Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - cassle

Halaman: [1] 2 ... 7
1
[justify]Selama ini, telah terdengar beragam ide mengenai upaya mereduksi emisi karbon yang datang dari dunia perkantoran seperti halnya penghematan penggunaan kertas, energi listrik, hingga menghemat biaya perjalanan sekaligus emisi yang ditimbulkan oleh perjalanan bisnis. Ide untuk melakukan video conference dalam rangka menghindari keharusan terbang ke belahan dunia yang berbeda hanya untuk sebuah rapat bisnis telah terdengar cukup lama meskipun dalam pelaksanaannya pemain profesional lama masih mengandalkan pentingnya tatap muka secara langsung. Namun demikian, ternyata inovasi di bidang video conference tidak berkembang stagnan, begitu pula perkembangan Telepresence yang belakangan ini semakin nyaring terdengar.

Menurut pengakuan dari “Carbon Disclosure Project Study 2010: The Telepresence Revolution” https://www.cdproject.net/telepresence-revolution, beralih pada telepresence untuk sebagian rapat yang membutuhkan perjalanan bisnis, para pelaku bisnis di US dan UK dapat mereduksi emisi karbon hingga 5.5 juta metric ton. Jumlah potensi reduksi tersebut setara dengan menghilangkan satu juta mobil untuk satu tahun.

Pertanyaannya adalah: Seberapa percayanya Anda kepada kalangan perkantoran dalam mereduksi emisi karbon? Dalam perhitungan untung rugi, sesuatu seperti “memerangi emisi karbon” dapat menelan biaya yang sangat tinggi dan para pelaku usaha pasti menaruh perhatian ekstra atas hal tersebut. Apabila Anda tengah bekerja atau memiliki sebuah perusahaan / perkantoran (di Indonesia), mungkinkah Anda menerapkan sistem seperti Telepresence atau Video Conference atau inovasi sejenis?

Terlepas dari kemungkinan penerapan yang masih belum pasti, setidaknya saat ini terbukti jelas bahwa aktivitas perkantoran dengan cara yang berbeda juga dapat menyelamatkan bumi. Yah, setidaknya potensi itu sudah ada.
[/justify]

Referensi:
http://www.cisco.com/en/US/products/ps7060/index.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_Telepresence
https://www.cdproject.net/telepresence-revolution

2
Sastra dan Budaya / Re: Gaya SMS dan Perkembangan Bahasa
« pada: Pebruari 24, 2011, 10:47:56 PM »
@No: Ya jelas kalau bahasa sms (dalam hal ini khususnya adalah bahasa alay serta bahasa singkatan) membudaya, sangat memungkinkan merusak masa depan Indonesia. Coba saja bayangkan sebuah jurnal ilmiah Indonesia yang ditulis dalam bahasa sms, kejelasan dari setiap kata saja sangat diragukan karena biasanya bahasa sms dapat diinterpretasikan secara berbeda-beda serta sangat menyulitkan untuk dibaca. Bahkan dalam penggunaannya selaku 'bahasa sms' sering mengakibatkan kesalahpahaman.

Contoh yang saya ketahui: singkatan berupa huruf "g" dapat berarti gue / saya, juga bisa diartikan gak / tidak. Jadi kalau seseorang sms "G mau makan" bisa berarti Gue mau makan, juga Gak mau makan kan!

3
Teknik Lingkungan / Re: Energy Alternatif dari Magnet permanen
« pada: Oktober 26, 2010, 09:36:49 PM »
Ummm, maaf kalo saya rada ngaco, tapi kok kayaknya mirip sama pelajaran SMA dulu ya? kalo gak salah gaya elektromagnetik ya..?

5
Kutipan dari Republika online hari ini:

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merencanakan kerja sama di berbagai bidang penelitian dengan Amerika Serikat. Kepala LIPI Prof Dr Umar Anggara Jeni Apt MSc mengatakan, kerja sama yang dilakukan dalam waktu dekat adalah bidang energi dan kelautan. Kerja sama ini merupakan bagian New Science and Technology Agreement yang ditandatangani Maret 2010 antara Menristek dan Duta Besar AS.

Hari ini, Utusan Khusus Presiden AS Barak Obama Bidang Sains Prof Dr Bruce Alberts hadir di Cibinong Science Center (CSC), Bogor, Jawa Barat''Kita atur pertemuan antar peneliti kedua negara untuk set up kerja sama itu. Nanti dilaksanakan semacam pusat riset atau dengan sesama universitas di sana," kata Umar.

Bidang penelitian yang dikerjasamakan, sambung Umar, sangat luas.  ''Kerja sama biodiversity dengan AS sudah berjalan sebelumnya. Di bidang geologi juga sudah dengan California Institute of Technology. Lalu ke depan, bisa saja di bidang kelautan dan nanoteknologi.''

Untuk transfer teknologi, Umar berpendapat bahwa pengembangan riset itu bisa dilakukan dengan industri. Untuk itu, harus ada kerja sama dengan industri, baik domestik, maupun luar negeri. Diakuinya, kerja sama harus dilakukan intensif. ''Dengan industri luar negeri belum ada. Mereka (AS) menjelaskan, akan jembatani, tentunya.''

Menurut Umar, Presiden Obama selalu ingin bekerja sama dengan negara-negara berkembang, terutama dengan pendekatan-pendekatan ilmiah. ''Tak perlu dengan pendekatan politik, security, dan lain-lain, tapi ilmiah. Kita sambut baik hal ini. Alhamdulillah, payung hukumnya sudah ada.''

New Science and Technology Agreement Indonesia-AS berlaku untuk lima tahun. Bila kedua belah pihak ingin melanjutkan kerja sama, maka kesepakatan itu otomatis diperpanjang lima tahun lagi.
Red: Siwi Tri Puji.B
Rep: Dewi Mardiani

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/10/05/11/115185-lipi-perluas-kerjasama-sains-dengan-as

***
Seperti yang kita tahu, mungkin saja kerjasama ini dapat meliputi sektor nanoteknologi, melihat kinerja peneliti Indonesia di bidang nanoteknologi sudah cukup terbilang maju dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Menurut teman-teman sendiri bagaimana? Akankah kerjasama ini menghasilkan dampak yang signifikan?

6
Biologi SMU / Re: sistem peredaran darah skarang,, ^^
« pada: Maret 16, 2010, 06:04:39 PM »
Maksudnya inferior dan superior bergabung lagi jadi vena cava, gabungnya itu di mana dan bagaimana ya?

7
Kesehatan / Re: TV & Komputer Dapat Picu Kematian
« pada: Pebruari 01, 2010, 08:19:44 PM »
nah itu dia bung Heru, yang dimaksudkan TV bisa mengakibatkan kematian terlebih lagi kalau seseorang yang punya sakit jantung kronis trus nonton film horor!! :D

8
Kesehatan / Re: TV & Komputer Dapat Picu Kematian
« pada: Januari 30, 2010, 10:17:20 PM »
tapi setidaknya main komputer lebih sehat daripada nonton TV kalau dihubungkan dengan kasus di atas, soalnya kalo nonton TV bisa sambil ngemil, main komputer kan gak sambil ngemil.. :D

9
Biologi / Re: Misteri Rasa Gatal!
« pada: Januari 06, 2010, 08:21:14 PM »
tapi kok luka di kakiku ada yang gak sembuh-sembuh karena pas gatal digaruk dan tambah luka? :D
ya karena garukan itu lukanya terbuka lagi dan bisa jadi infeksi lagi...

aih, tapi kelihatannya gak luka... :(

10
Lowongan Kerja / Re: Kerja buat Anak SMA! haha
« pada: Desember 30, 2009, 10:49:49 PM »
btw, kalo gak salah, banyak juga yang mau memperkerjakan fresh writer (alias anak SMA juga termasuk) untuk menulis artikel-artikel.. Kalo yang site luar saya tau, tapi kalo yang lokal ada gak ya? :)

11
Biologi / Re: Misteri Rasa Gatal!
« pada: Desember 30, 2009, 10:45:03 PM »
tapi kok luka di kakiku ada yang gak sembuh-sembuh karena pas gatal digaruk dan tambah luka? :D

hmm, menurutku sih gatal itu karena pengaruh aliran darah bisa juga kayaknya.. kan katanya kalo lagi masa penyembuhan, ada proses 'inflamasi' ya -kalo gak salah istilahnya-?

tapi sayangnya dari artikelnya Zhou-Feng Chen belum bisa membahas tentang rasa gatal itu sendiri, baru bisa menyimpulkan bahwa gatal tidak sama dengan sakit kan..

12
Kotak Saran / Re: Afiliasi dengan..Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional...
« pada: Desember 30, 2009, 10:41:46 PM »
walah, diterima kuliah pun belum.. tapi mudah-mudahan tebakanmu benar deh! :D he he he

13
Ilmu Teknik / Re: English-Indonesia engineering dictionary
« pada: Desember 26, 2009, 08:35:52 PM »
kalo english - indo jarang ketemu, tapi kalo kamus english engineering dictionary sepertinya sering ketemu.

14
Kesehatan / Re: Kanker Darah (Leukemia)
« pada: Desember 26, 2009, 08:34:11 PM »
serem juga =_= ada aja kasus seperti itu...

15
Astronomi dan Kosmologi / Re: 10 Galaksi yang paling Menakjubkan
« pada: Desember 26, 2009, 08:29:51 PM »
sampe sekarang aku masih bertanya-tanya, gambar-gambar seperti itu sebenarnya beneran foto ato gambar sih? O_o

Halaman: [1] 2 ... 7
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia