Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - Pi-One

Halaman: [1]
1
Kotak Saran / [request]Ignore list
« pada: Mei 19, 2011, 10:20:05 AM »
Please admin, forum ini dikasih fitur ignore list. Bosan lihat tulisan sampah asbuner yang diulang melulu. Ini forum Sains, bukan forum para idiot!

2
Agama dan Filosofi / Pippa's Song
« pada: Oktober 27, 2010, 09:10:01 AM »
The year's at the spring,
And day's at the morn;
Morning's at seven;
The hill-side's dew-pearled;
The lark's on the wing;
The snail's on the thorn;
God's in his Heaven --
All's right with the world!

Lagu yang dinyanyikan gadis kecil bernama Pippa dalam drama Pippa Puppa. Apa tafsiran dan pandangan klaian tentang syair di atas?

3
Pseudo-science dan Science-Fiction / Siapa Firaun Lawan Musa?
« pada: September 05, 2010, 09:44:41 AM »
Bicara soal musa, kemarin debat soal kisah Musa dengan rekan dari forum lain. Dan dari hasil pencarian, aku temukan Ramses II itu mati di usia 90-an, dan menderita radang sendi akut. Jadi bingung, bagaimana orang yang sudah tua banget, dan berdiri saja sulit, bisa naik kereta perang buat ngejar-=ngejar rombongan Musa. Juga gak nemu sumber ilmiah yang bilang Ramses II mati tenggelam.

*Tapi gak usah dibahas di sini, entar OoT.

4
Sastra dan Budaya / Vlad Tepes aka Dracula
« pada: November 07, 2009, 05:19:03 PM »
Sosok yang jadi latar belakang Count Dracula ini menarik juga buat dibahas. Bukan dari sisi mitosnya, tapi sisi historisnya. Dia adalah sosok yang kejam, sadis, tapi di sisi lain juga dianggap pahlawan. Bisa dibilang sosok yang mewakili dua sisi.

Entar baru disambung deh, sekarang perkenalan dulu, sekaligus persiapan bahan

5
Agama dan Filosofi / (Tidak) Runtuhnya Teori Evolusi
« pada: Desember 24, 2008, 02:18:54 PM »
Ok, sesuai janji, aku buat thread ini. Kenapa gak dibahas di forum biologi, karna ini lebih mengarah pada bantahan terhadap Harun Yahya (dan konsep HY gak termasuk sains, lebih merupakan opini)

Pertama, kita bahas soal Darwinisme dulu.

Teori Darwin adalah teori ilmiah (meski HY membantah soal ini). Teori ini dikembangkan dari pengamatan terhadap fenomena yang sudah berlangsung sejak dulu. Dan Teori ini bukan cuma dicetuskan Darwin, Alfred Russel Wallace memiliki pandangan yang mirip. Wallace sendiri mengadakan penelitian langsung terhadap keanekaragaman satwa di Indonesia khususnya selama sekitar 10 tahun.

Darwin sempat menunda penerbitan bukunya selama 20 tahun, selain karena memikirkan reaksi resistensi dari kalangan sains dan agama, juga demi mematangkan teorinya. Bukunya On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or The Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life belakangan disingkat jadi The Origin of Species keluar di tahun

Inti dari teori darwin adalah:
   1. Spesies pada dasarnya memiliki fertilitas yang sangat tinggi. Jumlah keturunan yang dilahirkan lebih banyak dari keturunan yang bisa mencapai usia dewasa.
   2. Populasi kira-kira tetap berjumlah sama, dengan sedikit perubahan.
   3. Sumber makanan adalah terbatas, tetapi relatif stabil dalam jangka waktu lama.
   4. Oleh karena itu terjadi perjuangan secara implisit untuk bertahan hidup
   5. Pada spesies yang melakukan reproduksi secara seksual, biasanya tidak ada dua individu yang identik.
   6. Beberapa variasi dalam spesies secara langsung mempengaruhi kemampuan individu untuk bertahan dalam kondisi alam tertentu.
   7. Sebagian besar dari variasi ini bersifat turunan.
   8. Individu yang kurang sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya memiliki kemungkinan bertahan hidup yang yang lebih kecil dan kemungkinan akan lebih banyak melakukan reproduksi.
   9. Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya kepada generasi berikutnya.
  10. Proses yang menyebabkan perubahan ini menghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan pada akhirnya, setelah berlangsung secara terus-menerus akan terbentuk keragaman yang baru, dan akhirnya spesies baru.


HY seringkali menyerang Teori Darwin dengan pernyataan bahwa teori darwin adalah filsafat materialisme, menjadi akar fasisme dan komunisme serta kejahatan kemanusiaan lain. Ini adalah hal yang konyol sebenarnya.

Teori Darwin adalah teori ilmiah, membahas mengenai asal usul keanekaragaman makhluk hidup( dan bukan asal usul makhluk hidup pertama), bukan sebuah ilmu moral. Teori Darwin tidak mengajarkan orang menjadi fasis, rasis, dsb. Jika disimak dari latar belakang pendidikan, Darwin adalah orang yang pernah menempuh pendidikan teologi, dan merupakan calon pendeta. Dia tidak menjadikan teorinya sebagai bantahan atas keberadan Tuhan, Darwin bukan seorang atheis. Bagi Darwin, evolusi adalah cara Tuhan untuk menyebarkan keanekaragaman makhluk hidup di dunia.

Dan bagaimana bisa HY mengaitkan Hitler dengan Teori evolusi? Teori evolusi tidak pernah mengatakan satu ras manusia di atas ras lain. Paling banter dia mengatakan ras (makhluk hidup) yang unggul akan survive, bukan ras manusia di atas ras manusia lain. Hitler sendiri orang yang beranggapan ras arya adalah ras paling mulia, seorang anti semit, dan satu yang jelas: Dia menentang teori evolusi! Nazi bahkan memasukkan buku-buku teori evolusi sebagai buku terlarang!

Dan jika mau jujur, perbudakan dan rasisme sudah ebrusia ribuan tahun, sudah eksis lama sebelum teori evolusi ada. Dan semua itu tak ada kaitan dengan teori evolusi. Begitu pula hedonisme, yang mungkin sama tuanya.

Halaman: [1]
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia