Forum Sains Indonesia



Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - r.a.n

Halaman: 1 [2] 3 ... 23
16
Kesehatan / Re: Sindroma Behcet
« pada: April 09, 2010, 07:25:27 PM »
Denger-denger katanya Behcet orang Turki....???

17
Kesehatan / Re: Awas, Kuman Gonore Makin Kebal Obat!
« pada: April 09, 2010, 07:23:55 PM »
waduh..lama-lama bisa peke golongan penem..nih

18
Kesehatan / Re: Persalinan
« pada: April 09, 2010, 07:21:47 PM »
@rai..
Makasih atas infonya....TOP BGT

19
Kesehatan / Re: Salah Kaprah Tuberkulosis Anak
« pada: April 04, 2010, 06:50:40 PM »
Terus terang...sampai sekarang...saya masih belum ketemu patofisiologi...keringat malam untuk TB....
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
...Balik lagi ke anak...katanya gambaran infeksinya tidak khas seperti orang dewasa...Kalo pada anak lebih dominan sesak..dan demam...bukan batuk..karena bukan salurannnya yang terkena melainkan parenkimnya...Tauk deh bener apa nggak yah...saya sendiri masih belum yakin..
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

20
Kesehatan / Re: Persalinan
« pada: April 04, 2010, 05:34:18 PM »
Iyah kemarin sempat ada kuliah dari...seorang konsulen SpOG...Beliau juga bilang katanya partus pervaginam itu menurunkan kekerapan terjadinya alergi pada bayi...sebab paparan kumannya...berbeda antara bayi dengan partus spontan dan dengan SC...katanya terkait dengan keseimbangan T helper 1 dan 2 ,,,,rada-rada nggak mudeng... ??? ???

21
Kesehatan / Re: Kanker Tulang
« pada: April 04, 2010, 05:28:30 PM »
memang..penangannnya cukup rumit...untuk kanker tulang,,,sebuah diagnosis kanker tulang pada seorang pasien...di senter kami, diagnosis kanker tulang bisa tegak ketika sudah ada kesepahaman antara orthoped...radiolog dan  ahli PA...Dan itu ada konferensinya loh...dibahas di forum khusus...dan rutin tiap minggu.....

22
Kesehatan / Re: Konsumsi daging dan produksi CO2
« pada: Maret 30, 2010, 12:37:09 AM »
kalo makan karbohidrat sih masih percaya..(soalnya kita mnganjurkan pada pasien dengan bronkitis kronik..konsumsi nasi alias karbohidrat kita batasi..bukan karena gulnay tapi karena CO2 nya)...Kalo makan daging...khan banyakn protein..ama lemaknya....lemak sendiri..sih bisa bikin...obes...lemak butuh..O2 lebih banyak..secara kumulatif iya..tapi kalo mau peke istilah "common pathway" semuanya pake O2 nya pas..masuk ke reaksi..aduh..lupa...apa..elektron...gitu. Nanti baca lagi deh..buku biokim...habis...keenakan di dunia klinik..nih...

Mohon pencerahannya bung Idad..dan Mas Hendy..serta yang masih megang diktat biokim..males buka lagi..nih....udah malem

23
Kesehatan / Re: Obat Generik Diabaikan
« pada: Maret 30, 2010, 12:29:10 AM »
Iya ah...saya sekolah kedokteran...dari tingkat 1-6 (moga-moga tahun ini lulus...amiin)..menhabiskan...15 juta tambah 18 juta..total-total..23..juta...nggak pake beli mayat...nggak pake..uang praktek....uang SKS apalagi....dateng kesana modal dengkul doank.. pokoke..murah...tenan.....

Hmmm....balik ke generik...mas...ada nggak obat...generik..yang bersalut misalnya kloramfenikol khan pahit jadi bersalut...atau yang film coated..deh....

24
Kesehatan / Re: Tak Semua Patah Tulang Bisa Dilihat Foto Sinar X
« pada: Maret 30, 2010, 12:08:38 AM »
Hmm..kok saya agak kurang sepakat..yah.

INI nih..dokter yang kebiasaan gadget...oriented....fraktur..foto...tumor....CT-scan..USG abdomen.....Anamnesis..nya kemana..?????

KIta dididik..itu semua berawal dari anamnesis..anamnesis yang baik...bisa menegakkan diagnosis sampai 80%. Untuk fraktur....pendekatannya MIST ( Mechanism of Injury and Sustained...Trauma)...Intinya...mekanisme trauma dan gejala yang tersisa selain tulang yang menyertai..misal..sesak napas..penurunan kesadaran...atau muntah proyektil..dsb

Selalu pasien..dengan trauma ditanya...dia jatuhnya dari mana...akibat KLL (kecelakaan lalu lintas...) atau....jatuh dari ketinggian...semua itu bertujuan agar kita bisa menetukan...bagian mana yang perlu kita foto rontgen....Kalo gitu mah gampang..kalo ada pasien trauma..minta aja MRI whole body...khan nggak ribet..

menurut saya...nggak usah sekolah enam tahun...juga bisa...demam dikit...chek widal dan trombosit..tau-taunya demamnya ke arah keganasan...nah lo...

Hmm..terus terang saya pernah marahin adik kelas saya karena mereka bilang..patah tulang penegakkannya dari foto rontgen...nggak salah juga...tapi sekali lagi.....foto roentgen..hakikatnya adalah..PEMERIKSAAN PENUNJANG....jadi hanya menunjang diagnosis...biasanya kita kalo ada pasien fraktur kita suka main tebak-tebakan...ini fraktur apa....cuma dari anamnesis dan pemeriksaan fisik....lalu dikonfirmasi deh pake..foto roentgen...Nanti kalo kamu ke daerah...nggak ada foto roentgen gimana..???. Memmang mungkin saya masih berpikiran....old fashion...tapi buat saya sungguh ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa menebak..suatu diagnosis bahkan..hasil lab...foto roetgen..atau apapun yang terkait pemeriksaan  penunjang....hanya dari anam dan PF....OKEH....

25
Kesehatan / Re: Salah Kaprah Tuberkulosis Anak
« pada: Maret 29, 2010, 11:48:49 PM »
Iyah..angkanya nggak salah..kok..kita ngitung cairan juga..kalo naik 1OC kita naikkan kebutuhannya ditambah 12% dari kebutuhan..cairan....dasar..Unutk kalori katnaya sama kayak gitung cairan...jadi..mungkin benar bisa ditambah..12%


26
Kesehatan / Re: CAFTA
« pada: Maret 29, 2010, 11:44:24 PM »
Maaf baru bales...ini lagi ribet dikebidanan...Kemarin stase di RSUD Tangerang..pasien sekali jaga Kamar Bersalin same...30 pasien...satu malem...ampun deh...bahkan ada yang langsung naik ke-OK...

Menghindari rasa malas....Hmm...saya pun terkadang jenuh dan malas....menghadapi semua rutinitas.....Untuk itu caranya cuma satu yaitu PAKSAIN.....sumpah nggak ada cara lain.....saya pernah mencoba untuk memaklumi....rasa malas...eh..malah keterusan...TRus inget lagi niatnnya....(ini juga menjadi bahan introspeksi diri saya)...JANGAN SAMPE PASIEN KITA MATI KARENA KITA BODOH.....atau karena kita malas...sewaktu kuliah...semasa S-1.

27
Kesehatan / Re: Sering Diare atau Sembelit, Awas Kena IBS!
« pada: Maret 29, 2010, 11:38:29 PM »
Ada guru saya seorang prof di kebidanan...dia itu kalo janji sama orang..harus ditepati kalo nggak di bisa IBS...pernah dia cerita ke saya katanya waktu itu dia menjanjikan membawakan sebuah buku untuk salah seorang mahasiswanya...Namun hari itu dia lupa..dan sang mahasiswa sudah memaafkan..Tapi dengan serta merta dia pulang lagi naik taksi dan mengambil buku tersebut dan hari itu juga diberikan...Katanya..kalo nggak gitu IBS-nya kumat...

Ada-ada aja itu prof.... ;D ;D

28
Pendidikan / Re: seputar prospektif fakultas
« pada: Maret 29, 2010, 11:32:11 PM »
Ambil FK aja..abis angkat sumpah..ntar disumpahin orang... ;D ;D ;D
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.

Menurut saya apapun bagus...tergantung kamunya...kira-kira..apa yang membuat kamu sangat tertarik..sampe-sampe kalo kamu ngerjain..itu bisa lupa makan..dan tidur..dan kalo kamu ngerjain..itu biar dibayar nggak dibayar..perasaan senang...

29
Pendidikan / Re: Top 100 Global Universities
« pada: Maret 29, 2010, 11:29:22 PM »
Kutip
Sekadar mengkonfirmasi bung IaZr, berita pencontekan itu benar. Bukan hanya mendengar, saya menyaksikan sendiri tumpukan hasil tesis yang dipajang di perpustakaan pasca universitas tempat saya kuliah jelas2 hanyalah penelitian mengada2, dibuat asal2an dan hanya sedikit memodifikasi komposisinya. Dan anehnya, penelitian seperti itu di acc oleh pembimbing dan penguji sampai jadi tesis. Dan anda tentu tidak jarang mendengar ada pernyataan dosen2nya sendiri yang mengatakan :" Udah, bikin tesis/skripsinya contek penelitian orang, modif dikit variabel atau metodenya, yang penting lulus, dapat gelar"

Jadi inget kata guru saya...pendidikan kita terlalu permisiv.....jadinya lulusannya sulit dipertanggungjawabkan...beliau membandingkan..antara pendidik di kita dan nestle..menurut beliau..nestle jauh lebih...ketat terhadap produk yang dihasilkan dibandingkan...dengan...pendidikan di Indo...Akhirnya..yah kayak gini..deh...S1 tapi kok..nggak kelihatan kalo udah pernah kuliah..ampun..deh.. :( :(

30
Kesehatan / Re: Darah Reaktif?
« pada: Maret 29, 2010, 11:24:04 PM »
darah reaktif...??? menarik...Itu yang ngomong siapa...??? kalo petugas PMI, kemungkinan (ini menurut saya lho..)...HbsAg nya positif tapi belum menimbulkan reaksi....di tubuh alias silent...tuh ..Coba tanya lagi ada riwayat ifeksi HepB baik di dia ataupun ibunya....Habis rada nggak enak kalo bilang "wadu mas...kena hepB"...khan kasian...

Btw..rhesus itu cuma sebagian besar aja...masih ada MNO dsb tapi kalo yang mau okeh sih..pendekatan HLA (Human Antigen Leukosit...) ini baru oke...soalnya dipake buat transplantasi..

Halaman: 1 [2] 3 ... 23
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia