Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Farabi

Halaman: [1] 2 ... 202
1
Teknologi Informasi / [Tanya]Analisi kata
« pada: Mei 24, 2015, 11:33:09 AM »
Ada yang punya ide bagaimana cara otak mengenali dan mengolah kata? Saya membagi kata menjadi 3 bagian. Subjek, sifat, dan kerja. Selain dari itu apakah ada lagi jenis kata? Kemudian, bagaimana cara anda memahami bahwa suatu kalimat jatuh ke kategori seperti itu?

2
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 20, 2015, 08:43:58 PM »

3
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 20, 2015, 11:22:39 AM »
positron.Foton bisa mempunyai frekuensi dari nol Hz sampai tak hingga Hz, bukan hanya sampai di THz saja.

Boleh saya minta referensinya? Saya baru dengar masalah ini.

4
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 19, 2015, 02:11:19 PM »
Ya saya salah menempatkan koma, dimohon dilihat lagi ujung dari kalimatnya. Hal tersebut murni dugaan saya, berdasarkan fakta fakta yang saya lihat sendiri. Pendapat ahli sendiri mengatakan cahaya tidak bermasa, dan mungkin adalah elektron yang terlepas dari atom, jadi para ahli sendiripun sampai sekarang masih menduga. Dari wikipedia, dikatakan bahwa photon adalah partikel yang bergetar berfrekuensi mencaipai terahertz, hanya saja apa itu partikelnya tidak tahu.

5
Fisika / Re:[Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 19, 2015, 10:07:42 AM »
Apa ada referensi terpercaya mengenai ini?

Tidak ada, hanya dugaan.

6
Fisika / [Terpastikan]Oksigen+Hidrogen=Ledakan
« pada: Mei 17, 2015, 10:06:34 AM »
Jika anda menggabungkan oksigen dengan gas hidrogen dengan perbandingan 2:1, tanpa bantuan listrikpun keduanya akan bergabung dengan sendirinya. Gas adalah satuan atom yang tidak tergabung antara yang satu dengan lain. Dikarenakan saat digabungkan tercipta cahaya dan tenaga dorong, atau dalam kalimat singkat, ledakan, bisa dipastikan pula bahwa sebetulnya cahaya adalah atom yang bergetar dan bergerak sedemikian cepat sehingga mata kita menerjemahkannya sebagai cahaya, hanya saja hal ini belum terpastikan. Berikut ini adalah video uji coba tersebut.

Hidrogen + Oksigen:
https://www.youtube.com/watch?v=-j1eU8-49wc

Penjelasan:
http://cldfacility.rutgers.edu/content/explosive-reaction-hydrogen-and-oxygen-using-balloons

Cara memproduksi hidrogen dari air secara sederhana:
https://www.youtube.com/watch?v=wwGx7qqQe-Y

Dengan adanya informasi ini, maka kita memungkinkan untuk membuat sebuah mesin semi-perpetual, yaitu mesin yang sekali menyala akan terus menyala tanpa bahan bakar, sayangnya, atom yang berubah menjadi panas dan cahaya dalam mesin ini, akan terpental dan hilang sehingga air harus terus menerus diisin. Akan tetapi, air bisa diisi lagi dan bisa menggunakan air laut.

7
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Mei 02, 2015, 12:57:00 PM »
Anda sama avdolnya dgn bapak sya...


Anda tahu proses terapi penghentian obat bius tidak? Dengan cara diberikan obat bius pengganti dari bahan sintetis yang mengaktifkan sirkuit di otak yang sama, tapi dengan dampak lebih ringan. Hanya saja, terapi ini masih menggunakan molekul, jadi masih ada faktor eksternal, sedangkan dengan menggunakan alat pengubah mood ini, molekul berbahaya bisa dihilangkan sama sekali, dengan menggantinya dengan aliran listrik.

8
Teknologi Informasi / Re:Virtual asisten bahasa indonesia
« pada: April 28, 2015, 10:09:58 AM »
https://docs.google.com/file/d/0B4e67L-fbWVQcG5oNEZndU50Unc/edit

V.0.13

Fitur:
Pemrograman ulang.

Contoh:
"Hapalkan"
"Jika seseorang mengatakan saya dingin maka katakan ambil jaket"
"Selesai"
Aplikasi akan mengatakan ambil jaket setiap mendengar kata saya dingin.

"Hapalkan"
"Jika seseorang mengatakan saya bosan maka buka ketawa.com"
"Selesai"
Aplikasi akan membuka situs ketawa.com setiap mendengar kata saya bosan.

Dan anda bisa menambahkan respon apa saja yang anda inginkan. Untuk langsung mengubah hapalan aplikasi, buka file "Memory.txt" di "/mnt/sdcard/fAI" pada memori eksternal anda.

9
Teknologi Informasi / Re:Virtual asisten bahasa indonesia
« pada: April 20, 2015, 09:08:29 AM »
Update versi 0.12.
https://docs.google.com/file/d/0B4e67L-fbWVQd0gwbE1PdGJTUkk/edit

Fitur:
Kirim SMS
Mencari informasi pada suatu website.

Contoh:
Cari informasi mengenai musik terbaru di situs musik
Kirim SMS ke Farabi.

10
Fisika / Perpetul Camera
« pada: April 17, 2015, 07:08:52 PM »
http://www.sciencealert.com/watch-world-s-first-self-powered-camera-can-film-forever

Yah daripada terjebak dalam kemalasan akibat dari pesimisme masalah mesin perpetual, para peneliti membuktikan dengan keberhasilan membuat sebuah kamera perpetual yang bisa merekam gambar secara teori, secara abadi, tentu saja, sampai bagian komponennya aus.

11
Teknologi Informasi / Virtual asisten bahasa indonesia
« pada: April 02, 2015, 05:19:00 PM »
https://docs.google.com/file/d/0B4e67L-fbWVQY2RPSDMySThlQ00/edit

Iseng iseng saya membuat sebuah virtual asisten untuk bahasa indonesia. Mulanya hanya untuk pemakaian pribadi, tapi saya ingin coba taruhan dengan mempublikasikannya.
Untuk saat ini yang bisa dilakukan hanyalah mencari arti kata dari suatu kata menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semisal dengan mengucapkan "Arti kata Jalan" maka virtual asisten akan mencari dari kamus arti kata dari kata "Jalan".
Untuk kedepannya virtual asisten ini akan bisa membuat jadwal, mengirim SMS, mengirim email, membuka aplikasi bahkan membacakan anda email dan SMS. Juga rencananya virtual asisten ini akan menjadi sebuah User Interface menggantikan keyboard dan mouse, sehingga anda bisa membuka file anda hanya menggunakan suara saja. Tapi seperti biasa, jika jumlah orang yang mengunduh mencapai minimal 1000 orang.

Aplikasi ini menggunakan teknologi Speech Recognition (Pengenal suara) khusus teroptimasi untuk bahasa indonesia, jadi anda tidak usah kuatir jika anda tidak bisa bahasa inggris. Hanya dicoba dan dikonfirmasi jalan di Android Jellybean dengan akses internet. Mungkin sekali jalan juga di sistem anda, tapi mungkin juga tidak jalan.

12
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Pebruari 25, 2015, 03:12:26 PM »
Jadi daripada larut dalam khayalan dan sangka duga lebih baik tunggu dulu sampai alatnya keluar, baru dilihat bagaimana efeknya. Menurut saya sih tidak akan sampai separah alkohol ataua malah seketergantungan nikotin.

Nikotin itu adiktif tapi tidak mengakibatkan hilangnya kesadaran. Sedangkan ganja mengakibatkan hilangnya kesadaran tapi tidak adiktif. Beda lagi dengan morphin, ini mengakibatkan hilangnya kesadaran dan adiksinya mencakup fisik dan psikis. Alkohol juga mengakibatkan adiksi tapi dibawah morphin, biarpun dibawah morphin adiksinya bisa dikatakan cukup berat. Tapi tidak seberat adiksi nikotin pada rokok.


Nah saya juga pengen tahu nih pendapat para agamawan disini apa hukumnya dari

1. Rokok
2. Alkohol
3. Morphin
4. Ganja.
5. Facebook
6. Tivi
7. Pistol
8. Game
9. Smartphone


Bahkan ada orang orang yang kecanduan baca juga, saya juga jadi pengen tahu apa hukumnya membaca, yang disebut kalau dihentikan merasa ada yang janggal. Apa hukum dari kecanduan baca?

13
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Pebruari 25, 2015, 03:09:53 PM »
Saya sih tidak heran dengan reaksi agamawan. Facebook saja dan Tivi sempat diwacanakan haram. Masalah apakah alat ini bisa mengakibatkan hilangnya kesadaran belum jelas. Besar kemungkinan alat ini hanya mengaktifkan reward circuit, bukan menghilangkan koordinasi. Belum jelas bagaimana efeknya, jadi musti diliat dulu kalau alatnya sudah keluar.

14
Biologi / Re:Alat pengubah mood
« pada: Pebruari 24, 2015, 09:39:15 AM »
Manipulasi mood? Seperti Narkoba... intinya Narkoba, cmn gk ada wujudnya. Hehehe, sama sama bkin Adiksi, pastinya! hehe.

tidak tau juga kalau bisa membuat adiksi karena tujuannya justru untuk menghilangkan adiksi.

15
Fisika / Re:benda di atas api lebih panas daripada disamping api?
« pada: Pebruari 02, 2015, 10:47:35 PM »

Halaman: [1] 2 ... 202
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia