Forum Sains Indonesia



*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

Bima Setiaji

Kemarin jam 08:39:58 AM
agan semua, cara nambah iq disini gimana ya.. maklum pengguna baru  ;) ;)

@liya_oneng

November 22, 2014, 07:16:47 AM
Nilai dari 54 akar 40 : 9 akar 24

agus.sucipto99

November 22, 2014, 07:08:19 AM
saya sedang mencari peralatan yg menggunakan teori parendev magnet permanen, ane mau beli.. ada info hub 082126406601

Ode Haerudin

November 21, 2014, 11:41:35 PM
assalam alaikum :)

robbani

November 17, 2014, 09:15:59 PM
ada yang tau coding penjumlahan bilangan oktal di java
 

milmi

November 17, 2014, 07:13:48 PM
Salam kenal juga

hani

November 16, 2014, 04:58:00 PM
salam kenal :)

oviuchiha

November 16, 2014, 01:46:23 PM
salam kenal ya kawan2,.,.,.
 :D ;) :) ;D
 

MuhammadRyan

November 16, 2014, 08:07:46 AM
walaikumsalam

evviapriliya

November 12, 2014, 08:16:55 PM
assalamualaikum
 :)

Show 50 latest

Tulisan Terbaru

Halaman: [1] 2 ... 10
1
Agama dan Filosofi / Re:Memahami ajaran Fariz Abdullah lebih dalam
« Tulisan terakhir oleh mhyworld pada Kemarin jam 10:18:42 PM »
Jadi , ajaran apa yang benar menurut anda? SIlahkan anda jabarkan ajaran anda disini. Atau tidak ada yang benar menurut anda? Sehingga semua orang bebas bebas saja menganut kehidupannya? Kalau semua orang bebas mengikuti ajaran apa saja, kenapa muslim tidak boleh mengikuti alquran?

Apakah aborsi benar? Pasti anda bilang benar.
Apakah berhubungan seks dengna siapa saja benar? Pasti menurut anda benar.
Apakah berhubungan badan dengan ibu anda sendiri benar? Pasti menurut anda benar.

Karena anda bilang semua benar selama tidak merugikan orang lain benar?
Saya heran kok Anda bisa memastikan jawaban Fariz, padahal di awal kalimat anda justru mempertanyakan dasar pemikirannya, yang artinya Anda belum tahu dengan pasti mengenai hal tersebut.
2
Matematika / Re:Barisan dan Deret Aritmatika dan Geometri Kelas X
« Tulisan terakhir oleh mhyworld pada Kemarin jam 10:11:07 PM »
Apakah polanya sudah benar, tidak ada salah ketik? Soalnya barisan di atas tampak tidak beraturan.
Lain ceritanya kalau angka pertama adalah 81 dan yg kedua 27.
http://id.wikipedia.org/wiki/Deret_ukur
jika dimasukkan rumus, a1=81, r=1/3. Jika berhenti di 1/81, n=9.
3
Agama dan Filosofi / Re:Manusia: Eksperimen Allah?
« Tulisan terakhir oleh mhyworld pada Kemarin jam 09:46:17 PM »
...
Of course, gw gk bakal bilang Kristen, Yahudi sekarang bisa masuk surga... Takut banget sih lo, hehe :D
IMO, pernyataan di atas justru menguatkan pendapat Monox.
4
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Tulisan terakhir oleh Pi-One pada Kemarin jam 09:43:50 PM »
Massa super besar mampu membuat matahari mengelilingi pusat alam semesta, tapi gak cukup untuk membuat planet-planet mengelilingi pusat alam semesta dan bukannya matahari. Bahkan saat planet seperti mars lebih dekat ke bumi/pusat tata surya ketimbang matahari. Kenapa? Supranatural, gak seru kalau semua mengelilingi bumi/pusat alam semesta.  :P
5
Perkenalan Anggota / Re:Hey there!
« Tulisan terakhir oleh DeityRuhm pada Kemarin jam 09:32:13 PM »
Hell..
Verifikasi gambar untuk posting ini benar2 menyebalkan.
6
Perkenalan Anggota / Hey there!
« Tulisan terakhir oleh DeityRuhm pada Kemarin jam 09:31:18 PM »
Halo semua..
Forsa udah banyak berubah ya.
Dulu aku juga pengguna reguler di Forsa.
Namun karena kesibukan, terpaksa mengundurkan diri.
Sekarang sudah kembali lagi, dengan akun baru.
7
Agama dan Filosofi / Re:PANDANGAN ANDA TENTANG SURGA
« Tulisan terakhir oleh mhyworld pada Kemarin jam 06:17:36 PM »
...

Gw punya teori klo rasa sakit di deket Near Death Experience itu gara gara tipisnya kosentrasi 'nyawa' di setiap sel dlm tubuh. Gw punya teori klo nyawa adalah senyawa volatil yg menjaga keseimbangan kinerja antar sel di tubuh.

Dan klo rasa sakit deket NDE, ato yg Muslim biasa sebut Sakaratul Maut... kyknya disebabkan ama Asam Piruvat yg numpuk di otak, nah itu bisa membuat mis-conception di syaraf pusat kita. Kita bukan cmn bisa ngerasa gimana rasanya dikuliti, dibakar ato dicabik... Tapi malah semua rasa sakit yg dikenal otak langsung dikeluarkan, membuat sensasi yg begitu... Waow...

Kebayang kan brow... :) gak ah, gak kebayang... blom bisa lo, hehehe :D
Gimana dengan orang yang dibius sebelum menjalani operasi? Meskipun tubuhnya diobok-obok tetap tidak merasa sakit.
Kalau dalam kondisi terbius orang itu dibunuh, kapan waktunya dia merasakan sakit?
8
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Tulisan terakhir oleh Goen pada Kemarin jam 04:09:33 PM »
apakah semudah itu membawa istilah perturbation (astronomi) ? bukankah anda akan temukan hitung-hitungan matematis ketika anda mempelajarinya? coba baca lagi perturbations dalam astronomi anda akan temui berbagai macam hitungan matematis. ini artinya, bagi anda yang membawa istilah perturbations, anda setuju bahwa persamaan matematis diperlukan dalam teori astronomi. dengan demikian, harus ada hitungan matematis sebagai dalil mengapa bumi terkunci di tengah tata surya sedangkan matahari mengelilinginya dan planet-planet lain tidak ikut mengelilingi bumi. dalam general perturbations yang dibahas itu umumnya ya revolusi planet-planet, termasuk bumi, di tata surya mengelilingi matahari. sedangkan special perturbations biasanya yang dibahas adalah komet. kalau boleh tahu, hitungan matematis apa yang membenarkan bumi terkunci di tengah tata surya sedangkan matahari mengelilinginya dan planet-planet lain tidak ikut mengelilingi bumi? jujur saya masih awam.
Perturbation itu fenomena astronomi, bukan produk dari persamaan matematis. Menurut Newton, perturbation itu, ya disebabkan oleh gravitasi itu sendiri. Ketika para ilmuwan mencoba merumuskan fenomena perturbation itu kedalam persamaan matematis, tidak ada yang berhasil. Hingga detik ini. Coba simak kata Poor di atas:

"Newton failed to find a solution to this problem; and every mathematician since his time has likewise failed."

Bukan berarti saya anti dengan persamaan matematis. Akan tetapi, ada yang terlalu "mendewakan" persamaan matematis seolah-olah hal itu mewakili realitas. Padahal, tidak.

Mending "persamaan matematis" sesuai dengan observasi, kenyataannya juga tidak sesuai observasi. Banyak yang melenceng. Toh kalau pun sesuai observasi, persamaan matematis hanya me-representasi-kan model yang menaunginya saja. Bukan merepresentasikan realitas. Contoh: 1 + 2 = 3, persamaan matematisnya benar dan menghasilkan output yang sesuai. Tapi, apa cuma itu persamaan untuk menghasilkan angka 3? Dan apakah semua persamaan matematis yang menghasilkan angka 3 benar-benar mewakili realitas sebenarnya dalam menghasilkan angka 3? Bisa jadi realitasnya itu 5 - 2 = 3. Dan seterusnya, dan seterusnya.

Apalagi yang menganut Relativitas, dimana, semua itu relatif tidak ada yang absolut. Ya, berarti persamaan matematisnya tinggal DITRANSFORMASIKAN dari satu kerangka acuan ke kerangka acuan yang lain.

Anyway, jika yang Anda tuntut adalah persamaan matematis yang mewakili model geocentric, bukan realita, sudah pernah saya cantumkan di sini. Jurnalnya silahkan download (gratis) di:

arxiv.org/abs/1301.6045

Pembahasan lebih lengkap bisa membeli buku karangan Andre K.T. Assis yang berjudul, "Relational Mechanics." Keduanya, sama-sama menggunakan Newton Mechanics dan Mach Principle.

Mach Principle:

"Obviously it matters little if we think of the Earth as turning about on its axis, or if we view it at rest while the fixed stars revolve around it. Geometrically these are exactly the same case of a relative rotation of the Earth and the fixed stars with respect to one another." [Ernst Mach, "Die Mechanik in Ihrer Entwicklung Historich-Kritisch Dargestellt," Liepzig: Brokhaus, 1883. Judul Inggris: "The Science of Mechanics: A Critical and Historical Account of its Development," diterjemahkan oleh T. J. Macormack, La Salle, 1960, edisi ke-6, hal. 201.]
9
Fisika / Re:Usulan Percobaan Pembuktian bahwa bumi berotasi
« Tulisan terakhir oleh Goen pada Kemarin jam 04:04:15 PM »
Anda baca sendiri kan, istilah “gangguan” disitu tidak merujuk atau terindikasi karena revolusi anual planet-planet selain bumi (sehingga mereka menjadi mengelilingi matahari kecuali bumi sebagai pusat massa yang terkunci oleh ether). Bulan mengelilingi bumi karena jaraknya yang terlalu dekat ke bumi dan bumi lebih besar massanya. Tapi itu tidak sama dengan matahari yang menarik planet-planet lain kecuali bumi mengelilinginya seperti klaim geosentrisme. Matahari itu sebagai pusat massa karena massanya paling besar dalam tata surya sehingga kutipan itu tidak bisa dipakai untuk mendukung klaim bahwa cuma bumi saja yang tidak tertarik mengelilingi matahari karena terkunci oleh ether.

Di kutipan kedua dicontohkan kalau ada bintang dari luar tata surya mendekat maka akan menciptakan gangguan (bergesernya pusat massa).

Berlandaskan kutipan itu, gangguan itu kan muncul karena :

1. Kalau ada body yang “diambil” atau lenyap dalam suatu sistem, sehingga pusat massanya bisa bergeser.
2. Kalau ada body lain yang masuk atau mendekati tata surya, misalnya bintang.

Jadi, kalau berlandaskan kutipan itu, maka perubahan pusat massa atau gangguan di tata surya bisa terjadi bukan karena revolusi anual, melainkan karena ada objek langit di tata surya yang hilang, atau ada objek lain yang masuk ke tata surya. Namun, objek-objek langit macam komet dan Cruithe tidak memberikan gangguan signifikan karena massa mereka terlalu kecil. Tentu beda kalau yang lenyap itu Jupiter dan Saturnus misalnya, atau ada bintang lain sebesar matahari yang mendekati tata surya kita. Gangguannya akan besar. Menempatkan istilah “gangguan” pada revolusi anual planet-planet seperti dalam geosentrisme tidak tepat karena bertentangan dengan konsep pusat massa.
Coba baca lagi kutipan saya dengan seksama. Terutama di bagian ini:

"It appears, then, that the 'center' to be used for any set of bodies depends on the way in which the local system is considered to be isolated from the universe as a whole.

Menurut Anda, se-isolasi apakah tata surya kita dari "universe as a whole?" Apakah massa-massa (bintang, galaksi, quasar) nun jauh di sana tidak punya kontribusi ke tata surya kita?

Kemudian, kutipan berikut:

"If a new body is added to the set from outside, or if a body is taken away, the 'center' changes."

Adalah menyangkut "n-body problem." Alias, perhitungan matematisnya. Seperti awal kutipan itu:

"When we seek to improve on the accuracy of calculation by including mutual gravitational interactions between planets..."

Awalnya, untuk dua objek (2-body problem), dengan hukum Newton-Kepler bisa dengan mudah menggambarkan pergerakan dua objek tersebut. Tapi, ketika objek ketiga ditambahkan ke dalam perhitungan, pergerakannya jadi semakin sulit diprediksi. Makin banyak massa yang dimasukkan ke dalam suatu sistem, makin rumit jadinya. Itu baru dalam lingkup tata surya. Bagaimana bila keseluruhan massa di dalam semesta dilibatkan dalam perhitungan?

Menyangkut hal ini, saya sudah memberikan kutipan sebelumnya di halaman 4 dari thread ini:

"Now so long as there are but two bodies in the system, these six elements are constant, and the smaller body will travel for ever around and around in its unvarying path. From these elements the actual position of the body at any time, past, present, or future, can be calculated by very simple formulas. If, however, a third body be introduced into our ideal universe, then the motions of the bodies are no longer simple and easily calculated. In fact, the paths of the three bodies become so complicated as to defy any mathematical description. Newton failed to find a solution to this problem; and every mathematician since his time has likewise failed." [Charles Lane Poor, Gravitation versus Relativity, hal. 122]

Ke-enam element yang dimaksud Poor adalah gambar berikut:



Itu sebabnya, tidak ada satu pun hukum astronomi yang dapat memprediksi dengan akurat posisi dan pergerakan planet-planet. Posisi dan pergerakan planet saat ini masih berdasarkan tabel ephemeris. Kalau pun mau dirumuskan dalam persamaan matematis, masing-masing planet punya hitungan sendiri-sendiri, bukan berdasarkan persamaan matematis yang sifatnya seperti hukum yang berlaku umum untuk semua planet.

Makanya, adalah aneh kalau sekarang ada yang koar-koar bahwa sistem heliocentric punya set hukum untuk memprediksi pergerakan dan posisi planet-planet dengan akurat. Sungguh naif sekali. ;D



Nah sekarang kembali ke pertanyaan saya sebelumnya :

“Massa objek langit apa yang mengimbangi massa matahari?”

katakanlah geosentrisme yang benar, matahari mengelilingi bumi. namun berdasarkan konsep pusat massa yang tempo hari anda ajukan, berarti harus ada massa lain yang sebanding dengan massa matahari supaya pusat massa tidak bergeser dari bumi. Kalau ada massa lain yang bisa mengimbangi massa matahari, maka pusat massa akan tetap bertahan di tengah tempat bumi berada. Makanya saya tanya demikian. Kalau tidak ada, jadi kontradiktif. Karena kalau tidak ada, berarti pusat massa akan bergeser dari bumi ke tempat lain.
Bila sudah bicara sistem geocentric, tidak bisa lingkupnya dikecilkan hanya dalam skala tata surya saja. Tapi, sudah harus "universe as a whole." Namanya saja geo-centric.

Semesta dalam geocentric itu tertutup seperti bola besar. Bukan terbuka dan tidak terbatas. Dalam sistem tertutup seperti apa pun wujudnya, pusat massa itu pasti ada. Letaknya tergantung distribusi seluruh massa di dalam sistem tersebut. Letaknya tidak akan berubah, kecuali ada tambahan objek dengan massa yang sangat signifikan, atau perubahan posisi yang sangat signifikan pula. Dan bumi terkunci di pusat massa tersebut. Jadi bukan bumi yang MENJADI pusat massa, tapi BERADA di pusat massa semesta. Newton bilang:

"That the center of the system of the world is immovable: this is acknowledged by all, although some contend that the Earth, others that the sun, is fixed in that center." ["Philosophiae Naturalis Principia Mathematica," Book 3: "The System of the World," Proposition X, Hypothesis I.]

Mengenai pertanyaan, "Massa objek langit apa yang mengimbangi massa matahari?" Maka jawabannya, bukan hanya mengimbangi, bahkan jauh lebih besar dari massa matahari, yaitu, massa semesta secara keseluruhan.



Heliosentrisme memiliki bukti-bukti ilmiah antara lain; paralaks bintang, aberasi bintang, dan efek Doppler. Sebelumnya, model geocentris versi Tycho sudah diperkenalkan, ternyata tidak membuktikan kesalahan teori heliosentris (tapi waktu itu teori geosentris juga masih belum terbukti salah). Dan setelah berbagai penemuan astronomi antara lain penemuannya James Bradley dan Friedrich Bessel, akhirnya teori heliosentrislah yang digunakan karena ada bukti ilmiah bahwa bumi mengelilingi matahari.
Saya kurang paham mengenai bukti Anda soal efek Doppler. Apa efek Doppler yang Anda maksud ini soal Redshift?

Tapi soal Paralaks dan Aberasi Bintang, bisa dijelaskan dengan mudah. Ini hanya masalah sudut pandang saja. Jika anda paham sistem Neo-Tychonic tentu hal ini akan menjadi jelas. Sebelum sistem Neo-Tychonic, yaitu, Tychonic saja (tanpa Neo), bintang-bintang jauh tidak dimasukkan dalam pergerakan semesta. Terang saja, ketika ditemukan Paralaks dan Aberasi Bintang, sistem Tychonic menjadi tidak sesuai. Tapi, dengan memodifikasi sistem Tychonic dengan memasukkan keseluruhan objek semesta ke dalam pergerakan (Neo-Tychonic) maka hal ini bisa menjawab Paralaks dan Aberasi Bintang. Perhatikan ilustrasi dari sudut pandang heliocentric maupun geocentric (Neo-Tychonic) di bawah ini:

10
Pendidikan / OBAT ***|***5305350|OBAT ABORSI pin bb 75612897
« Tulisan terakhir oleh denahhhh pada Kemarin jam 04:03:42 PM »
call / sms
***5305350

OBAT ***,OBAT ABORSI
asli diproduksi oleh Pfizer USA.
Mengandung MISOPROSTOL 200mcg
Lebih berkhasiat dan efektif dibandingkan MISOPROSTOL lain seperti Gastrul,Citrosol dan MISOPROSTOL *** yang generik.
Aman cepat akurat untuk mengatasi TELAT BULAN
Diberikan dosis dan aturan pakai yang tepat supaya TELAT BULAN berhasil 100%,aman dan tidak membahayakan jiwa.

Harga *** PAKET TELAT BULAN anda :
Paket 1 - telat bulan 4 minggu @500rb.
Paket 2 - telat bulan 8 minggu @700rb.
Paket 3 - telat bulan 12 minggu @900rb.
paket 4 - telat bulan 16 minggu @1.200rb.
paket 5 - telat bulan 20 minggu @1.400rb
paket 6 - telat bulan 24 minggu @1.600 rb

Contoh Cara pemesanan :

*ketik : telat bulan 4 minggu_nama_alamat_transfer via BCA/BRI/MANDIRI
*Konfirmasi jika ANDA sudah transfer pembayaran
*Setelah transfer silahkan sms nama & alamat tujuan yang lengkap
*Barang pesanan kami kirim hari itu juga
*Kami akan konfirmasi No resi pada anda
Halaman: [1] 2 ... 10
Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia