Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - __________

Halaman: [1] 2 ... 6
1
Astronomi dan Kosmologi / Re:Time Travel with speed of light
« pada: Maret 09, 2014, 07:37:35 PM »
kalo dunia paralel itu ada berarti ada donk Tuhan paralel, surga paralel, neraka paralel... kalo gua ke berbagai dunia paralel terus melakukan kejahatan lantas kalo gua mati, Tuhan yang mana yang menghakimi gua?  :angel:

2
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Maret 09, 2014, 07:31:36 PM »
meskipun nyaris terlihat semua perlengkapan Ivanov, itu sudah cukup bagi mereka para pecatur untuk tidak lagi mau bermain melawannya. @ytridyrevsielixetuls saya akui analisa anda brilian juga. ga terpikir sampe kesitu. BTW efek sepia itu tidak bisa menembus jaket kan kalo ga salah.... tapi terlepas dari masalah gimana caranya curang, satu pertanyaan : kenapa mau main catur aja mesti nyimpen tape di ketiak terus nyimpen suatu device di dada?

3
Olah Otak / Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« pada: Maret 09, 2014, 07:08:48 PM »
jumlah jawaban BENAR tidak terbatas? berarti kemungkinan besar ya angka-angkanya bisa ditentukan oleh penjawab sendiri dan karena jumlah angka tidak terbatas maka dianggap jawabannya tidak terbatas kan? kalo menurut saya angka-angka itu harus sinkron dimana kertas art carton Hana dan Hoshi ukurannya sama pada satu perspektif tetapi berbeda pada perspektif yang lain, yg mana kedua-duanya sama2 termasuk bidang matematika. utk sekarang ini baru itu yg gwa bisa tangkep dari soal ini. intinya harus ada bukti matematis bahwa kedua kertas itu sama sekaligus berbeda ukurannya dan angkanya kita atur sendiri. itu kalo menurut saya loh.. cmiiw

4
Pendidikan / Re:meningkatkan kualitas pendidikan
« pada: Maret 09, 2014, 07:02:05 PM »
sistem pendidikan harus fleksibel bagi setiap karakter siswa bukan cuma diarahkan menjadi satu kelompok monoton saja. semuanya harus A saja. padahal A bukan satu-satunya hal positif. tentu bagi yang berminat dan berbakat A maka mereka diuntungkan dan bagi yang tidak maka mereka dirugikan. oh ya saya setuju dengan pendapat yg mengatakan bahwa tidak bagus mengarahkan semua murid untuk menjadi wajib menguasai semua pelajaran.

5
Ilmu Ekonomi dan Manajemen / Re:Anomali nilai tukar rupiah
« pada: Januari 16, 2014, 05:10:57 PM »
katakanlah win-win solution, anda butuh produk atau teknologi, kami butuh uang atau SDA. dan sebaliknya.
tapi kalau Indonesia menjadi negara kreatif dan paling dibutuhkan sehingga melebarkan sayap industrinya ke negara lain, bisa jadi negara kita akan dicap sebagai penjajah ekonomi karena begitu banyaknya produk dan waralaba indonesia disana dan SDA negara asing akan dikuras demi menciptakan produk indonesia, dan produk lokal mereka kalah kualitas dengan produk indonesia sehingga produk mereka tidak laku. kalau hal itu terjadi, apa reaksi kita ya? apakah kita akan membuang kesempatan menjadi lebih makmur karena kasihan dengan industri lokal negara lain yang kalah bersaing dengan kita?  ;)

6
kalau dengan Qe1+ atau Qf1+ tidak menjadikan Putih menang, maka ada beberapa kemungkinan kenapa...

1. Stalemate. tetapi saya tidak melihat kepastian akan stalemate kalo Putih melangkah kemana saja. saya pikir malah mustahil.

2. Draw by three move repetition. kalau benar ini alasannya, itu namanya twisted logic. semua orang ga akan bisa jawab langkah mana yang diulang-ulang 3 kali oleh Hitam dan 2 kali oleh Putih.

3. Draw by 50 pawnless moves. ini bisa juga terjadi. tetapi akan sangat sulit menebak bagaimana Putih dan Hitam bermain dari awal hingga membentuk posisi seperti ini dimana Hitam sudah melangkah 50 kali tanpa memukul/menggerakkan pion dan Putih sudah melangkah 49 kali tanpa memukul/menggerakkan pion.

kemungkinan besar yang nomor 3 karena lebih masuk akal untuk mencari-tahu bagaimana prosesnya dari awal sehingga membentuk posisi seperti itu dimana akan draw kalau Putih melangkah ke Qe1+/Qf1+ ketimbang nomor 1 yang terkesan mustahil dan 2 yang twisted logic.
dan kalau benar memang nomor 3, maka jawaban saya adalah:

Rg3xg6 yang mana benteng Putih memukul pion Hitam untuk mencegah Draw by 50 Pawnless Moves. sekaligus mencegah skakmat oleh Hitam lewat Rg7-g8#

1. Rxg6, Rg8+
2. Rxg8, ..... (disini Hitam sudah kalah)
3. Qf1#

tapi saya tidak tau kenapa posisinya bisa terbentuk seperti itu?

7
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Desember 12, 2013, 03:03:53 PM »
Dan terakhir adalah soal “expected move”, langkah yang engine harapkan akan diambil oleh lawannya.

Setiap engine memiliki “expected move” ketika ia sedang menunggu lawannya melangkah. Bisa anda lihat di tabel GUI manakala engine bermain. Kenapa tidak terbuka kemungkinan, dua top engine bertarung memiliki perhitungan yg sama? Opsi dan varian yg sama? Tidakkah mungkin expected move suatu engine sama dengan langkah yg diambil engine yg jadi lawannya, begitu juga sebaliknya?

dari semua faktor yg saya jabarkan, maka tidaklah heran kenapa si engine bisa terlihat seperti orang jenius, tukang ramal, dan aktor. ini bukannya pengkultusan engine. tapi penilaian yg muncul dari pengamatan terhadap beberapa pertandingan antar engine.

8
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Desember 12, 2013, 02:56:21 PM »
Nah sekarang kembali ke pertanyaan @ytridyrevsielixetuls

Bagaimana menjelaskan pertandingan ini, antara Houdini 2 vs Critter 1.4.

<a href="http://www.youtube.com/v/WHRfrqbD1oY&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/WHRfrqbD1oY&rel=0</a>

jelas2 Hitam rugi materi. Tapi puluhan langkah kedepan, Putih dipaksa untuk rugi materi bahkan kalah posisi. Apakah itu karena Hitam blunder kemudian puluhan langkah setelah itu Putih jadi blunder juga? Rasa-rasanya tidak. Manakala tidak ada gangguan teknis dan dua engine top bertarung dengan spec komputer yg mendukung, jelas perhitungan mereka sangat tajam.

Kalau menurut Hitam atau Putih tidak ada blunder dalam pengorbanan Hitam meski Hitam jadi rugi materi, lantas apa alasannya Hitam dianggap unggul posisi atau seimbang? Dan kenapa Hitam jadi unggul puluhan langkah kemudian? Sekali lagi, engine tidak punya intuisi.

Coba anda tonton lagi Houdini 2 vs Critter 1.4 itu. Hitam jelas rugi materi, tapi puluhan langkah kemudian jadi balik modal, dan menang. Dalam beberapa kasus semacam itu, anehnya balik modalnya dengan jenis piece yg sama. Kalau diperhatikan dengan cermat, akhirnya menimbulkan kesan :

“oh jadi begini toh alasan Hitam kenapa dia rela rugi Benteng. Ternyata dia tahu bahwa nanti Putih akan kehilangan Bentengnya. Tadinya saya pikir Putih yang unggul...”

9
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Desember 12, 2013, 02:52:47 PM »
Jadi, apakah engine mampu mengetahui hasil pertandingan di awal babak tengah?

Sebenarnya jawabannya bisa ya dan tidak. Engine tidak punya intuisi sehingga penilaian engine terhadap suatu posisi dimasa sekarang atau dimasa depan, bukan berdasarkan “wah, kelihatannya si Putih unggul” atau “kelihatannya seimbang tuh” atau semacamnya. So pasti, ada “catatan tertulis” mengapa engine menilai suatu posisi sekarang atau dimasa depan dikatakan lebih baik, lebih buruk, atau seimbang. Karena memang si engine tahu posisi2 tsb bisa berkembang menjadi posisi2 lain!

Cuma kekuatan engine saja yg berbeda-beda sehingga jangan heran kenapa beberapa engine ada yg melakukan kesalahan. Diluar faktor malfungsi. Sekarang tanpa kesalahan teknis, dalam beberapa pertandingan, jangan heran kenapa top engine bisa terlihat seperti orang jenius, tukang ramal, atau aktor.

Dalam pengalaman saya, saya telah menyaksikan beberapa kali dua engine kuat bertarung. Di babak tengah, salah satu engine menukarkan buah caturnya dengan buah catur lawan yg lebih rendah nilainya, sehingga engine tsb rugi materi. Puluhan langkah kedepan barulah ternyata si engine tsb balik modal, sehingga secara materi jadi seimbang, bahkan berbalik jadi menang.

10
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Desember 12, 2013, 02:49:28 PM »
Di dalam engine sendiri terdapat “tabel nilai” untuk setiap piece misalnya Menteri dinilai 9, Pion dinilai 1, Benteng dinilai 5, dst. Namun ini hanya sebatas nilai materi. Sebagaimana yg kita tau, unggul materi bukan berarti unggul posisi. Sehingga dalam beberapa pertandingan, engine rela rugi materi supaya unggul posisi. Artinya ada “faktor lain” dimasukkan ke dlm engine spy keputusannya lebih baik, misal seperti bidak rangkap, bidak terisolasi, ruang gerak, seberapa bebaskah buah catur anda ketika dimiliki dlm posisi2 tertentu yg mungkin terjadi, bisakah buah catur anda bergerak ke daerah lawan dan daerah sendiri, seberapa besar potensinya untuk mematikan raja atau dipukul lawan, dll.

Misal : percuma memiliki benteng dan menteri sedangkan lawan tidak, tapi keduanya tidak punya ruang gerak untuk melindungi raja sementara raja anda berada dalam posis rawan skak dan skakmat.

Engine mampu membaca jutaan kemungkinan dalam waktu singkat. Setiap langkah legal yg bisa dilakukan dalam posisi sekarang bisa memiliki banyak cabang, dan setiap cabang memiliki banyak cabang, dan seterusnya. Semakin lama waktu yg diberikan dan semakin besar hashtable size yg dimiliki, semakin banyak kemungkinan yg bisa dibaca. Namun, percuma saja kalau waktu lama dan hashtable besar diberikan kalau “kekuatan” enginenya memang tidak sanggup membaca jutaan langkah.

Lalu kenapa hanya belasan atau puluhan opsi saja yg bisa dibaca ? dan kenapa setiap opsi hanya berisi belasan atau puluhan varian? dan kenapa setiap varian hanya berisi belasan atau sekitar 20 langkah kedepan? Ini mengesankan bahwa engine hanya mampu membaca kemungkinan hingga 3 lapis saja.

Katakanlah : dalam suatu posisi engine menciptakan 40 opsi, setiap opsi ada 20 varian, dan setiap varian berisi 20 langkah kedepan. Terkesan hanya tiga lapis saja.. kenapa bisa begitu?

Well.. si engine memiliki kemampuan untuk mengevaluasi posisi2 pada papan catur. Di antara jutaan kemungkinan yg bisa dibaca oleh engine, difilter menjadi belasan atau puluhan opsi. dan dari setiap opsi itu memiliki belasan atau puluhan varian. Dan dari setiap varian berisi belasan atau sekitar 20 langkah kedepan.

Evaluasi itu muncul dari “tabel nilai” dan “faktor lain” yg saya sebutkan sebelumnya, ditambah dengan database grandmaster dan endgame tablebase yg juga saya sudah sebutkan. Sehingga bukan cuma kemampuan mengambil langkah legal saja yg menjadi “kekuatan” engine. Jadi dari jutaan kemungkinan yg bisa dibaca engine, dia hanya mengambil yg dia anggap paling ideal saja.

11
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Desember 12, 2013, 02:44:08 PM »
Berhubung penjelasan soal intuisi sudah diuraikan secara detail, saya akan fokus ke engine. Apakah engine mampu mengetahui hasil pertandingan di awal babak tengah?

OK. Sebelumnya kita bahas dulu bagaimana engine “berpikir”. Ini pertanyaan sangat sulit, sulit dijawab dan dijelaskan. Saya bukan pakar engine, bisa jadi penjelasan sy tidak sepenuhnya akurat. Saya akan coba uraikan dengan bahasa yg lebih sederhana dan sejauh pengetahuan saja..

Setidaknya untuk engine sekarang, mereka dilengkapi database pertandingan2 grandmaster + opening book + endgame tablebase. Artinya dng database pertandingan2 gradmaster engine memiliki data berisi pertandingan2 manusia terdahulu sehingga apabila ia terjebak pada pre-arranged positions, engine akan tau langkah yg dianggap paling ideal. Bagaimana bisa? Karena data tsb sudah difilter setelah dianalisa untuk diketemukan langkah2 paling ideal, kemudian “diinput” ke engine.

Opening book berisi langkah2 dalam pembukaan sehingga engine memilih langkah2 secara acak tanpa blunder tanpa perhitungan apapun. Langkah2 tsb tentu saja sudah pernah dimainkan oleh manusia dan diakui bukan blunder. Setiap master dan engine memiliki “repertoire” dimana mereka tidak lagi berpikir ketika mengambil langkah2 tertentu di awal2 pertandingan. Karena mereka sudah “hafal” kalau diawali dng langkah ini, maka bisa direspon dengan langkah ini atau ini atau ini, dst.

Dan terakhir endgame tablebase yg isinya teori2 tentang penyelesaian manakala berada di posisi2 tertentu, yg sebenarnya merupakan penguat analisa terhadap permainan catur dengan sedikit piece. Perbedaan antara opening book dan endgame tablebase adalah opening book berisi langkah2 pasti dan multak ditiru, sedangkan endgame tablebase bisa lebih variatif, artinya langkah yg diambil boleh jadi berupa keputusan atas dasar teori2 babak akhir ditambah analisa algoritma utk menemukan langkah paling ideal.

Selebihnya adalah algoritma. Ini rumit.

12
Sosial dan Politik / Re:ARTI KEMERDEKAAN BAGIMU ?
« pada: Oktober 31, 2013, 06:40:21 PM »
setuju sama anda @Avetu, terkadang merdeka tidak hanya karena ada faktor fisik tapi juga karena ada faktor emosional. sehingga ada orang yang berada dalam posisi sama tapi tak semuanya merasa merdeka atau terjajah. dan sepertinya "kemerdekaan" yang katanya adalah hak setiap bangsa dan manusia.... tidak semuanya mau diterima oleh manusia, tapi penolakan ini semata-mata karena definisi merdeka atau kemerdekaan bagi seluruh manusia tidak sama.... sehingga mereka yang menolak merasa orang yang menawarkan kemerdekaan itu justru sebagai penjajah. dan tentu saja, ada juga penjajah yang justru dianggap membawa kemerdekaan. ya sepertinya ini masalah "sensasi rasa"




13
Sosial dan Politik / Re:Iklan Hand & Body Lotions, huh...
« pada: Oktober 31, 2013, 06:27:00 PM »
anda boleh saja mempromosikan atau memblow-up kecantikan wanita dari warna kulit manapun atau bentuk wajah dan tubuh manapun. tapi fakta tetaplah fakta. di luar faktor opini wanita dan produsen produk kecantikan, mayoritas pria tetap memilih tipe wanita dengan ciri-ciri fisik yang sekarang ini :

1. paling banyak jadi model/bintang porno.
2. paling banyak model majalah, iklan, dsb.
3. paling banyak jadi ring girl.
4. paling banyak jadi umbrella girl.
5. paling banyak jadi SPG.
6. paling banyak jadi girlband.
7. paling banyak jadi model/bintang produk kecantikan.
8. paling banyak jadi karakterk anime wanita. termasuk juga manga dan video game.

9...... dan posisi lainnya dimana penampilan fisik dituntut harus menarik.

padahal mayoritas orang yang mengatur cara mereka berpakaian dan berdandan dalam pekerjaan2 diatas adalah pria. begitujuga dengan agen2 yang mencari wanita2 tsb. hampir semuanya pria. ketika seorang wanita melamar pekerjaan yang mengharuskan berpenampilan menarik, ia harus berhadapan dengan pria yang menilainya dan pria itu memutuskan apakah wanita itu cantik atau tidak. kenapa pria yang menilainya? karena pria lawan jenis dan pria sejatinya makhluk visual! dan sesama pria tahu wanita tipe mana yang fisiknya paling suka dilihat pria. dan akhirnya wanita juga tahu. sehingga terciptalah fenomena nomor 1-8
FYI, mayoritas mangaka, anime drawer, dan game developer adalah pria.

saya tahu beberapa iklan produk kecantikan itu lebay dan nyeleneh (terutama iklan penghilang bulu)... tapi keputusan untuk menyukai atau memilih warna kulit tertentu atau bentuk wajah dan tubuh tertentu sebagai standar kecantikan tetap merupakan hak pribadi. saya juga punya tipe wanita versi saya sendiri dan itu mutlak hak saya.


14
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Oktober 31, 2013, 05:59:58 PM »
fenomena Borislav Ivanov memang bikin mata melotot, geleng2 kepala sekaligus ngakak... ketika diwawancarai tentang penggeledahannya di turnamen di Kroasia. dia bilang bahwa dia punya daya tarik seksual.  ;D sudah gitu bilang pernah mengalahkan Rybka dan Houdini masing2 10-0.  :o

Did the arbiter take your clothes off, or did they just check your pockets?

Well, I know my body is handsome and beautiful, but I didn't find it enough to show them the real sexual affection I have for other people around me, so I just said no, although they checked my pockets very slowly and my jacket and after they found nothing.... well, may be they were a bit disappointed, cause they were 100% sure I was cheating and of course that's a total lie

How did you manage to beat the Croatian grandmasters?

I dont think there was anything special in my games at all. The Croatian GMs made some horrible mistakes during our games. Of course I practiced a lot with the computer, and after beating Rybka and Houdini by 10-0 each, i was absolutelly sure that no-one was gonna stop me winning. After all the arbiters were kind of polite and intelligent, you know, the other players weren't though....

-----------------

3 October 2013, Borislav Ivanov dikeluarkan dari turnamen setelah menolak diperiksa sepatunya ketika ia bertanding melawan  Maxim Dlugy. Dlugy sudah diperiksa sedangkan Ivanov menolak dengan alasan "kaos kaki saya bau"  ;D

5 October 2013, Borislav Ivanov pensiun dari dunia catur. selama ini ia tidak diperiksa sepatunya sehingga banyak orang meyakini di sepatunya tersimpan semacam device untuk curang

tapi saya juga tidak tahu bagaimana cara curang dengan menaruh device seperti smartphone di dalam sepatu????? jangan lupa Ivanov pernah main seperti engine dalam catur cepat. saya rasa penjelasan dibawah masih tidak masuk akal... atau saya aja yang gaptek???

We have done a little research and found that, unfortunately, there is a very low-tech way to cheat in chess: a modern Android or Apple smartphone easily fits into a shoe, and you can use your toes to send signals to the motion detector in the phone. Little wiggles will do it. Or the toe can be used to tap on the LED screen. The response of the phone would be short bursts of vibration. An app could handle the interface to a chess engine running on the device. So it is not really necessary to work out a very complicated communication system to explain how a player may be using computer assistance during a chess tournament.

http://chessbase.com/Portals/4/files/news/2013/ivanov20.jpg

15
Piranti Lunak / Re:Program catur apa yang paling kuat?
« pada: Oktober 31, 2013, 05:42:51 PM »
sekalian saya ingin tanya pendapat para member... menurut anda secara teori lebih besar mana nilanya? 1 Kuda atau 3 Pion?

kalau dengan mempelajari teori soal nilai materi dari catur, tentu bisa dijadikan landasan untuk cepat dalam mengambil keputusan, termasuk ketika melihat peluang menukarkan 1 kuda dengan 3 pion. bagaimana teori menilai ini?

apakah 3 pion lebih berharga daripada 1 kuda? atau nilai mereka setara?

yang paling umum dipakai manusia dan engine adalah :

Bidak/Pawn = 1
Benteng/Rook = 5
Kuda/Knight = 3
Gajah/Bishop = 3
Menteri/Queen = 8

dan ini bukan satu-satunya alasan manusia atau engine melakukan pertukaran. karena unggul materi belum tentu unggul posisi. kasus Houdini 2 vs Critter 1.4 tsb merupakan salah satu contoh bahwa anda bisa unggul posisi meski kalah materi.

dalam permainan Rybka 3 vs Nakamura kelihatan, meski sulit dipercaya, bahwa Nakamura seperti memanfaatkan "algoritma" ini untuk mengecoh Rybka yaitu dengan menciptakan permainan bidak tertutup dan merelakan Rybka unggul Benteng, tapi Rybka ga bisa menyerang karena bentengnya terhalang bidak2. setelah 200 langkah lebih Nakamura akhirnya mengalahkan Rybka. entah benar atau tidak. opening yg dipake Rybka juga ga lazim atau mungkin dia ga pake opening book....

Halaman: [1] 2 ... 6
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia