Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - __________

Halaman: [1] 2 ... 8
1
Biologi / Re:Asal usul kehidupan
« pada: Desember 13, 2014, 09:39:32 AM »
terus menurut agama anda, bertentangan tidak?

2
Agama dan Filosofi / Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« pada: Desember 13, 2014, 09:37:18 AM »
manusia jangan disamakan dengan sebongkah tulang. wanita jangan disamakan dengan tulang rusuk. pria jangan disamakan dengan tulang punggung. manusia jangan disamakan dengan binatang. pria jangan disamakan dengan kucing dan wanita jangan disamakan dengan ikan. orang yang beda keyakinan jangan dianggap setara dengan binatang.

3
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Desember 13, 2014, 09:26:03 AM »
Pesawat tetap terpengaruh ether. Ketika lepas dari gravitasi bumi, pesawat hanyut dalam ether yang berputar sehari-semalam. Seperti halnya ketika Anda melompat ke dalam komidi yang sedang berputar.

Kalau begitu, pesawat seharusnya ikut terseret berputar mengitari bumi sebagaimana matahari. Kan alam semesta terisi penuh oleh ether. Dan berhubung massa matahari jauh lebih besar daripada massa pesawat, so sudah pasti pesawat tidak punya kekuatan untuk menahan apalagi melawan pengaruh ether, mau itu dikasih 1000 kali tenaga roket nggak ngaruh, lha massa matahari aja yg jauh lebih besar bisa ikut terseret. Apalagi pesawat yg massanya jauh lebih kecil. Terlebih lagi kalau si pesawat lebih dekat ke pusat massa. Kalau di luar angkasa ada zona void, maka si pesawat masih bisa keluar dari pengaruh gravitasi. Tapi tidak ada void dalam model geosentris.

dengan demikian, model geosentris menolak klaim bahwa pesawat atau wahana luar angkasa bisa jalan-jalan dengan leluasa di luar angkasa, mengunjungi bulan, atau mars. karena mereka nggak kuat menahan dan melawan pengaruh ether yg kekuatannya sanggup menyeret bintang seperti matahari.

Neo-Tychonic itu cuma mengubah sudut pandang saja. Tidak perlu ada perubahan posisi sama sekali.  Jadi, masalahnya dimana?  ???

Masalahnya, menurut geosentris, planet-planet di tata surya kita (kecuali bumi) mengelilingi matahari berarti planet Mars s/d Neptunus juga. Nah gimana menggambarkan sabuk asteroid kalau mars dan jupiternya tidak mengelilingi pusat tata surya ? Mau tidak mau modelnya digambarkan berbeda dari versi heliosentris.

*Mudah-mudahan jawabannya bukan : yang mengelilingi matahari cuma merkurius dan venus. sebab dari awal sudah confirmed, semua planet di tata surya kita (kecuali bumi) mengelilingi matahari.

4
Agama dan Filosofi / Re:Memahami ajaran Fariz Abdullah lebih dalam
« pada: Desember 03, 2014, 04:19:45 PM »
doktrin yang berbahaya tidak hanya berbentuk suatu ajaran spiritual. bisa juga ajaran politis atau ekonomi atau yang lainnya. bisa juga pandangan pribadi yang diterapkan pada khalayak ramai. sebab ada bentuk kejahatan yang dilarang atau tidak dilakukan oleh ajaran 'paling jahat' yang selama ini diperbincangkan member2 disini. intinya kan beda ajaran beda bentuk kejahatannya selama itu ajaran jahat.
cobalah untuk melihat, latar belakang bangsa-bangsa atau kekairasan-kekaisaran atau empire-empire suka menindas pihak lain dan mereka menganggapnya benar justru sebagian besar adalah karena doktrin-doktrin yang mereka anut. saya sepakat ajaran jahat mesti dilarang tapi tidak setuju kalau paling fokus ke salah satu saja.
tentu tidak adil ketika suatu bangsa tidak divonis jahat cuma karena berperilaku jahat bukan karena ajaran spiritual apapun. kalau mereka jahat kan ada yang salah dengan keyakinannya. terlepas apa itu disebut agama atau bukan. terlepas itu cuma pandangan pribadi aja atau bukan.

5
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Desember 03, 2014, 04:04:27 PM »
Gaya sentripetal mengikuti rotasi alam semesta sedangkan gaya sentrifugal memperlambat revolusi bintang-bintang. Semua itu jadi absurd ketika kita lihat fakta bahwa sebagian bintang bergerak ke spektrum merah permanen dan sebagian bintang justru bergerak ke spektrum biru dan merah bergantian, bahkan ada yang lenyap dan muncul bergantian. Kalau memang buminya yang diam berarti bintang2 tsb mampu bergerak bolak-balik setiap tahun, mendekat dan menjauh dari bumi tanpa mengikuti putaran sentripetal atau sentrifugal dari pusat massa.

Gaya sentripetal mengikuti rotasi alam semesta sedangkan gaya sentrifugal memperlambat revolusi bintang-bintang. Semua itu jadi absurd ketika kita lihat fakta bahwa asteroid tetap pada bentuknya (sepanjang orbit asteroid adalah bebatuan). Apakah geocentrist punya gambaran orbit asteroid itu seperti apa dan mengelilingi apa, dan bagaimana orbit asteroid itu tidak bertabrakan dengan planet-planet atau matahari yang berevolusi?

Dengan berlandaskan teori gaya sentripetal-sentrifugal geosentris, semua asteroid itu seharusnya sudah buyar. atau sebagian terbakar oleh matahari kalau orbitnya tetap utuh.



6
Fisika / Re:free energy....
« pada: Desember 03, 2014, 03:57:33 PM »
Konsep perpetual engine sudah ada selama beribu-ribu tahun. Waktu kecil aja pernah memikirkan konsep ini, tapi sudah lama dibuang saat menyadari kesalahan dalam pemahaman fisika waktu kecil.

Tapi yang paling hebat dari konsep perpetual ini ya klaim si karno gendengtono dulu, yang pakai memanfaatkan pergerakan bulan dengan kabel super panjang...

tapi sebenarnya apakah umat manusia sanggup melakukan itu? agak mirip dengan idenya Hawking tentang jalur kereta api panjang mengelilingi bumi untuk mesin waktu. bedanya ide ini menjadikan jalur tsb sebagai jalur bagi kabel untuk ditancapkan ke bulan. mustahil secara sosial, tapi secara teknis bisa nggak ?

7
Agama dan Filosofi / Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« pada: Desember 03, 2014, 03:50:58 PM »
anda ciptakan robot dengan intelegensia buatan. ternyata robot tersebut malah merusak lingkungan, bahkan anda sendiri yang memprogram robot tsb dengan potensi perusak dan anda tahu robot tsb akan merusak kalau diciptakan tapi anda tetap menciptakannya. anda bukannya menyalahkan diri sendiri malah menyalahkan robot tsb. anda juga menciptakan robot lain yang sudah anda program akan menjadi robot pembimbing bagi robot perusak. anda menyayangi robot pembimbing tsb dan akan memberikan tempat istimewa baginya. kira-kira julukan apa yang paling pantas buat orang semacam anda?

8
Olah Otak / Re:Haru Natsu Aki Fuyu
« pada: Desember 03, 2014, 03:30:17 PM »
Haruka : "When I see the leaves fall onto the ground, I am reminded of my dark days in the past."

kutipan Haruka (musim semi) adalah gambaran tentang musim gugur (Aki). pasangan Haruka adalah Akiho

Natsuki : "My body may feel cold because of the snow, but my heart is warm because of love."

kutipan Natsuki (musim panas) adalah gambaran tentang musim dingin (Fuyu). pasangan Natsuki adalah Fuyuka

Akiho : "All the flowers are blooming, showing their happiness and hopes in these brand new days."

kutipan Akiho (musim gugur) adalah gambaran tentang musim semi (Haru). cocok dengan Haruka.

Fuyuka : "It is hot over my place, everyday is a thirsty day."

kutipan Fuyuka (musim dingin) adalah gambaran tentang musim panas (Natsu). cocok dengan Natsuki.

Jadi jawabannya seperti tadi :

Haruka x Akiho
Natsuki x Fuyuka

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

9
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Desember 03, 2014, 03:22:02 PM »
Yang ada dalam fikiran saya, ini sih pengalaman pribadi sebetulnya. Awalnya cuma kosong dan gelap, kemudian terciptalah konsep dua dimensi. Kemudian dari konsep dua dimensi diciptakanlah dimensi ketiga, yaitu kedalaman. Dan dengan adanya kedalaman, muncullah konsep ketakterhinggaan. Konsep 3 dimensi muncul dengan membagi panjang atau tinggi dengan Z sehingga akan ada banyak dan tidak terhingga sebuah garis jika dijajarkan secara dalam. Kemudian dari itu, terciptalah konsep bundar, sehingga, suatu garis akan bisa menghadap kemana saja, sehingga dari ketidak terhinggaan terciptalah ketidak terhinggaan baru, sehingga, sebuah garis bisa menghadap dari sudut 0, ke sudut 0.999999999999999999....dst dst baru sampai kesudut 1. Dan total ada 360 derajat, tapi hitungan yang dipakai bukan 360 derajat, melainkan (22/7)/180 untuk X dan 1-X untuk Y. Dari ketidakterhinggaan tersebut, kemudian terciptalah konsep fisika, dimana sebuah benda tidak akan bisa menempati tempat yang sama dalam satu waktu, sehingga terciptalah ketidakterhinggaan baru yang bernama jumlah. Dengan adanya konsep ini, suatu lingkaran akan semakin besar jika lingkaran terluar tercipta lingkaran baru. Dari ketidak terhinggaan ini diciptakanlah konsep partikel, dimana wujudnya adalah hanya energi saja yang tidak ada wujud apa apa yang diputarkan secara cepat sehingga seolah olah partikel itu nyata bentuknya. Dari ketidak terhinggaan ini, diciptalah suatu konsep baru, yaitu muatan. Awal mulanya hanya ada 2 partikel saja, muatan plus dan muatan negatif, dari ketidak terhinggaan sebelumnya, terciptalah ketidak terhinggaan baru dalam wujud bentuk. Dari konsep partikel bermuatan muncullah konsep atom, atom ini pun menciptakan ketidak terhinggaan baru dalam bentuk molekul. Nah kitab kejadian versi saya ini berhenti disini, karena ketidak terhinggaan wujud baru yang berasal dari ketidak terhinggaan panjang molekul menciptakan yang disebut sell yang juga jumlahnya tidak terhingga, baik bentuk ataupun jenis belum ditemukan rahasianya.

Dan saya menyebut dunia yang saya tulis diatas, simulasi komputer. :D

kalau anda bicara soal kosong dan gelap artinya anda bicara soal ruang 3 dimensi tanpa isi dan cahaya.

10
Olah Otak / Re:Haru Natsu Aki Fuyu
« pada: November 01, 2014, 03:24:13 PM »
kalau saya jawab ngak pake alasan dapet IQ ndak? (kalo bener) :D

Haruka x Akiho
Natsuki x Fuyuka

11
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 01, 2014, 03:21:18 PM »
Bagaimana cara membuktikannya dengan menggunakan satelit yang diorbitkan diluar jangkauan gravitasi bumi? Jadi waktu bumi berputar satelit itu tidak ikut berputar, dan dengan membuat beberapa stasiun penerima di beberapa negara, kita bisa melihat secara langsung dengan menggunakan kamera apakah benar bumi ini berputar atau tidak.

masalahnya ada orang yang masih anti teknologi. jangan kan satelit. telepon genggam saja dianggap teknologi yang nggak bisa dipercaya padahal digunakan hampir semua orang. (padahal komputer internet sudah digunakan)

---

BTW
hingga sekarang, adakah alasan ilmiah membantah argumen heliosentris tentang penyebab siang dan malam? atau mungkin kita akan mendengar jawaban nggak nyambung?

12
dosennya terlalu sensitif. kasihan sekali di mahasiswa padahal yang bayar siapa.
disiplin kerja kan juga meliputi kerjaan sebagai dosen, masak iya dosen nga boleh dikritik? padahal kritiknya membangun.
saya pikir setiap manusia punya sisi sensitifnya sendiri-sendiri sehingga mereka yang sensitif sekolah dan kuliah kalo dikritik maka dianggap menyerang. nggak peduli apa itu kritik yang membangun atau nggak, ngasih solusi atau nggak.
sehingga ada yang kesentil ketika suatu hal dikritik tapi ada juga yang tidak perduli...
di kritik saya jelas kritik yang membangun dan memberikan solusi seperti beberapa kritik yang lain. bahasa tidak mencaci-maki.
kalau saya kritik pemain sepak bola atau sopir angkot Indonesia dengan gaya bahasa yang sama, siapa yang merasa kesentil?
so, soal tersinggung apa nggak, ini masalah sensitifitas.

13
Astronomi dan Kosmologi / Re:Dark matter?
« pada: November 01, 2014, 03:06:40 PM »
jadi benda atau objek memang memiliki warna ya. lalu bagaimana dengan klaim bahwa warna itu muncul karena cahaya atau karena mata manusia? yang mana yg bener?

14
Kimia / Re:Hydrogen dari air laut
« pada: November 01, 2014, 03:03:26 PM »
intinya memang bukan bahan bakar dari air tapi dari hidrogen. cuman masalah efisiensi. lebih banyak energi dibutuhkan untuk memisahkan unsur-unsur di dalam air, ketimbang energi yang dihasilkan. tapi ya keep working and have a little faith!

15
Wha... masih belum terjawab juga? Padahal gampang lho.
Baiklah, kalo gitu sy kasih clue lagi supaya lebih mudah ditebak.

Kertas art carton adalah bangun datar sama seperti tanah. menurut satu sudut pandang, 2 area tanah bisa sama ukurannya tapi menurut sudut pandang lain ukuran mereka bisa beda! dan itu menjelaskan mengapa kertas art carton Hoshi menghasilkan lebih banyak bujur sangkar.  8)


OK. kalau begitu saja jawab :

Kertas art carton Hana dan Hoshi kelilingnya sama tapi luasnya beda. soal angka bukan issue kan?

(anda bilang bahwa kertas art carton mereka diukur pakai penggaris dan ukurannya sama, jadi pasti kelilingnya yang sama)

Halaman: [1] 2 ... 8
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia