Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - Pi-One

Halaman: [1] 2 ... 453
1
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: Kemarin jam 08:38:01 PM »
Konsep "center of mass" masih dipakai hingga kini. Aplikasinya ada dalam kehidupan sehari-hari dan bisa diamati. Coba saja menyeimbangkan sebuah buku di atas jari telunjuk. Titik "center of mass" adalah titik di mana buku bisa seimbang di atas telunjuk tanpa terjatuh.
maksudnya terkait ke alam semesta, bukan ke praktek sehari-hari. Karena alam semesta mengembang tanpa titik pusat pengembangan, maka gak ada bedanya kita menetapkan titik mana sebagai pusat semesta.

Sungguh indah ungkapan Anda ini. Sangat berkesesuaian sekali dengan Copernican Principle yang menyatakan tidak ada tempat spesial di alam semesta, tidak ada pusat.
Di pantat saya bisa? ;D
Yup.
Tinggal kalibrasi hukumnya biar sesuai.

*Sebentar, sebentar. Buka dulu kitab suci heliocentristnya.
Masih bawa lelucon ini?
Yang dari awal bawa copernican principle itu lu.


Mau pakai Relativitas Einstein, menurut saya, malah tambah blunder. Karena Relativitas tidak bisa menghalangi bumi sebagai pusat semesta, dengan alasan semua itu relatif.
halooo... yang dibahas itu gravitasi dalam relativitas umum.
Sudah tahu beda gravitasi dalam konsep Einstein dan Newton?

Bawa-bawa konsep relativitas umum, tapi dicomot yang disuka doang...

Tidak ada di sini yang sedang membicarakan ilmu kimia. Kata ether sudah banyak memenuhi buku-buku dan jurnal-jurnal Fisika. Terserah Anda mau pakai Aether atau Ether.
Anda masih belum menjawab pertanyaan saya sebelumnya, "Tidak ada tuh, ungkapan Einstein soal ether untuk kelengkungan ruang-waktu. Einstein merujuk kepada "space." Anda quote mining punya siapa, ya?"
Gak ada bedanya?
Yup, jurus quote mining.
Abaikan kalau pengertian Einstein itu sama sekali gak merujuk ke unsur yang mengisi ruang angkasa dan berperan sebagai penghantar cahaya (luminiferous aether). Abaikan kalau relativitas umum Einstein justru menggantikan konsep luminiferous aether.

Tinggal googling aja soal [Einstein and Aether], ada banyak sumber panjang lebar, dan gak satupun yang mengaitkannya dengan ether dalam konsep lu. Kecuali kalau diquote mining, tentunya. Karena jika Einstein menerima konsep aether versi lu, sama saja dia menyanggah pandangannya sendiri. :P

Dan tahu beda antara space (ruang) dengan kelengkungan ruang?
Oops, quote mining gak bakal peduli perbedaannya. yang bisa dikutip ya kutip, peduli setan maknanya gak nyambung :P

2
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 27, 2014, 07:04:59 PM »
Newton bilang:

"That the center of the system of the world is immovable: this is acknowledged by all, although some contend that the Earth, others that the sun, is fixed in that center." ["Philosophiae Naturalis Principia Mathematica," Book 3: "The System of the World," Proposition X, Hypothesis I.]

Dan hari gini masih pakai konsep Newton soal pusat sistem?
Sedang newton terkenal sebagai ilmuwan yang sering memasukkan pandangan filosofis pribadinya.
Tidak ada pusat alam semesta yagn pasti. Kita bisa memakai titik manapun sebagai pusat alam semesta. bahkan pakai pantat lu sebagai pusatnya juga bisa.

Dan sekarang lu bicara gravitasi newton, sedang sebelum ini lu celoteh relativitas umum Einstein. padahal konsep gravitasi Einstein dan newton itu berbeda!

Kenapa tidak konsisten pakai istilah kelengkungan ruang-waktu saja, lebih keren? Kenapa musti pakai istilah "ether" yang malah tabu untuk diucapkan?

Aether, untuk membedakan dengan eter (diethil ether) yang untuk obat bius.
Dan justru penggunaan istilah aether oleh Einstein untuk kelengkungan ruang-waktu tadi  gak populer, gak dipakai ilmuwan lain. dan cuma lu yang nyambar, untuk dipakai dalam konsep lelucon lu?

Recapitulating, we may say that according to the general theory of relativity space is endowed with physical qualities; in this sense, therefore, there exists an ether. According to the general theory of relativity space without ether is unthinkable; for in such space there not only would be no propagation of light, but also no possibility of existence for standards of space and time (measuring-rods and clocks), nor therefore any space-time intervals in the physical sense." [en.wikisource.org/wiki/Ether_and_the_Theory_of_Relativity]

Tidak ada tuh, ungkapan Einstein soal ether untuk kelengkungan ruang-waktu. Einstein merujuk kepada "space." Anda quote mining punya siapa, ya?

Tidak ada?
Dari sumber sesama wiki aja:
Kutip
Einstein sometimes used the word aether for the gravitational field within general relativity, but this terminology never gained widespread support.
http://en.wikipedia.org/wiki/Aether_theories#General_relativity


Kutip
So the only similarity of this relativistic aether concept with the classical aether models lies in the presence of physical properties in space. Therefore, as historians such as John Stachel argue, Einstein's views on the "new aether" are not in conflict with his abandonment of the aether in 1905. For, as Einstein himself pointed out, no "substance" and no state of motion can be attributed to that new aether. In addition, Einstein's use of the word "aether" found little support in the scientific community, and played no role in the continuing development of modern physics.
http://en.wikipedia.org/wiki/Luminiferous_aether#Einstein.27s_views_on_the_aether


Jelas-jelas istilah aether yang dipakai Einstein berbeda dengan Aether klasik sebagai elemen yang megnisi ruang kosong alam semesta, atau yang berputar gak keluan di geosentris...

Ayo terus, quote mining, karena itu jurus utama kreasionis... :P

3
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 27, 2014, 10:56:28 AM »
Ketahuan gak paham Anda ini. Seluruh massa di semesta ini tetap mengelilingi pusat massa semesta, SEHARI-SEMALAM (diurnal orbit). Sementara, keberadaan matahari cuma MENGGANGGU (perturbation) orbit ideal dari planet-planet di tata surya itu PERLAHAN-LAHAN dalam siklus tahunan masing-masing planet (annual orbit).
Gara-gara mengganggu, planet-planet malah nyasar mengelilingi matahari?
Dan bulan tetap betah mengelilingi bumi?
Ini maunya dimengerti atau dipercaya?

Pusat massa itu sendiri tidak punya massa. Jadi, tidak punya kemampuan gravitasi untuk "menarik" atau "menahan" planet-planet di tata surya tetap mengorbit secara ideal. Mataharilah dan planet-planet itu sendiri yang punya massa dan punya pengaruh satu sama lain. Pusat massa itu tidak lebih dari sekedar titik acuan dimana total distribusi seluruh massa di dalam suatu sistem bernilai NOL ditempat itu.
Dan kebetulan bumi ada di pusat alam semesta tadi, gak bisa terganggu oleh matahari meski jaraknya dekat.
Walau pusat massa sendiri gak punya massa.

Oops, bukan kebetulan, supranatural... :P

Memang bukan bertujuan untuk membuktikan geocentrism, tapi untuk membantah bahwa geocentrism tidak bisa jalan baik itu secara kinematical maupun dynamical. Andai jurnalnya dibaca:
Dan ini toh realitas bergantung model.
Gak ada bedanya kalau kita menerapkan bahwa kita yang diam di tempat, sedang segala yang ada di sekitar kita yang bergerak, saat kita bepergian dengan mobil.

Konsep ether sudah tak bisa terbantahkan lagi. Bahkan setelah ditiadakannya dalam Teori Relativitas Khusus, Einstein mengembalikannya lagi pada teori Relativitas Umum:
*Ngakak guling-guling*
Gimana mau tak terbantahkan, jika terbukti saja gak?
*Ngakak guling-guling lagi*

Eisntein memakai istilah aether untuk merujuk ke medan gravitasi atau kelengkungan ruang-waktu, bukan ether dalam konsep geosentris. Karena konsep aether macam itu sudah lama diabaikan Einstein. Sudah quote mining, merujuk relativitas umum cuma kalau support pandangan sendiri, mau menafsirkan konsep Einstein sesuka hati? ::)


4
Agama dan Filosofi / Re:PANDANGAN ANDA TENTANG SURGA
« pada: November 26, 2014, 10:06:16 AM »
Rasa sakit pada dasarnya adalah sinyl yang dikirim kan saraf ke otak. Obat bius bisa dibilang melemahkan atau menumpulkan perseptor rasa sakit tersebut.

Dan orang yang mengalami NDE, umumnya orang lain beranggapan dia gak bisa melihat atau mendengar apapun. Tapi kemungkinan dia masih bisa mendengar dan merasakan suasana sekelilingnya, dan otaknya menerjemahkan informasi tersebut, membandingkan dengan informasi yanga da dalam ingatan dan membentuk persepsi tentang apa yang terjadi di sekelilingnya. Itu salah satu alasan mengapa orang yang mengalami NDE kadang merasa bisa melihat sekeliling dia di luar tubuh.

5
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 26, 2014, 10:02:30 AM »
Persamaan march bisa diterapkan pada heliosentris maupun geosentris, itu merujuk ke realitas bergantung model.
Tentu saja itu gakserta merta membuktikan konsep geonsentris dengan segala konsep ether antah berantahnya itu benar.

6
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 25, 2014, 09:43:50 PM »
Massa super besar mampu membuat matahari mengelilingi pusat alam semesta, tapi gak cukup untuk membuat planet-planet mengelilingi pusat alam semesta dan bukannya matahari. Bahkan saat planet seperti mars lebih dekat ke bumi/pusat tata surya ketimbang matahari. Kenapa? Supranatural, gak seru kalau semua mengelilingi bumi/pusat alam semesta.  :P

7
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 25, 2014, 12:33:37 AM »
hoooo...,. baru tahu saya. jadi gimana ceritanya ada komet yang bisa melintasi bumi?
Komet itu mengorbit matahari dalam orbit ekstrim. Dan ada kalanya lintasan komet itu amat dekat dengan bumi.

apakah semudah itu membawa istilah perturbation (astronomi) ? bukankah anda akan temukan hitung-hitungan matematis ketika anda mempelajarinya? coba baca lagi perturbations dalam astronomi anda akan temui berbagai macam hitungan matematis. ini artinya, bagi anda yang membawa istilah perturbations, anda setuju bahwa persamaan matematis diperlukan dalam teori astronomi. dengan demikian, harus ada hitungan matematis sebagai dalil mengapa bumi terkunci di tengah tata surya sedangkan matahari mengelilinginya dan planet-planet lain tidak ikut mengelilingi bumi. dalam general perturbations yang dibahas itu umumnya ya revolusi planet-planet, termasuk bumi, di tata surya mengelilingi matahari. sedangkan special perturbations biasanya yang dibahas adalah komet. kalau boleh tahu, hitungan matematis apa yang membenarkan bumi terkunci di tengah tata surya sedangkan matahari mengelilinginya dan planet-planet lain tidak ikut mengelilingi bumi? jujur saya masih awam.
Lha, itu dari awal ditanyakan, dianya cuma ngeles melulu.
Coba mengalihkan topik dengan menyalahkan heliosentris...
Jurus kreasionis, kalau gak mampu angkat pandangan sendiri, maka akan menyeret jatuh pandangan lain biar (seakan) selevel sama punya mereka.

8
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 25, 2014, 12:27:39 AM »
ciap ciap...
Seperti biasa, gak mampu buktikan klaim, jurus ngelesnya dengan coba menjatuhkan pandangan lain.
Cukup kan kalau lu ngaku gak bisa ngasih hukum pergerakan planet?
Hari gini masih mau merusak generasi bangsa sendiri dengan omong kosong...

9
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 24, 2014, 12:56:28 PM »
Sekarang kan ada robot yang mendarat di komet, komet itu kan pasti bergerak lurus dan tidak berputar, kita liha saja nanti melalui satelit, bumi berputar atau tidak, saya rasa ini akan menjawab pertanyaan dari awal thread ini.
Siapa bilang komet itu lurus doang?
Komet juga mengorbit matahari, janya lintasannya jauh lebih ekstrim (dan ada kalanya membentuk obyek langit lain, atau malah pecah jadi beberapa bagian)

10
Agama dan Filosofi / Re:Jin ada, EUREKA
« pada: November 23, 2014, 12:38:22 PM »
Jadi ingat dulu ada teman nantang:
Berani gak lu lewat kuburan malam-malam?
Sementara waktu itu sudah rutin, kalau malam biasa lewat 5-6 kompleks kuburan sekaligus.

*Orang sini sering bikin kompleks kuburan di dekat rumah, di tepi jalan. Jadi kompleks kuburna di tepi jalan itu sudah biasa.

Jika lewat sana malam-malam (tengah malam juga pernah) saja gak pernah lihat penampakan, berarti emang sama sekali gak sensitif dengan hal-hal supranatural.

11
Fisika / Re:free energy....
« pada: November 22, 2014, 10:56:02 PM »
air -> hidrogen -> inventer -> mesin mobil bekas -> turbin -> PMG -> listrik.

air jadi hidrogen pake stainless steel yg dialiri listrik dc 25 amper bisa cepet.
Air jadi hidrogen?
Pertama, berapa banyak hidrogen yang dihasilkan, apakah sebanding dengan energi yang diperlukan?

Lalu hidrogen jadi energi pakai inventer? Gimana lagi tuh caranya?

12
Fisika / Re:free energy....
« pada: November 22, 2014, 01:58:28 PM »
pepetual engine itu prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini :  energi yang dibuang oleh engine akan diserap kembali oleh engine tsb dan diubah menjadi sumber energi baru. konon salah satu sumber energi yang digunakan adalah gravitasi dan gelombang laut. bahkan kalo ga salah ada bilang bulan deh.

PS : habis baca-baca post lama tentang pepetual motion. lucu juga ya sampe ribut gitu.  ;D kenapa sih mesti pake ribut wkwkwkk
Konsep perpetual engine sudah ada selama beribu-ribu tahun. Waktu kecil aja pernah memikirkan konsep ini, tapi sudah lama dibuang saat menyadari kesalahan dalam pemahaman fisika waktu kecil.

Tapi yang paling hebat dari konsep perpetual ini ya klaim si karno gendengtono dulu, yang pakai memanfaatkan pergerakan bulan dengan kabel super panjang...

13
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 22, 2014, 01:53:28 PM »
Siapa bilang tidak bisa? ;D
Realisasi = nol besar :P

Oh ya, satu lagi.

Tidak ada keharusan suatu model menyertakan persamaan matematis di dalam set hukumnya. Baik model Ptolemaic dan Copernican diterima pada jamannya tanpa harus menyertakan itu.
Model kosmologi saat ini menyertakan persamaan matematis dalam menentukan pergerakan planet. Jika model geosentris lu gak mampu, silakan terus berkutat di pseudo sains :P

14
Fisika / Re:free energy....
« pada: November 21, 2014, 11:10:57 AM »
Kayaknya saya salah paham dengan istilah perpetual nih. Jadi yang dimaksud perpetual dan di sangsikan oleh para ilmuan itu apa konsepnya?
Perpetual engine secara kasar itu mesin dengan sistem dimana tidak memerlukan energi luar lagi, tapi bisa bekerja selamanya (output>input)

15
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« pada: November 20, 2014, 08:40:09 PM »
bla bla bla...
Dan ternyata emang gak bisa ajuin hukum pergerakan planet?
As always, cuma bisa ngajuin pandnagan yang diklaim menyanggah pandangan berlawanan.
kalau perlu quote mining.
Maka tak ada artinya model geosentris yang lu ajuin. Pointless.

Sudah dibilang, realitas bergantung model.
Lu mau ngajuin model geosentris, tapi lu gak mampu ajuin set hukum yang berlaku pada modelnya?
Sains akan menyebutnya: model sampah!

Halaman: [1] 2 ... 453
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia