Berita: Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?


Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Penulis Topik: apakah pikiran mempunyai massa?  (Dibaca 9845 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline TheKiller7

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
apakah pikiran mempunyai massa?
« pada: Pebruari 16, 2012, 08:07:59 PM »
dalam ilmu noetic di jelaskan bahwa pikiran manusia memiliki massa, saya bertanya-tanya  :

apa benar pikiran manusia memiliki massa?? kalo iya, bagaimana mungkin?

thx b4
pengetahuan adalah hal yg penting.......
teruslah cari selagi bisa.......

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.001
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #1 pada: Pebruari 17, 2012, 01:41:31 PM »
Itu beneran ada bukti ilmiahnya atau cuma sugesti?
MaksudQ, kan kl orang lagi mikir (atau kebanyakan pikiran) kan seringkali kepalanya terasa berat, mungkin dari situ terus ada pertanyaan kalau pikiran memiliki massa?
(Yah, walaupun massa dengan berat itu beda sih...  :-\ )
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline hakku_DRRR

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 91
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • dollar
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #2 pada: Pebruari 17, 2012, 08:44:02 PM »
seperti yang monox D. I-fly blang pikiran mempunyai massa.....seperti ketika seseorang banyak pikiran mereka akan kelelahan,dan lebih memilih duduk atau tidur,karena pikiran memberi tekanan yang di sebabkan oleh massa itu sendiri

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 496
  • IQ: 222
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #3 pada: Pebruari 17, 2012, 11:09:23 PM »
Wah ini kesukaannya penganut New Age. Gwa nga terlalu yakin apa benar pikiran itu punya massa atau tidak... Kalau pikiran yang kamu maksud itu merujuk pada fenomena electric impulses yang bergerak di otak ya benar saja, tapi menurut agan/sista sendiri definisi pikiran tu apa?
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 679
  • IQ: 205
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #4 pada: Pebruari 18, 2012, 07:15:52 PM »
ini sama saja dengan membandingkan pertanyaan apakah cinta itu di otak atau di hati, tergantung definisi masing-masing. so apakah ini konkret atau abstrak.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.001
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #5 pada: Pebruari 20, 2012, 03:26:17 PM »
ini sama saja dengan membandingkan pertanyaan apakah cinta itu di otak atau di hati, tergantung definisi masing-masing. so apakah ini konkret atau abstrak.

Cinta itu di jiwa?  ::)
Jadi dirimu lebih beranggapan kl pertanyaan ini adl ttg "massa" pikiran itu konkret atau abstrak ya? Kl saya lebih penasaran ttg yg bikin kepala qt terasa berat waktu mikir itu "massa" atau "berat" dari pikiran itu...  ;D

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #6 pada: Maret 05, 2012, 04:14:43 PM »
ada yang bilang pikiran termasuk gelombang, apakah gelombang memiliki masa?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.386
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #7 pada: Maret 05, 2012, 05:53:32 PM »
ada yang bilang pikiran termasuk gelombang, apakah gelombang memiliki masa?
Gelombang memebawa energi. Energi setara dengan massa (E=m.c^2).
HouwLiong

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #8 pada: Maret 05, 2012, 09:01:18 PM »
Gelombang memebawa energi. Energi setara dengan massa (E=m.c^2).

berarti terjawab sudah pertanyaannya ^^

Offline TheKiller7

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #9 pada: Maret 07, 2012, 08:03:40 PM »
hmm,
saya ada pertanyaan baru deh,
waktu terjadi electric impulses bisa dibilang perpindahan massa elektron neuronnya??

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #10 pada: Maret 08, 2012, 07:26:33 PM »
hmm,
saya ada pertanyaan baru deh,
waktu terjadi electric impulses bisa dibilang perpindahan massa elektron neuronnya??

mungkin kita analisa dari cara kerja otak
seingat sy waktu sma, diajarkan impuls yg terhubung antar neuron2 itu berupa cairan
jd ada perpindahan (terhubung) atau mungkin lebih tepatnya pertukaran
jd apakah yg ditukarkan itu elektron?

Offline Dhantez

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 281
  • IQ: 10
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #11 pada: Oktober 20, 2012, 01:25:53 PM »
Kalo pun ada pasti amat sangat ringan..

Analoginya.. Berapa perbedaan berat flash disk 16 GB yang kosong dgn yang terisi data penuh??

Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.001
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #12 pada: Oktober 22, 2012, 02:53:42 PM »
Kalo pun ada pasti amat sangat ringan..

Analoginya.. Berapa perbedaan berat flash disk 16 GB yang kosong dgn yang terisi data penuh??

Emang data di flashdisk wujudnya apa sih? Arus listrik kah? Medan magnet? Kl pun wujudnya berupa hal2 tsb, berarti beratnya kecil sekali, mungkin malah nggak sampe' 1 mikrogram...

Offline seer

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #13 pada: November 18, 2012, 09:42:29 PM »
berdasar post2 sebelumnya berarti jelas pikiran mempunyai massa... dan bila orang itu meninggal (lenyap kesadarannya) berarti massanya berkurang.....meskipun sangat amat kecil.

seperti analogi flashdisk... sama juga dengan analogi : orang telanjang yg penuh kuman kemudian mandi dengan bersih. Secara logika org itu beratnya pasti lebih ringan krn jumlah kuman2 pada badannya telah berkurang.

berharap saja ilmuwan2 mempublis hasil risetnya tntang ini.


Offline Jim Heart

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #14 pada: November 19, 2012, 08:25:17 AM »
kekeke, well IMO sih bukannya pikiran itu suatu kerja yang dilakukan oleh otak dan neuron2, daripada disebut ”menghasilkan massa” mungkin lebih tepat ”memindahkan massa”.. memindahkan massa tentu butuh energi, kepala yang terasa berat bukan karena terciptanya massa karena berpikir, tetapi semakin lelahnya tubuh dalam bekerja...
analoginya beban yang sama2 1 kg terasa lebih berat saat kita lelah daripada saat kita penuh energi ...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
13231 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 10, 2015, 02:00:25 PM
oleh sirius.A
19 Jawaban
8640 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2010, 12:12:16 PM
oleh asma
4 Jawaban
3183 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 10, 2011, 09:47:03 PM
oleh khenstein
0 Jawaban
1350 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2014, 02:51:08 PM
oleh Monox D. I-Fly
35 Jawaban
20842 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 31, 2015, 03:32:03 PM
oleh alumm