Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

qwertypo

Hari Ini jam 09:45:43 AM
Gan, ane lagi nyari buku Instrumentasi Elektronik dan Teknik Pengukuran, William D Cooper author nya Sahat Pakpahan

SplitzBurned

Kemarin jam 01:32:06 PM
ada yg on kah ?

Ariie

September 23, 2014, 08:05:52 PM
hey ?

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

Show 50 latest

Penulis Topik: apakah pikiran mempunyai massa?  (Dibaca 4417 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline TheKiller7

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
apakah pikiran mempunyai massa?
« pada: Pebruari 16, 2012, 08:07:59 PM »
dalam ilmu noetic di jelaskan bahwa pikiran manusia memiliki massa, saya bertanya-tanya  :

apa benar pikiran manusia memiliki massa?? kalo iya, bagaimana mungkin?

thx b4


pengetahuan adalah hal yg penting.......
teruslah cari selagi bisa.......

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 996
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #1 pada: Pebruari 17, 2012, 01:41:31 PM »
Itu beneran ada bukti ilmiahnya atau cuma sugesti?
MaksudQ, kan kl orang lagi mikir (atau kebanyakan pikiran) kan seringkali kepalanya terasa berat, mungkin dari situ terus ada pertanyaan kalau pikiran memiliki massa?
(Yah, walaupun massa dengan berat itu beda sih...  :-\ )
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

Offline hakku_DRRR

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 91
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • dollar
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #2 pada: Pebruari 17, 2012, 08:44:02 PM »
seperti yang monox D. I-fly blang pikiran mempunyai massa.....seperti ketika seseorang banyak pikiran mereka akan kelelahan,dan lebih memilih duduk atau tidur,karena pikiran memberi tekanan yang di sebabkan oleh massa itu sendiri

Offline nʇǝʌ∀

  • Global Moderator
  • Dosen
  • *****
  • Tulisan: 343
  • IQ: 189
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #3 pada: Pebruari 17, 2012, 11:09:23 PM »
Wah ini kesukaannya penganut New Age. Gwa nga terlalu yakin apa benar pikiran itu punya massa atau tidak... Kalau pikiran yang kamu maksud itu merujuk pada fenomena electric impulses yang bergerak di otak ya benar saja, tapi menurut agan/sista sendiri definisi pikiran tu apa?
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 163
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #4 pada: Pebruari 18, 2012, 07:15:52 PM »
ini sama saja dengan membandingkan pertanyaan apakah cinta itu di otak atau di hati, tergantung definisi masing-masing. so apakah ini konkret atau abstrak.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 996
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #5 pada: Pebruari 20, 2012, 03:26:17 PM »
ini sama saja dengan membandingkan pertanyaan apakah cinta itu di otak atau di hati, tergantung definisi masing-masing. so apakah ini konkret atau abstrak.

Cinta itu di jiwa?  ::)
Jadi dirimu lebih beranggapan kl pertanyaan ini adl ttg "massa" pikiran itu konkret atau abstrak ya? Kl saya lebih penasaran ttg yg bikin kepala qt terasa berat waktu mikir itu "massa" atau "berat" dari pikiran itu...  ;D

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #6 pada: Maret 05, 2012, 04:14:43 PM »
ada yang bilang pikiran termasuk gelombang, apakah gelombang memiliki masa?

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #7 pada: Maret 05, 2012, 05:53:32 PM »
ada yang bilang pikiran termasuk gelombang, apakah gelombang memiliki masa?
Gelombang memebawa energi. Energi setara dengan massa (E=m.c^2).
HouwLiong

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #8 pada: Maret 05, 2012, 09:01:18 PM »
Gelombang memebawa energi. Energi setara dengan massa (E=m.c^2).

berarti terjawab sudah pertanyaannya ^^

Offline TheKiller7

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #9 pada: Maret 07, 2012, 08:03:40 PM »
hmm,
saya ada pertanyaan baru deh,
waktu terjadi electric impulses bisa dibilang perpindahan massa elektron neuronnya??

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 659
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #10 pada: Maret 08, 2012, 07:26:33 PM »
hmm,
saya ada pertanyaan baru deh,
waktu terjadi electric impulses bisa dibilang perpindahan massa elektron neuronnya??

mungkin kita analisa dari cara kerja otak
seingat sy waktu sma, diajarkan impuls yg terhubung antar neuron2 itu berupa cairan
jd ada perpindahan (terhubung) atau mungkin lebih tepatnya pertukaran
jd apakah yg ditukarkan itu elektron?

Offline Dhantez

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 281
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #11 pada: Oktober 20, 2012, 12:25:53 PM »
Kalo pun ada pasti amat sangat ringan..

Analoginya.. Berapa perbedaan berat flash disk 16 GB yang kosong dgn yang terisi data penuh??

Oba-chan ga itte ita: Ore wa ten no michi wo iki, subete wo tsukasadoru otoko

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 996
  • IQ: 26
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #12 pada: Oktober 22, 2012, 01:53:42 PM »
Kalo pun ada pasti amat sangat ringan..

Analoginya.. Berapa perbedaan berat flash disk 16 GB yang kosong dgn yang terisi data penuh??

Emang data di flashdisk wujudnya apa sih? Arus listrik kah? Medan magnet? Kl pun wujudnya berupa hal2 tsb, berarti beratnya kecil sekali, mungkin malah nggak sampe' 1 mikrogram...

Offline seer

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #13 pada: November 18, 2012, 09:42:29 PM »
berdasar post2 sebelumnya berarti jelas pikiran mempunyai massa... dan bila orang itu meninggal (lenyap kesadarannya) berarti massanya berkurang.....meskipun sangat amat kecil.

seperti analogi flashdisk... sama juga dengan analogi : orang telanjang yg penuh kuman kemudian mandi dengan bersih. Secara logika org itu beratnya pasti lebih ringan krn jumlah kuman2 pada badannya telah berkurang.

berharap saja ilmuwan2 mempublis hasil risetnya tntang ini.


Offline Jim Heart

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:apakah pikiran mempunyai massa?
« Jawab #14 pada: November 19, 2012, 08:25:17 AM »
kekeke, well IMO sih bukannya pikiran itu suatu kerja yang dilakukan oleh otak dan neuron2, daripada disebut ”menghasilkan massa” mungkin lebih tepat ”memindahkan massa”.. memindahkan massa tentu butuh energi, kepala yang terasa berat bukan karena terciptanya massa karena berpikir, tetapi semakin lelahnya tubuh dalam bekerja...
analoginya beban yang sama2 1 kg terasa lebih berat saat kita lelah daripada saat kita penuh energi ...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
6664 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2009, 11:33:10 AM
oleh si anak gajah
19 Jawaban
2573 Dilihat
Tulisan terakhir Pebruari 20, 2010, 12:12:16 PM
oleh asma
4 Jawaban
2134 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 10, 2011, 09:47:03 PM
oleh khenstein
12 Jawaban
2737 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2012, 04:28:17 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
350 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2014, 01:51:08 PM
oleh Monox D. I-Fly

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia