Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - phice

Halaman: [1] 2 ... 32
1
Biologi / Kuru
« pada: Maret 11, 2013, 10:29:46 PM »
Isu kanibalisme dewasa ini merebak bukan hanya di luar negeri, namun juga di Indonesia. Sudah banyak kasus kanibalisme yang terjadi di dunia ini. Di Indonesia, yang paling menghebohkan adalah peristiwa lisah Soemanto.
Pernah terlintas di benak saya, bagaimanakah rasanya memakan daging manusia. Enakkah? Lezatkah? Pengen makan lagi-lagi-dan lagi, kah? Sehat kah?

Untuk pertanyaan yang terakhir, jawabannya jelas: TIDAK!

Ada sebuah penyakit zoonosis (menular dari manusia ke hewan atau sebaliknya) bernama Bovine Spongioform Encephalopathy. Penyakit saraf ini disebabkan oleh sebuah protein 'salah gaul' yang disebut prion protein BSE atau PrPBSE. Bagaimana prion ini bisa muncul? Ini disebabkan oleh digunakannya Meat Bone Meal atau Tepung Produk Sapi yang Tidak terpakai sebagai pakan sapi itu sendiri. Semacam kanibalisme?

Penyakit ini ternyata ada banyak jenis dan dikelompokkan menjadi Transmissible Spongioform Encephalopathy. Salah satu anggotanya adalah: Kuru.

Kuru adalah sebuah wabah yang ditemukan di Papua Nugini, penyakit ini menyerang sebuah suku bernama Suku Fore di tahun 1957. Bagaimanakah ini dapat terjadi?

Usut punya usut, Suku Fore punya kebudayaan yang cukup... 'unik'? Sebuah investigasi yang dilakukan oleh peneliti, akhirnya mengungkap bagaimana penyakit yang secara harfiah diterjemahkan sebagai 'The Laughing Sickness'

Dalam adat suku Fore, setiap ada orang meninggal, tubuhnya dibagikan kepada keluarganya untuk dimakan sebagai penghormatan terhadap orang tersebut. Rupanya itu yang menyebabkan mewabahnya penyakit ini!

Penyakit aneh ini biasanya dimulai dengan kehilangan koordinasi sehingga membuatnya goyah saat berjalan, lalu diikuti dengan gejala lainnya seperti timbul tremor, sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan serta perubahan suasana hati yang parah.

Perubahan suasana hati yang parah ini seperti rasa marah yang secara seketika berubah menjadi serangan tawa yang menakutkan. Tawa seram dan mengganggu ini mendorong orang-orang Fore menyebutnya sebagai penyakit aneh Kuru.Sebagian besar orang suku mengira ia menderita penyakit mental atau disangka mengalami kutukan.

Semakin hari semakin banyak suku Fore yang meninggal. Pada tahun 1957 hingga 5 tahun ke depan sekitar 1.000 orang meninggal akibat penyakit Kuru, sehingga menjadi endemik. Setelah melakukan banyak penelitian ditemukan orang yang menderita penyakit ini mirip dengan penyakit sapi gila atau Bovine spongiform encephalopathy.

Tapi sapi gila ditularkan akibat mengonsumsi otak dan jaringan tulang belakang sapi yang sudah terinfeksi. Sedangkan untuk penyakit Kuru disebabkan oleh mengonsumsi jaringan otak manusia yang terinfeksi oleh prion (protein atau partikel yang menyerang). Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan suku Fore yang kanibal atau mengonsumsi daging manusia.

Umumnya perempuan suku Fore memiliki kesempatan lebih besar tertular penyakit ini dibanding laki-laki. Hal ini karena perempuan biasanya mengonsumsi potongan dari jaringan otak, sedangkan laki-laki tidak.

Ada 2 pendapat berbeda yang saya dengar tentang statements di atas. Ada yang mengatakan bahwa laki-laki Suku Fore akan mendapat jatah daging yang enak, sementara perempuan dan anak-anak mendapatkan bagian tubuh lain seperti otak dan jerohan. Namun ada pula yang mengatakan laki-laki mengambil potongan daging pilihan sehingga perempuan mau tidak mau harus mengonsumsi otak atau karena otak dianggap sebagai makanan yang lebih lezat sehingga dikonsumsi oleh perempuan yang menyiapkan makanan.

Saya tidak tahu yang mana yang lebih benar. Yang jelas, para wanita memang mengkonsumsi otak manusia yang mati.

Ciri khas dari penyakit ini adalah adanya gumpalan molekul protein di dalam otak. Masa inkubasi dari penyakit ini panjang, sehingga dibutuhkan waktu beberapa tahun setelah infeksi awal hingga timbulnya gejala. Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, dan salah satu cara untuk mencegahnya adalah menghentikan praktik kanibalisme.

Karenanya sebuah kampanye mendidik skala besar dilakukan untuk memberantas penyakit aneh ini serta memberikan tindakan keras terhadap kebiasaan mengonsumsi anggota tubuh suku Fore yang sudah meninggal. Saat ini penyakit Kuru dianggap sudah benar-benar punah.

http://www.adipedia.com/2011/01/tradisi-kanibal-suku-fore-dan-penyakit_31.html

2
Kesehatan / Re: MedTriv
« pada: Pebruari 15, 2010, 06:08:10 PM »
Ada masalah sama jantung?

3
Kesehatan / Re: Sindrom Aneh
« pada: Pebruari 05, 2010, 07:54:50 PM »
no.8: Limbad???
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

no.9 mirip yang di idle hands...

4
Olah Otak / Re: coba game ini lg....
« pada: Pebruari 04, 2010, 05:52:26 PM »
hash!
nggak sabar aku..... baru juga level 3....

5
Olah Otak / Re: coba game ini lg....
« pada: Januari 28, 2010, 06:41:31 PM »
Sebel!
Yang bisa diklik yang mana sih di level 2?????
Kasi bocoran dong!

6
Biologi / Re: Inilah Cara Bebek Menolak Hubungan Intim
« pada: Januari 08, 2010, 02:41:22 PM »
kalo' manusia kayak si bebek, pasti jarang terjadi pemerkosaan... hwkwkwkwk!

7
Biologi / Re: Pedigree Analysis For Beginner
« pada: Januari 04, 2010, 03:49:02 PM »
berarti hukum Hardy-Weinberg juga harus dipake waktu kita menganalisis suatu pedigree??

8
Olah Otak / Re: coba game ini lg....
« pada: Januari 03, 2010, 07:27:25 PM »
Sampai level kedua doang....

9
Biologi / Re: Ada yang tau binatang apa ini?
« pada: Januari 03, 2010, 06:52:44 PM »
Sudah ah!
OOT!
BTW, deskripsi binatang ini udah ada di thread 15 Truly bizarre creatures yang ditulis Om raisu, silahkan dibaca, ya...

10
Biologi / Re: Pedigree Analysis For Beginner
« pada: Januari 03, 2010, 06:48:25 PM »
he??
bisa dijelaskan dengan bahasa yang agak mudah mungkin??

11
Biologi / Re: 15 Truly Bizarre Creatures
« pada: Januari 02, 2010, 01:47:40 PM »
Wah!
Ada binatang yang aku cari!
Thanks mbah raisu!

12
Biologi / Re: Pedigree Analysis For Beginner
« pada: Desember 30, 2009, 05:12:21 PM »
dan aku masih bingung analisis Autosomal dominan dan resesif.
Bukannya kalo gambar yang paling atas seperti ini juga bisa:
si ibu bergenotip aa karena menderita dan si bapak bergenotip Aa.
Sedangkan untuk gambar ketiga bisa pake:
Aa X AA
??????

13
Perkenalan Anggota / Re: Halo........
« pada: Desember 30, 2009, 05:06:54 PM »
@ rayfrans:
Salam kenal juga....

14
Biologi / Re: Pedigree Analysis For Beginner
« pada: Desember 30, 2009, 04:53:28 PM »
berarti macem Cb dan hemofilia itu X-Linked resesif?

15
Biologi / Re: Ada yang tau binatang apa ini?
« pada: Desember 29, 2009, 06:41:57 PM »
@ Idio:
Mereka gali lobang di pojokan kamar mandi, jadi tiba-tiba suka keluar secara mengejutkan...

Halaman: [1] 2 ... 32
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia