Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

aji saka

Juni 28, 2015, 06:41:58 AM
terima kasih admin.sy bisa gabung di forum sain ini,semoga teman temin yg dah lama salam kenal semoga banyak kebaikan di forum ini,salam dari aji saka ciawi bgr ;D

sylvieaulia

Juni 27, 2015, 08:25:42 AM
kalau mau tanya soal dimana yaa??

timusyume

Juni 20, 2015, 03:18:40 PM
Nyimak

masagung

Juni 16, 2015, 11:03:06 PM
Saya tak hanya menggunakan semua kecerdasan yang dimiliki otak melainkan juga yang dapat saya pinjam. Reference Woodrow Wilson Agen Bola Sbobet

masagung

Juni 16, 2015, 10:59:44 PM
Seorang pendengar yang baik mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tidak setuju, tetapi sebelum ia tidak setuju, ia ingin tahu
dulu dengan tepat apa yang tidak disetujuinya. (Kenneth A. Wells) Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berak

kangaceng1195

Juni 16, 2015, 09:15:11 AM
Salam kenal gan, mohon bimbingan agan semua.
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:44:42 PM
Mengenai suara sangkakala di belahan bumi utara, bsa diangkat ke diskusi? Kayaknya avdol  :D
 

MuhammadRyan

Juni 02, 2015, 10:19:01 PM
bisa, senyawa yg bersifat korosif kyk HCL 3% bsa nghancurin hampir smuany, bhkn logam

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:18 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

HeldaParamitha

Juni 02, 2015, 08:42:17 PM
guys , mau nanya dong .. bisa gak sih ngehancurin kayu pake cairan kimia . mesti pake apa coba ? need help nih

Show 50 latest

Penulis Topik: bahasa baku.. tolongin... ^^"  (Dibaca 4446 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
bahasa baku.. tolongin... ^^"
« pada: Mei 10, 2010, 04:20:35 PM »
nah,, hinggap di room sastra.. T.,T
bantuin aku donk teman2...
yang mana bahasa baku, yang mana ga baku.. terus, yang tidak baku itu apa kata yang bakunya..?
tolong ya kawan..
ini nih kata2nya.. tolongin..  :-[ :-[ :-[ :-[


nopember
apotik
ijin
konveksi
profesional
kreatifitas
tehnik
praktek
persentase
asesori
-------------------------------------------
group
klien
kwalitas
konkrit
kuitansi
azas
akte
esensiil
hakekat
perangko
-------------------------------------------
trotoir
aktuil
psykologis
dianalisa
assensiil
hemoglobin
nasehat
jadual
pikirkan
kemaren
-------------------------------------------
jaman
multi dimensional
super modern
ekstrakulikuler
pasca sarjana
non Eropa
manager
elite
sistem
cover
-------------------------------------------
faksimil
ijasah
taksi
inpestor
strategy
kosmetic
product
cuman

ok ok.. ini aja teman... bantuin ya.. yang mana yang bisa aja.. ^^
TQ. :)


~ You are what you eat ~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #1 pada: Mei 10, 2010, 06:08:14 PM »
Banyak amet..
Wa coba satu2 deh...
Kalo gak wa ubah, berarti uda baku (menurut wa)..

nopember --> november.
apotik --> apotek
ijin --> izin
konveksi
profesional
kreatifitas
tehnik --> teknik
praktek --> praktik
persentase
asesori --> aksesori
-------------------------------------------
group --> grup
klien
kwalitas --> kualitas
konkrit
kuitansi
azas
akte --> akta
esensiil --> esensial
hakekat --> hakikat
perangko
-------------------------------------------
trotoir --> trotoar
aktuil --> aktual
psykologis --> psikologis
dianalisa
assensiil --> ini assensiil kayak essensiil di atas ya? Atau sisca salah ketik?
hemoglobin
nasehat --> nasihat
jadual --> jadwal
pikirkan
kemaren --> kemarin
-------------------------------------------
jaman --> zaman
multi dimensional --> multidimensional
super modern --> supermodern
ekstrakulikuler
pasca sarjana --> pascasarjana
non Eropa --> non-Eropa
manager --> manajer
elite --> elit
sistem
cover --> ini bahasa inggris kan? Bahasa indonesianya sampul. Gak tau ada bahasa serapan untuk ini.. Yang pasti bukan koper.
-------------------------------------------
faksimil --> gak tau
ijasah --> ijazah
taksi
inpestor --> investor
strategy --> strategi
kosmetic --> kosmetik
product --> produk
cuman --> cuma

Oke oke..
Tiap satu jawaban betul, biayanya satu nyong nyong..
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #2 pada: Mei 10, 2010, 08:48:40 PM »
yeeee.e..
utang lagi deh pi.. hahahha~

ee... ga ada yg owe salah ketik.... hohoho~

hahahhaa~
bukan koper emang...
hahhaha~
ok ok. catet catet...

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #3 pada: Mei 10, 2010, 09:13:18 PM »
bukannya apotek sm konkret itu modelnya ky apotek gitukah?
If someone feels that they had never made a mistake in their life,then it means that they had never tried a new thing in their life ~ Einstein

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #4 pada: Mei 10, 2010, 09:26:09 PM »
maksudnya..?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
    • Lihat Profil
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #5 pada: Mei 10, 2010, 09:35:28 PM »
Iye..
Utang lagi deh..
Padahal uda berkurang.
ohohohoho...

Yee..
Untuk kerjain bahasa baku gini.
Pake KBBI aja..
Versi online.
Nih...
http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/
Cari deh dari situ..
Kalo gak ngerti cara mainnya, baru tanya lagi.

Selamat bongkar2 kamus..

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #6 pada: Mei 10, 2010, 11:01:42 PM »
konkrit -> konkret
apotik -> apotek

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6976
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Lihat Profil
    • Click and Find
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #7 pada: Mei 10, 2010, 11:05:28 PM »
sip sip...
konkret sama apotek itu bakunya.?

Offline xSaVioRx

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 169
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
    • Lihat Profil
Re: bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #8 pada: Mei 10, 2010, 11:15:21 PM »
Iya, Sisca, itu bakunya..

(baku ga tuh tlsn sy?wkwkwk)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1158
  • IQ: 28
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:bahasa baku.. tolongin... ^^"
« Jawab #9 pada: November 01, 2014, 10:58:33 AM »
Nah, sekarang aku tanya. Kan aku baca di pedoman penulisan EYD kalau kata sekali dan sekali-kali artinya beda. Di situ disebutkan kalau kata sesekali bermakna sama dengan sekali-sekali, yaitu kadang-kadang, tidak kerap, tidak sering, atau tidak selalu. Selain itu, kata sesekali (sekali-sekali) berarti coba-coba.

Kemudian di bawahnya tertulis bahwa sebaliknya, kata sekali-kali mempunyai arti sama sekali, sedikit pun tidak, atau sedikit pun jangan. Di situ diberikan 2 contoh kalimat:
1. Sekali-kali pemerintah tidak boleh mengecewakan rakyat.
2. Pejabat jangan sekali-kali membohongi masyarakat.

Pada kalimat pertama, jika sekali-kali diartikan sebagai sedikit pun jangan, bukankah arti kalimat 1 menjadi "Sedikit pun jangan pemerintah tidak boleh mengecewakan rakyat.". Berarti pemerintah harus mengecewakan rakyat? Sedangkan pada kalimat kedua, jika sekali-kali diartikan sebagai sedikit pun tidak, arti kalimat 2 akan menjadi "Pejabat jangan sedikit pun tidak membohongi masyarakat.". Berarti pejabat kadang-kadang harus membohongi masyarakat dong? Berarti sebenarnya makna sekali-kali itu apa?
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
52 Jawaban
11202 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 10, 2010, 07:26:37 PM
oleh sisca, chemistry
25 Jawaban
8871 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2010, 06:29:24 AM
oleh sisca, chemistry
5 Jawaban
1071 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2011, 10:36:47 AM
oleh fadhly
1 Jawaban
1055 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2013, 08:22:35 PM
oleh adisae
1 Jawaban
614 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 31, 2015, 04:58:10 AM
oleh sm2jc5

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia