Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Farabi

Halaman: [1] 2 ... 199
1
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Hari Ini jam 07:26:59 PM »
Kutip
tapi Farabi, kok fermentasi bir bisa sampai 5 tahun? bukannya 1 minggu atau 1 bulan sudah cukup bikin bir anggur dengan kadar alkohol 10% ?

Oh iya, bir itu cuma 4% anda minum 10 botol juga ga akan mabok, yang mencapai 10% biasanya anggur. Disini anggur rata rata sekitar 14% dan untuk pemula sekali minum cukup memabukkan. Saya jadi inget waktu pertama kali minum saya malah beli liquor yang 40% ;D bukan mabuk lagi, ngaco.

2
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Hari Ini jam 07:19:19 PM »
semua itu tergantung kadar alkohol, kondisi fisik, jumlah miras, dan seberapa sering miras itu dikonsumsi. saya percaya tidak semua orang cocok minum miras. tapi ada juga yang cocok. ya tapi itu semua kembali pada kesukaan masing2.

tapi Farabi, kok fermentasi bir bisa sampai 5 tahun? bukannya 1 minggu atau 1 bulan sudah cukup bikin bir anggur dengan kadar alkohol 10% ?

Oh satu bulan bisa toh? Perasaan kalo beli anggur disini menurut keterangan pabriknya minimal 1 tahun sudah di eramkan. Tapi saya curiga itu hasil distilasi.

Dokumentasi ini menarik juga dimana waktu dulu morfin digadang gadang bisa menyembuhkan ketergantungan alkohol. Di USA sana dulu awalnya alkohol juga haram, tapi kemudian jadi legal, setelah itu muncullah morfin yang katanya bisa menyembuhkan ketergantungan alkohol, awalnya morfin dianggap lebih baik daripada alkohol yang menyebabkan agresifitas, tapi apada akhirnya morfinpun menimbulkan dampak ketergantungan yang lbeih berat.

https://www.youtube.com/watch?v=ssRk3pR90XY

3
Fisika / Re:Tercipta dan musnah
« pada: Desember 16, 2014, 06:54:35 PM »
Kalau saya malah mengiminai matter  itu abadi, tidak bisa diciptakan juga tidak bisa dimusnahkan. Siapa yang bisa menciptakan atom? Tidak akan ada yang bisa, sekaligus juga atom tidak bisa dimusnahkan. Saya percaya saat matter bertemu dengan anti matter ia hanya berubah bentuk menjadi energi dan saat energi kinetiknya habis, akan kembali menjadi atom. Harusnya jika anti matter dengan matter dengan volume tertentu disimpan didalam tabung tertutup, jika disatukan, maka volumenya tetap sama biarpun sudah berubah menjadi atom dalam wujud lain.

4
Biologi / Re:Asal usul kehidupan
« pada: Desember 16, 2014, 06:41:36 PM »
Saya kok cenderung mengimani kalau kesadaran itu hanyalah konfigurasi listrik ya? Saya masih penasaran dengan bagaimana munculnya kesadaran, maka dari itu saya membuat thread ini. Tarolah nyawa itu ada, dan semenjak kita terikat pada tubuh, saat tubuh kita sakit nyawapun ikut sakit, pasti ada semacam interface iya kan? Penghubung antara nyawa dengan tubuh. Biarpun saya tidak meyakini akan adanya nyawa. Menurut saya kita hidup karena otak kita saja yang membuat kita merasakan ini dan itu, tapi bagaimana caranya.

Masalah awal munculnya kehidupan, pasti awal dari kehidupan itu hanya sel tunggal dulu. Baru kemudian muncul menjadi multi selular tapi bagaimana caranya? Itu. Saya sudah melihat video video meiosis bahkan lengkap dengan video pembuahan pertama kali yang non animasi, tapi tetap saja, sulit untuk menemukan sumber dari kehidupan.

5
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Desember 16, 2014, 05:45:43 PM »
kalau dibandingkan minum bir lebih efisien mana ya... katakan kalau mau minum bir tinggal campurin aja gula, ragi, dan air perasan anggur atau apel. terus bikin fermentasi. jadi deh bir kisaran 10% alkohol. murah meriah. kalau smartphone ini seberapa banyak pengorbanan yg diperlukan... terus apakah bisa menghilangkan rasa haus dan menambah cairan tubuh atau gula darah...

bikin alkohol dijaman dulu itu susah. fermentasi 5 tahun hanya untuk 14% alkohol. baru setelah ditemukan distilasi bisa muncul alkohol 40% bahkan lebih.
alat ini bisa menimbulkan eforia tanpa takut liver rusak. bandingkan dengan meminum alkohool sungguhan. mabuk cenderung lebih dekat pada kejahatan. belum efek ketergantungannya. alat ini bisa jadi alternatif penghilang stress tanpa kecanduan. mungkin.

6
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Desember 16, 2014, 11:13:02 AM »
kalau dengan sinyal listrik, saya ragu kalau efeknya tidak berbeda daripada minum bir. katakanlah arus listrik dari smartphone itu bertabrakan dengan electric impulses di otak kita. atau akumulasi "suntikan" arus listrik ke otak kita akan mengakibatkan semacam gangguan/kerusakan pada otak kita? lagipula harusnya hormon yang dilepaskan adalah serotonin kalau memang ingin merasa nyaman.

Saya juga kurang paham, tapi para peneliti bisa membuat hal tersebut, mereka menyebutnya tactile sensor. Jadi dengan mengkodekan listrik kemudian disuntikan pada pusat syaraf, seolah olah syaraf mendapatkan rangsangan seolah mendapatkan zat tertentu. Juga perlu anda ingat, pusat sensasi ada pada stem brain, pelepasan hormon hanya untuk merangsang stem brain tersebut supaya menimbulkan sensasi tertentu, dan jika kita hbisa memanipulasi stem brain tersebut, tanpa adanya pelepasan hormon kita tetap bisa merasakan ini dan itu.

7
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Desember 16, 2014, 11:10:32 AM »
1000 C? Masa' sepanas itu? Tapi kayaknya kalo' kesulut rokok nggak sepanas itu tuh...

Iya api rokok itu sejauh info yang saya dapat sampai 1000 C. Panas api baru terasa saat anda membakar lebih dari 20 detik, bandingkan dengan panas vaporizer pada 20 detik yang sama. Memang sama sama sangat panas, tapi api jauh lebih panas daripada vaporizer.

8
Biologi / Re:Asal usul kehidupan
« pada: Desember 15, 2014, 06:35:10 PM »
Untuk pembahasan masalah iman bisa dilanjut ke sini http://www.forumsains.com/agama-dan-filosofi/

9
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Desember 15, 2014, 06:28:36 PM »
Berarti rokok elektrik tetep merugikan kesehatan ya? Cuma nggak ada dampaknya terhadap perokok pasif, begitukah?

Kalau liquidnya mengandung nikotin akan menimbulkan ketergantungan. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa vaporizer ini menyebabkan zat karsinogenik kalau ga salaha, jadi liquid tersebut karena dipanaskan menghasilkan zat lain yang bukan seperti yang diharapkan dan beracun, bahakn disebut vaporizer lebih berbahaya daripada rokok biasa .Tapi saya meragukan ini. Vaporizer hanya mempunyai suhu 100 C saja jika dibandingkan dengan api pada rokok yang mencapai 1000 C. Jelas zar karsinogenik lebih banyak pada rokok biasa daripada vaporizer. Juga, pada rokok biasa cat yang dipakai untuk logo rokok juga mengandung tiner, bukan itu saja, kertasnya pun menggunakan bleaching. Jadi seharusnya dari beberapa fakta diatas, vaporizer jauh lebih aman daripada rokok biasa.

10
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Desember 14, 2014, 07:08:41 PM »
Kalo bicara masalah pandangan pribadi, saya mengimani kalau atom dibentuk oleh muatan plus dan muatan negatif. Jadi neutron itu sebetulnya adalah gabungan dari muatan plus dan muatan negatif. Jadi seharusnya, dengan mengunakan SEM, ukuran neutron  bisa terlihat karena elektron lebih kecil daripada neutron  . Coba kita lihat nanti para peneliti bilang apa.

11
Biologi / Re:Asal usul kehidupan
« pada: Desember 14, 2014, 10:14:52 AM »
Lha farabi muslim?. Setahu saya bukan. Mana bisa jelaskan asal usul kehidupan berdasarkan al quran?.



Memang bukan, tapi saya kadang datang ke mesjid dan kadang juga ke gereja untuk sekadar mendengarkan ceramah ceramahnya.

12
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Desember 14, 2014, 10:12:40 AM »
Jadi inget rokok elektrik. Berarti kali ini yang versi bir-nya.  ::)

Kalau rokok elektrik masih menggunakan zat yang kadang juga mengandung nikotin, kalau ini murni hanya listrik saja. Juga secara bahasa, rokok elektrik lebih tepat disebut sebagai vaporizer atau penguap karena cara kerjanya yang menguapkan zat pengganti rokok. Tapi seperti yang saya katakan, beberapa liquid ini ada yang mengandung nikotin juga.

13
Biologi / Alat pengubah mood
« pada: Desember 13, 2014, 11:29:17 AM »
http://www.sciencealert.com/new-smartphone-app-zaps-your-nerves-to-alter-your-mood

Tahun depan akan ada alat tambahan untuk smartphone anda yang berfungsi untuk mengubah mood anda. Kalau anda ingin tahu seperti apa rasanya, menurut beberapa orang yang pernah mencoba, rasanya seperti setelah anda meminum 2 gelas bir. Bir adalah zat depresant yang membuat tubuh menjadi tenang, bedanya, alat ini tidak membuat anda mabuk, dan tidak menggunakan zat apapun.
Alat ini bekerja dengan cara mengirimkan sinyal listrik ke dalam pusat syaraf anda sehingga bekerja menenangkan diri anda. Semoga dimasa depan alat ini bisa didesain unuk menyembuhkan ketergantungan sehingga saat pemakai zat adiktif mengalami gejala putus obat, tinggal menyalakan alat ini dan tubuhnya seolah olah mendapatkan suntikan zat adiktif, padahal hanya impuls listrik saja. Semoga.

14
Biologi / Re:Asal usul kehidupan
« pada: Desember 13, 2014, 11:25:06 AM »
terus menurut agama anda, bertentangan tidak?

Tidak tahu, saya sendiri belum beres bacanya. Agama sendiri tidak menjelaskan asal usul kehidupan, bahkan untuk nyawapun sejauh saya baca dalam alquran ada keterangan seperti ini:"Pengetahuan tentang itu hanya sedikit", maksudnya Muhammad disuruh untuk mengatakan bahwa dia tidak punya pengetahuan tentang ruh. Dan dari saya berkeliling mengunjungi beberapa tempat pengajian di kota saya dalam rangka mengecek sejauh mana ajaran aliran keras menyebar, ternyata ada beberapa pernyataan menarik dari para ustad ustad disini: "Alquran hanya memuat garis besar dari ilmu pengetahuan tapi tidak memberitahukan secara detail, karena didalam alquran manusia disuruh untuk berfikir, jadi detailnya biarlah manusia yang mencarinya sendiri".

Sejauh pengajian yang ada dikota saya, kebanyakan bersifat moderat dan tidak seperti dikota kota lain yang sebagian kecilnya ada yang mengajarkan aliran garis keras.

15
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Desember 12, 2014, 08:02:19 PM »
Saya meng unggah buku schrodinger tentang awal kehidupan disini http://www.forumsains.com/biologi/asal-usul-kehidupan/

Halaman: [1] 2 ... 199
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia