Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Sky

Halaman: [1] 2 ... 37
1
Piranti Lunak / Re:I have no idea what i need
« pada: Juli 03, 2012, 02:17:49 AM »
Perjelas masalahnya apa.
Nilainya mau diambil pada saat di client (browser) atau di server (setelah dikirimkan)?

2
Piranti Lunak / Re:Daemon Pada Linux-OS
« pada: Juli 03, 2012, 02:12:00 AM »
Ya, istilah daemon pada Linux mengacu padabackground process. Dia bekerja dibelakang layar, jadi tidak dimunculkan pada terminal atau GUI. Tapi prosesnya dapat dikontrol oleh kita (dimatikan, atau dijalankan ulang). Contoh gampangnya, daemon yang mengatur koneksi internet. Daemon ini dijalankan agar komputer dapat menggunakan jaringan internet.

Kalau dalam istilah Windows, daemon itu mirip dengan service.

3
Ilmu Komputer / Re:GPU Vs FPU
« pada: Juli 03, 2012, 01:54:06 AM »
Variabel yang digunakan untuk membandingkan kinerja komputasi antara CPU dan GPU memang banyak, tidak hanya dari clock prosesor saja. GPU lebih unggul digunakan untuk proses yang dapat diselesaikan secara paralel, sedangkan CPU lebih unggul digunakan untuk proses yang bersifat percabangan dan pengambilan keputusan. Secara garis besar variabelnya adalah sebagai berikut:

1. Solusi permasalahan
GPU lebih cocok menyelesaikan permasalahan yang dikerjakan paralel
CPU lebih cocok menyelesaikan permasalahan yang dikerjakan sekuensial

2. Clock dari core prosesor (frekuensi detakan)
Makin tinggi clock, makin bagus untuk mengerjakan satu instruksi sekuensial

3. Jumlah core prosesor (GPU berkali lipat lebih banyak dari CPU)
Makin banyak jumlah core, makin bagus untuk mengerjakan satu instruksi paralel


Pada kasus perkalian matriks yang diimplementasi paralel vs perkalian matriks yang diimplementasi sekuensial, GPU lebih unggul untuk jumlah elemen matriks yang lebih banyak karena lebih baik perhitungan perkalian dilakukan paralel tiap elemen.

Sedangkan untuk jumlah elemen matriks yang kecil (hanya 3x3 atau 4x4), CPU lebih unggul karena komputer lebih cepat mengakses CPU dibandingkan GPU.

Oh iya, apakah judul "GPU vs FPU" itu mungkin maksudnya "GPU vs CPU"?

4
Pemrograman / Re: Newbie PHP tolongin
« pada: September 14, 2011, 08:38:50 PM »
coba di httpd.conf ditambahin index file si html

5
Bahasa C/C++ / Re: C#
« pada: September 14, 2011, 08:36:32 PM »
MSDN dari Microsoft sendiri adalah referensi yang sangat bagus...

6
Fisika / Re: mekanika tanpa kalkulus
« pada: September 08, 2011, 05:30:21 PM »
Problem spesifik yang kayak gimana yang mau diselesaikan tanpa kalkulus? Saya jadi penasaran, contohnya gimana yang ga pake kalkulus.

7
Fisika / Re: OSN SMA
« pada: September 07, 2011, 02:00:34 PM »
Wah mantap itu....
Giancoli bagus banget untuk pendalaman konsepnya. Sayang kurang di analitis hitungan (Halliday Resnick lebih bagus di analitis hitungan...)

Saya juga pribadi baca di Giancoli dulu. Setelah tamat kemudian saya baca Halliday Resnick. Namun berhubung, isinya sama saja (hanya hitungan analitisnya saja lebih bagus), yang Halliday Resnick saya loncat-loncat.

Bagus banget baca itu dari kelas 1 SMA. Soalnya di SMA, di Fisika disuruh mendadak pake kalkulus turunan dan integral kan?

Kalo buat OSN, saya sangat saranin banget kamu bisa mengerti turunan dan integral. Soalnya, problem fisika bisa dengan mudah dan cepat diselesaikan pake itu. Biasanya saya pakai untuk ngecek jawaban aja. Terutama Mekanika Lagrange-nya, praktis banget.

Kalo kamu emang niat totalitas di OSN, sebaiknya kamu dalamin kalkulus turunan dan integral. Baca buku kalkulus karangan Purcell, paling engga, buat Fisika kamu mesti paham limit, turunan, integral, dan turunan parsial. Lebih bagus lagi kalo ngerti Persamaan Differensial Linear dan Orde Dua.

Saya belajar itu pas SMA kelas 1, bahkan saya baca kalkulusnya dulu sebelum Giancoli. Hahaha.... Kalo udah bisa itu enak banget lah masalah mekanika dan kelistrikan....

Semangat ya.... jangan lupa kasih kabar... hehehe....

8
Fisika / Re: mekanika tanpa kalkulus
« pada: September 07, 2011, 01:50:30 PM »
Maksudnya kalkulus diferensial dan integral?
Tanpa menggunakan itu, berarti menggunakan hukum Newton dan secara intuisi...

9
Matematika / Re: kalkulus
« pada: Agustus 30, 2011, 02:18:03 PM »
hmm.... Jadi gini, derivative (turunan) itu digunakan oleh Kalkulus untuk mengukur besarnya perubahan suatu fungsi, jika inputnya berubah.
Sedangkan differensial (perbedaan) itu maksudnya ya perbedaan dari variabel itu sendiri.

Jadi misalnya saya tulis:
dy=f'(x)dx
berarti dy dan dx itu differensial-nya, sedangkan f'(x) itu turunannya....

Jadi, kalau kita membicarakan turunan, kita harus tahu itu turunan terhadap apa?
Kalo di contoh di atas, f'(x) itu turunan terhadap x.

10
Matematika / Re: MISTERI NILAI PHI
« pada: Agustus 22, 2011, 12:44:10 PM »
@cph
hahaha.... iya, phi (dibaca fi) tidak sama dingan pi (dibaca pai).
Sementara phi sendiri adalah nilai dari golden-ratio (nisbah emas).

Pi adalah bilangan yang indah...
Awalnya hanya digunakan sebagai konstanta untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.
Seperti yang kita tahu, keliling lingkaran sebanding dengan jari-jarinya (makin besar jari-jari, makin besar keliling). Jadi singkatnya, keliling = jari-jari dikali dengan sesuatu. Sesuatu inilah yang diberi nama Pi.

Namun, pada akhirnya Pi banyak digunakan karena sering muncul di persamaan orang-orang teknik.

Pi sendiri adalah bilangan irrasional. Jadi tidak bisa dinyatakan sebagai y/x. Pi yang kita pelajari dari SD hanyalah pendekatan saja. Cara menghitung Pi ada banyak, namun sangat inhumane (alias sulit dihitung oleh manusia). Biasanya Pi yang "asli" dinyatakan sebagai deret tak-hingga. Jadi, mau ga mau yang ada di kalkulator pun hanya pendekatannya saja.

11
Matematika / Re: kalkulus
« pada: Agustus 22, 2011, 12:33:11 PM »
Sekedar menambahkan saja,
turunan (derivative) beda dengan differensial......

Sebenernya konsep ini agak rumit dijelasin kalo ga pake gambar...

12
Matematika / Re: Integral
« pada: Agustus 22, 2011, 12:29:48 PM »
itu link om kbh kepotong...
mestinya ini nih:
http://www.wolframalpha.com/input/?i=integral+x^x+dx

Itu emang indefinite integral, jadi dinyatakan sebagai deret saja...
Cara ngedapetinnya emang pake parsial ko...

13
Fisika / Re: Di Cina gravitasi tidak tepat mengarah vertikal ke bawah??
« pada: Agustus 22, 2011, 12:15:41 PM »
percobaan menjatuhkan benda itu dipengaruhi oleh gaya (semu) Coriolis.

Kalo mau lebih jelas, jika kalian punya wastafel di belahan bumi utara dan selatan. Terus kalian lihat pusaran air yang keluar wastafel, maka pusaran di bumi utara dan selatan berlawanan arah.
Ini karena dipengaruhi oleh gaya (semu) Coriolis.

Btw, untuk membahas hukum fisika, kita mesti dengan jelas dulu menyatakan kerangka acuan apa yang kita gunakan (biar orang yang baca sepikiran). Hanya ingin mengoreksi saja, Gaya gravitasi akan selalu mengarah ke pusat massa (dalam hal ini berarti pusat massa bumi). Hanya saja, mungkin yang di bahas di sini bukan gaya gravitasi, tapi resultan gaya dari benda yang terletak di Cina itu.

14
Fisika / Re: Pertanyaan tentang rotasi bumi
« pada: Agustus 22, 2011, 12:07:41 PM »
@semut-ireng
loh ko kita jadi melenceng topiknya.

Btw, Hukum gravitasi yang digunakan Balya (Hukum Gravitasi Klasik Newton), khusus digunakan untuk mekanika klasik (dimana benda yang diamati memiliki kecepatan yang tidak mendekati kecepatan cahaya).
Yang berarti, bisa digunakan untuk menghitung gravitasi bumi.

Sebenarnya, berbeda dengan cakram yang gepeng/pipih, bumi memiliki dimensi bola (lonjong). gaya gravitasinya juga beda jauh, dan perhitungan gaya (semu) sentrifugalnya juga berbeda (gaya sentrifugal di bumi biasa disebut gaya Coriolis).

Sedangkan tentang masalah yang di kutub, kita bisa bandingkan seperti:
Cakram yang kita putar (atau mungkin semacam Merry-go-round) memiliki kecepatan angular (asumsi saja):
1 putaran per 30 detik
Sedangkan bumi memiliki kecepatan angular (asumsikan saja) 1 putaran per 24 jam.
Dari sini saja ketahuan siapa yang lebih cepat, yaitu Cakram.

Sementara itu, besar gaya Coriolis sebanding dengan kuadrat kecepatan angular dan jarak benda tersebut ke sumbu rotasi.
Misal kita berdiri di atas merry-go-round yang berputar dengan frekuensi 30 detik dan kita berjarak 1 m dari pusat rotasi.
Misalkan lagi kita berdiri di atas bumi di khatulistiwa yang jaraknya kira-kira 6000 km dari pusat rotasi.

Selanjutnya, tinggal dibandingkan hasil kuadrat-kecepatan-angular dikali dengan jarak dari rotasi untuk melihat gaya coriolis mana yang lebih kuat. Tentu saja jika kita bandingkan dengan di kutub yang jaraknya lebih dekat dengan sumbu rotasi, maka gaya coriolis cakram akan "lebih terasa".

15
Fisika / Re: Membuat Mikroskop
« pada: Agustus 22, 2011, 11:41:36 AM »
@KBH
ya saya pernah baca, Hans Jurgen Press. Di sana ada ilmu alam lain selain Fisika, terutama Biologi.
Kita juga bisa mencobanya menggunakan jarum jahit.

Btw, mikroskop zaman sekarang yang paling canggih adalah menggunakan elektron.
Praktis, karena dia menggunakan elektron untuk melihat, kita sendiri tidak bisa tahu seperti apa elektron tersebut.

Halaman: [1] 2 ... 37
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia