Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Sandy_dkk

Kemarin jam 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...
 

Farabi

Oktober 09, 2014, 01:25:15 PM
Capek debat adu khayal ala agama. Mendingan fokus ke hal hal exact.  ;)

nʇǝʌ∀

Oktober 09, 2014, 01:00:00 AM
musim jin dan supernatural, dan debat agama di ForSa sudah habis yah? sekarang kayanya makin banyak yang membanjiri subforum matematika :D nanti kira2 ada musim apa lagi?

meizavho

Oktober 08, 2014, 05:33:22 PM
salam kenal
rivo stephano :)

aidilautomation

Oktober 08, 2014, 10:27:02 AM
salam kenal saya aidil

Show 50 latest

Penulis Topik: "BAHASA" Jepang  (Dibaca 43107 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
    • Lihat Profil
"BAHASA" Jepang
« pada: Agustus 22, 2008, 11:32:38 AM »
Kmu suka bahasa Jepang??
bikin tutorial bhs Jepang yuk?! ;)

aku suka film2 yg berbau2 Jepang+Korea,
n jadi tertarik bgt pgn belajar itu bahasa,...

bagi yg mo share ilmunya,...
saya tunggu kedatangannya di forum ini,..
^_^



DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Lihat Profil
    • Insan Sains
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #1 pada: Agustus 22, 2008, 01:39:37 PM »
BANZAI...!!

akhirnya ada yang bikin thread-nya juga....  :D

Kalo bisa yang masuk thread ini pake bahasa Jepang, gimana? Sebisanya aja, walaupun cuman satu kata ^_^.

Nihon-go o benkyo shitai desu
Mohon berbicara dalam bahasa Jepang.

Yang punya ebook silahkan di upload. Saya juga lagi nge-upload nih. Biasanya di buku-buku maupun kursus bahasa mana pun, yang paling awal selalu ada pelajaran memperkenalkan diri. Eh.. lupa kudu pake bahasa Jepang yach....  ;D  ;D

Jiko shokai shitemo ii desu ka?
Bolehkah saya memperkenalkan diri?

Watakushi no namae wa Insan Sains desu.
Nama saya Insan Sains.

kekeke.. ketahuan, pas-pas-an banget bahasanya...! Ayo dilanjutkan..
Domo...!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #2 pada: Agustus 26, 2008, 10:31:10 PM »
Introduction
Bahasa jepang termasuk dalam rumpun bahasa Ural Alta, namun dalam
perkembangannya tidak menunjukkan hubungan yang nampak secara langsung dengan
rumpun bahasa Ural – Alta seperti korea dan Mongolia, kemungkinan besar hal ini
disebabkan oleh sistem pemerintahan dan masyarakat yang tertetup, sehingga rumpun
bahasa tersebut berkembang dengan sendirinya, dalam penulisan aksara jepang yang
disebut kanji meminjam dari aksara bangsa cina namun sistem pengucapan atau cara baca
disesuaikan bahsa jepang.
Ciri Umum Bahasa Jepang

Secara umum bahasa jepang mempunyai cirri sebagai berikut :

1. berlawanan dengan bahasa indonesia yang menganut sistem D.M (Diterangkan
Menerangkan), bahasa jepang menganut sistem M.D. (Menerangkan Diterangkan)
jadi dalam bahasa jepang kata yang menerangkan terletak di depan kata yang
diterangkan

2. kata benda dalam bahasa jepang pada umumnya tidak mempunyai bentuk jamak,
jadi ada menunjuk pada satu televisi (terebi) akan sama dengan menunjuk televisi
yang lebih dari satu, biasanya untuk membedakan televisi yang banyak terdapat kalimat percakapan selanjutnya seperti televisi yang mana atau televisi yang
seperti apa. Kata jamak dalam bahasa indonesia dapat kita bentuk dengan
mengulang kata tersebut seperti pohon-pohon, buah-buahan.

3. Terdapat perubahan bentuk dari kata kerja, kata sifat maupun kata Bantu, kata
sifat dalam bahasa jepang dibagi menjadi dua yaitu kata sifat na dan kata sifat i,
waktu dan kondisi yang berbeda kata kerja, kata Bantu, kata sifat akan mengalami
perubahan, misalnya
Sekarang saya minum teh ~ Ima watashi wa ocha o nomimasu
Sekarang saya tidak minum teh ~ Ima watashi wa ocha o nomimasen
Kemarin saya minum teh ~ Kino watashi wa ocha o nomimashita
Sekarang saya sedang minum teh ~ Ima watashi wa ocha o nonde imasu

Begitu juga dengan jenis kata sifat, perbedaan jenis kata sifat maka peruahan
bentuk dari kata sifat tersebut juga berbeda, misalnya untuk kata sifat na dan kata
sifat i :
Tidak enak ~ Oishii kunai (kata sifat i)
Tidak ramah ~ Shinsetsu dewa arimasen (kata sifat Na)

4. Predikat terletak pada akhir kalimat, perhatikan contoh pada tabel diatas
(sekarang saya minum teh) untuk bahasa indonesia kata keterangan waktu dapat
diletakan di depan maupun di belakang kalimat (saya minum teh sekarang), dalam
bahasa indonesia predikat terletak setelah subyek (saya minum teh), namun dalam
bahasa jepang predikat terletak di akhir kalimat (watashiwa ocha o nomimasu),
nomimasu = minum terletak setelah objeck.
saya minum teh (S P O) ~ watashi wa ocha o nomimasu (S O P)

source
Pengantar Belajar Bahasa Jepangi (introduction to Japanese language )
Oleh : Ahmad Hasnan

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2008, 11:04:54 AM »
Wah..arigato ya uzik atas pembelajarannya  :)
ya bagi member forsa yg mo share kyk uzik, ..
ditunggu bgt kedatangannya..!! ;) :D ;D

Next lesson please,..~

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2238
  • IQ: 317
  • Gender: Pria
  • ForSa
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2008, 02:03:26 PM »
Lanjut uzik, keren nih. Gw kasih panah ijo barusan ;D
Mudah2an yang lain ada yg sudi share ilmunya juga nanti.

Offline workaholic

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 152
  • IQ: 33
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #5 pada: Agustus 27, 2008, 07:29:21 PM »
wah kren nih...nambah lg dunk zik...
dr dulu nont dorama cm ngandalin text doank, ga da text ya bengong
gmn tar kalo gw ktemu takeshi kaneshiro...masa cuma pinter ngom aishiteru...
asik..disini bisa blajar bhs jepun euy  ;)
Life is Precious. Life is all about choices and chances..
So LIVE your LIFE to the fullest :)

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #6 pada: Agustus 27, 2008, 11:21:00 PM »
@izna
bakal terus update pokoknya (semoga)

@om reborn
makasih om

@workaholic
iya bener juga, ntar kalo aku ketemu sama YUI atau aya ueto bisa biar bisa ngomong selaen kawai

5. Untuk menyambung kata atau kalimat digunakan partikel, terdapat berbagai jenis
partikel dalam bahasa jepang, penggunaan pertikel tersebut disesuaikan dengan
fungsi dari kata yang akan disambung, sebagai contoh, partikel no biasa
digunakan untuk menyambung kata benda dengan kata benda
Indonesia Jepang Keterangan
Masakan jepang ~ Nihon no ryori. Nihon = jepang - Ryori = masakan
Buku saya ~ Watashi no hon. Hon = buku - Watashi = saya
Kimura (Sdr.)adalah seorang guru ~  Kimura san wa sensei desu. Sensei = guru
Wa dan no pada contoh diatas merupakan partikel untuk menghubungkan kata,
selain wa dan no masih terdapat partikel yang lain seperti mo, e, ni dan lain
sebaginya.

6. Dalam bahasa jepang terdapat bentuk biasa dan bentuk sopan, kedua bentuk
tersebut berbeda penggunaanya, bentuk sopan dipakai ketika berbicara dengan
atasan atau orang yang lebih di hormati, sedangkan bentuk biasa digunakan dalam
pembiacaraan kepada teman atau kepada bawahan, perhatikan contoh berikut :

contoh dalam Bentuk Biasa, Bentuk Sopan

Kimi (biasa) _ Anatawa (sopan) ~ Kamu

Heya de terebi ga aru (biasa) _ Heya de Teribi ga arimasuka (sopan) ~ Di kamar apakah ada
televisi ?

Sora kun Sora san ~ Saudara Sora

Pada contoh diatas kata yang tercetak miring adalah menunjukkan perbedaan
antara bentuk biasa dengan bentuk sopan, pemakaiannya

7. Subyek dan obyek yang sudah diketahui dalam kalimat bisa dihilangkan,
penghilangan subyek dan obyek ini untuk mempersingkat pembicaraan dan juga
sering digunakan dalam pembicaraan antar teman (bentuk biasa) perhatikan
contoh berikut :

Yomu tsuki desu ka ?
Apakah (anda) suka membaca (buku) ?
Ket : Yomu = membaca
Tsuki = suka
Dari contoh diatas subyek dan obyek dapat dihilangkan, pertanyaan diatas dapat
dijawab dengan singkat

Hai, Tsuki desu
Ya, (saya ) suka
Ket : Hai = ya

Bahkan dalam bentuk tidak sopan anda cukup mengatakan
Un, Tsuki
Ya, (Saya) suka
Ket : Un = ya (bentuk tidak sopan)

source
Pengantar Belajar Bahasa Jepangi (introduction to Japanese language )
Oleh : Ahmad Hasnan


besok atau kapan2 bakal aku upload e-booknya.

Offline workaholic

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 152
  • IQ: 33
  • Gender: Wanita
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #7 pada: September 06, 2008, 05:51:22 PM »
wah ada versi biasa dan sopannya jg ya, gw slama ini ga bs bedain kun ama san, heran aja kok sapaannya beda2...ternyata ada bhs gaulnya jg..srgnya si emg dgr yg pake san..
oya kalo 'chan' itu nama, gelar, ato sapaan? soalnya wkt kecil judul komik tu ada mari-chan, chibimaruko-chan, dll...(ga termasuk shin-chan, jackie-chan,...hehe..)

arigato 4 d lessons, uzik-san...(sygnya blm bs dlm bhs jepun, campur2 d...)
kasi panah ijo ah...tuiiing...

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #8 pada: September 07, 2008, 10:59:01 AM »
oya kalo 'chan' itu nama, gelar, ato sapaan? soalnya wkt kecil judul komik tu ada mari-chan, chibimaruko-chan, dll...(ga termasuk shin-chan, jackie-chan,...hehe..)

chan itu kayaknya cuma panggilan sayang dan kalo diperhatiin kebanyakan untuk perempuan (kobo-chan diitung ga ya? :-\ ).

Kutip
Memanggil seseorang imbuhan -chan di akhir nama adalah salah satu kebiasaan di Jepang, yang umum dilakukan untuk anak perempuan, keluarga, atau teman dekat.

@ ka work:
suka baca "Namaku Miiko" ga?  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #9 pada: September 10, 2008, 10:02:17 AM »
akhirnya Melnick datang juga  ;D :D ;)
ayo Mel share ilmunya ya?
Melnick kan jago tuh..! (*ngerayu mode on ;D)

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #10 pada: September 10, 2008, 04:46:26 PM »
akhirnya Melnick datang juga  ;D :D ;)
ayo Mel share ilmunya ya?
Melnick kan jago tuh..! (*ngerayu mode on ;D)

aku ga jago bahasa jepang tau..  ;D
ayo ayo kita berguru sama uzik-sensei aja..  ;D

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #11 pada: September 10, 2008, 09:44:00 PM »
@mel
jah dipanggil sensei, belum pantes om...

nambahin sedikit masalah panggilan (sependek pengetahuan aku)
() San: ini biasanya untuk panggilan hormat.
() Chan: lebih kepada panggilan sayang, sebenernya dari "San" juga. bisa cewek ato cowok
() Kun: ini panggilan khusus untuk cowok
() Sama: nah ini panggilan tertingi yang bisa diberikan dalam bahasa jepang. *lirik-lirik nick siapa gitu.... hehehehehe

Offline agnathe11th

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #12 pada: Oktober 15, 2008, 02:36:32 PM »
wuaa.. makasii banget buat ilmunya .. akang2 teteh2 smuanya!!

ngomong2 ada yang tw tentang perkuliahan di jepang tiidak ya?

saya teh mw kuliah di sana.
tapi ambil malem, dikarenakan di sana saia bekerja sebagai buruh pabrik biasa.

mohon bimbingannya..

hontou ni arrigatou

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
    • Lihat Profil
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #13 pada: November 05, 2008, 02:51:38 PM »
ngomong2 ada yang tw tentang perkuliahan di jepang tiidak ya?

saya teh mw kuliah di sana.


tentang perkuliahan di Jepang?
coba tanya sama om Insan, ..
mungkin dia tahu soalnya dulu di blognya ngeposting ttg "Pameran Pendidikan Jepang 2008",
dan kebetulan om Insan sudah liat pamerannya...
katanya ada info ttg sistem perkuliahan di Jepang de el el....(CMIIW)

Offline rafy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 456
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • RAFY HERE.....!!
    • Lihat Profil
    • RAFY_site
Re: "BAHASA" Jepang
« Jawab #14 pada: November 05, 2008, 03:18:34 PM »
hajimemashite..
watashi no nama e wa rafy desu


hehehe


ada yg lebih??
kemarin adalah kenangan..
hari ini adalah kenyataan.....
besok adalah harapan...
^8^

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
3168 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 18, 2007, 03:52:02 PM
oleh advisor
2 Jawaban
4067 Dilihat
Tulisan terakhir September 02, 2007, 08:21:12 AM
oleh reborn
21 Jawaban
10563 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 14, 2014, 02:11:25 PM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
604 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2011, 10:36:47 AM
oleh fadhly
1 Jawaban
637 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2013, 08:22:35 PM
oleh adisae

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia