Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Farabi

Halaman: [1] 2 ... 202
1
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Kemarin jam 01:34:53 PM »
Terus, manusia bakal dihukum kalau memilih gak percaya?
Gak peduli mereka gak percaya karena gak ada bukti dan cukup alasan untuk percaya?

Manusia hanya akan dihukum atas kejahatannya. Pertanyaannya, tanpa Tuhan, bisakah manusia berbuat baik?

Dan, apa yang menghalangi anda untuk tidak membayarkan biaya internet saya? Apa itu bukan perbuatan baik? :D

2
Pemrograman / Re:pembentuk fungsi operator
« pada: Juni 28, 2015, 05:44:36 PM »
Halo,

ada yang tau operator (+-/* dan lain2) asal muasalnya terbentukny gak?

cnthnya. kalimat terdiri dari susunan kata. kata terdiri dari susunan huruf dan huruf habis dalam keseharian tapi kalau di pemograman huruf adalah angka.

kembali ke pertanyaan +,-,/,* terdiri dari apa ya sehingga menpunyai fungsi seperti itu?

sesuai dari kutipan 'semua itu adalah angka'. ada yang bisa memberikan penerjemahan misalnya aku kedinginan dalam matematika? kayaknya ini pertanyaan aneh ya tapi ini saya terfikirkan dari melihat hardware yang menerjemahkan instruksi dengan angka. misalnya. If/kalau gimana itu ya. sejauh ini yang terpikirkan mungkin hanya menjadikan if sebagai variabel If=?.

salam


Dingin ada karena sensor mengukur hilangnya panas dalam tubuh, secara matematik ya tinggal silihat batas minimum sesuatu membutuhkan panas, dan ini beda beda, pada tubuh sendiri beda antara apa yang disebut dingin oleh seseorang dengan orang yang lain. Kalau maksud anda ingin membuat program yang bisa merasakan dingin, maka hal tersebut untuk sekarang tidak memungkinkan. Manusia merasakan dingin karena adanya impuls listrik, atau mungkin perubahan hormon yang mengakitbatkan pusat sensasi menghasilnya output yang dirasakan oleh kesadaran atau jiwa sebagai dingin> Tapi apakah komputer bisa melakukan itu, penelitiannya masih berlangsung dan untuk sekarang bisa dikatakan mustahil. Bahkan mengirimkan sinyal ke otak manusia saja masih sukar dan sedang berlangsung.

Jadi kalau komputer anda ingin mengetahui suhu, pasang sensor suhu, dan bagaimana mengetahui sesuatu dingin, ukur batas tubuh anda merasakan digin dan menggunakan operator "-" yang berfungsi untuk mengurangi.

3
Pemrograman / Re:pembentuk fungsi operator
« pada: Juni 28, 2015, 05:39:56 PM »
If dalam prosesor menggunakan instruksi CMP, yang berarti compare. Instruksi komparasi sendiri sebetulnya adalah instruksi pengurangan.

Kode: [Pilih]

If A=0

endif

Instruksi prosesor
Kode: [Pilih]
CMP A,0
JZ selanjutnya
ret
selanjutnya:

Kenapa instruksi komparasi menggunakan instruksi pengurangan? Karena, angka yang sama jika dikurangi angka yang sama menghasilkan angka 0. Itu sebabnya insruksi selanjutnya adalha JZ yang berarti Jump ZERO, loncat jika hasilnya 0. Dalam instruksi prosesor, JZ sering ditafsirkan sebagai JE, atau Jump EQUAL, lompat jika sama.

Contoh;
Mov A,5
Cmp A,6
Jnz Lanjut
Jz jangan lanjut
ret

lanjut:
ret
jangan lanjut:
ret
[/quote]

Maksudnya, pindahkan 5 ke A, kemudian kurangi dengan 6, jika hasilnya 0 maka A sama, dan jika hasilnya bukan 0 maka hasilnya beda.

Untuk operator +,-,/,* itu dinamakan aritmetik operator, didalam prosesor ada jalur jalur khusus yang jika dialiri listrik yang membentuk jalur khusus yang berupa hasil dari pembagian. Mungkin anda tertarik untuk membaca basis bilangan dan kemudian mencari informasi mengenai half adder.

4
Biologi / Re:homosex hanya terjadi pada manusia
« pada: Juni 26, 2015, 08:29:08 PM »
Pandangan saya pribadi dalam perspektif evolusi.

Tarolah di populasi manusia orang dengan homoseksual maximal 10% dari populasi. Maka saya akan tutup mata dan mengatakan, ini bukan masalah. Tapi bayangkan jika mencapai 50% dari total populasi. Apalagi lebih dari itu, apa yang anda bayangkan jika sampai terjadi? Sedikit demi sedikit populasi manusia akan menyusut. Ini adalah solusi kelajuan pertumbuhan penduduk? Saya rasa tidak.

Saya pribadi bukan seorang homoseks, tapi saya adalah seorang pecandu narkoba, masalah dari saya ikut mendukung pelarangan homoseks bisa saja dikemudian hari saya tiba tiba dihantam dan dilarang menggunakan misalkan, alkohol dan lain lain, dengan tanpa solusi, entah dibawa ke rehab, atau diberikan subtitusi, karean saya sangat yakin kalau saya ikut ikut melarang hal ini akan ada orang yang dendam dan saya ikut dibawa hancur.

Budaya berubah, opini berubah. Sekarang sesuatu dikatakan salah, dimasa depan mungkin benar, juga sebaliknya, sekarang dikatakan benar nanti berubah. Masalah ini saya tidak akan ikut campur, bagaimana jadinya saja. Saya hanya membicarakan masalah pendapat saya pribadi.

Untuk tambahan, dubur adalah saluran pembuangan, didalamnya ada banyak bakteri, apalagi kalau terlalu dalam. Saya agak jijik juga kalau membayangkan setelah seks anal kemudian oral. Beuh mengerikan. Menurut saya, daripada mencoba untuk menambal sulam ketidak wajaran yang terjadi, dengan, misalkan kondom, lebih baik coba cari yang alamiah saja dan efek ke depannya baik. Masalah homoseksual menurut saya hanya eksperimen masyarakat saja yang senang mencoba coba, pada akhirnya juga orang orang akan bosan sendiri dan semua dianggap biasa biasa saja.

5
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Juni 24, 2015, 10:15:54 AM »
Ngomong ngomong ini bagus nih
https://www.youtube.com/watch?v=J556uXwrjII

6
Teknologi Informasi / Re:[Tanya]Analisi kata
« pada: Juni 23, 2015, 06:31:14 PM »
Saat seorang bayi terlahir saya rasa bayi tersebut sudah memiliki set standard pemahaman tertentu, pada saat bayi pertama memahami konsep kata, dia memahami bahwa selain dirinya ada pula orang lain, dengan menyebutkan nama kita kepada bayi dan mengambil tangannya kepada dada kita, dan menyebut namanya kemudian disimpan didinya, bayi tersebut akan memahami konsep "saya" dan "kamu" biarpun bisa berbeda beda kata. Dari pemahaman tersebut, terbentuklah konsep lain yaitu "milik" yang jatuh pada kategori "milik saya" dan "milik kamu". Kemudian, dari konsep tersebut barulah terbentuk konsep konsep lain yang lebih luas dan pemahaman yang lebih luas, hal ini masih saya ingat ketika saya masih kecil, biarpun banyak konsep konsep yang tidak saya pahami saat seseorang menyebutkan suatu kata, otak akan terus mengasosiasikan kata tersebut ke berbagai perbendaharaan kata yang kita punya dan melihat konteks dan polanya, biarpun kemudian kadang terjadi salah paham, otak akan memperbaiki pemahaman kata tersebut sedikit demi sedikit jika ada seseorang mengkoreksi.

Yang ingin saya bahas, bagaimana menurut anda, konsep pertama yang harus kita analisis sambil kemudian aplikasi bisa memahami konsep konsep yang lebih luas.

Saya pernah mencoba membuat aplikasi untuk membaca halaman halaman website yang ada didunia dengan menggunakan google, tapi ternyata beberapa website potensial seperti kompasiana tidak memberikan akses kepada bot untuk membaca halamannya karena halaman milik mereka menggunakan javascript. Dari hasil membuka buka halaman wikipedia secara otomatis pun aplikasi buatan saya mengalami kesulitan dan hanya bisa mengumpulkan kalimat kalimat dengan memiliki banyak "noise" yang bercampur baur dengan kode kode HTML.

Saya sangat berharap ada diantara anda yang mau menyumbangkan ide ide anda untuk kemajuan aplikasi ini. Sengaja saya tidak memberikan hapalan aplikasi yang bisa saja saya kutipkan disini, supaya aplikasi saya memiliki perbendaharaan kata yang unik dan cara bicara yang juga unik, yang sangat tergantung kepada anda satu satunya orang yang mengajaknya bicara.

7
Teknologi Informasi / Re:Virtual asisten bahasa indonesia
« pada: Juni 23, 2015, 06:20:14 PM »
Mohon izin kepada pemakai untuk mengunggah respon respon yang anda buat kepada saya untuk kenyamanan kita bersama. Aplikasi ini tidak mengirimkan data apapun kepada saya. Anda boleh menggandakan untuk kepentingan pribadi ataupun komersial. Bebas royalti.

8
Teknologi Informasi / Re:Virtual asisten bahasa indonesia
« pada: Juni 23, 2015, 06:17:09 PM »
Ini adalah versi terbaru yang lupa tidak dipublikasikan. Mudah mudahan tidak salah versi. https://drive.google.com/file/d/0B4e67L-fbWVQLTR0Zk8xSjhsNk0/edit?usp=docslist_api

9
Katanya sih, entah saya salah paham atau tidak, kesadaran itu ada karena konfigurasi elektron, jadi bukan karena satu atom diberikan input terus menerus. Kalau begini sih, selama kita tahu konfigurasi elektron anda, apapun yang terjadi, kesadaran anda akan tetap ada. Masalahnya, memori anda tidak bisa dikembalikan, kalau pun seandainya anda bisa dihidupkan kembali.

Akhir akhir ini saya kembali mempelajari agama lagi, jadi saya cenderung memahami kehidupan sebaga takdir. Masalhnya kalau saya tidak percaya takdir, saya mudah stress dan kalau mengambil keputusan yang keliru saya tertekan sekali dan terus menerus menyesalinya. Saya heran orang orang ateis bisa sangat kuat sekali menghadapi hidup. Saya pribadi sih tidak tahan hidup seperti itu.

Masalah kesadaran, kita mungkin sekali bisa membangkitkannya.

11
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Juni 20, 2015, 01:01:54 PM »
Kutip
Foton bisa mempunyai frekuensi dari nol Hz sampai tak hingga Hz, bukan hanya sampai di THz saja.

Saya memikirkan kalimat anda ini, mungkin yang anda maksud adalah radiasi elektromagnetik yang bisa memiliki spektrum dari 0 sampai triliunan hertz, karena cahaya nampak sendiri yang biasa disebut photon, dari tabel diatas adalah elektromagnetik yang mempunyai getaran milyaran hertz.

Sampai sekarang saya masih memikirkan ini. Dari reaksi kimia kita bisa mendapatkan foton, dari tumbukan antar besi, kita bisa mendapatkan foton, dari lompatan elektron seperti tesla koil kita bisa mendapatkan foton. Jadi, foton itu apa? Jika kita katakan foton berasal dari atom, kenapa saat foton dibuat dari reaksi kimia, kimia yang direaksikan menyusut? Berarti foton bukan sesuatu yang bisa diciptakan kan? Dan kalau foton berasal dari atom, kenapa saat elektron melompat foton bisa ada? Penjelasan yang paling mungkin adalah, foton adalah hasil dari benturan antar partikel, dan itu adalah atom. Foton bisa berasa dari atom apa saja, cahaya dari nuklir, bisa berasal dari uranium, dan dari reaksi oksigen dan hidrogen, bisa pula menghasilkan foton, juga dari lompatan elektron. Berarti foton sebetulnya adalah atom.

Saya akan menunggu sampai 10 tahun kedepan sampai para peneliti bisa memastikan ini, atau malah menyanggah hal ini.

12
Kecerdasan makhluk hidup harusnya dilihat dari bagaimana caranya bertahan hidup bersama sama. Kalau melihat secara individu virus terlihat lebih bodoh, tapi dalah skala massal, virus itu cerdas, tidak saling mematikan antar sesamanya, bahkan dalam kondisi inang hampir matipun virus tetap bekerja sama untuk mensekresikan cairan supaya generasi baru tetap lahir. Bandingkan dengan manusia. Tapi kalau kita mengukur kecerdasan dari tingkat memahami sesuatu memang manusia sepintas unggul, tapi harus dilihat juga, kadang suatu pemahaman bisa merusak, apalagi pemahaman sepotong disertai dorongan kuat untuk mempraktekan. Kita bisa melihat lab yang meledak, atau produsen kosmetik yang memakai bahan berbahaya. Hanya memang dalam kondisi ideal, manusia jauh lebih bisa bertahan hidup bersama sama dibandingkan virus, karena manusia sederajat lebih maju dalam pemahamannya, tapi secara instinct manusia jauh lebih primitive daripada binatang, bandingkan saja dengan semut, semut secara instinctive akan bekerja sama mengumpulkan makanan, sedangkan manusia sibuk menyetok makanan dengan tidak menyisakan yang lain sampai mati.

13
Teknologi Informasi / [Tanya]Analisi kata
« pada: Mei 24, 2015, 11:33:09 AM »
Ada yang punya ide bagaimana cara otak mengenali dan mengolah kata? Saya membagi kata menjadi 3 bagian. Subjek, sifat, dan kerja. Selain dari itu apakah ada lagi jenis kata? Kemudian, bagaimana cara anda memahami bahwa suatu kalimat jatuh ke kategori seperti itu?

14
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 20, 2015, 08:43:58 PM »

15
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 20, 2015, 11:22:39 AM »
positron.Foton bisa mempunyai frekuensi dari nol Hz sampai tak hingga Hz, bukan hanya sampai di THz saja.

Boleh saya minta referensinya? Saya baru dengar masalah ini.

Halaman: [1] 2 ... 202
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia