Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Shadiq

Kemarin jam 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

Show 50 latest

Penulis Topik: membuat alat anti gravitasi  (Dibaca 29130 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #15 pada: November 30, 2009, 01:32:11 PM »
...katanya bukannya menggunakan kipas berkekuatan tinggi?

Iya, semula saya berfikir ini kebalikan dari hovercraft, sehingga nempel didinding, tapi sulit saya menerima itu.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #16 pada: November 30, 2009, 06:25:18 PM »
ok... jadi gaya gravitasi emang beda dengan gaya magnet. faktor apa yang mempengaruhi gaya gravitasi? apakah dalam air gaya gravitasi berkurang? mengapa jika demikian?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #17 pada: Desember 01, 2009, 05:10:23 AM »
Gaya gravitasi dalam air berkurang karena air sendiri ikut menahan (mendorong keatas), jadi otomatis berkurang. Akan lebih berkurang lagi jika airnya kita ubah jadi pasir misalnya.
« Edit Terakhir: Desember 01, 2009, 05:12:20 AM oleh Mat Dillom »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #18 pada: Desember 01, 2009, 06:55:37 AM »
apa udara punya dorong ke atas?

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #19 pada: Desember 01, 2009, 06:58:09 AM »
apa udara punya dorong ke atas?

Karena BJ lebih rendah udara terdorong keatas. Yang berat cenderung dibawah bagi zat bermolekul "terbuka" atau cenderung memiliki grak "bebas".

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #20 pada: Desember 01, 2009, 11:12:44 AM »
ok... jadi gaya gravitasi emang beda dengan gaya magnet. faktor apa yang mempengaruhi gaya gravitasi? apakah dalam air gaya gravitasi berkurang? mengapa jika demikian?
baca lagi tentang gaya Archimedes pada fluida...
gaya gravitasi tidak berkurang dalam air, tetapi dilawan oleh gaya archimedes yang besarnya sama dengan volum fluida yang dipindahkan benda dalam fluida tersebut...
dalam bahasa matematisnya  F_{A} = \rho g V
pada udara juga mengalami gaya Archimedes (ingat, udara juga fluida), tetapi densitas udara sangat kecil dibandingkan air...
hampir 1/300 kali densitas air... akibatnya besar gaya Archimedes juga lebih kecil dibanding benda berada di air...
Ini juga menjelaskan kenapa di Atmosfer kita kandungan hidrogen sangat rendah, padahal hidrogen adalah unsur terbanyak di  alam semesta.. hidrogen memiliki densitas lebih rendah dibanding gas lainnya, sehingga gas hidrogen cenderung bergerak ke atas..

komen ya kalau ada yang salah...
Keep Moving Forward!!!

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #21 pada: Desember 04, 2009, 11:34:24 AM »
@pi one,
kalo gravitasi adalah faktor yang menyebabkan lengkungan ruang waktu(biasanya kalo digambar tu kan kebawah).
Nah, anti-gravitasi yang ini mungkin harus yang menyebabkan lengkungan ruang-waktunya keatas...

@anak gajah
densitas ama massa jenis bedanya apa yah?
kalo ga beda, setau saya, massa jenis udara itu cuman 1.3, sementara air itu 1000 (kalo ga salah satuannya KG/m^3)
« Edit Terakhir: Desember 04, 2009, 11:36:37 AM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #22 pada: Desember 04, 2009, 06:06:44 PM »
@anak gajah
densitas ama massa jenis bedanya apa yah?
kalo ga beda, setau saya, massa jenis udara itu cuman 1.3, sementara air itu 1000 (kalo ga salah satuannya KG/m^3)
ah ya, maaf.. saya gunakan istilah berbeda...
densitas yang saya maksud itu massa jenis..
eh, massa jenis udara bukannya sekitar 2,- gitu?
saya lupa... tapi yang jelas beda antara massa jenis udara dan air sangat besar.

Offline kurapnaga

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 113
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Petroleum Engineer
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #23 pada: Desember 25, 2009, 11:23:27 PM »
memang mungkin ya buat magnet monopole?

Gak ada yang tidak mungkin untuk diteliti.

ibaratnya, magnet tuh kek gini  ->

mo gimana juga tetep ada yg jadi kutub utara dan selatan

Offline excelboy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 62
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #24 pada: Juli 20, 2011, 02:35:33 PM »
    ini hanya sekadar imajinasi saya saja,tapi suatu saat pasti bisa ditemukan tentunya.menurut teori gravitasi yang ditemukan newton,bahwa bumi kita ini memiliki magnet.kalau seumpamanya saja kita bisa membuat medan magnet yang dapat bertolak dari medan magnet bumi,maka kita bisa menciptakan alat anti gravitasi,dan kalau seumpama alat itu bisa dibuat maka akan sgt besar manfaatnya bagi kehidupan manusia,misalkan dg alat itu maka kendaraan manusia hanya  membutuhkan sedikit bahan bakar.otomatis penggunaan energy bisa lebih efisien

saya yakin suatu saat pasti ada alat antigravitasi itu ... :)

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #25 pada: Agustus 21, 2011, 02:51:01 PM »
mari kita ingat rumus gaya gravitasi & percepatan gravitasi....  ;D

Fg = G.M1M2          G: konstanta gravitasi
         r2                  M: massa benda   
                                     M1: masa benda 1
g = G.M                       M2: massa benda 2
        r2                  r: jarak kedua benda

misalkan M, M1 atau M2 = 0
maka Fg & g = 0
gampang kan.....
sekarang masalah nya bagaimana cara merubah massa sebuah benda menjadi 0..

he.. hee.....  ;)




Offline Hanters_Thor

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: membuat alat anti gravitasi
« Jawab #26 pada: November 21, 2011, 04:12:31 PM »
kalok roket tu pake Gaya Momentum, bukan anti gravitasi,. :P
kalok mw bikin transport yang begituan mah gampang,.

tapi yang bener2 anti gravitasi tu yang sulit,.
nama gayanya aja belum ketemu,. gabungan semua ilmu sains neh,.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:membuat alat anti gravitasi
« Jawab #27 pada: November 27, 2011, 09:13:03 AM »
seandainya  kita menemukan suatu benda yang massanya negatif..... dia terpengaruh gravitasi tapi arahnya menolak. Ah, menkhayal
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1364
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
    • Lihat Profil
Re:membuat alat anti gravitasi
« Jawab #28 pada: November 27, 2011, 10:51:28 AM »
ah ya, maaf.. saya gunakan istilah berbeda...
densitas yang saya maksud itu massa jenis..
eh, massa jenis udara bukannya sekitar 2,- gitu?
saya lupa... tapi yang jelas beda antara massa jenis udara dan air sangat besar.
massa jenis udara tergantung pada tekanan dan suhunya, juga komposisi gas di dalamnya.
udara panas dengan tekanan tetap akan memiliki massa jenis yang lebih kecil. Inilah prinsip kerja dari balon udara. Cara lain, dengan mengisi balon yang kedap udara dengan gas yang lebih ringan, seperti hidrogen atau helium.

Pada ketinggian 0 m di atas permukaan laut massa jenis udara normal sekitar 1.2  kg/m3.
Maaf, anda tidak dapat melihat isi spoiler.
once we have eternity, everything else can wait

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • Lihat Profil
    • (belum ada isinya)
Re:membuat alat anti gravitasi
« Jawab #29 pada: November 27, 2011, 08:11:07 PM »
seandainya  kita menemukan suatu benda yang massanya negatif..... dia terpengaruh gravitasi tapi arahnya menolak. Ah, menkhayal

Momen inersia, istilah lainnya adalah massa angular... Jika kita bisa membuat alat sedemikian rupa sehingga massa angular sebuah benda berputar bertolak belakang dengan massa linearnya... Mungkin alat anti grafitasi bisa tercipta...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
33 Jawaban
29456 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 27, 2011, 05:16:29 PM
oleh hery_hunterz
3 Jawaban
4561 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2008, 07:15:39 AM
oleh superstring39
1 Jawaban
1852 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2011, 04:17:11 AM
oleh skuler
6 Jawaban
5318 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2010, 03:51:47 PM
oleh laZr
2 Jawaban
3264 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 16, 2011, 07:56:49 PM
oleh Huriah M Putra

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia