Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - zonsopgang

Halaman: [1] 2 ... 7
1
Teknik Elektro / Re: ASK - pendidikan 1 tahun untuk mahasiswa elektro
« pada: Oktober 06, 2010, 12:11:09 AM »
^
^
^
Tidak memandang sebelah mata, ini sains, saya memandang obyektif sebagai Ilmuan.

Di luar negeri, contoh di USA & kebanyakan negara Eropa, Dosen ELEKTRO pasti bisa nyolder + teknisi, karena mereka belajar secara urut dan fundamental, mereka berprofesi serius, bukan ISENG atau TERPAKSA seperti disini, di Indonesia.

Di Indonesia, kebanyakan orang belajar karena "FORMALITAS BELAKA" yang ujungnya paling untuk nyari duit, bukan untuk jadi tenaga ahli, maka lihat saja faktanya: banyak yang ilmunya tanggung tetapi mintanya gaji tenaga ekspert.

Saya belajar teori + nyolder di usia 10 tahun (tahun 1986), otodidak, umur 12 tahun saya bisa servis TV + Pemancar Radio Komunikasi Amatir, umur 15 tahun saya mulai membiayai sekolah sendiri dari kerja sebagai teknisi. Umur 20 tahun, saya mulai punya murid kursus elektronika gratis (saya tidak mahu dibayar untuk ngajarin ilmu) -- jumlah murid/ex-murid hingga kini ratusan dan separuh dari mereka berprofesi teknisi saat ini (dan beberapa diantaranya telah menjadi tenaga spesialis & bekerja cukup responsibel sesuai doktrin ajaran saya).

Saya prihatin, karena "Elektro" di Indonesia semakin lama cuma dijadikan "ajang lompatan karier" dan "berakhir pada ketidak-jelasan keahlian", akhirnya banyak lahir "ahli elektro karbitan, notabene hanya bisa teori, prakteknya 0".

Posting saya ini semata-mata sebagai tempaan mental, sesuai FAKTA terjadi disekitar kita.
Kalau Bung pikir keahlian fundamental elektro macam nyolder dan pasang baut "bukan wilayah mereka" yang Mengaku Ahli, maka itu indikasi "JARKONI" (istialh jawa: BISA NGAJAR, ORA BISA NGELAKONI == bisa mengajar teori, tidak bisa praktek == pepesan kosong).
Elektro adalah sains + keahlian/skill + responsibilitas, bukan jabatan politis macam lingkungan kerja PNS.



Maaf nih baru sempat melanjutkan trit sendiri.

Dulu beberapa senior saya ada yang berminat membuat lembaga sertifikasi profesi, tapi gagal karena keburu mereka kerja di luar negri.
Mgkn mas Heru bersama rekan2 sejawat bisa membuat suatu lembaga sertifikasi profesi berkualitas. Saya memang tidak tau apa saja hal yang diperlukan. mudah2an akan diakui secara nasional.
Untuk orang2 yang serius belajar, sertifikat bukanlah hal yang penting. Tapi bagi seorang yang sedang ingin masuk ke dunia kerja profesional, sertifikat profesi sangatlah mendukung untuk melamar pekerjaan.

2
Teknik Elektro / Re: ASK - pendidikan 1 tahun untuk mahasiswa elektro
« pada: Agustus 20, 2010, 08:58:31 PM »
maksudnya bukan sejenis perkuliahan d1, tapi sejenis ama sertifikasi profesi... contohnya IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia), kebetulan saya di Jakarta

3
Teknik Elektro / ASK - Trafo Step Up untuk penyesuaian impedansi
« pada: Agustus 19, 2010, 10:51:52 PM »
Saya buat alat "infrared headphone", pada rangkaian transmiternya ada trafo step up, saya tanya ke dosen pembimbing saya guna trafo itu untuk penyesuaian impedansi. Ada yang bisa bantu jelaskan hal ini...


4
Teknik Elektro / ASK - pendidikan 1 tahun untuk mahasiswa elektro
« pada: Mei 31, 2010, 12:43:27 AM »
Gw pernah denger tentang pendidikan 1 tahun untuk mahasiswa elektro (dapet sertifikat), sejenis kursus gitu, tapi ada program 3 bulannya, dengan biaya yang lebih mahal tentunya. Ada yang tau gak, nama programnya ??

5
Biologi / Re: semakin ragu dengan evolusi
« pada: November 22, 2009, 08:01:48 PM »
Memangnya ada yang ngawur yah....????, emangnya ada yang propaganda palsu yah...????, emangnya ada yang membuat klaim kosong...???

saya kan hanya BERTANYA "Makan dan beranak-pinak gimana caranya? yang dimakan apa" dan dengan jelas diakhir hanya dengan tanda "?"

Apa orang bodoh kyk saya yang gabung di FS gak boleh nanya.....???

emangnya situs yang tidak memiliki unsur sains didalamnya termasuk situs orang ngawur???

saya hanya ingin lebih pintar dari yang sekarang, salah satu cara yg saya ambil adalah gabung di forum ini...

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

6
Biologi / Re: semakin ragu dengan evolusi
« pada: November 22, 2009, 06:15:51 PM »
Kalau berawal dari satu nenek moyang, bagaimana "nenek moyang" ini tumbuh. Makan dan beranak-pinak gimana caranya? yang dimakan apa, kan belum ada "nenek" yang lain.
Makhluk hidup tingkat sederhana itu tidak berkembang biak dengan sex(pertukaran sifat), tapi dengan membelah diri, menduplikasi diri. Makan? memangnya makhluk hidup harus makan makhluk hidup?

Materi evolusi gak cocok buat yang hobi nyari referensi dari situs tukang obat...

kyknya ada yg marah nih. :D :D

Namanya juga bertanya pak, bukankah forum ini sebagai tempat belajar. dan bukankah orang belajar diawali karena ada pertanyaan?

ok, mulai skrg saya akan berhenti mencari referensi dari situs tukang obat.

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

piss ah

7
Teknik Elektro / Re: bikin pcb
« pada: November 22, 2009, 03:37:13 AM »
cara pk3dot kyknya agak ribet yah.

kyknya biayanya jd lbh mahal, coz pake kertas glossy segala.  :-\ :-\ :-\

8
Agama dan Filosofi / Re: apa fungsi dari filosofi
« pada: November 20, 2009, 02:43:29 AM »
pi-one dan luth kyk rel kereta deh, sejajar dan searah, tapi tak bertemu. hehe. ;D

itu menurutku..

9
Agama dan Filosofi / Re: evolusi dalam islam (islam only)
« pada: November 20, 2009, 01:36:58 AM »

dalam ayat lain pun Allah berkata tidakkah kamu melihat burung2 itu mereka itu sama seperti kalian umat2 juga ini menunjukkan bahwa burung juga merupakan umat, mereka memiliki bahasa memiliki aturan2 tersendiri yg yg harus dipatuhi.segala sesuatu berzikir dengan cara yg kamu tidak mengerti. bisakah saya berkata bahwa ayat ini menunjukkan adanya evolusi.


menurut saya, ayat

tidakkah kamu melihat burung2 itu mereka itu sama seperti kalian umat2 juga

kurang tepat sebagai ayat acuan. Menurut saya ayat sebelumnya lebih tepat.

kami ciptakan semua yg hidup dari air

lengkapnya

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. [Al-Qur'an 24:45]

Evolusi ditandai dengan perubahan morfologi (mohon dikoreksi jika salah). Di ayat ini dikatakan bahwa Allah SWT telah menciptakan berbagai hewan dilihat dari sisi bagaimana hewan tersebut berjalan. Apakah jaman sekarang jenis hewan sudah bertambah, jika dilihat dari sisi cara hewan berjalan? sepertinya tidak, bukankah ini berarti evolusi itu tidak ada.

sekali lagi, mohon dikoreksi jika salah. (takut salah paham, soalnya berkaitan dengan agama sih.)

10
Agama dan Filosofi / Re: kenapa kamu menjadi atheis dan agnostic???
« pada: November 20, 2009, 01:11:05 AM »
3. kenapa tuhan dipanggil2 tidak datang??
Ini pertanyaanyang begitu menggelitik, kalau Tuhan datang ke dunia ini, maka dunia ini akan hancur karena Zat yang maha besar,, dunia ini tidak akan mampu


memperkuat opini oyi

~Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau." Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku." Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: "Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman."~ [Al-Qur'an 7:143]

11
Agama dan Filosofi / Re: kenapa kamu menjadi atheis dan agnostic???
« pada: November 20, 2009, 12:23:09 AM »

Dan soal pergerakan benda langit, ini tidak jelas, sehingga bahkan jika kita mengaitkan dengan geosentris pun bisa.

sudah saya katakan sebelumnya, bila anda bisa menemukan/menunjukkan ada ayat al-qur'an yang menyatakan bumi itu diam,barulah silahkan anda bilang geosentris, cari lah sampai dapat, klo sudah ketemu baru kau komen lagi disini. klo tidak ketemu ya sudah mending jangan komen kyk gitu lg.repost gan
mengaitkannya dengan geosentris itu tidak relevan. pemikirannya prematur.

Kutip
Apakah sudah bisa diabaikan tiap kemungkinan lain? Misal kereta yang diangkut dengan kapal tenggelam, atau apalah?
liat yg saya bold
lhoh kok kyk terkesan maksa gitu sih?
atau apalah,?
asal komen gitu,kayaknya ga punya jawaban yg masuk akal,
seperti menghindar bgitu,,
klo anda mempunyai jawaban yg asuk akal, pikirkan & ungkapkanlah, jangan asal komen begitu.semua orang juga bisa klo asal ngomong kyk gitu,.kyk anak kecil aja :angel:.



lalu masalah bila qta memanggil tuhan dia tak datang, lah buat apa ada dunia surga dan neraka, bila qta dapat bertemu tuhan, dunia sarana ujian untuk kehidupan yg kekal nanti.
Masalahnya hanya adanya konsep 'Tuhan pasti penjawab permintaan kita' saja.



Kok pi-one jadi kyk ragu lagi....

coba deh

Suatu saat anda berdoa, meminta sesuatu hal kepada Tuhan. Kemudian setelah berdoa, anda berusaha bekerja keras untuk mendapatkan apa yg anda inginkan tersebut, ternyata hasil kerja keras anda berbuah manis. Apakah anda akan berfikir kalau Tuhan telah menjawab doa anda, atau anda masih berfikir kalau hasil yg anda dapat itu murni dari kerja keras anda sendiri? Berfikirlah sebagai orang yg menyembah Tuhan (apapun itu). Piss... ;)

12
Biologi / Re: semakin ragu dengan evolusi
« pada: November 19, 2009, 11:18:25 PM »
   
Darwin menyatakan bahwa keanekaragaman makhluk hidup berawal dari satu nenek moyang yang sama, yang kemudian berevolusi. Dengan kata lain, satu nenek moyang ini kemudian mengalami perubahan sedikit demi sedikit dalam kurun yang sangat lama untuk kemudian membentuk beraneka ragam kehidupan yang ada sekarang, baik dalam hal jumlah spesies maupun tingkat kerumitannya.


Kalau berawal dari satu nenek moyang, bagaimana "nenek moyang" ini tumbuh. Makan dan beranak-pinak gimana caranya? yang dimakan apa, kan belum ada "nenek" yang lain.

13
Teknik Elektro / Re: bagaimana menurunkan voltase dengan resistor
« pada: November 19, 2009, 08:23:32 PM »
Pelajari tentang pembagi rangkaian tegangan, gak sulit kok...

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

14
Teknik Elektro / Re: mau buat adaptor DC harus stabil di 9 volt gmana y?
« pada: November 13, 2009, 03:01:15 PM »
sekalian nanya disni aja d berhubungan sama2 tentang adaptor..numpang ya bro Sam17... ;)

gini bro...gw sebenernya masih awam ni ttg dunia elektro...
ceritanya td gw beli converter AC ke USB, rencananya mau gw pake buat nyalain extra dan pc yg 12volt..eh setelah sampe rumah, dicoba, ternyata baru liat klo converter/adaptorny itu 5volt, jd buat fan yg 12volt ga kuat...
trus td sempet googling, nemu yg namanya dioda zener...

nah yg mau gw tanya...
CMIIW..dioda zener ini yg mempegaruhi besar kecilnya Voltase output dari adaptor ya??
klo bener iya...apakah bisa adaptor yg udah gw beli itu, diganti dioda zenernya aja, supaya bisa jadi 12volt outputnya...
klo bisa..gw harus ganti yg tipe apa??nomer berapa dioda zenernya? berapa si harganya??..

Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

bener ga dioda zener itu yg gw kasi panah putih??...
tanx b4 ya bro buat bantuannya...




Kyknya yg perlu di cek adlh trafo nya, step down 5 volt atau 12 volt

15
Otak Jayus / Re: .asah otak: kartu master.
« pada: November 02, 2009, 01:24:50 PM »
mayan dah, tapiiiiiii.......

Halaman: [1] 2 ... 7
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia