Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

agaricpro

Januari 23, 2015, 11:37:52 AM

lochvigo

Januari 21, 2015, 03:36:15 PM
kenapa terowongan bentuknya bulat? bantu jawab

denumam

Januari 20, 2015, 08:07:54 PM
Kok sepi yah disini??? Ga kaya forum geje sebelah. Mungkin orang indonesia suka yg geje2... :v

SAHABATPD

Januari 20, 2015, 02:57:45 PM
Salam kenal  ;)
 

Gen-I-uSy

Januari 19, 2015, 05:32:53 AM
sekarang latexnya udah ga bisa lagi ya

Taf_id

Januari 18, 2015, 06:00:30 PM
Sebuah mesin carnot dengan reservoir suhu tinggi 640K menyerap kalor sebesar 1250 kaloridengan efisiensi 20%. Berapakah kalor yang di serap  pada reservoir suhu tinggi bila efisiensi mesin naik menjadi 50%? Mohon di jawab dengan langkah2nya. Terima kasih
 

ch0c0

Januari 17, 2015, 07:21:24 PM
siapa aja yg online ni ;D

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:15:50 PM
kalau mau ttg partikel tuhan,saya sedikit tahu tp ni mencakup ilmu tasawwuf modern

navymadagaskar

Januari 17, 2015, 02:14:45 PM
salam kenal semuanya
 :)

Elman

Januari 15, 2015, 11:24:47 AM
Haii semuanya salam kenal.

Show 50 latest

Penulis Topik: Science vs Pseudoscience  (Dibaca 26185 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Science vs Pseudoscience
« pada: November 19, 2006, 12:33:49 PM »
How can you recognize pseudoscience :


1. Science (S) : The primary goal of science is to achieve a more complete and more unified understanding of the physical world.
    Pseudosciences (P) : more likely to be driven by ideological, cultural, or commercial goals.

2. S : Most scientific fields are the subjects of intense research which result in the continual expansion of knowledge in the discipline.
    P : The field has evolved very little since it was first established. The small amount of research and experimentation that is carried out is generally done more to justify the belief than to extend it.

3. S : Workers in the field commonly seek out counterexamples or findings that appear to be inconsistent with accepted theories.
    P : In the pseudosciences, a challenge to accepted dogma is often considered a hostile act if not heresy, and leads to bitter disputes or even schisms.

4. S : Observations or data that are not consistent with current scientific understanding, once shown to be credible, generate intense interest among scientists and stimulate additional studies.
    P : Observations or data that are not consistent with established beliefs tend to be ignored or actively suppressed.

5. S : Science is a process in which each principle must be tested in the crucible of experience and remains subject to being questioned or rejected at any time.
    P : The major tenets and principles of the field are often not falsifiable, and are unlikely ever to be altered or shown to be wrong.

6. S :Scientific ideas and concepts must stand or fall on their own merits, based on existing knowledge and on evidence.
    P : Pseudoscientific concepts tend to be shaped by individual egos and personalities, almost always by individuals who are not in contact with mainstream science. They often invoke authority (a famous name, for example) for support.

7. S : Scientific explanations must be stated in clear, unambigous terms.
    P : Pseudoscientific explanations tend to be vague and ambiguous, often invoking scientific terms in dubious contexts.

Source : hxxp://www.chem1.com/acad/sci/pseudosci.html



pinokio

  • Pengunjung
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #1 pada: November 20, 2006, 08:10:31 PM »
Wew.... thanks boss.... baca dulu yahh  :P

Offline manusiarender

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • seperti biasa, sedang mencoba menguasai dunia
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #2 pada: Juni 06, 2009, 09:07:43 PM »
i believe in science
will.i.believe.the.sun

Offline Rizki Dwi Rahmadi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Science is the way of knowing XD Life for Science
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #3 pada: September 17, 2009, 10:02:43 AM »
Hmm,, pseudo-science juga merupakan salah satu bagian dari science bukan ??
Karena dikatakan bisa 'meramalkan' atau 'memprediksikan' sesuatu~

Walaupun bentuk konkritnya kurang jelas~ Tidak seperti science pada umumnya yang jelas hukum2nya.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #4 pada: September 17, 2009, 10:29:58 AM »
Kalo masih teori doang belum terbukti itu namanya Pseudoscience ya?
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #5 pada: September 17, 2009, 04:46:50 PM »
tapi banyak juga kan science yang berkembang dari pseudo-science, alchemy misalnya, menjadi kimia... apa mungkin pseudoscience yang ada sekarang bisa jadi dasar untuk pengembangan science..
Keep Moving Forward!!!

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #6 pada: September 17, 2009, 07:35:45 PM »
Emangnya alchemy itu apa?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #7 pada: September 18, 2009, 02:25:28 AM »
Alkimia adalah protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Dua tujuan yang saling berkaitan yang diupayakan oleh banyak ahli alkimia adalah batu filosof, sebuah zat mitos yang memungkinkan terjadinya transmutasi logam biasa menjadi emas; dan panacea universal, obat yang dapat menyembuhkan segala penyakit dan memperpanjang usia.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1295
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #8 pada: September 18, 2009, 01:25:29 PM »
Science berlandaskan proses logika-observasi/experimen (logico-empiricism), deduksi dari hukum alam yang sudah teruji dan dibuktikan melalui observasi/experimen.

Pseudo-science kelihatannya seperti science tetapi tidak berlandaskan logico-empiricism.


\alpha \omega
« Edit Terakhir: September 18, 2009, 01:40:51 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #9 pada: September 25, 2009, 05:18:27 PM »
baik pseudo-science maupun science berkembang karena rasa ingin tahu manusia terhadap alam. saat manusis tidak bisa melakukan pendekatan secara logis, dia memulai dengan anggapan, yang kadang berkembang jadi pseudo-science...

Offline suami.romantis

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #10 pada: Oktober 27, 2009, 01:59:38 PM »
so, what's the differences between the "pseudoscience" and "fringe science",
well as far as we can tell, these fringe areas contain hope and willingness to do something that for nowadays is impossible to do ...
sorry CMIIW

Offline RidZ

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #11 pada: November 10, 2009, 11:54:19 PM »
aku setuju bisa jg di bilang beberapa science berkembang dr pseudo science....
klu menurutku pseudo science adalah science yg "belum" bisa di jelaskan secara science


Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1295
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #12 pada: November 12, 2009, 11:51:51 AM »
Hal seperti itu yang sekarang sedang berkembang ialah bidang parapsikologi.
C.Tart : " Altered States of Conciousness" yang membahas telepati, out of body experience, sixth sense, dst
Ada yang mencapnya pseudo science, namun banyak ilmuwan yang menyatakan itulah science masa depan.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6879
  • IQ: 35
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Membantah Hoax
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #13 pada: Desember 22, 2009, 02:35:56 PM »
Hal seperti itu yang sekarang sedang berkembang ialah bidang parapsikologi.
C.Tart : " Altered States of Conciousness" yang membahas telepati, out of body experience, sixth sense, dst
Ada yang mencapnya pseudo science, namun banyak ilmuwan yang menyatakan itulah science masa depan.
Banyak? Seberapa banyak? Dibanding jumlah ilmuwan, atau dibanding yang tak setuju?

Sains punya kriteria sendiri, maka jika tidak memenuhi kriteria itu, jangan salahkan jika dicap pseudo sains...

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1295
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #14 pada: Desember 22, 2009, 03:13:28 PM »
Hal seperti itu yang sekarang sedang berkembang ialah bidang parapsikologi.
C.Tart : " Altered States of Conciousness" yang membahas telepati, out of body experience, sixth sense, dst
Ada yang mencapnya pseudo science, namun banyak ilmuwan yang menyatakan itulah science masa depan.
Banyak? Seberapa banyak? Dibanding jumlah ilmuwan, atau dibanding yang tak setuju?

Sains punya kriteria sendiri, maka jika tidak memenuhi kriteria itu, jangan salahkan jika dicap pseudo sains...
Kebenaran sains bukan kebenaran voting, setiap breakthrough dalam sains dimulai oleh satu orang dan pendukung minoritas saja.

Kreteria awal adalah diterimanya dalam jurnal ilmiah internasional !!!

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
4311 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2007, 08:07:05 AM
oleh reborn
1 Jawaban
1399 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2011, 08:58:06 PM
oleh topazo
608 Jawaban
40587 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 05, 2011, 01:46:13 AM
oleh reborn
2 Jawaban
2021 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 18, 2011, 10:31:13 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
1172 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2013, 04:34:32 PM
oleh Ijal_Friezt

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia