Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

ariess

Hari Ini jam 03:16:41 PM
halo ada yang onlen ?
 

Sandy_dkk

Hari Ini jam 10:55:16 AM
nulisnya kepotong y? mending tulis di forum aja.
intinya kalo soal kayak gitu buat aja persamaan aljabarnya.

irapurnamasari

Hari Ini jam 08:48:31 AM
Tolong di bantu y teman.
Sebuah bilangan terdiri atas dua angka angka puluhan 2 lebih besar dari pada tiga kali angka satuan
Jika kedua angka ditukar letaknya
Diperoleh  bilangan baru yang 13 lebih kecil dari pada bilangan mula  :
 

Sandy_dkk

Kemarin jam 03:21:04 PM
tulis saja langsung soalnya.
koordinat apa yang diketahui? kalau koordinat busur, minimal harus diketahui 3 koordinat.

Nursaadah

September 16, 2014, 05:41:54 PM
halooo
temannn...z punya pertanyaan nih ...bgmn mencari panjang busur sebuah lingkaran jika yang di ketahui titik koordinat ???

iyon7

September 16, 2014, 09:56:49 AM
gimana sih cara bertanya ato buat diskusi
 

LabSatu

September 05, 2014, 04:47:59 PM
Halooo,, salam kenal semua dari labsatu

UlfaSeptilia

September 05, 2014, 03:26:53 PM
Selamat sore teman2 yang disini, saya mau tanya soal cisco. kalau ACL pakainya Static Routing bisa gak yah? atau harus EIGRP ama OSPF yah? Makasih sebelumnya
 

Sandy_dkk

Agustus 31, 2014, 01:36:12 PM
bukan rumit kang Farabi, tapi memang tidak bisa.

peterkusuma

Agustus 25, 2014, 10:03:23 PM
Teman2, ada yg tau kelarutan aluminium klorida dalam benzena ga?
Thx

Show 50 latest

Penulis Topik: yang terjadi saat arah putaran tatasurya berjalan mundur  (Dibaca 1596 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
yang terjadi saat arah putaran tatasurya berjalan mundur
« pada: Maret 29, 2012, 08:31:56 PM »
pernahkah anda berpikir apa yang akan terjadi jikalau arah putaran tatasurya kita tiba2 berjalan mndur ??
mungkin ini terdengar gila atau apa.. yang jelas saya cuma ingin menyampaikan pendapat tentang ruang dan waktu....

pernahkah anda menaiki sebuah komedi putar atau kincir di pasar malam atau di tempat lainnya.....
kita berada di ruang dan waktu yg kita tempati ini bisa di ibaratkan seperti kita naik komedi putar atau kincir tersebut....
tidak usah jauh2 sampai ke ruang tatasurya tetangga.. cukup di ruang sistem tatasurya kita....
sistem tatasurya kita selalu berputar, planet2 ber-revolusi dan ber-rotasi pada orbit dan porosnya masing2,  (seperti komedi putar yg di ibaratkan tadi).. akibat dari perputaran inilah terjadi adanya pergantian waktu (siang, malam, hari, bulan, tahun, dst,)..

jika ruang sistem tatasurya kita berubah arah putarannya menjadi lawan arah dari arah putaran sebelumnya.. maka keadaan tata letak di ruang tatasurya kita tetap tidak tidak berubah.. yang jelas matahari masih menjadi pusatnya. yang berubah adalah keadaan waktu akibat dari perubahan arah putaran planet2 yang mengitari matahari.. dan apakah yang terjadi pada makhluk2 penghuni bumi (tumbuhan, hewan, dan manusia) ??? yang terjadi adalah kita tetap hampir tidak berubah... seperti saat naik komedi putar tadi, jika arah putaran komedi putar tadi berubah.. kita tetap pada posisi atau tempat kita duduk..

jadi yang akan terjadi saat arah putaran tatasurya kita berubah arah adalah akan terjadi perubahan waktu yang cukup signifikan, otomatis jadwal kerja dan waktu tidur akan berubah... tetapi kita masih pada keadaan tetap tidak berubah, masih bisa beraktifitas layaknya manusia normal menjalani kehidupannya sehari-hari....

jika ada kesalahan dr yg saya sampaikan di atas saya mohon maaf.. karna saya juga baru belajar...
jika ada kesalahan mohon saran2 nya.. dan saya mohon komentar jangan OOT.....



Offline TheKiller7

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:yang terjadi saat arah putaran tatasurya berjalan mundur
« Jawab #1 pada: April 11, 2012, 05:03:17 PM »
om,
itu cuma bumi yg berhenti berputar atau atmosfer ikut berhenti juga?? O.o?
pengetahuan adalah hal yg penting.......
teruslah cari selagi bisa.......

Offline DAMFF

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re:yang terjadi saat arah putaran tatasurya berjalan mundur
« Jawab #2 pada: April 11, 2012, 06:59:12 PM »
ini maksudnya putaran revolusi kah? :o

bukannya kalo mau jalan mundur berarti ada saat dimana bumi melambat dan akhirnya berhenti. ketika berhenti musim juga akan berhenti dan terjadi ketidak stabilan pada cuaca dibumi.

misalkan bumi berhenti pada saat mencapai jarak terjauh dari matahari, maka yang terjadi suhu dibumi akan semakin dingin yang akhirnya dapat menyebabkan zaman es.apalagi kalo berhentinya bertahun2.

sebaliknya juga kalo berhenti saat jarak terdekat dengan matahari, maka bumi akan mendapatkan sengatan matahari yang sangat panas sepanjang tahun.

atau jika benar bisa lolos dari itu semua, maka bumi akan dihadapi ancaman lain, yaitu terjun bebas kedalam matahari karena gaya sentripetal bumi 0, sehingga bumi akan terpengaruh langsung dengan gaya gravitasi matahari karena tidak ada gaya yang malwan gravitasi tersebut.

maaf kalo ada yang salah :P
[Fi - universe] Future ideas for the universe

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re:yang terjadi saat arah putaran tatasurya berjalan mundur
« Jawab #3 pada: April 11, 2012, 08:13:03 PM »
justru saat bumi berhenti berevolusi suhu akan terus menerus naik... karena bumi akan terus bergerak mendekati matahari akibat tertarik oleh gravitasi matahari....

sebaliknya.. zaman es akan terjadi jika kecepatan putaran bumi semakin cepat maka jarak bumi dan matahari akan semakin jauh.. shg suhu menjadi menurun dan menurun.....

Offline iput

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • never ending for thinking
    • Lihat Profil
    • ipoet sites
Re:yang terjadi saat arah putaran tatasurya berjalan mundur
« Jawab #4 pada: April 11, 2012, 08:14:25 PM »
om,
itu cuma bumi yg berhenti berputar atau atmosfer ikut berhenti juga?? O.o?

maksutnya atmosfer...
atmosfer kan lapisan2 udara yg menyelimuti bumi......

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
3042 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2009, 01:36:53 PM
oleh syx
34 Jawaban
9031 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2010, 11:04:38 PM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
7392 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 02:36:08 PM
oleh Hendy wijaya, MD
1 Jawaban
1377 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2012, 01:39:52 AM
oleh skuler
16 Jawaban
3611 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2012, 06:38:09 PM
oleh iput

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia