfer menjadi polutan beracun yang jatuh di salju, tanah, dan es. Polutan beracun juga dapat terakumulasi dalam tubuh ikan di lautan.

"Menyusutnya luas permukaan es saat musim panas telah menarik banyak perhatian untuk mengeksploitasi sumber daya alam di Kutub Utara dan memperbaiki rute-rute perdagangan maritim," kata Nghiem.

Namun perubahan komposisi es laut juga berdampak besar pada lingkungan. "Mengubah kondisi di Kutub Utara akan meningkatkan ledakan brom di masa depan," sambung dia.

Nghiem mengatakan pelepasan bromin ke udara dapat menghapus lapisan ozon dari tingkat terendah atmosfer, yaitu troposfer.

Berbeda dengan sejumlah penelitian sebelumnya yang hanya memusatkan perhatian pada lapisan es Kutub Utara saat musim panas, penelitian NASA kali ini juga mengamati lautan es abadi selama musim dingin dan saat peralihan ke musim semi. Penelitian NASA diterbitkan dalam Journal of Geophysical Research-Atmospheres.

Nghiem mengatakan, para ilmuwan masih mencari tahu penyebab hilangnya es Kutub Utara seluas satu juta kilometer persegi selama 10 tahun terakhir. Namun hipotesis sementara menyebutkan perubahan pola angin di Kutub Utara menjadi pemicu pencairan es abadi di kawasan tersebut.

Menurut catatan NASA, pada bulan Maret 2008 Kutub Utara kehilangan lapisan es seluas gabungan negara bagian Texas dan Arizona, dan mencapai titik penyusutan terendah sepanjang 50 tahun terakhir. Lapisan es yang hilang ini telah digantikan oleh lapisan es yang lebih muda, yakni lapisan es musiman yang lebih asin karena tidak mengalami proses pembersihan garam.

Penelitian skala besar ini dilakukan oleh tim ilmuwan gabungan dari Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Inggris. Mereka juga mengkompilasi data gabungan dari NASA, satelit Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada serta pengamatan lapangan dan model.

REUTERS | MAHARDIKA SATRIA HADI

source : http://www.tempo.co/read/news/2012/03/06/061388235/Cairnya-Es-Kutub-Utara-Sumbang-Merkuri-ke-Lautan

berhubung saya masih cukup awam dengan zat-zat kimia, saya mau tanya, apa yang dimaksud dengan bromin dan merkuri?
bagaimana alaminya mereka terbentuk selain proses yang telah dikatakan diatas dan apa-apa saja contohnya-pemanfaatan dibidang industri dalam kehidupan sehari-hari? lalu apa saja manfaat dan kerugian brom dan merkuri bagi kehidupan manusia?
terima kasih sebelumnya.  :-*

12
Astronomi dan Kosmologi / Kutub Bumi Berbalik
« pada: Pebruari 23, 2012, 08:06:23 PM »
pesan buat admin :
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Kutip
Bagaimana Jika Kutub Bumi Berbalik?
TEMPO.CO , PARIS :--Sepanjang sejarah, kutub magnetik bumi mengalami pembalikan hingga ratusan kali. Kini ilmuwan, seperti dikutip Livescience, mengamati peristiwa pembalikan tersebut mulai terjadi.

Kutub magnetik bumi dihasilkan oleh atom-atom besi di inti bumi yang bersusun bersama membentuk magnet raksasa. Batang magnet raksasa di tengah bumi inilah yang menyebabkan jarum kompas selalu mengarah ke kutub utara dan selatan.

Namun catatan geologi dari tanah di dasar Samudera Atlantik menunjukkan kutub magnetik bisa berbalik arah oleh sebab yang belum diketahui. Perubahan ini menyebabkan jarum kompas berputar 180 derajat dari posisi saat ini.

Proses pembalikan arah memakan waktu tak singkat yaitu sekitar 1.000-10.000 tahun. Selama waktu itu pula medan magnet bumi melemah. "Bumi akan memiliki lebih dari dua kutub magnet hingga inti mengumpulkan kekuatannya," ujar Monika Korte, Direktur ilmiah dari Niemegk Geomagnetic Observatory, Jerman.

Pelemahan medan magnet selama proses pembalikan akan mempengaruhi kehidupan di bumi. Maklum saja, medan magnet merupakan tameng pelindung bumi dari serangan partikel kosmik berbahaya yang datang dari luar angkasa. Apakah pelemahan ini mengancam keselamatan manusia?

Profesor Geofisika dari University of Rochester, John Tarduno mengatakan, tanpa medan magnet, bumi mudah ditembus badai matahari. Partikel kosmik bereaksi dengan atmosfer menciptakan lubang ozon besar yang bertahan selama 1-10 tahun. "Penyakit kanker kulit akan meningkat," ujar dia.

Pelemahan medan magnet seperti ini juga dikaitkan dengan penyusutan populasi manusia Neandertal oleh ahli dari geologi dari Institute of Earth Physics of Paris, Jean-Pierre Valet.

Korte berbeda pendapat dengan dua peneliti sebelumnya. Menurut dia, selama proses pembalikan, atmosfer bekerja sebagai tameng cadangan dan menepis partikel berbahaya. Karenanya tak akan ada dampak berbahaya pada tubuh manusia.

Meski demikian, ia mengingatkan, teknologi komunikasi dan jaringan listrik menjadi rentan dirusak oleh partikel kosmik. "Penting bagi manusia menemukan strategi mitigasi," ujar Korte.

Pembalikan medan magnetik bumi terakhir kali terjadi sekitar 780 ribu tahun lalu ketika manusia berada di Zaman Batu. Sejak 160 tahun terakhir, ilmuwan mengamati tumbuhnya benih pembalikan medan magnetik di sekitar Brasil dan Atlantik Selatan. "Pertumbuhan berada pada tingkat yang membahayakan," kata Tarduno.

ANTON WILLIAM

source : http://www.tempo.co/read/news/2012/02/14/061383791/Bagaimana-Jika-Kutub-Bumi-Berbalik

13
Pendidikan / kelas ber AC
« pada: Pebruari 15, 2012, 09:51:38 AM »
baru-baru ini saya pindah ke kelas yang berAC dan memang cukup nyaman tetapi saya mulai merasakan sakit kepala. apa saja dampak kelas berAC bagi konsentrasi pelajar plus dengan kelas yg agak sempit dgn kouta 30 anak yg membuat kelas sangat padat?

14
Astronomi dan Kosmologi / kutub bumi berbalik?
« pada: Pebruari 14, 2012, 07:03:33 AM »
source : m.tempo.co/2012/02/14/383791/

apa yang dimaksud dgn pembalikan kutub bumi? ??? dan bagaimana para ilmuan tau kapan terakhir terjadinya pembalikan kutub bumi, mohon penjelasanya ya.

15
Biologi / Nyamuk Raksasa
« pada: Pebruari 12, 2012, 03:35:52 PM »
saya lagi jalan-jalan di forum ini dan menemukan thread :
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

ada yang mau comment atau kasih penjelasan soal ini?   :-\

Halaman: [1] 2 ... 4
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia