Forum Sains Indonesia




*

Artikel Sains

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Pranala Luar

ShoutBox!

Last 10 Shouts:

 

Farabi

Kemarin jam 10:48:06 AM
Bener loh, kopi melepaskan dophamin, soalnya waktu minum kopi kerasa enak di kepala, tapi ya itu ga bisa berenti berenti. Dan kalo diberentiin mulai gusar.

yoga3105

Oktober 22, 2014, 11:23:42 PM
tolong buatin program bahasa c++ nya gan, yang bisa tak ksih pulsa

Kutip
X(pangkat)5-y(pangkat)4+a=d

 

Sandy_dkk

Oktober 21, 2014, 12:31:18 PM
coba periksa ke ahli syaraf kang farabi.
 

Farabi

Oktober 21, 2014, 11:29:44 AM
Tiap menjelang musim hujan sakit gigi, padahal giginya udah ga ada. Apa ini memang menimpa semua orang? Dan kenapa?
 

Sandy_dkk

Oktober 20, 2014, 05:16:25 AM
hujan turun untuk pertamakalinya dalam beberapa bulan ini, disambut bahagia oleh lusinan burung gereja yang berterbangan di halaman rumah. sungguh indah pagi ini.

senifacitra

Oktober 14, 2014, 08:24:03 PM
malam, mw tx proses fisika apa yang menyebabkan sehingga bumi memiliki sifat magnet.??

mohon bntuanx sgera
 

Sandy_dkk

Oktober 13, 2014, 08:08:28 PM
boleh deh...

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:59:24 PM
ada yang on ga ? bisa bantuin soal matematika kelas 9? besok mau mid

sherenhfns

Oktober 13, 2014, 06:58:49 PM
Hallo

 

Monox D. I-Fly

Oktober 09, 2014, 09:34:41 PM
musim pemilu juga sudah habis, liat aja, pemilu tahun ini nggak ada yang bahas pemilu sama sekali... forsaintis dah bosen sama politik...

Show 50 latest

Penulis Topik: membahas kata dasar dan kata asal  (Dibaca 6639 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1506
  • IQ: 105
  • Gender: Pria
  • no plan means no future
    • Lihat Profil
    • utusan langit
membahas kata dasar dan kata asal
« pada: Maret 02, 2009, 10:19:29 PM »
kita tahu, bahwa pencuri mempunyai kata dasar curi,..

lalu apa kata dasar dari pengemis?

lagi, seorang merupakan bentuk hitungan untuk 1 orang,..
lalu se-seorang artinya apa?

apa arti dari se-se yang menjadi imbuhan bagi kata dasar "orang"
dan imbuhan sama yang rangkap semacam ini jarang sekali dijumpai



Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1157
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
    • Lihat Profil
    • LES PRIVAT ONLINE
Re: membahas kata dasar dan kata asal
« Jawab #1 pada: Maret 03, 2009, 09:25:54 AM »
…Kasunanan(apa kerajaan ya…mboh lah) Surakarta saat itu dipimpin oleh Paku Buwono X, tren pada saat itu adalah setiap kamis sore atau menjelang jum’at (hari jawa kalo ga salah dimulai setelah maghrib) penguasa menjadi orang dermawan dengan membagi sedekah pada kaum papa. Kisah itu berawak ketika Paku Buwono X sedang keluar istana untuk jalan-jalan ( dari gerbang istana menuju Masjid Agung ), rakyat nya berjajar di pinggir jalan yang dilewati oleh beliau sambil menunduk memberi hormat. Kesempatan itu juga digunakan beliau untuk berbagi sedekah. Maka setiap hari kamis sore, rakyat menanti di jalan-jalan menunggu sang raja lewat untuk menerima sedekah.

Nah sejak saat itu ada ungkapan pada rakyat Surakarta pada hari kamis untuk ngemis. Munculah istilah pengemis (orang yang melakukan ngemis/ orang yang mengharapkan berkah pada hari kamis). Kata pengemis, kalau saya ngga salah kutip atau kalo tulisan di Buku Khasanah Bahasa dalam Kata Per-Kata (Prof. Gorris Keeraf) tidak salah, maka kata pengemis berasal dari Surakarta (Solo)
Mau Les Privat Online untuk Matematika, Fisika, Kimia Murah. 24 Jam sehari. 7 hari seminggu. Kunjungi: www.lesprivatonline1.blogspot.com

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1046
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • "The Mark of Lone Wolf" by Kamietsu
    • Lihat Profil
Re:membahas kata dasar dan kata asal
« Jawab #2 pada: Oktober 10, 2014, 10:47:15 PM »
apa arti dari se-se yang menjadi imbuhan bagi kata dasar "orang"
dan imbuhan sama yang rangkap semacam ini jarang sekali dijumpai

Lebih aneh lagi di Bahasa Inggrisnya: someone.
Some = Beberapa (lebih dari satu)
One = Satu
Nah lo?

 ::)
Buat yang suka manga One Piece gabung di sini:
www.iopc.us

 

Topik Terkait

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
7624 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 19, 2010, 04:24:03 PM
oleh Monox D. I-Fly
10 Jawaban
6366 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2014, 08:57:01 PM
oleh Monox D. I-Fly
53 Jawaban
9655 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 08, 2014, 09:49:36 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
433 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 27, 2011, 06:18:32 PM
oleh Judhianto
1 Jawaban
599 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2014, 07:52:40 PM
oleh MuhammadRyan

Copyright © 2006-2014 Forum Sains Indonesia