Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

yansen

Hari Ini jam 05:08:03 PM
salam kenal

Shadiq

Kemarin jam 08:14:17 PM
Salam Kenal Semuanya   :D

cheaters123

April 19, 2014, 08:58:55 AM
salam kena

presellya nur oktavia

April 15, 2014, 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

Show 50 latest

Penulis Topik: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?  (Dibaca 9420 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2809
  • IQ: 10
    • Lihat Profil
Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« pada: Maret 02, 2010, 02:45:32 PM »
Dalam Kitab Suci ada kisah tentang Nabi Nuh,  dan pada zaman Nabi Nuh itu terjadi banjir besar.  Nabi Nuh ( dan pengikutnya ? ) selamat karena sebelumnya telah mendapat ilham untuk membuat perahu.   
Kisah Nabi Nuh itu,  kisah nyata yang mungkin telah dapat dibuktikan dalam sejarah,  atau simbolis ?



Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #1 pada: Maret 02, 2010, 03:12:19 PM »
kisah nyata...

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #2 pada: Maret 02, 2010, 04:11:13 PM »
kisah nyata...kemaren sempat dengar issue bahwa ada arkeolog yang menemukan bekasnya tapi saya lupa...
ntar saya ingat2 dulu...;D...atau ada yang udah pernah dengar juga gak?
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #3 pada: Maret 02, 2010, 09:06:17 PM »
Kisah banjir besar macam ini ada di banyak kebudayaan dunia, di India, atau bahkan di syair kepahlawanan Gilgamesh dari Sumeria pun ada. Ada banyak isu sial temuan arkeologis perahu Nabi Nuh, tapi sejauh yang kutahu, hingga saat ini belum satupun yang terbukti benar.

lagipula sulit membayangkan manajemen hewan-hewan itu dalam 1 perahu, termasuk manajemen survival setelah banjir. Misal predator karnivora, mereka harus puasa dulu, nunggu herbivora mangasa mereka berkembang biak, itu makan waktu bulanan hingga tahunan. Masak mereka mesti puasa selama itu?
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun, semut asb

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #4 pada: Maret 03, 2010, 12:23:50 PM »
masuk akan juga memang yang bung Pi-One sebutkan...

tapi ada juga yang bilang mungkin waktu itu manusia masih hanya ada di satu pulau...dan menurut tafsirannya bukan semua daratan yang di dunia ini yang dilanda banjir tetapi hanya pulau tempat manusia tersebut tinggal yang dihantam oleh banjir besar itu...;D

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #5 pada: Maret 03, 2010, 09:55:59 PM »
IMO, kisah Nabi Nuh atau kisah banjir besar lain di berbagai kebudayaan dunia, berkembang dari adanya banjir besar yang melanda wlayah tersebut. Tentu saja banjirnya tidak selama sekian hari, dan tidak ada perahu raksasa yang menampung sepasang dari masing-masing hewan yang ada di wilayah itu.

Salah satu kisah banjir tertua yang diketahui adalah dari syair kepahlawanan Gilgamesh, dari sumeria (Mesopotamia). Dimana Unapishtim membangun prahu raksasa, mengumpulkan sepasang dari masing-masing hewan, dan karenanya ia dan keluarganya serta hewan-hewan itu menjadi durvival dari banjir besar yang menenggelamkan bumi.
 
Wel, ini adalah dugaanku, tentu saja bagi yang memilih percaya kisah banjir dan Nabi Nuh itu benar, itu pilihan mereka :)
« Edit Terakhir: Maret 03, 2010, 10:10:27 PM oleh Pi-One »

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #6 pada: Maret 04, 2010, 11:28:17 AM »
nih ada link mengenai perahu nabi nuh...

Umat Nabi Nuh A.S yang ditenggelamkan oleh Allah SWT karena kedurhakaannya seperti dikisahkan dalam Al-Qur’an, sudah menemukan pembuktian kebenarannya secara ilmiah. Sejak tahun 1949, sudah ditemukan lokasinya dan kemudian dilakukan penggalian oleh penelitian tim antropolog yang dipimpin oleh Prof. Ron Wyatt di Turki sejak tahun 1977. Ini adalah sebagian foto-fotonya.

http://moeflich.wordpress.com/2007/11/24/perahu-nabi-nuh-ditemukan/

sekedar info aja...mau percaya ato gak tergantung masing2 orang...;D

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #7 pada: Maret 04, 2010, 09:28:38 PM »
Udah digali sejak tahun 1977, dan sampai sekarang belum ada data dan bukti kuat soal itu? Dan...serasa ingat soal penemuan 'fosil Adam' tempo hari...

Bicara soal Turki, kalau gak salah baca, di museum di sana juga dipajang tongkat yang katanya punya Musa...

« Edit Terakhir: Maret 04, 2010, 09:31:56 PM oleh Pi-One »

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #8 pada: Maret 05, 2010, 10:25:21 PM »
fotonya ada gak bung Pi-one?
penasaran lihat bentuknya kayak gmana...wkwkwwk..:D

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #9 pada: Maret 05, 2010, 10:44:24 PM »
Bicara soal pembuktian secara ilmiah, menurut geolog formasi di Durupınar site (tempatyang diklaim Ron Wyatt merupakan lokasi Noah's Ark) merupakan formasi alami yang terbentuk oleh alam, bukan bekas perahu. Apalagi perlu dicatat, bahwa Ron Wyatt sendiri bukan arkeolog asli - dia disebut sebagai pseudoarkeolog. Singkat kata, klaim Ron Wyatt ditolak baik oleh geolog, arkeolog, bahkan oleh sebagian sarjana alkitab sendiri.
« Edit Terakhir: Maret 05, 2010, 10:46:36 PM oleh Pi-One »

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #10 pada: Maret 05, 2010, 11:00:14 PM »
memang ini masih kontroversi di kalangan para arkeolog dan sejarahwan...

tetapi katanya ahli arkeolog dari amerika melakukan penghitungan panjang, lebar dan tingginya dan kesimpulannya sama dengan yang tertulis di Alkitab...

saya gak tau ini dihubung2kan atau tidak...dan aku juga gak tau ukuran kapal dari nuh yang tertulis di alkitab...hehehehe..so saya masih tetap skeptis juga dengan ini...;D

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #11 pada: Maret 06, 2010, 09:17:45 AM »
memang ini masih kontroversi di kalangan para arkeolog dan sejarahwan...

tetapi katanya ahli arkeolog dari amerika melakukan penghitungan panjang, lebar dan tingginya dan kesimpulannya sama dengan yang tertulis di Alkitab...

saya gak tau ini dihubung2kan atau tidak...dan aku juga gak tau ukuran kapal dari nuh yang tertulis di alkitab...hehehehe..so saya masih tetap skeptis juga dengan ini...;D
Dari sisi panjang, mendekati ukuran bahtera nuh, tapi dari sisi lebar, tidak.

Offline parmin

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #12 pada: Maret 06, 2010, 09:27:47 AM »
^
^
SO TOY BGT DEH NIH ORANG
[

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #13 pada: Maret 06, 2010, 09:29:20 AM »
mengenai ukuran bahterah nuh di alkitab tertulis dimana sih?

Offline parmin

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Perahu Nabi Nuh, kisah nyata / sejarah atau simbolis ?
« Jawab #14 pada: Maret 06, 2010, 09:35:54 AM »
yah masalahnya itu bro bernando di alkitab ataupun dikitab suci yang lain ga menyebutin ukurannya,tp mampu menampung hewan hewan sepasang sepasang dan tentunya kaum nabi nuh

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
125 Jawaban
29091 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2013, 10:12:51 PM
oleh mhyworld
164 Jawaban
27370 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 25, 2010, 08:26:20 AM
oleh Pi-One
1 Jawaban
538 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 13, 2010, 11:38:50 AM
oleh Pi-One
3 Jawaban
1085 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 20, 2011, 12:58:15 PM
oleh Fachni Rosyadi
39 Jawaban
963 Dilihat
Tulisan terakhir November 20, 2013, 10:49:20 AM
oleh sayang

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia