Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - syx

Halaman: [1] 2 ... 303
1
Biologi / Re:Love in Science
« pada: Juli 03, 2014, 03:27:27 PM »
yang bener oxytocin...

2
Kesehatan / Re:Terapi Belatung untuk Penyembuhan Luka Terbuka
« pada: Juni 17, 2014, 07:12:29 AM »
saya tidak tau pasti gimana kondisi pasien saat itu karena saya tidak dapat hadir untuk menjenguknya. yang ada hanya catatan Dr Bauer dalam jurnalnya:
On their arrival at the hospital I found that they had no fever and that there was no evidence of septicaemia or blood poisoning. Indeed, their condition was remarkably good, and if it had not been for their starvation and thirst, we would have said they were in excellent condition. When I noticed the extent of the wounds, of the thigh particularly, I could not but marvel at the good constitutional condition of the patients. At that time the mortality of Compound fractures of the femur was about seventy-five to eighty per cent.—even when the wounded had the best of medical and surgical care that the Army and Navy could provide.
beliau sendiri heran dengan kondisi yang 'baik' tersebut...

3
Kesehatan / Re:pertanyaan diabetes
« pada: Juni 16, 2014, 12:37:02 PM »
mati kelaparan...
silakan di baca http://www.forumsains.com/kesehatan/terapi-belatung-untuk-penyembuhan-luka-terbuka/
ada di bagian terakhir

4
Kesehatan / Re:Kaitan Kamar Tidur Terang dan Obesitas pada Perempuan
« pada: Juni 16, 2014, 07:13:56 AM »
sangat sulit melakukan penelitian seperti ini yang benar-benar bersih dari pengotor karena efek yang jangka panjang. jika demikian maka orang-orang itu perlu diisolasi dalam jangka waktu lama. saya kira penelitian yang lain juga tidak dilakukan dengan cara isolasi seperti ini (misalnya efek kopi terhadap kesehatan, efek rokok terhadap kesehatan, dll). saya tidak tahu gimana penilaian statistik, tetapi pasti ada cara menentukan suatu faktor bisa menjadi pemicu di antara faktor-faktor yang lain.

5
Kesehatan / Re:Terapi Belatung untuk Penyembuhan Luka Terbuka
« pada: Juni 16, 2014, 07:04:16 AM »
bagian itu saya mengutip jurnal aslinya. baru nyadar juga saya masalah tidak minum 7 hari itu.

"For seven days they lay on the battlefield without water, without food, and exposed to the weather and all the insects which were about that region."
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3048276/

tapi itu bisa saja terjadi. contohnya pernah ditemukan korban hidup selama 2 minggu dari reruntuhan gempa haiti.
http://www.nydailynews.com/news/world/haiti-earthquake-victims-survive-weeks-rubble-docs-explain-factors-article-1.458732

6
Kesehatan / Re:Minyak Terozonisasi untuk Penyembuhan Luka Kronis
« pada: Juni 16, 2014, 06:58:50 AM »
silakan dibaca di jurnal aslinya (terlampir)

7
Kesehatan / Re:pertanyaan diabetes
« pada: Juni 16, 2014, 06:54:55 AM »
kalo di indonesia sepertinya yang jadi masalah adalah pengadaan dan distribusi. belum ada budidaya belatung untuk medis di indonesia dan luas area indonesia menyulitkan pengiriman belatung yang memerlukan waktu singkat, kurang dari 24 jam, dari produsen ke pasien.

8
Kesehatan / Re:pertanyaan diabetes
« pada: Juni 12, 2014, 07:11:50 AM »
... harus segera diterapi, jika tidak bisa sampai diamputasi loh

see http://www.forumsains.com/kesehatan/terapi-belatung-untuk-penyembuhan-luka-terbuka/
di US udah dipake untuk menghindari amputasi akibat gangrene pada penderita diabetes

9
Kesehatan / Re:Minyak Terozonisasi untuk Penyembuhan Luka Kronis
« pada: Juni 12, 2014, 07:09:30 AM »
jurnal yang saya ambil melaporkan penelitian perbandingan efikasi penyembuhan luka dari berbagai macam wound treatment products dan di situ ditemukan bahwa ozonated olive oil memiliki tingkat efikasi yang tertinggi.

10
Kesehatan / Re:Kaitan Kamar Tidur Terang dan Obesitas pada Perempuan
« pada: Juni 12, 2014, 07:06:24 AM »
memang masih banyak faktor yang bisa berpengaruh. penelitian tersebut hanya membandingkan antara data tingkat kegelapan kamar tidur terhadap parameter obesitas. jumlah sampel yang digunakan sepertinya sudah cukup besar untuk menarik kesimpulan awal.

11
Kesehatan / Re:Minyak Terozonisasi untuk Penyembuhan Luka Kronis
« pada: Juni 07, 2014, 03:37:28 PM »
ozone yang digunakan sama-sama O3. Tapi yang kita pake di sini dibuat dengan menggunakan mesin, sedangkan ozone yang di alam terbentuk secara alami dengan bantuan petir.

12
Kesehatan / Re:Minyak Terozonisasi untuk Penyembuhan Luka Kronis
« pada: Juni 07, 2014, 01:19:14 PM »
ozon ini bisa dibuat kemudian dialirkan ke minyak. sama halnya pada ozon yang digunakan dalam sterilisasi air. jadi bukan menggunakan ozon yang di angkasa.

13
Sosial dan Politik / Re:FPI
« pada: Juni 06, 2014, 06:58:24 AM »
Kutipan menarik dari autobiografi Bung Hatta:

Perang Padri berawal dari pertentangan kaum adat dan kaum agama. Guru-guru agama yang baru kembali dari Mekkah, yang di sana terpengaruh dengan sikap keras dan murni kaum Wahabi, mau membersihkan agama Islam di Minangkabau dari berbagai perbuatan yang diadatkan seperti mengadu ayam, makan sirih, dan mengisap cerutu. Beberapa bagian dari hukum adat dianggap mereka bertentangan dengan hukum-hukum Islam. Mereka lupa bahwa hukum yang setinggi-tingginya dalam Islam ialah damai. Damai membawa kesejahteraan kepada segala golongan dan memperbesar rasa bakti kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Di atas dasar damai itu Nabi Muhammad SAW membiarkan berlakuk hukum kebiasaan di Tanah Arab yang menjamin keselamatan umum. Tetapi, menurut kebiasaan, pengikut-pengikut baru dalam Islam yang belum memahami ajaran Islam seluruhnya untuk dunia dan akhirat lebih fanatik dibandingkan dengan Rasul dan pengikut-pengikut yang pertama.
(Mohammad Hatta)

Diambil dari: Hatta M (2011) Untuk Negeriku: Bukittinggi-Rotterdam Lewat Betawi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

14
Kesehatan / Minyak Terozonisasi untuk Penyembuhan Luka Kronis
« pada: Juni 06, 2014, 06:52:03 AM »
Satu penelitian di Belgia, yang dipimpin oleh Gilles Brackman, membandingkan efektivitas dari 18 produk perawatan luka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun terozonisasi memiliki aktivitas tertinggi untuk menghancurkan biofilm. Sayang sekali jika produk yang efektif ini masih jarang digunakan.

Penyembuhan luka dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama infeksi bakteri dan keberadaan biofilm yang secara signifikan memberikan hambatan. Beragam mikroorganisme patogen dapat tumbuh pada luka kronis, antara lain Staphylococcus aureus, S. epidermidis, Pseudomonas aeruginosa, dan Candida albicans. Mikroorganisme tersebut dapat membentuk biofilm yang menutup luka dan menjadi tempat berkembang biak. Beberapa studi menunjukkan bahwa keberadaan biofilm pada luka merupakan alasan utama penyebab kegagalan penyembuhannya.

Ozon sendiri merupakan gas alami tidak stabil yang terdiri dari tiga atom oksigen. Christian Friedrich Schonbein (1799-1869) pertama kali melaporkan penemuan ozon pada 1840 saat beruji coba mengalirkan listrik dalam gas oksigen. Schonbein menyebutnya oksigen superaktif dengan aroma khas yang kuat. Aroma ini dapat kita cium saat terjadi hujan yang disertai guntur dan kilat. Secara alami, kilat yang merupakan arus listrik tegangan tinggi, yang mengkatalisis pembentukan ozon dari oksigen yang ada di atmosfer. Berdasarkan konsep tersebut, Werner von Siemens  membuat tabung superinduksi (tabung Siemens) untuk membuat ozon sehingga penerapan ozon semakin berkembang.

Dalam dunia industri, ozon kebanyakan digunakan sebagai desinfektan yang efektif. Sifat antibakteri ini pula yang kemudian digunakan dalam pengobatan luka (Valacchi et al, 2005). Ozon yang ‘diikatkan’ dalam minyak tanaman, seperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, atau minyak wijen, dapat dengan mudah diaplikasikan pada luka karena bentuknya yang cair, dibandingkan jika menggunakan ozon secara langsung. Dalam minyak tanaman tersebut, ozon dapat menjadi lebih stabil karena berada dalam  bentuk beberapa senyawa seperti hidroperoksida, ozonida, aldehida, peroksida, diperoksida, dan poliperoksida, yang bertanggung jawab memberikan efek antimikroba.

Referensi
Bocci V (2011) Ozone: A New Medical Drug, 2nd Edition. London: Springer
Brackman G, De Meyer L, Nelis HJ, Coenye T (2013) Biofilm inhibitory and eradicating activity of wound care products against Staphylococcus aureus and Staphylococcus epidermidis biofilms in an in vitro chronic wound model. J. Appl. Microbiol. 114(6): 1833-1842.
Valacchi G, Fortino V, Bocci V (2005) The dual action of ozone on the skin. Br. J. Dermatol. 153(6): 1096-1100

http://syx-gf.blogspot.com/2014/03/minyak-terozonisasi-untuk-penyembuhan.html

15
Biologi / Mike Si Ayam Tanpa Kepala
« pada: Juni 06, 2014, 06:48:14 AM »
Pada 16-17 Mei di Fruita, Colorado, setiap tahunnya diadakan festival untuk mengenal seekor ayam tanpa kepala yang pernah hidup di kota itu antara 1945-1947.

10 September 1945, Llyoid Olsen, seorang petani di Fruita, Colorado, terkejut melihat ayam dipenggalnya tetap hidup. Setelah menunggu beberapa waktu ayam tersebut masih terus bertahan sehingga sang petani pun memutuskan untuk tetap memelihara ayam yang kemudian dipanggilnya Mike. Karena tidak memiliki mulut lagi, Mike diberi makan dengan biji-bijian dan air melalui penetes mata pada lubang kerongkongannya.

Seminggu kemudian, Olsen membawa Mike ke Universitas Utah, di kota Salt Lake. Para peneliti pun segera meneliti kemampuan Mike untuk bertahan hidup meskipun tanpa kepala. Mereka menemukan bahwa kapak tidak mengenai dari vena jugularis dan sebuah sumbatan menutupnya sehingga menghindarkan Mike dari pendarahan yang dapat menyebabkan kematian. Meskipun sebagian besar kepalanya sudah berada dalam toples, tetapi sebagian besar batang otak dan satu telinga tertinggal di tubuhnya. Aksi refleks ayam umumnya dikendalikan batang otak. Karena itulah Mike mampu bertahan hidup tanpa kepala.

Mike mampu bertahan hingga 18 minggu. Pada Maret 1947, di sebuah motel di Phoenix, Mike mengalami gangguan pernapasan. Lendir biasa menumpuk di saluran pernapasan Mike sehingga Olsen harus membersihkannya dengan syringe. Namun saat itu,  Olsen gagal menemukan syringe sehingga Mike tidak tertolong lagi.

Referensi:
www.miketheheadlesschicken.org
<a href="http://www.youtube.com/v/LqDjRCHyjTY&rel=0" target="_blank">http://www.youtube.com/v/LqDjRCHyjTY&rel=0</a>

http://syx-gf.blogspot.com/2014/05/mike-si-ayam-tanpa-kepala.html

Halaman: [1] 2 ... 303
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia