Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

presellya nur oktavia

Kemarin jam 01:54:42 PM
butuh bantuan yang bisa ngerti scada buat tugas akhir,maaf saya baru disini salam kenal semua
 

Andrew96

April 09, 2014, 09:51:58 PM
info nya menarik smua ya.

Hikikomori

April 09, 2014, 02:59:13 PM
Salam kenal, saya ingin belajar pemrograman C++ melalui forum ini. Mohon bantuan kawan-kawan.
 :)

kaoskaki

April 08, 2014, 11:58:37 AM
salam kenal, klau mau belajar ic ke mana y??
tq

DomoRani

April 07, 2014, 09:48:39 PM
masih bingung gimana caranya mau nanya tentang soal mat ke forum ini -_-

zugite.balap

April 07, 2014, 03:34:36 AM
bingung sob, tugas kuliah bikin naskah dialog tentang pendidik/guru dan dimainkan 8 orang..
 

aisah nuhuyanan

April 06, 2014, 05:24:42 PM
akhirnya berkunjung jg di forsa....

chichara

April 04, 2014, 09:30:40 AM
pagi gan, ada forum yang spesifik bahas dunia perelektronikaan ga nih? i'm newbie  ;D

resistance805

April 02, 2014, 02:03:12 PM
hadirr  ;D
 

bambu

Maret 31, 2014, 01:53:23 PM
hadir...

Show 50 latest

Penulis Topik: Superhero dan sains  (Dibaca 22880 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline abusalza

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #30 pada: April 07, 2009, 01:18:57 AM »
pasangannya juga ga bakal puas... karena flash melakukan apa aja dengan cepat.


dalam hal apa ini? :D:D

ganti superhero dalam negeri, donk! gerhana gitchu...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #31 pada: April 07, 2009, 09:49:44 PM »
nurut gw sih gitu... contoh aja dalam pemeriksaan sinar x kan ada sumber sinar dan penerima sinar kan. jadi sumber sinar ga bisa sebagai penerima sinar juga.
lho...bagaimana dengan kucing, hyena dan burung hantu...mereka bisa melihat dalam gelap meski tanpa cahaya sedikitpun....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #32 pada: April 08, 2009, 02:42:38 PM »
lho...bagaimana dengan kucing, hyena dan burung hantu...mereka bisa melihat dalam gelap meski tanpa cahaya sedikitpun....?
karena ada perbedaan prosentase sel batang dan konus..
"The pen is mightier than the sword"
Research Center for Advanced Science and Technology (RCAST)
The University of Tokyo. 7-3-1 Hongo, Bunkyo-ku, Tokyo, Japan

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #33 pada: April 08, 2009, 08:24:17 PM »
karena ada perbedaan prosentase sel batang dan konus..
persentase sel batang dan konus maksudnya?.... jadi mata tidak seperti yang dibayangkan Mr.syx dong untuk beberapa spesies, termasuk yang dijelaskan tadi contohnya....berarti sifat mata sebagai penerima sinar tidak berlaku untuk mereka tadi?

oh ya tolong jelasin detil batang dan konus tadi yah...baru denger :kribo:

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #34 pada: April 09, 2009, 04:27:13 PM »
oh ya tolong jelasin detil batang dan konus tadi yah...baru denger :kribo:
Sinar yang masuk ke mata sebelum sampai di retina mengalami pembiasan lima kali yaitu waktu melalui konjungtiva, kornea, aqueus humor, lensa, dan vitreous humor. Pembiasan terbesar terjadi di kornea. Bagi mata normal, bayang-bayang benda akan jatuh pada bintik kuning, yaitu bagian yang paling peka terhadap sinar.

Ada dua macam sel reseptor pada retina, yaitu sel kerucut (sel konus) dan sel batang (sel basilus). Sel konus berisi pigmen lembayung dan sel batang berisi pigmen ungu. Kedua macam pigmen akan terurai bila terkena sinar, terutama pigmen ungu yang terdapat pada sel batang. Oleh karena itu, pigmen pada sel basilus berfungsi untuk situasi kurang terang, sedangkan pigmen dari sel konus berfungsi lebih pada suasana terang yaitu untuk membedakan warna, makin ke tengah maka jumlah sel batang makin berkurang sehingga di daerah bintik kuning hanya ada sel konus saja.

Pigmen ungu yang terdapat pada sel basilus disebut rodopsin, yaitu suatu senyawa protein dan vitamin A. Apabila terkena sinar, misalnya sinar matahari, maka rodopsin akan terurai menjadi protein dan vitamin A. Pembentukan kembali pigmen terjadi dalam keadaan gelap. Untuk pembentukan kembali memerlukan waktu yang disebut adaptasi gelap (disebut juga adaptasi rodopsin). Pada waktu adaptasi, mata sulit untuk melihat.

Pigmen lembayung dari sel konus merupakan senyawa iodopsin yang merupakan gabungan antara retinin dan opsin. Ada tiga macam sel konus, yaitu sel yang peka terhadap warna merah, hijau, dan biru. Dengan ketiga macam sel konus tersebut mata dapat menangkap spektrum warna. Kerusakan salah satu sel konus akan menyebabkan buta warna.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1836
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #35 pada: April 10, 2009, 04:47:39 PM »
...yang rada ingat cuma sel kerucut, itu lho contohnya saat kita keluar disiang hari maka saat menghampiri daerah yang terlindung dari sinar matahari jadi tampak gelap karena sel krucut membutuhkan waktu penyesuaian cahaya lewat lensa mata, dan aqueus humour yang dalam istilah orang barat sebagai penyimpan cairan kaca , itu loh yang apa bila kita dipukul oleh seseorang  ::), maka dalam kartun atau opera sabun sering di tampilkan gambar bintang yang mengelilingi kepala, padahal itu terjadi pada guncangan cairan kaca (aqueus humour) yang disebabkan pukulan tersebut sehingga pada mata akn tampak kunang2 sementara.....,hmm tapi...bagian sel mana yang berfungsi menerangkan penglihatan saat gelap?....still not understand ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #36 pada: April 13, 2009, 05:38:06 PM »
dalam hal apa ini? :D:D

ganti superhero dalam negeri, donk! gerhana gitchu...
blom pernah denger... critain dulu dong.
inget gerhana justru gw inget serial heroes.

Offline abusalza

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 3
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #37 pada: April 13, 2009, 10:41:51 PM »
blom pernah denger... critain dulu dong.
inget gerhana justru gw inget serial heroes.

waduh agak lupa jg, tuh! itu yg dulu ditayangin di R**I, yang kelahirannya tepat waktu gerhana total. nama pemainnya jg lupa :p

setiap dia emosi cukup memandang orng yg bersangkutan maka akan terlempar...

ingat, g?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
Re: Superhero dan sains
« Jawab #38 pada: April 14, 2009, 08:53:18 PM »
yang ada anak kecil namanya genta itu ya?

ada lagi ni Panji Manusia Milinium, Power Rangers, Saras 008, hahahahaha

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #39 pada: April 15, 2009, 12:07:56 PM »
yang ada anak kecil namanya genta itu ya?

ada lagi ni Panji Manusia Milinium, Power Rangers, Saras 008, hahahahaha
ada juga Mr. Black musuhnya saras 008,namun saras 008 ini terlalu dibuat2 ah..gerhana juga...superhero indonesia terlalu dihubungkan dengan hal mistis...dan sekarang juga ada sapa itu yang gundul nendang bolanya bisa nghajar orang?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4500
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #40 pada: April 20, 2009, 04:55:07 PM »
superhero indonesia terlalu dihubungkan dengan hal mistis...
emang mungkin seperti itu lah cara kita merasionalisasikan suatu kelebihan seseorang kan? jadi di lingkungan kita lebih bisa diterima kalo seseorang mempunyai kemampuan lebih karena didukung suatu hal yang mistik. beda dengan pemikiran barat yang lebih mengembangkan logika. masa-masa awal di barat pahlawan super lebih banyak disebabkan karena berasal dari luar angkasa ato tempat yang tidak terjamah manusia (misalnya dunia dewa). perkembangannya sekarang lebih banyak menggunakan genetis ato mutan sebagai alasan seseorang memiliki kemampuan super.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #41 pada: April 21, 2009, 09:28:55 AM »
Siapa yang enggak tau the Iron Man?


Sampai saat ini sudah banyak usaha untuk mewujudkan cerita fiksi ini dalam dunia nyata yaitu membuat seragam cibermatik yang bisa dipakai oleh manusia dengan tujuan yang beragam:

 


kira-kira kapan ya the real Iron Man bisa terwujud?
"in science there's only physics, the rest just stamp collections"

Offline Pi-One

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6697
  • IQ: 31
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Lihat Profil
    • Indonesian Flash Game
Re: Superhero dan sains
« Jawab #42 pada: April 21, 2009, 01:52:08 PM »
Bukan super hero sih, tapi 'Chobit' sudah ada prototypenya....
   
Membantah Harun Yahya
Blog Anti Hoax
Tidak menanggapi Matt asbun, semut asb

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #43 pada: April 22, 2009, 12:35:01 PM »
Bukan super hero sih, tapi 'Chobit' sudah ada prototypenya....
   
yang beginian ini nantinya bisa berguna banyak,mulai PRT, TKW, waitress,istri,sampai wanita penghibur (sextoy "hidup" gitulah)...

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1141
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • Dexter's Coming
    • Lihat Profil
Re: Superhero dan sains
« Jawab #44 pada: April 23, 2009, 07:04:15 AM »
....,istri,sampai wanita penghibur (sextoy "hidup" gitulah)...

haaaah.... istri? sextoy?
Tidaaaaaak.... jaman makin edan aja...

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
44 Jawaban
6580 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2009, 03:06:51 PM
oleh Pi-One
9 Jawaban
2441 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2009, 08:43:42 PM
oleh pk3dot
3 Jawaban
2167 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2011, 03:31:43 PM
oleh nate river
15 Jawaban
877 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 19, 2011, 08:23:56 PM
oleh Pi-Man
7 Jawaban
2039 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2012, 06:49:44 PM
oleh ytridyrevsielixetuls

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia