Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Pi-One

Halaman: [1] 2 ... 449
1
Agama dan Filosofi / Re:PANDANGAN ANDA TENTANG SURGA
« pada: Kemarin jam 08:35:30 PM »
Entah mengapa saya sempat berfikir kalau surga tempat yang membosankan, begitu juga neraka.
disurga kita dapat segala yang diinginkan(?) --> biasanya manusia yang dapat seluruh yang diinginkan akan mengalami jenuh.
Sedikit banyak setuju.
Entah kalau mesti dicuci otak dulu sebelum masuk, biar sama sekali gak bisa muncul kejenuhan. Juga gak bakal mikir keluarga, teman, kerabat atau orang yang kita kenal yang gak ada di sana.

2
Biologi / Re:Pemrograman DNA
« pada: Kemarin jam 08:25:40 PM »
Sekuens DNA salah dkit... ujung ujungny bakal kanker lho bro, ato disfungsi protein lainny. ;)

DNA itu kyk database sentral regulasi protein, protein itu kyk Solatny dalam Islam (gw Muslim)... pondasi nya sel utk berdiri.
Bisa dibilang, protein ama lemak itu sbg pondasi utama kehidupan. Dan dua duany diatur ama gen, itu sebabnya sawar pascazigotik slalu berhasil (Hewan hybrid jdi lemah ato sakit sakitan klo kawin lain spesies [error gen])

Thx

Tergantung.
DNA itu bisa memperbaiki sendiri kesalahan yang ada, pada taraf tertentu.
Itu alasannya mayoritas mutasi itu outputnya netral.
Sisanya mayoritas mungkin merugikan (utamanya untuk mutasi yang berlangsung cepat), tapi yang begini biasa sifatnya lethal. Sebagian kecil sisanya menguntungkan.

Tapi karena sekali lagi, yang merugikan biasa bikin makhluknya gak mampu survive, sifat yang begitu jarang terwariskan.

3
Agama dan Filosofi / Re:ikhlas g ya ibadah kita????
« pada: Kemarin jam 08:22:18 PM »
13:4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Berarti Tuhan itu tidak memiliki Kasih?
Karena ia menyimpan kesalahan orang lain agar bisa mengingatnya untuk menentukan seseorang masuk surga atau neraka...

4
Sastra dan Budaya / Re:Sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia
« pada: Oktober 23, 2014, 11:43:28 AM »
Janissari, janissari... Apa pula itu?
Pasukan elite Turki.
Mereka mengumpulkan anak-anak (umumnya dari penganut Kristen - tidak ada anak-anak muslim dalam pasukan ini), dikirim ke keluarga muslim Turki dan dididik untuk fokus pada kemiliteran. Karena hanya dididik dalam bidang kemiliteran, mereka jadi prajurit yang andal dalam pertempuran.

Tapi praktek macam ini bisa dikatakan sejenis cuci otak.

5
Astronomi dan Kosmologi / Re:Tekanan di Ruang Angkasa
« pada: Oktober 21, 2014, 10:51:45 PM »
1. Berapakah sesungguhnya nilai (Pa,Bar,atau lainnya) untuk tekanan di Ruang angkasa?

Ruang angkasa dimulai dari ketinggian sekitar 100 km, dimana tekanan udara adalah 1 Pa.
Makin tinggi, makin kecil pula tekanan udaranya, sampai-sampai ilmuwan umumnya sudah gak menggunakan istilah tekanan udara lagi. Di luar angkasa di mana nyaris tak ada papapun, nilainya bisa mencapai 1,322 × 10^-11 Pa.

2. Dan selanjutnya, Pengertian Ruang Hampa apakah sama dengan Vaccum? karena yg saya tau, kalau vacum itu nilainya minus (-Pa), apakah benar?

3. Untuk tekanan udara 0 pascal, apakah disebut hampa udara?

Vacuum adalah kondisi dimana sama sekali tak ada energi, momentum, partikel, elektromagnetis dsb.
Praktis vakuum ini tak bisa ditemukan di alam semesta kita. Tentu saja, jika benar ada kondisi vakuum, tekanannya bernilai 0 Pa.

Pranala:
http://www.answers.com/Q/What_is_the_pressure_in_outer_space

6
Biologi / Re:Garis Keras Untuk Pohn Ini..
« pada: Oktober 21, 2014, 10:38:15 PM »
Jangan-jangan "apel beracun" yang sering ada di dongeng-dongeng barat itu buah dari pohon tersebut?  ::)
Macam apel beracun dari kisah Snow White and seven dwarves?
Sepertinya gak, karena Snow White cuma tertidur doang setelah mengigit apelnya.
Dan bibirnya gak jontor, sehingga pangeran masih mau nyium dia  :P

7
Agama dan Filosofi / Re:ikhlas g ya ibadah kita????
« pada: Oktober 21, 2014, 10:34:25 PM »
Susah, itu hanya untuk orang orang bijak. Untuk orang biasa lebih baik berharap Allah akan membalas di akhirat nanti.
Emangnya orang yang punya perasaan simpati itu orang bijak?
Masak mau kalah dengan non-theis yang baik hati?

8
Astronomi dan Kosmologi / Re:Dark matter?
« pada: Oktober 21, 2014, 10:29:46 PM »
Ya bahasanya mungkin berbeda absence, atau tidka ada intensitas cahaya, tapi intinya tetap, gelap adalah ketidak adaan cahaya.
Tetap aja error.
Gelap tidak pernah menjadi ketiadaan cahaya, karena itu berarti tidak ada yang namanya gelap!

benda hitam sempurna adalah benda yang menyerap seluruh radiasi yang menimpanya. tidak ada radiasi yang dipantulkan, maka benda hitam sempurna tidak akan bisa dideteksi keberadaannya, kecuali jika benda hitam sempurna tsb memancarkan radiasi sendiri akibat suhu yang tinggi (radiasi termal).
Dengan definisi di atas, maka black hole mendekati kriteria tersebut.

9
Sastra dan Budaya / Re:Sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia
« pada: Oktober 21, 2014, 10:13:48 PM »
Wh... What...? Dikebiri? Humanity zaman dulu kejam-kejam ya...
Emang ada banyak praktek di masa lalu yang bisa digolongkan kejam.
Praktek kebiri (gak jarang korbannya budak atau tawanan perang), bahkan praktek janissari Turki dulu juga bisa dibilang kejam.

10
Astronomi dan Kosmologi / Re:Dark matter?
« pada: Oktober 15, 2014, 12:42:37 PM »
Berarti segelap apapun tetap masih ada intensitas cahaya?
Cahaya terdiri dari banyak frekuensi, termasuk yang tak terlihaat oleh mata kita.
Di mana mencari tempat yang sama sekali tak ada cahaya?
bahkan dalam kotak tertutup sempurna pun bukannya gka ada.

11
Sastra dan Budaya / Re:Sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia
« pada: Oktober 15, 2014, 12:36:27 PM »
Kasim itu apa ya? Budak kah?
Kasim itu pelayan istana, mereka dikebiri biar gak macam-macam pada wanita istana.

12
Fisika / Re:Means of time
« pada: Oktober 14, 2014, 09:55:30 AM »
Ane mw tanya ni sekarang, dimana agan bisa menjumpai ruang tanpa waktu? hehe, ini pertanyaan retoris gan,, jawabannya adalah.....

Agan bisa menjumpai ruang tanpa waktu di mana di dalam ruang itu tidak ada aktifitas, atau ada aktifitas tp agan gak menganggap itu aktifitas.

Istilah waktu muncul ketika agan ingin mengukur proses aktifitas di dalam ruang, apakah itu awal, akhir, pertengahan, jam, tahun dll
Sayangnya di semesta ini kita gak akan menemukan ruang manapun dimana tidak ada aktivitas. bahkan di 'ruang hampa' sekalipun, selalu ada aktivitas, selalu ada perubahan. Sementara waktu menyangkut perubahan, bahkan perubahan terkecil sekalipun

Satu-satunya kondisi dimana kita gak menemukan waktu adalah saat waktu masih berfungsi sebagai dimensi ruang di awal alam semesta (hipotesis hawking)

13
Agama dan Filosofi / Re:ikhlas g ya ibadah kita????
« pada: Oktober 14, 2014, 09:50:11 AM »
Tidak ikhlas saat berbuat baik kepada sesama manusia boleh, asal minta balasannya kepada Tuhan. Jadi berbuat baik karena mengharap pahala itu baik.
Bukannya lebih baik jika berbuat baik tanpa mengharap apa-apa?
Minimal mengharap kebaikan kita membuat orang lain jadi bahagia.

14
Astronomi dan Kosmologi / Re:Dark matter?
« pada: Oktober 14, 2014, 09:47:30 AM »
coba dong jelasin kenapa ini argumen yang ngawur.
Menurut saya darkness memang absence of light, begitu juga dingin.
Dingin mempunyai batas maksimum tapi panas tidak. Karena dingin multak adalah dimana tidak ada benturan antar partikel sehingga ikatan antar atom sangat kuat. Kita merasakan dingin atau tidak tidak lain karena otak kita lah yang menyatakan ini dan itu adalah dingin, padahal dingin hanyalah terlalu kuatnya ikatan antar atom, sehingga darah bisa berhenti mengalir dan jantung tidak bisa mengirimkan oksigen, sehingga kesadaran akan hilang karena hal hal tersebut.
Gelap bukan ketiadaan cahaya.
Gelap adalah istilah relatif untuk menyatakan kondisi dimana intensitas cahaya amat rendah.
Demikian pula dingin hanya istilah relatif untuk menyatakan suhu yang rendah.

15
Fisika / Re:Gravitasi
« pada: September 26, 2014, 08:15:06 PM »
om superstring maaf ni, tapi secara umumnya gravvitasi itu apa ya, soalnya klo pengertiannya "Gravitasi adalah interaksi tarik-menarik antara materi yang memiliki massa". Klo dihubungkan dengan blackhole gmna ?
Black hole itu memiliki massa besar tapi volume amat kecil.

Halaman: [1] 2 ... 449
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia