Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

September 18, 2014, 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

September 18, 2014, 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

September 18, 2014, 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

September 17, 2014, 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: Science vs Pseudoscience  (Dibaca 23976 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Science vs Pseudoscience
« pada: November 19, 2006, 12:33:49 PM »
How can you recognize pseudoscience :


1. Science (S) : The primary goal of science is to achieve a more complete and more unified understanding of the physical world.
    Pseudosciences (P) : more likely to be driven by ideological, cultural, or commercial goals.

2. S : Most scientific fields are the subjects of intense research which result in the continual expansion of knowledge in the discipline.
    P : The field has evolved very little since it was first established. The small amount of research and experimentation that is carried out is generally done more to justify the belief than to extend it.

3. S : Workers in the field commonly seek out counterexamples or findings that appear to be inconsistent with accepted theories.
    P : In the pseudosciences, a challenge to accepted dogma is often considered a hostile act if not heresy, and leads to bitter disputes or even schisms.

4. S : Observations or data that are not consistent with current scientific understanding, once shown to be credible, generate intense interest among scientists and stimulate additional studies.
    P : Observations or data that are not consistent with established beliefs tend to be ignored or actively suppressed.

5. S : Science is a process in which each principle must be tested in the crucible of experience and remains subject to being questioned or rejected at any time.
    P : The major tenets and principles of the field are often not falsifiable, and are unlikely ever to be altered or shown to be wrong.

6. S :Scientific ideas and concepts must stand or fall on their own merits, based on existing knowledge and on evidence.
    P : Pseudoscientific concepts tend to be shaped by individual egos and personalities, almost always by individuals who are not in contact with mainstream science. They often invoke authority (a famous name, for example) for support.

7. S : Scientific explanations must be stated in clear, unambigous terms.
    P : Pseudoscientific explanations tend to be vague and ambiguous, often invoking scientific terms in dubious contexts.

Source : hxxp://www.chem1.com/acad/sci/pseudosci.html



pinokio

  • Pengunjung
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #1 pada: November 20, 2006, 08:10:31 PM »
Wew.... thanks boss.... baca dulu yahh  :P

Offline manusiarender

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • seperti biasa, sedang mencoba menguasai dunia
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #2 pada: Juni 06, 2009, 09:07:43 PM »
i believe in science
will.i.believe.the.sun

Offline Rizki Dwi Rahmadi

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
  • Science is the way of knowing XD Life for Science
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #3 pada: September 17, 2009, 10:02:43 AM »
Hmm,, pseudo-science juga merupakan salah satu bagian dari science bukan ??
Karena dikatakan bisa 'meramalkan' atau 'memprediksikan' sesuatu~

Walaupun bentuk konkritnya kurang jelas~ Tidak seperti science pada umumnya yang jelas hukum2nya.

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #4 pada: September 17, 2009, 10:29:58 AM »
Kalo masih teori doang belum terbukti itu namanya Pseudoscience ya?
Mau Belajal Yang Pintel Bial Jadi Doktel Hewan Yang Ashoi

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #5 pada: September 17, 2009, 04:46:50 PM »
tapi banyak juga kan science yang berkembang dari pseudo-science, alchemy misalnya, menjadi kimia... apa mungkin pseudoscience yang ada sekarang bisa jadi dasar untuk pengembangan science..
Keep Moving Forward!!!

Offline phice

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 414
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
    • ExtraordinaryAnggik
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #6 pada: September 17, 2009, 07:35:45 PM »
Emangnya alchemy itu apa?

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #7 pada: September 18, 2009, 02:25:28 AM »
Alkimia adalah protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Dua tujuan yang saling berkaitan yang diupayakan oleh banyak ahli alkimia adalah batu filosof, sebuah zat mitos yang memungkinkan terjadinya transmutasi logam biasa menjadi emas; dan panacea universal, obat yang dapat menyembuhkan segala penyakit dan memperpanjang usia.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #8 pada: September 18, 2009, 01:25:29 PM »
Science berlandaskan proses logika-observasi/experimen (logico-empiricism), deduksi dari hukum alam yang sudah teruji dan dibuktikan melalui observasi/experimen.

Pseudo-science kelihatannya seperti science tetapi tidak berlandaskan logico-empiricism.


\alpha \omega
« Edit Terakhir: September 18, 2009, 01:40:51 PM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #9 pada: September 25, 2009, 05:18:27 PM »
baik pseudo-science maupun science berkembang karena rasa ingin tahu manusia terhadap alam. saat manusis tidak bisa melakukan pendekatan secara logis, dia memulai dengan anggapan, yang kadang berkembang jadi pseudo-science...

Offline suami.romantis

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #10 pada: Oktober 27, 2009, 01:59:38 PM »
so, what's the differences between the "pseudoscience" and "fringe science",
well as far as we can tell, these fringe areas contain hope and willingness to do something that for nowadays is impossible to do ...
sorry CMIIW

Offline RidZ

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #11 pada: November 10, 2009, 11:54:19 PM »
aku setuju bisa jg di bilang beberapa science berkembang dr pseudo science....
klu menurutku pseudo science adalah science yg "belum" bisa di jelaskan secara science


Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #12 pada: November 12, 2009, 11:51:51 AM »
Hal seperti itu yang sekarang sedang berkembang ialah bidang parapsikologi.
C.Tart : " Altered States of Conciousness" yang membahas telepati, out of body experience, sixth sense, dst
Ada yang mencapnya pseudo science, namun banyak ilmuwan yang menyatakan itulah science masa depan.

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6710
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #13 pada: Desember 22, 2009, 02:35:56 PM »
Hal seperti itu yang sekarang sedang berkembang ialah bidang parapsikologi.
C.Tart : " Altered States of Conciousness" yang membahas telepati, out of body experience, sixth sense, dst
Ada yang mencapnya pseudo science, namun banyak ilmuwan yang menyatakan itulah science masa depan.
Banyak? Seberapa banyak? Dibanding jumlah ilmuwan, atau dibanding yang tak setuju?

Sains punya kriteria sendiri, maka jika tidak memenuhi kriteria itu, jangan salahkan jika dicap pseudo sains...
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun cs

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1286
  • IQ: 16
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Science vs Pseudoscience
« Jawab #14 pada: Desember 22, 2009, 03:13:28 PM »
Hal seperti itu yang sekarang sedang berkembang ialah bidang parapsikologi.
C.Tart : " Altered States of Conciousness" yang membahas telepati, out of body experience, sixth sense, dst
Ada yang mencapnya pseudo science, namun banyak ilmuwan yang menyatakan itulah science masa depan.
Banyak? Seberapa banyak? Dibanding jumlah ilmuwan, atau dibanding yang tak setuju?

Sains punya kriteria sendiri, maka jika tidak memenuhi kriteria itu, jangan salahkan jika dicap pseudo sains...
Kebenaran sains bukan kebenaran voting, setiap breakthrough dalam sains dimulai oleh satu orang dan pendukung minoritas saja.

Kreteria awal adalah diterimanya dalam jurnal ilmiah internasional !!!

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
4152 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2007, 08:07:05 AM
oleh reborn
1 Jawaban
1209 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2011, 08:58:06 PM
oleh topazo
608 Jawaban
27270 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 05, 2011, 01:46:13 AM
oleh reborn
2 Jawaban
1772 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 18, 2011, 10:31:13 PM
oleh mhyworld
2 Jawaban
747 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2013, 04:34:32 PM
oleh Ijal_Friezt

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia