Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Pi-One

Halaman: [1] 2 ... 455
1
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Kemarin jam 10:52:01 PM »
AFAIK, ini klaim terbodoh yang pernah saya dengar. ;D ;D ;D

Celoteh konyol dari makhluk yang suka mengeluarkan komentar tolol :P
http://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-009-0315-9_59

Perbandingan spektrum cahaya Solar Flare itu diadu dengan spektrum cahaya normal yang ada di laboratorium di bumi. Tidak mungkin spektrum yang dihasilkan oleh Solar Flare itu lebih rendah daripada yang ada di bumi.

Dan terus, mungkin menentukan redshift atau blueshift dari matahari untuk menentukan matahari mendekat atau menjauh dari bumi, saat bumi mengorbit matahari dalam lintasan elips? Ada ilmuwan yang cukup tolol memakai nilai itu? Ini yang namanya blasphemy :P

http://www.quora.com/How-do-the-red-shift-and-blue-shift-of-light-from-the-Sun-to-the-Earth-especially-in-Fall-and-Spring-affect-the-Earth-and-the-energy-interacting-with-it

Objek yang diamati itu sama, spektrum cahaya. Penyebabnya yang diperselisihkan. Tapi, untuk distant galaxies ngotot diklaim sama Big-Banger sebagai efek Doppler.  :P

Bukannya lu yang ngotot itu bukan karena pergerakan galaksi?

Semesta memang punya batas, bahkan versi Big-Banger sekalipun. Supranatural-kah ini?  :P

Dan cangkang (shell) di sini adalah istilah distant masses (galaxies, quasars, dll) yang membentuk kumpulan hingga pinggir semesta. Seperti ditunjukkan pada CMB.

Dan batas itu stagnant? Tidak!
Dan lu gak bahas soal galaksi yang sudah gak bisa teramati lagi dari bumi?

Karena medium ether itu memang interpretasi fisik dari ruang-waktu Einstein. Mau jungkir-balik bagaimana pun juga, gak akan menutup fakta bahwa Einstein sendiri berkata:

Dan mau jungkir balik sampai berbuih juga gak bakal ethernya Einstein itu berputar menyeret matahari atau galaksi atau bintang berputar melebihi kecepatan cahaya. Gak bosan juga makai quote mining yang sama? :P

Konsep relativitas Einstein berarti bicara gravitasi sebagai kelengkungan ruang-waktu akibat massa. Bukan bicara gravitasi klasik Newton. Juga batasan kecepatan cahaya. tau tidak ada ether yang menyeret obyek/massa untuk bergerak, apalagi sampai melebihi kecepatan cahaya. Tapi peduli setan buat lu kan, yang penting bisa lu quote mining?

Lu belajar untuk bikin orang mati bosan?

2
nah seperti pertanyaan tadi, apa bedanya fisika kuantum dengan mekanika kuantum dan apa korelasinya dengan dunia parallel?

dan kalau fisika/mekanina kuantum dijadikan pembenaran teori ether oleh para etherer itu bisa tidak?
Mekanika kuantum, atau fisika kuantum, atau teori kuantum, pada dasarnya sama saja. Cabang dari fisik yang membahas fenomena fisik pada skala kauntum/nano. Kuantum bicara soal probabilitas, sesuatu yang dibenci Einstein karena itu dia mengeluarkan ungkapan [Tuhan tidak bermain dadu]. Dalam konteks pembentukan semesta, fisika kuantum mengajukan gagasan bahwa ada banyak semesta yang terbentuk, sebagian besar diantaranya tidak mampu bertahan cukup lama dan runtuh, dan sebagian diantaranya mampu bertahan cukup lama. Semesta kita hanya salah satunya.

Fisika kuantum tidak bicara ether, tak ada alasan membenarkan konsep ether dengan fisika kuantum.

3
Fisika / Re:multiverse? Parallel dimension? ada kita di dimensi lain?
« pada: Desember 16, 2014, 08:24:58 PM »
selama ini saya suka nemuin isitilah fisika kuantum dan mekanika kuantum ketika melihat pembahasan tentang fisika dalam skala atom. Jadi suka bingung bedainnya dan suka ketuker. Memang bedanya fisika kuantum dan mekanika kuantum itu apa ya? Dan apa korelasinya dengan konsep dunia paralel?
kalau tidak salah dalam fisika atau mekanika kuantum, kita bisa menerima fluktuasi vakum seperti efek Casimir yang konon katanya melawan hukum kekekalan energi... CMIIW
Skala kuantum itu merujuk ke skala atom atau lebih kecil.
Selama ini ilmuwan masih gagal menyatukan antara hukum misika dalam skala makro dengan hukum fisika dalam skala kuantum, keduanya masih memakai hukum yang cenderung berbeda.

Menurut teori, alam semesta mengembang dari kondisi terkompresi, dan kondisi itu membuat relativitas umum runtuh dan gak bisa dipakai. Karenanya kita perlu teori kuantum untuk menjelaskan kondisi di awal alam semesta, atau untuk black hole.

4
Fisika / Re:[Tanya] Percobaan Menghitung Jumlah Energi Yang Diserap
« pada: Desember 16, 2014, 03:11:48 PM »
Pertanyaan simpel dulu...
Bukankah jika bendanya membentur foam, maka jarak dari titik awal dan titik tumbukan akan lebih singkat dari percobaan tanpa foam?

5
Fisika / Re:multiverse? Parallel dimension? ada kita di dimensi lain?
« pada: Desember 16, 2014, 03:09:55 PM »
kalo begitu berarti alam semesta tidak mempunyai awal dan akhir dong?? ???
Dalam konsep big bang-big bounce, tidak ada kondisi singularity seperti dalam teori big bang klasik, dan tidak ada wal mupun akhir mutlak karena pengembangan dan penyusutan itu hanyalah siklus. tapi konsep ini tak sesuai dengan hasil pengamatan CMB terakhir.

6
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Desember 16, 2014, 03:00:38 PM »
Di halaman 10 sudah saya beri contoh soal redshift pada matahari (Solar Flare). Nilainya besar = 0,8% c atau setara dengan objek yang menjauh dengan kecepatan 2.400 km/det (efek Doppler). Apakah matahari menjauhi kita? Tidak, bukan? ;D
AFAIK, solar flare menghasilkan baik redshift maupun blueshift.
Tinggal soal apa yang diamati
Pengamatan terhadap dampak solar flare tentu berbeda dengan pengamatan efek dari pergerakan benda.

Secara geocentric, ya, tinggal dibalik, kan? Ether "terseret" pergerakan semesta. Apa masalahnya?  :o
Ups, Anda keliru. Gaya sentrifugal dari bumi di pusat massa itu terlalu kecil dan takkan sampai ke bintang-bintang nun jauh di sana. Bedakan dengan sentripetal yang berasal dari cangkang langit. Semua akan merasakan gaya ini.
Dan sekarang langit punya cangkang...
Oops, supranatural... ::)

Lagipula, bintang-bintang nun jauh di sana itu, bila acuannya bumi, tetap terlihat bergerak melebihi kecepatan cahaya. Mustahil, bukan?
Nope.
Karena bumi berotasi, pergerakan bintang-bintang tak melebihi kecepatan cahaya. Kalau bumi tak berotasi, baru pergerakan bintang yang melebihi kecepatan cahaya.

Tapi, sebenarnya bintang-bintang nun jauh di sana itu gak perlu bergerak banyak. Medium ether-lah yang membawa mereka berputar sehari-semalam. Makanya, saya ilustrasikan dengan komidi putar. Cukup duduk manis di dalamnya tanpa terlalu banyak bergerak.
Dan ether bergerak melebihi kecepatan cahaya?
Maka jelas-jelas ether yang ini sama sekali gak nyambung dengan aethernya Einstein.  ::)

Dalam dunia Expanding Universe, konon katanya, galaksi-galaksi itu menjauhi kita bukan? Beberapa diantaranya bahkan melebihi kecepatan cahaya. Mustahil, bukan?

Tapi menurut Big-banger, ruang semesta yang mengembang itulah yang membawa galaksi-galaksi itu menjauh. Melebihi kecepatan cahaya? Tidak masalah. Karena limitasi kecepatan cahaya itu untuk segala sesuatu di dalam ruang (termasuk cahaya), BUKAN UNTUK RUANG ITU SENDIRI. Seperti kata Stephen Hawking:

...during this cosmic inflation, the universe expanded by a factor of 1 × 10^30 in 1 × 10^‒35 seconds. It was as if a coin 1 centimeter in diameter suddenly blew up to ten million times the width of the Milky Way. That may seem to violate relativity, which dictates that nothing can move faster than light, but that speed limit does not apply to the expansion of space itself... ["The Grand Design," hal. 129]
Lalu? Pengembangan ruang gak dibatasi kecepatan cahaya, tapi kecepatan ether (yang bahkan eksistensinya meragukan)itu soal lain.
Emang ada rumus yang mengatur pembatasan kecepatan pengembangan ruang?

Oops, relativitas umum itu gak dipakai kalau kontra geosentris :P

7
Biologi / Re:Asal usul kehidupan
« pada: Desember 16, 2014, 09:59:26 AM »
Listrik tentu saja berperan sebagai energi dalam ikatan antar molekul. Misal eksperimen Miller menggunakan aliran istrik untuk menghasilkan asam amino, dengan asumsi listrik dihasilkan dari aktivitas petir purba.

Tapi gaya magnet sebagai pengikat? ide dari mana pula ini?
Dan oksigen? Oksigen adalah unsur yang amat mudah berikatan, sebelum adanya makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis, amat mustahil mengharap oksigen bebas bisa berlimpah di bumi. Andai oksigen ada, maka itu akan berikatan dengan berbagai unsur lain.

8
Fisika / Re:free energy....
« pada: Desember 16, 2014, 09:51:27 AM »
kecuali kalau kerenggangan atau ketengangan kabelnya diatur sedemikian rupa sehingga tidak putus atau menyeret bulan ke bumi. intinya kabelnya kuat dan jangan terlalu longgar atau tegang. CMIIW
Dan itu bisa dibilang mustahil.
Kabel yang punya kekuatan sebesar itu gak bakal ditemukan sampai setidaknya ribuan tahun mendatang.
Dan saat itu terjadi, mungkin kita sudah menemukan sumber energi yang lebih efisien, sehingga ide karno ini bakal jadi amat primitif.
Lagipula dengan orbit bulan yang juga gak bulat sempurna dan relatif menjauh dari bumi dengan kecepatan 3,8 cm per detik, gimana menjaga bulan tetap gak terpengaruh? Sedang massa kabel saja akan jadi beban bagi bulan.

9
Fisika / Re:multiverse? Parallel dimension? ada kita di dimensi lain?
« pada: Desember 16, 2014, 09:47:25 AM »
mungkin bukan banyak alam semesta tapi satu alam semesta yang ada, hancur, kemudian ada lagi, dan hancur lagi, dst.
Teori multiverse dalam fisika kuantum bicara soal kemungkinan pembentukan banyak semesta, dengan sebagian diantaranya berhasil bertahan cukup lama. Salah satunya adalah semesta kita. Yang anda bicarakan itu konsep yang lain lagi.

10
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Desember 16, 2014, 09:38:25 AM »
kalau boleh tau memang apa sih beda konverter dan inverter itu apa dan dalam disiplin ilmu apa ?
Kalau menurut bahasa kan konverter itu pengubah, kalau inverter itu penukar/pembalik. apakah maksudnya suatu alat yang mengubah bentuk energi atau menukar 2 bentuk energi yang berbeda? atau bagaimana?
Inverter itu istilah umum dalam bidang elektronik atau elektrik, mengacu ke alat yang emgnubah arus searah ke arus bolak-balik.

11
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Desember 16, 2014, 09:27:00 AM »
Hahaha Pi-One tahunya gerak elektron yg diinti atom. Tahu kalau zat yang terbakar matahari jadi apa?. Gerak elektron antara atom atau juga zat yang terbakar matahari jadi semikonduktor bisa type n dan bisa type p, jika ada penghantar (zat konduktor) maka disekitar zat penghantar utu akan ada gaya magnet. Tahu?. Belajar dulu deh jangan asal cuap. Belajar mulai dari apa itu inverter dan konverter. Kesian gue  :'(.
Gerak elektron di sekitar atom? Kita bahkan bisa bicara gerak elektron yang singgah ke jupiter atau venus dulu dalam mekanika kuantum. Dan kita lagi bicara soal ikatan antar atom dan molekul kan, apa kaitannya dengan gaya magnet? mau lari ke mana-mana setelah asbun? ::)

12
Fisika / Re:multiverse? Parallel dimension? ada kita di dimensi lain?
« pada: Desember 15, 2014, 08:28:58 PM »
Bukan kah kepribadian ganda disebabkan oleh gangguan psikologis. lalu apa hubungannya kepribadian ganda dengan kembaran di dimensi lain atau pun multiverse? ???
Konsep multiverse itu sendiri ada bermacam-macam.
Dalam mekanika kuantum, salah satunya soal pembentukan semesta.
Menurut mekanika kuantum, ada banyak semesta yang terbentuk, tapi banyak yang runtuh sebelum berkembang cukup jauh, dan semesta kita termasuk salah satu yang bisa berkembang.

Tapi salah satu masalahnya adalah, bagaimana cara kita menguji semesta yang runtuh tersebut?

13
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Desember 15, 2014, 08:24:36 PM »
analogi ether lebih cocok ke pusaran air ketimbang komidi putar, itu didasari deskripsi tentang ether-nya geosentris sendiri. karena semua objek di luar angkasa itu ada di dalam ether, dan bukan di permukaannya. sifat ether ini menghanyutkan objek apapun termasuk matahari dan sejumlah benda langit lainnya. jelas tidak mungkin pesawat luar angkasa bisa bergerak leluasa di luar angkasa karena dia ada di dalam ether dan terpengaruh oleh arus perputaran ether ini. bukankah matahari yang massanya jauh lebih besar saja masih bisa terseret apalagi cuma pesawat? ibarat pusaran air mampu menyeret batu seukuran kapal besar. tentu saja manusia tak bisa berenang leluasa di pusaran air yang terlalu besar dan kuat arusnya. apalagi kalau si manusia sudah tenggelam. pusaran air adalah analogi untuk ether. batu besar adalah analogi untuk matahari. sedangkan manusia adalah analogi untuk pesawat luar angkasa. berdasarkan deskripsi tentang ether itu sendiri seharusnya dapat disimpulkan dalam teori geosentris pesawat luar angkasa tidak bisa bergerak leluasa di luar angkasa.
Dispensasi.
Ether sanggup menyeret massa seukuran matahari dan bahkan bintang-bintang yang ribuan kali matahari, dengan kecepatan entah berapa kali kecepatan cahaya (kalau mempertimbangkan jarak), tapi gak sanggup menyeret roket kecil dengan massa gak ada apa-apanya :D

14
Agama dan Filosofi / Re:Awal Alam Semesta dan Awal Kehidupan
« pada: Desember 14, 2014, 12:19:35 AM »
Belajar lagi yah Pi-One. Anda tentang inverter dan konverter aja gak tahu bahwa itu sesuatu yang sama. :D
Bukannya lu yang mesti belajar?
Sejak kapan ikatan antar atom dan antar molekul itu pakai gaya magnet?
Entar lu sekalian menyamakan gravitasi dengan magnet?

Dan inverter dan konverter adalah dua konteks berbeda, meski inverter adalah sejenis konverter.

15
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Desember 14, 2014, 12:16:33 AM »
Jika kita ada di kereta, tentu kita bisa buat ilustrasi bahwa pepohonan di luar keretalah yang bergerak dan bukan keretanya. Kedua ilustrasi di atas bukan sebuah hakikat (kebenaran). Kita dapat membuktikannya jika kita bisa lihat tata surya dari jauh.
Ini termasuk realitas bergantung model.
Kita sah-sah saja membuat model yang berbeda, jika kita bisa membuat teori dan hukum yang sesuai dengan model tersebut.

Halaman: [1] 2 ... 455
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia